Car Brake Tools : Pengecekan Berkala Perangkat Rem Mobil


Salah satu piranti paling vital yang terdapat pada sebuah kendaraan adalah rem. Entah kendaraan apapun itu, karena diantara banyaknya penyebab kecelakaan oleh kendaraan bermotor, salah satunya disebabkan faktor rem. Maka dari itu wajib diperhatikan jika ingin melakukan perjalanan menggunakan kendaraan baik dalam kota maupun keluar kota, hendaknya selalu memperhatikan rem yang terdapat pada kendaraan anda, terutama pada mobil.

Menurut Gunawan Indrajati, Service Manager pada Tunas Toyota yang terletak dibilangan Mampang Jakarta Selatan, “terdapat berbagai macam hal yang dapat membuat sistem pengereman pada mobil terganggu, bahkan sampai kepada kondisi ekstrim yaitu, tidak berfungsinya beberapa indikator pada sistem pengereman yang dapat mengakibatkan rem pada mobil blong.”


Jika sistem pengereman pada mobil tidak berfungsi dengan baik, terdapat beberapa kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut, yaitu :
1. Kampas remnya sudah aus
2. Sliding yang terdapat pada caliper, kotor dan biasanya berkarat dan membuat caliper tidak berfungsi sebagaimana layaknya.
3. Tidak berfungsinya caliper yang disebabkan oleh kebocoran oli rem yang terdapat karet seal yang sudah aus.

Karena sistem dan cara kerjanya yang agak rumit, disarankan agar membawa mobil pada bengkel-bengkel mobil terdekat, atau pada bengkel yang telah ditunjuk untuk memperbaiki sistem pengereman tersebut. Tapi jika saja anda harus memperbaikinya sendiri dirumah, atau ketika sedang dalam melakukan perjalanan, mungkin ada baiknya jika melakukan langkah-langkah dibawah ini :


1. Lepaskan ban dari as roda (jika system pengereman menggunakan disc brake maka perangkat pengereman akan langsung terlihat,
jika menggunakan tromol maka penutup pada tromol atau drum brake harus dibuka dulu agar perangkat pengereman dapat terlihat). 

2. Setelah itu periksa kampas rem, tapi anda harus tahu sebelumnya, mana kampas rem yang masih bagus dan sudah tidak layak pakai lagi.(lakukan penggantian pada kampas rem yang sudah rusak). 

3. Jika ternyata tidak ada keganjilan yang terlihat pada kampas rem, untuk yang menggunakan disc brake, cenderung caliper-nya tidak
berfungsi dengan baik sebagai akibat dari baut sliding kotor bahkan berkarat, buka baut sliding dengan kunci pas, lalu bersihkan dengankain bersih dan apabila terdapat karat bisa anda bersihkan terlebih dahulu dengan ampelas yang agak kasar lalu berikan gemuk secukupnya.


4. Sedangkan pada sistem pengereman yang menggunakan tromol,

cenderung masalahnya terdapat pada wheel cylinder sebagai titik tolak kampas rem.
5. Kebocoran oli rem juga biasanya membuat rem jadi blong, periksa karet seal yang terdapat pada caliper, jika terdapat cairan oli membasahi karet seal segera lakukan penggantian pada seal.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada sistem pengereman kendaraan anda, ada baiknya anda melakukan pengecekan berkala secara rutin di bengkel-bengkel yang ditunjuk. “Disarankan agar pengecekan berkala pada sistem pengereman dilakukan pada setiap kendaraan mencapai 10.000 kilometer, dan selanjutnya setiap kelipatan 10.000 kilometer.” Ungkap Gunawan Indrajati menutup obrolan.

Teks/Foto : Ahmad Garuda




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews