Menambal Ban Tubeless

Saat ini, hampir semua jenis kendaraan sedan menggunakan ban jenis biasa maupun radial yang tubeless (tanpa ban dalam). Jika tertusuk paku atau benda tajam lainnya, ban tubeless akan habis anginnya. Hal tersebut jelas sangat berbahaya di samping membikin Anda kesal.

Jika ban bocor, yang perlu diperhatikan adalah sumber kebocoran itu. Cabutlah paku atau benda lain yang menyebabkan kebocoran tersebut. Bersihkan kotoran yang ada sampai benar-benar bersih. Selanjutnya, buanglah angin yang masih tersisa di dalam ban sampai benar-benar kering.

Berikutnya, dengan menggunakan obeng spiral, carilah arah lubang dengan hati-hati agar tidak menimbulkan lubang baru. Obeng spiral diputar ke arah kanan sampai maksimum, kemudian tariklah kembali obeng tersebut ke arah kanan juga. Berilah lem chemical vulcanizing fluid atau lem Castol pada obeng spiral dan tusukkan ke lubang tadi. Ulangi pekerjaan tersebut sebanyak dua kali dan diamkan beberapa saat.

Selanjutnya ambillah jarum penjepit dan permacure bagian yang dipakai untuk menyumbat lubang. Bukalah pembungkus permacure dan berilah lem secukupnya. Letakkan permacure pada bagian tengah jarum. Cabutlah obeng spiral yang ditusukkan pada lubang dan tusukkanlah dengan hati-hati jarum jepit dan permacure ke arah lubang sedalam mungkin. Kemudian cabutlah seketika. Apabila lubang besar, gunakanlah beberapa permacure.

Untuk meratakan sisa permacure gunakan pisau dan tunggulah beberapa saat sampai lem kering. Setelah itu ban bisa dipompa sesuai dengan kebutuhan.





  • READ MORE.......



  • fr. BIC Webmaster


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips untuk meminimalkan konsumsi BBM

    Kenaikan BBM tentunya akan berimbas pada makin banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk berkendara. Ini adalah beberapa tips untuk meminimalkan konsumsi BBM selama berkendara menggunakan mobil.
    • Pada transmisi manual, jumlah BBM yang mengalir dari tangki BBM ke mesin adalah fungsi dari injakan pedal akselerator (pedal gas). Semakin diinjak, semakin cepat aliran BBM ke mesin. Untuk meminimalkan konsumsi BBM, kita perlu sebisa mungkin meminimalkan injakan pedal akselerator/gas ini.
    • Ketika menambah kecepatan pada mobil dengan transmisi manual, gantilah transmisi dengan cepat. Atau dengan kata lain, gunakan transmisi setinggi mungkin tetapi dengan tetap menjaga tenaga dari mesin. Jika transmisi yang lebih tinggi membutuhkan injakan pedal gas yang lebih sedikit, maka gantilah ke transmisi yang lebih tinggi. Sebaliknya juga berlaku, jika transmisi lebih rendah membutuhkan injakan pedal gas yang lebih sedikit, maka gantilah ke transmisi yang lebih rendah, ini berlaku terutama jika jalan dalam kondisi menanjak atau mobil sedang membawa beban berat.
    • Minimalkan menginjak pedal rem. Penggunaan rem akan mengkonversi energi kinetik ke dalam energi panas pada piringan rem. Sedangkan energi kinetik mobil sebelumnya berasal dari energi kimia yang dikandung BBM. Sebagai contoh, jika mobil anda melaju menuju sebuah perempatan, sebaiknya hentikan menekan pedal gas jauh sebelum dekat dengan perempatan tersebut, pindahkan transmisi ke netral dan baru mengerem mobil setelah dekat dengan perempatan. Jika anda memilih tetap meningkatkan akselerasi, maka BBM yang terbuang menjadi panas akan lebih banyak.
    • Sewaktu membeli mobil, pilihlah mobil bertransmisi otomatis. Mobil bertransmisi otomatis seharusnya lebih mudah digunakan jika kita ingin menghemat BBM tanpa perlu mengubah kebiasaan mengemudi. Sedangkan boros atau tidaknya konsumsi BBM pada mobil bertransmisi manual lebih banyak tergantung kepada disiplin pengemudinya.
    • Sewaktu membeli mobil, pilihlah mobil yang berwarna terang. Mobil berwarna gelap akan menyerap lebih banyak panjang gelombang daripada mobil berwarna terang. Hal tersebut akan menyebabkan energi panas lebih mudah memasuki interior mobil berwarna gelap. Akibatnya, AC mobil berwarna gelap akan bekerja lebih keras untuk mempernyaman interior mobil, baik secara otomatis maupun secara manual oleh pengemudi.
    • Hindari kemacetan. Kemacetan adalah salah satu sumber utama pemborosan BBM. Kalau perlu pulanglah dari kantor ketika jalanan sudah tidak macet, atau ambil jalan yang agak memutar untuk menghindari titik-titik kemacetan. Lebih baik lagi, gunakanlah sarana transportasi umum jika memungkinkan.
    • Parkirkan mobil di tempat yang teduh. Atau jika tidak dapat menemukan tempat yang teduh, gunakan reflektor cahaya matahari untuk meminimalkan energi panas yang memasuki mobil. Interior mobil yang panas akan membuat kerja AC lebih berat, terutama ketika baru menyalakan mobil.
    • Pilihlah mobil dengan ukuran mesin dan jumlah silinder yang rendah. Kapasitas mesin dan jumlah silinder tidaklah terlalu penting. Mobil bermesin 4 silinder dengan kapasitas 1.3 liter sama fungsinya dengan mobil bermesin 6 silinder berkapasitas 3 liter. Keduanya bisa membawa diri anda ke tujuan anda. Perbedaan terbesarnya hanyalah bahwa mesin mobil berukuran besar umumnya lebih boros BBM daripada mesin mobil berukuran kecil.
    • Jika membeli mobil, pilihlah mobil baru dengan teknologi terbaru. Teknologi mesin baru biasanya lebih hemat BBM daripada mobil dengan teknologi lama.
    • Jangan sampai terlambat mengganti oli. Semakin lama penggunaan oli, maka daya pelumasannya akan semakin berkurang. Akibatnya lebih banyak BBM yang terkonversi menjadi panas di dalam mesin.
    • Jika nantinya sudah tersedia di Indonesia, pilihlah mobil hibrida. Seperti halnya mobil konvensional, mobil hibrida memiliki mesin pembakaran internal. Tetapi, selain itu, mobil hibrida juga memiliki baterai dan mesin listrik. Mobil hibrida menghemat energi dengan cara mengkonversi sebagian energi panas yang terbuang ke dalam energi listrik yang nantinya dapat digunakan untuk menjalankan mobil.
    • Gunakan mobil yang sudah terbukti hemat BBM. Dengan kata lain, gunakan Honda City atau Jazz .


    (bid/berbagaisumber)

    Awas pedagang nakal

    Cek dan ricek adalah hal penting saat membeli mobil bekas. Sebab banyak pedagang atau makelar menghalalkan segala cara untuk mendapat untung.
    Boleh dibilang, membeli mobil bekas ibarat mengawini janda . kondisinya sangat relative. Muda dan mulus belum jaminan bila sebelumnya sering disiksa. Begitu pula dengan yang tua dan berumur belum tentu payah, bila sebelumnya ada di tangan telaten yang rajin melakukan perawatan rutin.
    Pengetahuan,ketajaman mata serta feeling diperlukan untuk pasangan yang pas . Celakanya sebagian pedagang mobil bekas menghalalkan segala cara demi mendapat untung. Seperti diakui seorang eks pedagang mobkas yang kerap memasukan oli garden yang lebih kental ke dalam mesin bermasalah . Berikut kenakalan-kenakalan yang kerap dijumpai dalam jual beli mobil bekas :
    • Yakinkan spesifikasi pilihan Anda
    Banyak mobil serupa tapi tak sama . Memang kebanyakan hanya beda fitur serta perangkat opsional,namun ada beberapa merek yang berbeda total .Cara ini kerap sekali dilakukan apalagi jika klien tidak tahu tentang mobil.
    • Nama sesuai STNK
    Baiknya mendapati mobil bekas dari pemakai langsung dengan nama STNK dan BPKP sesuai KTP. Selain lebih mudah merunut nasib mobil sebelumnya , juga menghindari pedagang atau makelar curang.
    • Menghidupkan dan memanaskan mobil
    “ Silakan duduk dan diminum airnya, biar saya panasnya dulu mobilnya.” Bila sang penjual bersikap seperti itu, Anda patut curiga
    • Penyamaran cat
    Banyak hal disembunyi penjual lihat untuk menipu pembelinya. Menurut pengakuan seorang pebengkel cat yang sebagian besar kliennya pedagang, ia sering menerima orderan siram bodi. Antisipasi penipuan model begini adalah dengan membuka karpet mobil serta bagian bodi di bawah jok belakang untuk melihat warna dan kondisi cat sesungguhnya.
    • Bau-bau aneh di Interior
    Bila Anda menemukan aneh perketat mata dan hidung. Bila tak yakin baiknya mencari mobil semerek dan hidup aroma interiornya.
    • Masa Pakai
    Parameter tahun pembuatan adalah cara mengetahui umur. Namun buat mobil, selain umur, masa pakai sangat berpengaruh . Mau cek odometer digital, belum jadi jaminan lantaran perangkat ini bisa direset untuk mengubah jarak tempuh.
    • Campuran oli dan air radiator
    • Rembesan oli dan bunyi-bunyian
    hal ini tak terlihat pada mesin cilong yag habis dicuci steam. Satu-satunya cara mengecek apakah ada kebocoran oli adalah melakukan test drive selama beberapa kilometer. baru setelah itu periksa bagian rawan rembes seperti gasket mesin, transmisi , rem serta garden.
    • Sasis miring atau patah pinggang
    Bila sempat, bawalah calon mobil ke bengkel spooring untuk mengetahui apakah geometris sasis serta kaki-kaki masih normal. Sasis dan suspensi rusak sering diakali dengan spooring. Mintalah data dari bengkel apakah geometri suspensinya masih normal.
    • Janji Palsu
    Bila ada perjanjian setelah deal seperti perbaikan pada rembesan air atau suara-suara aneh di suspensi baiknya tertera di atas surat perjanjian . Sebab ada beberapa pelaku nakal yang pura-pura lupa ketika ditagih untuk menepati janjinya.
    sumber : auto build bulan juni 2003
    Jurus Ampuh Test Dulu
    Dari beberapa tahap membeli mobil bekas, mengendarai jadi jurus paling ampuh. Dengan begitu, kondisi dan karakter sesungguhnya dari mobil yang dinginkan bisa terungkap.
    Test drive juga berguna memberi keyakinan Anda untuk memakai mobil dalam jangka waktu tertentu yang bisa sampai bertahun-tahun. Maka mintalah kesempatan test drive pada penjual atau dealer mobil bekas. Jika tak diberikan , tak perlu ragu cari mobil lain
    “Tahapan ini dilakukan usai pengamatan mobil soal tahun produksi, mobil soal tahun produksi, model,bentuk, surat-surat dan harga. Lalu kondisi bodi , interior,cat ,warna, termasuk perlengkapan secara detail. Serta informasi dari pemilik sebelumnya,” jelas Amiaw, mekanik.
    Pengujian mobil bekas dilakukan berupa rangkaian. Dari buka tiap pintu hingga parkirdan matikan mesin. Sebaiknya catat semua kelebihan dan kekurangan yang ada. Lebih baik lagi jika telah menyiapkan checklist. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
    • Buka tutup pintu
    Yang perlu diperhatikan saat membuka pintu,apakah prosesnya cukup mudah. Artinya tak ada yang mengahalangi pergerakan. Begitu pula saat menutup. Ini berlaku untuk semua pintu mobil.
    • Rasakan kemudi
    Untuk menguji kondisi kemudi, aturlah posisi roda lurus ke depan sebagai permulaan. Coba putar setir, tapi tidak perlu terlalu ekstrim.Bagi mobil yang mempunyai power steering, pastikan tidak ada suara bunyi melengking dari v-belt power steering. Caranya putar setir ke kanan dan kiri secara penuh tapi jangan terlalu lama.
    • Dengarkan mesin
    Pada kondisi normal,mesin mesti mudah distart. Bila sempat tersendat, dynamo starter bisa jadi penyebab. lalu dengar suara mesin saat langsam. Usai itu, itu matikan mesin. Kondisinya, mesin harus langsung mati. Bila itu tak terjadi, ada masalah dengan pemasok bahan bakar. Namun jika tak ada masalah dengan kedua masalah tersebut diatas, lakukan perjalanan sesuai rute.
    • Uji performa mesin
    Yang diuji yakni kemampuan akselerasi dari berhenti atau kecepatan rendah memakai AC.
    • Uji rem
    Untuk menguji rem, lakukan pengereman mendadak.namun tak sampai ban berdecit. Perhatikan bila gerakan mobil mengarah ke salah satu sisi, itu berarti ada masalah. Penyebabnya salah satu sepatu rem aus sehingga sisi sebelahnya lebih pakem.
    • Sistem transmisi dan drivetrain
    Mobil transmisi otomatis diuji dengan memindah tuas ke semua posisi, terutama dari drive ke reserve. Kondisi normal hanya muncul suara perpindahan yang halus. Jika muncul suara keras berarti ada masalah.
    • Interior dan AC
    Suasana kebin bisa dengarkan bunyi dari dasbor. Jika muncul suara berderit, bisa karena ada baut pengikat dasbor kendur. Jika dasbor bergetar, bisa karena engine mounting retak.
    Memulai dan saat melakukan test drive, sebaiknya Anda terus menggunakan AC. Berguna untuk mengecek munculnya suara melengking dari belt AC selip karena kendur.
    • Kerja Suspensi
    Test kerja suspensi bisa melewati jalan bergelombang dengan banyak penumpang. Baik perlahan atau cepat. ini berguna mendeteksi bebunyian yang muncul seperti berdetak atau berderit.
    • Asap Knalpot
    Warna asap knalpot bisa menjadi petunjuk bagi Anda . Keluarnya asap putih saat start dan langsung cepat hilang disebabkan adanya uap air yang masuk ke mesin. Auto build
    Awas pedagang nakal
    Cek dan ricek adalah hal penting saat membeli mobil bekas. Sebab banyak pedagang atau makelar menghalalkan segala cara untuk mendapat untung
    Boleh dibilang, membeli mobil bekas ibarat mengawini janda . kondisinya sangat relative. Muda dan mulus belum jaminan bila sebelumnya sering disiksa. Begitu pula dengan yang tua dan berumur belum tentu payah, bila sebelumnya ada di tangan telaten yang rajin melakukan perawatan rutin.
    Pengetahuan,ketajaman mata serta feeling diperlukan untuk pasangan yang pas . Celakanya sebagian pedagang mobil bekas menghalalkan segala cara demi mendapat untung. Seperti diakui seorang eks pedagang mobkas yang kerap memasukan oli garden yang lebih kental ke dalam mesin bermasalah . Berikut kenakalan-kenakalan yang kerap dijumpai dalam jual beli mobil bekas :
    • Yakinkan spesifikasi pilihan Anda
    Banyak mobil serupa tapi tak sama . Memang kebanyakan hanya beda fitur serta perangkat opsional,namun ada beberapa merek yang berbeda total .Cara ini kerap sekali dilakukan apalagi jika klien tidak tahu tentang mobil.
    • Nama sesuai STNK
    Baiknya mendapati mobil bekas dari pemakai langsung dengan nama STNK dan BPKP sesuai KTP. Selain lebih mudah merunut nasib mobil sebelumnya , juga menghindari pedagang atau makelar curang.
    • Menghidupkan dan memanaskan mobil
    “ Silakan duduk dan diminum airnya, biar saya panasnya dulu mobilnya.” Bila sang penjual bersikap seperti itu, Anda patut curiga
    • Penyamaran cat
    Banyak hal disembunyi penjual lihat untuk menipu pembelinya. Menurut pengakuan seorang pebengkel cat yang sebagian besar kliennya pedagang, ia sering menerima orderan siram bodi. Antisipasi penipuan model begini adalah dengan membuka karpet mobil serta bagian bodi di bawah jok belakang untuk melihat warna dan kondisi cat sesungguhnya.
    • Bau-bau aneh di Interior
    Bila Anda menemukan aneh perketat mata dan hidung. Bila tak yakin baiknya mencari mobil semerek dan hidup aroma interiornya.
    • Masa Pakai
    Parameter tahun pembuatan adalah cara mengetahui umur. Namun buat mobil, selain umur, masa pakai sangat berpengaruh . Mau cek odometer digital, belum jadi jaminan lantaran perangkat ini bisa direset untuk mengubah jarak tempuh.
    • Campuran oli dan air radiator
    • Rembesan oli dan bunyi-bunyian
    hal ini tak terlihat pada mesin cilong yag habis dicuci steam. Satu-satunya cara mengecek apakah ada kebocoran oli adalah melakukan test drive selama beberapa kilometer. baru setelah itu periksa bagian rawan rembes seperti gasket mesin, transmisi , rem serta garden.
    • Sasis miring atau patah pinggang
    Bila sempat, bawalah calon mobil ke bengkel spooring untuk mengetahui apakah geometris sasis serta kaki-kaki masih normal. Sasis dan suspensi rusak sering diakali dengan spooring. Mintalah data dari bengkel apakah geometri suspensinya masih normal.
    • Janji Palsu
    Bila ada perjanjian setelah deal seperti perbaikan pada rembesan air atau suara-suara aneh di suspensi baiknya tertera di atas surat perjanjian . Sebab ada beberapa pelaku nakal yang pura-pura lupa ketika ditagih untuk menepati janjinya.



  • READ MORE.......


  • (bid/berbagai sumber)



    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    KURSUS STIR MOBIL


    Bagaimana cara mengoperasikan mobil yang aman dan nyaman.

    Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol
    1)Pasang tali / sabuk pengaman
    2)Putar kunci untuk menghidupkan mesin
    3)Hidupkan AC
    4)Turunkan Rem Tangan
    5)Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
    6)Angkat kopling pelan2
    7)Sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak

    Memundurkan mobil
    1)Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R
    2)Angkat kopling pelan2 Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan ? kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati)


    Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)
    1)Injak kopling habis
    2)Angkat gas
    3)Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
    4)Angkat kopling pelan2
    5)Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya.
    6)Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja

    Jika melalui polisi tidur
    1)Angkat gas, tempel pedal rem
    2)Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
    3)Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai ? kopling atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya
    4)jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur
    5)Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2


    Menambah/mengurangi gigi
    1)Injak kopling habis
    2)Angkat gas
    3)Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
    4)Tempel gas
    5)Angkat kaki dari kopling pelan2


    Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat
    1)Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti
    2)Injak kopling habis
    3)Pindahkan gigi ke gigi 0
    4)Angkat rem tangan


    Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem
    1)Injak kopling habis
    2)Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
    3)Pindahkan gigi ke gigi 1
    4)Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya


    Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya
    1)Injak kopling habis
    2)Tempelkan kaki di rem
    3)Pindahkan gigi ke gigi 1
    4)Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
    5)atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
    6)Tempel kaki di gas
    Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)

    (fr.http://bima.ipb.ac.id)

    Periksa Komponen V-Belt

    Komponen yang satu ini terbuat dari bahan karet. Bentuknya bulat dengan ukuran panjang sesuai dengan kebutuhan. Tugasnya sangat vital, diantaranya memutar alternator, sistem pendingin mesin, serta sistem pendingin ruangan (AC). Namun kalau sampai putus, dijamin bakal merepotkan pengemudi.

    Sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan, cara mendeteksinya cukup mudah. Pertama, periksa kerenggangan dengan menggunakan telunjuk tangan. Kemudian tekan dengan sedikit tenaga. Kalau sampai agak kendor, perlu diwaspadai.

    Kemudian periksa kondisi dari V-belt itu sendiri. Kalau ditemui kondisi sobek atau retak-retak, sebaiknya segera
    diganti. Atau ikuti sesuai dengan petunjuk buku pemeriksaan kendaraan.

    Namun, disarankan untuk membawa V-belt cadangan di setiap mobil. Khususnya bagi kendaraan yang sering dibawa perjalanan jauh. Jadi, kalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan, dapat segera diganti.




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman