Wiper

Wiper mobil Anda tiba-tiba tersendat-sendat atau tidak lagi berfungsi normal? Sebaiknya jangan biarkan kondisi seperti itu berlangsung terus. Soalnya, wiper seperti itu dapat merusak atau menggores kaca mobil Anda. Terlebih lagi jika karet yang terdapat pada wiper Anda sudah tidak lagi dapat menjalankan fungsinya sebagai penghapus atau pembersih kaca mobil dengan sempurna.
Tersendat atau macetnya wiper bisa diakibatkan per atau pivot pada wiper yang telah aus atau rusak. Jika hal itu Anda alami berarti wiper sudah harus diganti dengan yang baru. Begitu juga jika karet pada wiper Anda sudah rusak. Sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru.
Sebelum melakukan penggantian, sebaiknya Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis wiper. Pada dasarnya jenis wiper terdiri dari dua buah.
Pertama, wiper yang memiliki pengunci semacam knop plastik berwarna merah atau hitam. Untuk melepaskan wiper jenis ini, tekan knop ke bawah maka blade karetnya dapat Anda geser dari klip rangkanya.
Kedua adalah jenis wiper dengan model yang lebih mutakhir. Wiper model ini memiliki mekanisme kunci yang sederhana. Mekanisme kunci yang sederhana ini memungkinkan ujung blade dapat dilengkungkan ke bawah. Hingga terlepas dari lekukan yang menahan klip dari rangkanya, sehingga blade-nya dapat dilepas dan digeser dari rangka.
Sedangkan untuk memasang kembali wiper dengan yang baru, lakukan kebalikan dari cara melepas wiper. Yaitu jika wiper yang Anda miliki memiliki dua buah knop plastik, cara memasangnya dapat dilakukan dengan menekan knop ke bawah sehingga blade karet wiper yang baru dapat Anda pasang tepat pada klip rangkanya.
Sementara jika wiper Anda adalah model yang lebih mutakhir, maka Anda harus melepas kuncinya dengan melekungkan ujung blade ke bawah, sehingga klip terlepas dari rangkanya. Setelah itu Anda dapat melakukan pemasangan wiper yang baru pada klip.
Jika prosedur pemasangan wiper baru telah Anda lakukan, hal penting yang harus Anda ingat adalah selalu memasang semua klip yang terdapat pada wiper. Apa pun jenis wiper yang Anda pakai.







Setelah itu periksa alat pengunci, apakah sudah terpasang dan bekerja dengan baik. Sehingga wiper yang baru Anda pasang ini tidak jatuh. Jika Anda kurang baik memasangnya, kemungkinan besar klip wiper akan menggores kaca mobil Anda.

(YC/B-12)

Hangtuah Digital Library







  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com



    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews