Berpindah jalur dan Melewati Persimpangan Jalan

Fokus utama dari berkendara adalah waspada. Dengan waspada, maka kecelakaan dapat dihindarkan. Untuk itu, jika tidak ada kebutuhan dan maksud untuk berpindah jalur, maka selama berkendara hendaknya selalu berada di jalur kiri. Jika memang harus mendahului dan berpindah jalur, termasuk untuk melewati persimpangan jalan, mungkin tips berikut bisa dijadikan pedoman.
Berpindah Jalur
-Pastikan tidak ada kendaraan lain di depan, samping dan belakang Anda, saat Anda hendak berpindah jalur.
-Perhatikan kaca spion secara seksama dan lihatlah samping kiri-kanan Anda. Namun, kaca spion memiliki keterbatasan pandangan, sehingga perlu kewaspadaan untuk mendahului.
-Gunakan lampu sen sebagai tanda isyarat bahwa Anda bermaksud berpindah jalur. Menyalakan lampu sen sekurang-kurangnya tiga detik sebelum Anda resmi berpindah jalur ke kanan.
Melewati Persimpangan :





-Pastikan tidak ada kendaraan lain atau pengguna jalan lain seperti pejalan kaki dari arah persimpangan jalan.
-Ketika belok ke kiri atau ke kanan, sangat penting untuk menyalakan lampu sen sekurang-kurangnya 30 meter sebelum mendekati persimpangan. Ini untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan lainnya.
-Sebelum mengubah jalur, Anda harus melihat keadaan lalu lintas di sekitar Anda untuk memastikan kondisi keamanan. Jangan hanya melihat kaca spion, karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan.
-Kurangi kecepatan kendaraan Anda. Ini untuk menghindari kemungkinan slip atau tergelincir (motor). Demikian juga dengan mobil, hendaknya dapat menyesuaikan tingkat kecepatan kendaraannya.
-Tetap menjaga jarak aman kendaraan. Jika ada dua atau lebih kendaraan yang bermaksud melewati persimpangan jalan, pengendara dan pengemudi wajib menjaga jarak aman kendaraan dengan pengendara yang ada di depannya.

( sya )


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews