Jangan Main-main Menghidupkan Mesin


Banyak orang yang berkali-kali memutar kunci kontak takkala mesin mobil sulit dihidupkan. Padahal, cara ini justru dapat mengganggu sistem starter. Baiknya tunggu beberapa saat (sekitar 10 detik hingga 15 detik) untuk memutar kembali kunci kontak. Ada pula yang berkali-kali menginjak pedal gas. Berikut beberapa tips yang aman menghidupkan mesin.
1. Saat menghidupkan mesin pagi hari (dalam kedaaan mesin dingin) sebaiknya tidak menginjak gas. Bila dilengkapi tombol choke, tarik tombol choke sepenuhnya. Lalu putar kunci kontak untuk menghidupkan mesin. Bila mesin sudah hidup, tekan tombol choke ke dalam agar putaran mesin menjadi normal (sekitar 1000 rpm). Sesudah kondisi normal, tekan sepenuhnya tombol choke untuk memperoleh putaran mesin yang stasioner.
2. Untuk menghidupkan mesin dalam keadaan panas, pedal gas ditekan sekitar setengah injakan. Jangan menginjak pedal berkali-kali atau mengaktifkan tombol choke. Setelah mesin hidup, lepaskan pedal gas dan biarkan stasioner.

3. Bila menghidupkan mesin saat campuran bensin berlebihan, sebaiknya tunggu sedikitnya setengah hingga satu menit. Lalu, injak pedal gas hingga penuh dan pertahankan untuk beberapa detik. Pada kondisi begini jangan sekali-sekali menarik choke. Putar kunci kontak ke posisi start hingga mesin hidup. Sesudah hidup, lepaskan injakan pada pedal gas. Bila mesin masih mejen, sebaiknya lepaskan semua busi dan keringkan.
4. Usahakan jangan menghidupkan mesin dengan cara mendorong kendaraan. Sebaiknya. Sesudah mengganti oli mesin, jangan langsung menghidupkan mesin dengan putaran tinggi. Biarkan mesin berputar stasioner.[erf/oto]




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews