Mengganti Ban Dalam Perjalanan

Lakukanlah prosedur-prosedur berikut ini untuk keselamatan anda berkendara di jalan raya :

Jika anda bepergian dengan mobil anda, apakah anda selalu menyiapkan ban cadangan? Karena bisa saja tiba-tiba ban kendaraan anda pecah / bocor di tengah jalan. Peristiwa tersebut bisa saja terjadi ketika kendaraan berada di jalan yang padat lalu lintas atau tempat yang tidak aman.



Bila anda mengalami hal itu, lakukanlah prosedur-prosedur berikut ini untuk keselamatan anda berkendara di jalan raya :



Bawalah kendaraan anda ke sisi jalan dengan hati-hati dan parkirkan di tempat yang aman. Ingat ! jangan hentikan kendaraan dengan tiba-tiba. Kemudian pasang rem parkir.
Buka kap mesin dan tutup bagasi, lalu pasang tanda-tanda agar dapat diketahui oleh pengemudi kendaraan lain sehingga menghindari terjadinya kecelakaan. Untuk siang hari pasang sapu tangan/kain/daun-daun. Jika malam hari pasang lampu parkir berwarna merah atau warna terang lainnya agar mudah dilihat.
Keluarkan alat-alat yang diperlukan seperti dongkrak, engkol, penggerak dongkrak, ban cadangan. Pasang ganjal pada ban muka dan belakang ban yang tidak terangkat oleh dongkrak.
Buka tutup pelek roda yang akan diganti sebelum kendaraan didongkrak dengan ujung obeng atau batang logam yang gepeng. Kendurkan baut-baut roda searah jarum jam.
Tempatkan dongkrak sesuai dengan petunjuk. Dongkraklah kendaraan sampai ban terangkat dan tidak menyentuh permukaan jalan.
Lepaskan baut-baut roda. Simpan baut di tempat yang aman supaya tidak hilang bila akan dipasang lagi.
Bukalah roda dengan mengangkat sedikit dan jaga jangan sampai terjadi kerusakan.
Pasanglah ban cadangan dengan memeriksa tekanannya terlebih dahulu. Pasang baut-baut roda, kokohkan dengan kunci roda setelah dongkrak diturunkan kembali. Sebelumnya periksalah apakah dibawah kendaraan terdapat benda-benda yang dapat menghalangi turunnya kendaraan.
Jangan mengokohkan baut/sekrup terlalu keras, anda akan kesulitan apabila suatu saat anda harus membukanya kembali. Yang penting baut harus cukup kokoh untuk menghindari terlepasnya roda.

(bid/berbagai sumber)



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews