Kapan Sebaiknya Mengisi Bahan Bakar?




 Pada sebagian besar pemilik kendaraan akan melakukan pengisian bahan bakar begitu tangki bahan bakar kosong alias habis. Hal tersebut memang betul namun ternyata ada waktu tepat untuk dianjurkan mengisi bahan bakar. Tentu saja ada alasannya yaitu Anda melakukan upaya penghematan. Jadi, kapan waktu paling tepat mengisi bahan bakar?

1. Sebaiknya lakukan pengisian bahan bakar di malam hari karena:

* Setiap bahan bakar terjadi proses penguapan, jika pengisian dilakukan di malam hari maka akan mengurangi proses penguapan. Karena pada malam hari jumlah penguapan akan lebih sedikit dibanding siang hari.

* Karena jumlah bahan bakar yang menguap di malam hari lebih sedikit itu berarti mengurangi resiko terbakar mengingat pada bahan bakar ada kandungan yang membuatnya cepat terbakar apalagi terkena panas di siang hari.

2. Sebaiknya jangan tunggu tangki bahan bakar benar-benar kosong untuk mengisi bahan bakar. Dianjurkan untuk menyisakan ¼ bahan bakar saat melakukan pengisian. Karena bila tangki bahan bakar benar-benar kosong


maka akan terjadi pengembunan air lebih banyak dalam tangki. Hal itu berpengaruh pada kualitas bahan bakarnya.

3. Jangan lupa untuk selalu mengecek indikator persediaan bahan bakar setiap saat agar Anda bisa mengontrol pengisian bahan bakar dan tidak kehabisan di jalan.[erf/cbrmn/oto]

(bid/berbagai sumber)

  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews