Perhatikan Kolong Mobil Anda


Bagian bawah mobil merupakan bagian yang sangat rawan terhadap kerusakan. Mungkin karena berada di bawah, kolong mobil seringkali luput dari pemeriksaan rutin kendaraan. Akibatnya, daerah kolong mobil seringkali kotor. Padahal, bagian bawah mobil merupakan bagian yang sangat rawan terhadap kerusakan. Agar mobil Anda selalu dalam kondisi prima lakukan langkah-langkah berikut:
Pertama, periksa bagian bawah mesin. Jika tidak ada pelindung, sebaiknya pasang deker dari pelat atau akrilik. Bagian knalpot dari header sampai ujung juga jangan luput dari perhatian. Amati bagian sambungan antara pipa dengan tabung knalpot. Ketuk-ketuk dengan keras bila ada karat yang berguguran, perlu segera diperbaiki atau dibilas.
Kedua, amati lantai atau dek bawah, jika karat atau berlubang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan gas CO2 masuk ke kabin. Kemudian periksa saluran pembuangan air dan karet sepanjang bodi. Jika terjadi kerusakan pada buangan air atau karet akan menyebabkan air merembes ke kabin. Amati gardan dan tutup olinya yang seringkali longgar akibat benturan.
Ketiga, periksa cross member dari karat atau keropos. Karena bagian ini sering kena tetesan air radiator. Ganti bila ternyata telah keropos. Jangan lupa untuk memeriksa juga bagian as kopel dan cross joint. Setelah itu periksa pegas atau per. Baik per daun atau per keong. Klem atau ikatan antar pegas harus kuat. Olesi dengan solar supaya tidak berdecit.
Keempat,

terakhir periksa pula setiap dudukan shockbreker. Amati mur dan bautnya, dengan cara menjalankan kendaraan sedikit. Jika dudukan bergeser saat kendaraan dijalankan segera kencangkan murnya. (nugie/oto).***






  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Tayangan Halaman