Mempercantik Mobil Tanpa Ke Salon


Dandani mobil Anda seperti merawat diri sendiri, karena mobil adalah cermin kepribadian. Bahwa mobil kumuh, berarti orangnya boleh jadi tidak bisa merawat diri.
Mobil juga mempunyai hak kecantikan. Dia akan protes bila tidak didandani, dengan cara mogok atau rusak. Bagi yang mengerti tentang hal ini, maka mereka akan merawat mobilnya dengan balk. Terlebih lagi hubungan orang dan mobilnya sudah tak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari.
Selain sarana tranportasi, mobil juga menjadi simbol citra diri. Begitu besarnya peran sebuah mobil, membuat sang pemilik terus melakukan perawatan mesin dan bodi secara rutin.
Bicara masalah perawatan mobil khususnya perawatan bodi, sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil. Hal ini bahkan lebih efisien dibandingkan dengan memakai jasa salon. Edwar, seorang wiraswasta mengakui, tiap enam hari harus mengeluarkan biaya minimal RP 500 ribu untuk merawat cat BMW-nya agar tetap kinclong. Jumlah ini belum terlampau besar jika dibandingkan dengan biaya merawat mobil mewah.
Kebutuhan perawatan mobil sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari perawatan mobil secara umum. Kebutuhan ini dimanfaatkan oleh para pengusaha dengan membuka salon mobil, jasa perawatan mobil. Begitu juga dengan H. Ival Rivaldi, pemilik Gading Motor Station, yang berada di Kalibata Indah.
"Selain membersihkan interior dan eksterior, kita juga menjual produk-produk pembersih mobil," ujar Ival. Pria lulusan Universitas Al- Azhar Kairo, jurusan Filsafat ini menambahkan, jika mau sedikit lelah dan meluangkan waktu tidak ada salahnya membersihkan mobil sendiri. Lebih hemat, tidak mengeluarkan biaya pembersihan. Cukup dengan membeli produk pembersih untuk interior dan eksterior mobil.
Ada beberapa produk pembersih eksterior yang bisa digunakan, di antaranya, Car Wash produksi untuk shampo bodi harga sekitar Rp 52 ribu. Bila tidak mau memakai produk Amway ini bisa diganti dengan Kit Wash Wax harga sekitar Rp 85 ribu. Untuk membersihkan mobil dari debu dan tanah-tanah yang menempel pada mobil, bisa juga menggunakan SC 88 pruduk CNI dengan harga sekitar Rp 88 ribu. Sedang untuk poles bodi biar tetap mengkilat bisa memakai Silone Glaza Rp 68 ribu.
"Bila kita rajin membersihkan mobil, mobil pasti akan tetap terlihat cantik, bersih dan terhindar dari karat. Tidak sulit merawat mobil, hampir sama dengan merawat diri," tambah lelaki berdarah Aceh ini. Sedangkan untuk membersihkan interior bisa memakai Car Protestant seharga RP 73 ribu.

Mencuci, menghilangkan flek dan jamur pada mobil sebaiknya dilakukan saat kendaraan dingin, di tempat terbuka, teduh dan dimulai pada bagian bawah. Dengan menyemprotkan air secara teratur. Setelah rata, usap setiap lobang spatbor. Bersihkan roda dan velg dengan menggunakan sikat. Semprotkan air pada seluruh celah bagian bawah yang dapat terlihat. Setelah itu basuh bodi atas, mulai dari kaca. Jangan lupa menggunakan shampo sesuai petunjuk. Setelah rata, semprotkan air dengan tekanan cukup keras pada lekuk dan sambungan bodi. Setelah kering semprotlah dengan pompa kompresor (jika punya), pada bagian-bagian lekuk dan sekujur mobil.
Menghilangkan Flek dan Jamur


Carilah bahan pengkilap mobil yang tidak mengandung senyawa pengrusak cat. Dan bahan pengkilap yang membuat cat mobil tetap menjadi awet muda, mengkilap dan menghilangkan flek, salah satunya Kit Original Paste Wax.
Oleskan bahan pengkilap ini pada area terjangkau tangan, agar bisa merata. Gosok dengan bahan kain yang khusus untuk mengkilatkan mobil. Setelah kering lanjutkan pada bagian samping dan demikian seterusnya. Ulangi bila flek belum juga hilang.
Lakukan kegiatan ini ditempat tertutup dan teduh. Setelah dipoles secara rata, jemur mobil di tempat terbuka lebih kurang satu jam. Bila kurang kinclong, ulangi kegiatan serupa sepekan kemudian. Lanjutkan pula kegiatan serupa setidaknya dua kali sebulan.
Agak berbeda dengan flek, menghilangkan jamur jelas lebih sulit. Umumnya memerlukan dua senyawa, penghilang jamur dan pengkilap bodi. Upaya menghilangkan jamur pada kaca setiap mobil mempunyai karakter sendiri. Mobil produksi Jepang lebih mudah dibandingkan dengan mobil keluaran Eropa dan Amerika Serikat.
Setelah mobil dicuci dan dikeringkan, oleskan obat penghilang jamur. Lap secara merata, setelah itu usap dengan bahan pengkilap. Cermati apakah jamur sudah hilang atau belum. lika belum hilang, lakukan lagi. Perlu diwaspadai, terhadap bahan-bahan penghilang jamur, salah pilih bisa merusak cat mobil.
Pada kondisi mobil yang jamurnya parah, mesin penggosok bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bercak-bercak. jangan ceroboh, salah penggunaan cat bisa bertambah merusak clan bergores.
Perlu keahlian dan kehati-hatian. Jika tidak bisa, pakailah jasa salon mobil karena mereka lebih ahli clan mengerti apa yang harus dilakukan.

Hal yang perlu diingat bila mau memakai jasa salon mobil
1. Carilah salon yang mempunyai alamat yang jelas. Hindari salon pinggir jalan. Bukan berarti salon pinggir jalan tidak profesional dan berkualitas. Ini cuma untuk menjaga keamanan mobil dan menghindari penipuan.
2. Fasilitas. Perhatikan fasilitas jasa yang diberikan clan pekerjaan yang mereka tawarkan. Yang lebih penting menanyakan ongkos, kadang berbeda antara ongkos diiklankan dengan kenyataan yang sebenarnya. Bandingkan dengan salon mobil lainnya. lika lebih bagus, pindahlah ke tempat yang bagus tersebut.
3. Cara menerima order. Perhatikan cara mereka menerima order dan etika berkomunikasi. Mereka yang sering menerima order berarti salon mobilnya banyak mempunyai pelanggan. Salon mobil yang banyak mendapat klien, berarti salon mobil tersebut bagus.

Sumber: Male Emporium/cbn.net.id


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews