Merawat Sistem Injeksi

Agar mobil tidak mudah mogok, lakukan perawatan pada system injeksinya Ada kalanya mobil mogok disebabkan karena sistem injeksi bekerja tidak normal. Mungkin salah satu komponennya mengalami gangguan / kerusakan. Untuk itu servis rutin sistem injeksi setiap 5.000 km kudu dilakoni. Disamping itu perawatan yang dilakukan pada system injeksi akan menentukan kinerja mobil itu sendiri. 

Komponen apa saja yang perlu diservise ? :
• Saringan bensin
Komponen ini terdapat di ruang mesin dan terbuat dari logam. Saringan bensin yang kotor sebaiknya dibersihkan dengan bantuan angin bertekanan tinggi. Namun jika terlalu kotor sebaiknya ganti dengan yang baru. Karena jika dibiarkan saja dapat terjadi kerusakan yang merembet ke pompa bensin ditandai dengan timbulnya suara berisik yang bernada tidak stabil.
• Saringan udara
Mengingat fungsinya untuk menyaring kotoran dan debu dari udara , sehingga memberi kesempatan udara masuk lebih banyak ke ruang bakar.
Terhambatnya udara akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan memboroskan bahan bakar. Karena berfungsi sebagai penyaring, tentu saja saringan udara ini harus bersih dari kotoran.
• Throttle Body
Komponen ini juga rentan terhadap kotoran. Akibatnya tarikan menjadi kurang responsive. Jika kotoran sudah menumpuk di bagian yang bernama throttle position sensor maka bisa menyebabkan putaran mesin menjadi pincang dalam keadaan stationer. Kebersihan throttle body berhubungan
dengan kebersihan saringan udara karena sumber kotoran berasal dari udara yang terisap ke ruang bakar.
• Nosel Injektor
Lubang nosel yang kecil ukurannya dapat juga tersumbat kotoran / kerak. Sehingga semprotan bensin jadi kacau dan debitnya menjadi berkurang. Hal itu berakibat putaran mesin menjadi pincang dan tarikannya payah.
• Penyetelan CO
Lakukan penyetelan ulang di system pasokan bensin, udara dan pengapian. Gunakan pengukuran CO untuk mengetahui proses pembakaran di mesin apakah sudah efisien atau belum. Idealnya nilai CO harus di bawah 1%. (IPR2004)

(bid/berbagai sumber)

  • selengkapnya......

  • final gear, Biaya service bulanan, ac, Anti Karat

    final gear
    apakah ada ukuran final gear yang lebih kecil untuk blazer? apakah mungkin bisa diganti untuk mengiritkan? thanks
    Oleh harry
    Jawaban
    Setahu saya, belum ada yang bereksperimen merubah final gear Blazer. Tapi secara teori dengan merubah final gear memang bisa merubah konsumsi BBM. Tentunya dengan konsekuensi turunnya performa.

    Biaya service bulanan
    Rencananya aku pengen beli blezer yang tahun 00 - 03, aku pengen tahu kalo untuk blezer yang tipe DOCH biaya perawatan rutin tanpa ada kerusakan perbulan kira-kira berapa ?,dan biaya pajak tahunan untuk tahun 00 - 03 kira-kira berapa yah...?
    Oleh Khairul Umam
    Jawaban
    Sekitar 250ribu per 5000km. Pajak 1,7juta.


    ac
    Tanya nih, katanya AC bawaan blazer montera (mungkin juga blazer jenis lain) gampang rusak kompresornya, dan banyak yg menyarankan supaya ganti ac denso aja, benar gak sih itu ? kalau benar, kira2 dimana Pak Blazie merekomendasikan bengkel ac nya, dan berapa kira2 biayanya?
    Oleh agoes
    Jawaban
    Kalau dibilang gampang rusak sih tidak, umumnya compresor Blazer umurnya 5 - 7 tahun. Bisa diganti ke yang merek Sanden.


    Anti Karat
    Om, nanya lage. Kayak nya blazie gak di pake anti karat yak? perlu di pakein kah ? Tks
    Oleh Piet
    Jawaban
    Gak perlu pak, karena sudah di anti karat secara elektronis saat perakitan.
    fr. bic.or.id


  • selengkapnya.......
  •  
     
     

    Total Pageviews