Jika Kaca Mobil Tak Terawat


Karena kaca buram, berjamur atau bahkan telah tergores, menjadikan butiran air hujan yang menyentuh permukaannya tak langsung dapat mengalir turun.

Kaca jendela mobil memang kadang menjadi bagian yang sering terlewatkan dalam pemeliharaan. Ini karena pemilik mobil biasanya lebih memperhatikan penampilan bodi, velg, dan kebersihan interior. Kaca luar sebatas dibasuh, sehingga dirasa cukup tampak bersih.

Sering kali kaca mobil dibiarkan bertumpuk debu. Padahal, jika terlalu lama didiamkan, debu akan menumpuk dan mengeras serta akhirnya mengkristal. Dalam keadaan demikian, kala akan menggunakan wiper, kristal debu bakal mengores permukaan luar kaca.

Kaca yang terus berdebu, bila terkena polutan seperti solar, kalau tidak segera dibersihkan secara benar, bakal mempercepat kaca menjadi buram. Pada kondisi kaca yang tercemar polutan, pembersihan dengan air saja tak membuat jendala kaca mobil kembali bersih dan jernih.

Karena itu, sebelum memasuki masa penghujan, apalagi setelah melalui kemarau kering yang panjang, perawatan khusus terhadap kaca mobil perlu dilakukan. Bisa dilakukan mandiri atau diserahkan kepada jasa salon mobil yang kini tak mematok harga tinggi untuk keperluan tersebut.

Kegiatan itu penting, karena kaca buram, berjamur atau bahkan telah tergores, menjadikan butiran air hujan yang menyentuh permukaannya tak langsung dapat mengalir turun. Sebab kotoran yang menempel telah membentuk lapisan lunak dan berpori serta telah bersenyawa dengan kaca bersangkutan. Karena itu walaupun kaca telah tersapu wiper atau dilap kering sekalipun, tak bakal membuatnya benar-benar bersih dan jernih.


Akibat dari keadaan ini bisa sangat membahayakan. Ini terjadi bila yang mengalami buram atau goresan adalah kaca depan sebuah mobil. Bila itu yang terjadi maka ketika datang sorot lampu depan, maka sinarnya akan berpendar dan menyilaukan sehingga mata tidak bisa secara awas
mengamati jalanan di depan.

Menghadapi ini, jangan terlalu cemas. Sekarang terdapat cara merawat dan membersihkan kaca dengan mandiri antara lain menggunakan cairan kimia khusus yang banyak diperdagangkan dan tak sedikit pula jasa salon mobil yang mengkhususkan untuk kepentingan perawatan kaca mobil.

''Tetapi semuanya harus hati-hati. Sebab terdapat sejumlah kekhususan bagi kaca mobil. Kaca mobil buatan Jepang akan lain dengan Eropa atau Amerika,'' kata Hans, operator salah satu salon mobil khusus perawatan kaca di Jl Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Menurutnya terdapat jenis kaca mobil yang tak boleh dibersihkan dengan cara biasa. Bahkan untuk mobil buatan Eropa dan Amerika dia menyarankan pembersihannya menggunakan cairan pembersih yang tidak mengandung bahan kimia. Dan, cara pemakaiannya dapat langsung diusapkan pada kaca atau sekurangnya dicampur dengan air tawar sebelum pemakaiannya.

Kualitas kerja salon mobil, menjadi bagian pertama yang harus menjadi pertimbangan saat hendak melakukan perawatan kaca. Itu bila Anda ingin praktis tanpa harus memilih dan mencari-cari senyawa khusus untuk membersihkan mobil bersangkutan secara mandiri.

Bila ingin melakukan perawatan kaca secara mandiri, menurut Hans kaca mobil harus dibersihkan dahulu dengan air dan lap hingga benar-benar bebas dari debu. Lalu bilas kaca dengan sabun atau shampo mobil.

Setelah itu mulailah mongosok dengan cara memutar dan tak statis pada satu arah dengan menggunakan cairan khusus pembersih kaca.

Usahakan tidak membersihkan kaca di bawah terik matahari. Demikian pula saat mencuci kaca dengan shampo pada kegiatan perawatan rutin. Karena shampo atau sabun mobil mengandung aditif, maka senyawa ini bakal cepat menyerap ke dalam kaca demikian tersinari matahari. Akhirnya, flek akan cepat muncul.

Khusus bagi kaca yang rusak akibat kristal debu atau terkena goresan karet wiper, kebanyakan salon memiliki alat khusus yang mampu memoles kaca hingga kembali bening. Terdapat dua jenis alat pemoles tersebut.

Bila diperlukan untuk membersihkan kaca yang sebatas karena goresan biasa atau karena tumpukan kerak debu dapat digunakan alat yang lapisannya terbuat dari bahan semacam asbes. Sedang bagi goresan yang agak dalam pengosok yang dipakai semacam gurinda kaca.

Saat ke salon mobil, perhatikan kerja alat ini. Untuk pemolesan sekaligus pemangkasan lapisan kaca untuk menghilangkan goresan tak dapat dilakukan pada satu tempat. Bila ini terjadi maka permukaan kaca bakal mengalami distorsi atau tampak bergelombang. Kaca yang bergelombang akan sangat membahayakan syaraf mata. bid
(dr.berbagai sumber)

Share on :
 
 
 

Total Pageviews