Jurus Ampuh Membeli Mobil Bekas


Dari beberapa tahap membeli mobil bekas, mengendarai jadi jurus paling ampuh. Dengan begitu, kondisi dan karakter sesungguhnya dari mobil yang dinginkan bisa terungkap.
Test drive juga berguna memberi keyakinan Anda untuk memakai mobil dalam jangka waktu tertentu yang bisa sampai bertahun-tahun. Maka mintalah kesempatan test drive pada penjual atau dealer mobil bekas. Jika tak diberikan , tak perlu ragu cari mobil lain
“Tahapan ini dilakukan usai pengamatan mobil soal tahun produksi, mobil soal tahun produksi, model,bentuk, surat-surat dan harga. Lalu kondisi bodi , interior,cat ,warna, termasuk perlengkapan secara detail. Serta informasi dari pemilik sebelumnya,” jelas Amiaw, mekanik.
Pengujian mobil bekas dilakukan berupa rangkaian. Dari buka tiap pintu hingga parkirdan matikan mesin. Sebaiknya catat semua kelebihan dan kekurangan yang ada. Lebih baik lagi jika telah menyiapkan checklist. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
• Buka tutup pintu
Yang perlu diperhatikan saat membuka pintu,apakah prosesnya cukup mudah. Artinya tak ada yang mengahalangi pergerakan. Begitu pula saat menutup. Ini berlaku untuk semua pintu mobil.
• Rasakan kemudi
Untuk menguji kondisi kemudi, aturlah posisi roda lurus ke depan sebagai permulaan. Coba putar setir, tapi tidak perlu terlalu ekstrim.Bagi mobil yang mempunyai power steering, pastikan tidak ada suara bunyi melengking dari v-belt power steering. Caranya putar setir ke kanan dan kiri secara penuh tapi jangan terlalu lama.
• Dengarkan mesin
Pada kondisi normal,mesin mesti mudah distart. Bila sempat tersendat, dynamo starter bisa jadi penyebab. lalu dengar suara mesin saat langsam. Usai itu, itu matikan mesin. Kondisinya, mesin harus langsung mati. Bila itu tak terjadi, ada masalah dengan pemasok bahan bakar. Namun jika tak ada masalah dengan kedua masalah tersebut diatas, lakukan perjalanan sesuai rute.
• Uji performa mesin
Yang diuji yakni kemampuan akselerasi dari berhenti atau kecepatan rendah memakai AC.
• Uji rem
Untuk menguji rem, lakukan pengereman mendadak.namun tak sampai ban berdecit. Perhatikan bila gerakan mobil mengarah ke salah satu sisi, itu berarti ada masalah. Penyebabnya salah satu sepatu rem aus sehingga sisi sebelahnya lebih pakem.
• Sistem transmisi dan drivetrain
Mobil transmisi otomatis diuji dengan memindah tuas ke semua posisi, terutama dari drive ke reserve. Kondisi normal hanya muncul suara perpindahan yang halus. Jika muncul suara keras berarti ada masalah.
• Interior dan AC
Suasana kebin bisa dengarkan bunyi dari dasbor. Jika muncul suara berderit, bisa karena ada baut pengikat dasbor kendur. Jika dasbor bergetar, bisa karena engine mounting retak.
Memulai dan saat melakukan test drive, sebaiknya Anda terus menggunakan AC. Berguna untuk mengecek munculnya suara melengking dari belt AC selip karena kendur.
• Kerja Suspensi
Test kerja suspensi bisa melewati jalan bergelombang dengan banyak penumpang. Baik perlahan atau cepat. ini berguna mendeteksi bebunyian yang muncul seperti berdetak atau berderit.
• Asap Knalpot
Warna asap knalpot bisa menjadi petunjuk bagi Anda . Keluarnya asap putih saat start dan langsung cepat hilang disebabkan adanya uap air yang masuk ke mesin. (Auto build)
Awas pedagang nakal


Cek dan ricek adalah hal penting saat membeli mobil bekas. Sebab banyak pedagang atau makelar menghalalkan segala cara untuk mendapat untung
Boleh dibilang, membeli mobil bekas ibarat mengawini janda . kondisinya sangat relative. Muda dan mulus belum jaminan bila sebelumnya sering disiksa. Begitu pula dengan yang tua dan berumur belum tentu payah, bila sebelumnya ada di tangan telaten yang rajin melakukan perawatan rutin.
Pengetahuan,ketajaman mata serta feeling diperlukan untuk pasangan yang pas . Celakanya sebagian pedagang mobil bekas menghalalkan segala cara demi mendapat untung. Seperti diakui seorang eks pedagang mobkas yang kerap memasukan oli garden yang lebih kental ke dalam mesin bermasalah . Berikut kenakalan-kenakalan yang kerap dijumpai dalam jual beli mobil bekas :
• Yakinkan spesifikasi pilihan Anda
Banyak mobil serupa tapi tak sama . Memang kebanyakan hanya beda fitur serta perangkat opsional,namun ada beberapa merek yang berbeda total .Cara ini kerap sekali dilakukan apalagi jika klien tidak tahu tentang mobil.
• Nama sesuai STNK
Baiknya mendapati mobil bekas dari pemakai langsung dengan nama STNK dan BPKP sesuai KTP. Selain lebih mudah merunut nasib mobil sebelumnya , juga menghindari pedagang atau makelar curang.
• Menghidupkan dan memanaskan mobil
“ Silakan duduk dan diminum airnya, biar saya panasnya dulu mobilnya.” Bila sang penjual bersikap seperti itu, Anda patut curiga
• Penyamaran cat
Banyak hal disembunyi penjual lihat untuk menipu pembelinya. Menurut pengakuan seorang pebengkel cat yang sebagian besar kliennya pedagang, ia sering menerima orderan siram bodi. Antisipasi penipuan model begini adalah dengan membuka karpet mobil serta bagian bodi di bawah jok belakang untuk melihat warna dan kondisi cat sesungguhnya.
• Bau-bau aneh di Interior
Bila Anda menemukan aneh perketat mata dan hidung. Bila tak yakin baiknya mencari mobil semerek dan hidup aroma interiornya.
• Masa Pakai
Parameter tahun pembuatan adalah cara mengetahui umur. Namun buat mobil, selain umur, masa pakai sangat berpengaruh . Mau cek odometer digital, belum jadi jaminan lantaran perangkat ini bisa direset untuk mengubah jarak tempuh.
• Campuran oli dan air radiator
• Rembesan oli dan bunyi-bunyian
hal ini tak terlihat pada mesin cilong yag habis dicuci steam. Satu-satunya cara mengecek apakah ada kebocoran oli adalah melakukan test drive selama beberapa kilometer. baru setelah itu periksa bagian rawan rembes seperti gasket mesin, transmisi , rem serta garden.
• Sasis miring atau patah pinggang
Bila sempat, bawalah calon mobil ke bengkel spooring untuk mengetahui apakah geometris sasis serta kaki-kaki masih normal. Sasis dan suspensi rusak sering diakali dengan spooring. Mintalah data dari bengkel apakah geometri suspensinya masih normal.
• Janji Palsu
Bila ada perjanjian setelah deal seperti perbaikan pada rembesan air atau suara-suara aneh di suspensi baiknya tertera di atas surat perjanjian . Sebab ada beberapa pelaku nakal yang pura-pura lupa ketika ditagih untuk menepati janjinya.
TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS
Biasanya Mobil baru menjadi idaman setiap orang.
Persoalannya tidak semua dari kita dengan berbagai alasan mampu untuk membelinya. Pilihannya mau tidak mau jatuh pada Mobil Bekas (Used Car).
Ada 2 Hal Utama yang harus diperhatikan kalau kita hendak membeli mobil bekas yakni:
Surat Dokumen Kendaraan
Kendaraan
Tentang Surat Dokumen Kendaraan, harus diperhatikan dan diperiksa bahwa seluruhnya adalah asli dan sah (BPKB,STNK, Faktur dan dokumen lainnya). Tentu saja anda harus memilih dealer terpercaya, yang bisa menjamin keabsahan surat-surat ini.
Tentang Mobil sendiri, ada beberapa tips untuk pengecekan yaitu :
Mesin : Bukalah kap mesin dan periksalah semua bagian dengan teliti. Hidupkan mesin, bila mesin baik, lampu indikator tekanan oli akan segera mati dan bunyinya terdengar rata. Perhatikan juga asap Knalpot, bila berwarna biru atau hitam berarti tidak beres.
Body/Chasis :Naikkan salah satu roda ke tempat yang lebih tinggi, misalnya trotoar. Buka dan tutup semua pintu. Bila tidak bisa menutup dengan sempurna kemungkinan besar pernah mengalami benturan/tabrakan.
Kerusakan dan Karat :Periksa Permukaan mobil yang tidak rata.Benturan keras bisa meninggalkan bekas menggangu penampilan. Cek juga bagian yang rawan karat:Talang Air(ATAP), Jendela-jendela dan pintu, diatas kaca spion dan antena radio,dibalik lis, sekitar lampu (Depan dan Belakang) bagian dalam spakbor, bawah belakang dan knalpot, bawah karpet bagasi.
Perlu Juga diperhatikan :
Alas Kaki dan bantalan pedal.
Tangkai Kemudi:perhatikan jika ada bunyi yang tidak normal.
Periksalah Alas tempat duduk.
Ketoklah Body Bagian demi Bgaian.
Periksa Kolong Mesin:perhatikan bila ada kebocoran oli.
Kondisi Ban Serep.
Buka alas kaki (floor mat) dan periksa kondisi didalamnya.

Suspensi :Tekan Masing-masing sisi mobil kebawah secara bergantian.Sisi yang ditekan harus naik lebih tinggi dari posisi semula dan turun lagi ke posisi saat di tekan.
Ban :Perhatikan ban yang aus.Permukaan ban yang tidak rata menunjukkan ketidakberesan, baik dibagian roda maupun mekanisme suspensi



(bid/berbagai sumber)








  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews