Berkendara Aman dari Tangan Jahil

Situasi Jakarta yang semakin tidak aman membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati saat berkendara. Sebab, tidak jarang terjadi aksi penodongan atau perampasan yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab terhadap para pengendara yang lengah, dan hebatnya kerap dilakukan di tempat-tempat ramai. Oleh karena itu, ada baikny Anda yang sering berkendara saat menuju ke suatu tempat memperhatikan tips-tips berikut, yang sebenarnya sangat sederhana.

Sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir,pastikan pintu mobil terkunci semua dan jendela rapat. Kesalahan ini yang sering dilakukan seseorang saat parkir di sebuah tempat, akibatnya ketika kembali mobilnya telah raib dan ia hanya biia menyesali nasib. Jangan lupa, meski telah dikunci, periksa lagi kendaraan Anda.

Hal kedua adalah jangan pernah membuka kaca mobil kecuali laju kendaraan Anda cukup kencang. Memang, suasana yang panas ditambah AC mobil yang kerap mati (atau bahkan tidak dilengkapi oleh perangkat pendingin udara) membuat seseorang kerap membuka kaca untuk mendapat udara segar. Sebisa mungkin hindari hal ini, sebab kaca mobil yang terbuka kerap mendorong orang yang berniat jahat untuk melakukan penodongan. Seandainya tertutup, belum tentu ia berani melakukannya.

Jangan meninggalkan barang berharga dalam mobil sat keluar, ataupun menaruh barang tersebut di tempat-tempat yang bisa terlihat dari luar mobil. Hal ini harus diperhatikan terutama untuk kalangan ibu-ibu, yang kerap menaruh HP atau tas berisi uang di atas jok ataupun dashboard. Hal ini termasuk penggunaan HP saat berkendara, terutama saat mobil berhenti di lampu merah. Selain dapat membahayakan pengendara lainnya (terutama saat melaju), HP adalah barang yang paling menarik bagi penodong untuk melancarkan aksinya.

Yang terakhir, jangan lupa untuk



membawa alat-alat pengaman yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball dapat berguna untuk membela diri Anda seandainya suatu saat Anda terpaksa harus mempertahankan diri dari penodong.

Saat berhenti di perempatan yang sering kali rawan, usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan depan. Dengan demikian, saat dikepung oleh penjahat, Anda tinggal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Dan bila dikuntit orang, jangan pernah berhenti di tempat sepi karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan Anda sendiri.


fr.indosiar.com


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Kendalikan amarah ketika Anda mengemudi


    Salah satu penyebab utama kecelakaan kendaraan adalah hawa nafsu. Hal ini terjadi ketika seorang pengemudi naik pitam akibat provokasi dari pengemudi lain. Ini bisa terjadi bila seorang pengemudi melakukan hal yang membuat pengemudi lainnya bereaksi dengan ganas. Kesudahannya anda tahu sendiri, bisa terjadi perdebatan sengit, saling memukul yang dapat berakhir di rumah sakit, atau paling ekstrim bisa saja saling membunuh.

    Cara pencegahannya memerlukan usaha yang sungguh-sungguh. Dengan teknik-teknik mengemudi yang baik, anda dapat terhindar dari menjadi sasaran kemarahan seseorang atau bahkan dapat mencegah diri anda sendiri terpancing amarah tak terkendali. Berikut ini adalah beberapa tip agar anda dapat menikmati perjalanan dengan aman dan tetap kalem.

    Rencanakan perjalanan anda. Petakan rute tadi dan beri waktu ekstra agar tidak terlambat tiba di tujuan. Dengan demikian, kemacetan kecil tidak akan begitu menegangkan.



    Mengemudi secara defensif. Patuhi disiplin jalan raya dan peraturan lalin. Ingat bahwa mengemudi adalah ajang transportasi, bukannya kompetisi. Jadi mencapai tujuan dengan selamat haruslah menjadi prioritas utama.

    Beri tanda. Pastikan anda menggunakan lampu sein bila akan membelok atau pindah jalur. Dengan demikian pengemudi di sekitar anda akan mengerti kemana arah tujuan anda atau apa yang akan anda perbuat.

    Jangan membuntuti terlalu dekat. Membuntuti terlalu dekat adalah mencari penyakit. Kebanyakan tabrakan dari belakang sebagian disebabkan oleh mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan yang berada di depan.

    Hindari marabahaya. Biarkan pengemudi yang agresif berada jauh di muka anda.

    Hindari rasa sombong.


    Janganlah menantang pengemudi agresif di belakang anda atau orang yang gemar menyalip, dengan mempercepat atau memperlambat kendaraan anda.

    Jangan biarkan suasana hati yang buruk mengendalikan anda. Tenangkan hati anda. Rasa marah tidaklah sehat. Sesal kemudian tidak berarti

    Jaga sinar lampu anda. Anda harus sensitif ketika menggunakan lampu jauh. Baik bagi kendaraan dari arah depan maupun kendaraan di muka anda, pastikan bahwa mereka tidak merasa silau akibat lampu anda. Bila lalu lintas agak ramai, sebaiknya jangan gunakan lampu jauh, kecuali pada saat-saat kritis.

    Kurangi penggunaan klakson .

    Hindari kontak mata. Hindari kontak mata dengan pengemudi agresif. Jangan memberi kode tangan/jari yang dapat menghina orang dan yang dapat membahayakan anda. Bila anda yang menerima hinaan seperti itu, hiraukan saja dan jangan membalas. Bila anda telah berpengalaman dalam mengemudi, pasti telah dan akan terus mengalami bermacam kemarahan di jalan.


    Karena pencegahan dan penghindaran sangatlah berguna dalam meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang, maka dasarnya adalah penggunaan sikap yang benar. Tetaplah tenang. Mulailah membuat pilihan yang baik dan nikmati perjalanan yang lebih aman. (YDi)

    (bid/berbagai sumber)


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Menghindari bencana bila tiba-tiba ban pecah


    Musibah ban pecah memang bisa terjadi kapan saja. Bahkan sudah banyak contoh kecelakaan yang terjadi akibat ban yang pecah saat dikendarai, meski saat kecepatan rendah sekalipun. Ini biasanya disebabkan oleh paniknya sang pengemudi ketika tiba-tiba roda kemudi menyentak seiring dengan meletusnya salah satu ban. Yang parah adalah pecahnya satu ban depan, dimana kemudi akan menarik ke kiri bila yang pecah ban sebelah kiri dan sebaliknya.

    Jalanan basah dan licin akan membuatnya lebih buruk. Pecahnya ban belakang biasanya lebih mudah diatasi. Kendaraan yang tinggi dengan ban standar seperti Kijang/Panther lebih rentan dalam situasi semacam ini karena akan lebih sukar dikendalikan, terutama pada kecepatan tinggi.

    Untuk itu kita perlu mengingat dan mempelajari dengan baik jurus-jurus penting berikut ini:

    Pencegahan:
    Penyebab utama ban pecah di jalan raya adalah tekanan ban yang tidak sesuai.

    1. Beli pengukur tekanan ban (tire pressure gauge) yang baik, kalau perlu pilih yang elektronik/digital karena lebih akurat dan harganyapun tidak terlalu mahal.
    2. Cocokkan angka yang diukur dengan angka yang diperoleh dari pengukur tekanan pada toko ban terkenal di kota anda. Anda perlu mengingat berapa psi perbedaannya, sehingga bisa menyesuaikan bila mengukur tekanan ban sendiri. Jangan mempercayai pengukur tekanan milik tambal ban pinggir jalan. Bila anda memiliki alat pengukur elektronik/digital, silahkan langsung ke no. 3 karena kemungkinan malah lebih akurat dari pengukur biasa yang digunakan setiap hari.
    3. Biasakan mengukur tekanan ban kendaraan anda seminggu sekali dan segera menambah angin bila angka yang tertera mengalami penurunan lebih dari 4psi ataupun memperbaiki ban yang penurunannya sampai 6psi atau lebih di bawah normal. Penurunan sebesar itu biasanya disebabkan oleh kebocoran lambat akibat terkena paku kecil atau pentil yang sudah tidak bekerja baik. Bila sering melalui jalan tol, biasakanlah untuk memeriksa tekanan ban setiap pagi.

    4. Ikuti petunjuk tekanan ban yang dianjurkan untuk kendaraan anda, atau kalau tidak ada, ambil patokan 30psi. Ketika membawa beban penuh terutama bila akan melewati jalan tol yang panjang, tambahkan 2psi lagi. Jangan melebihi tekanan maksimum ban yang biasanya 35psi, ini akan membuat usia ban lebih pendek dan hampir sama bahayanya dengan kekurangan tekanan. Plakat tekanan ban biasanya terletak di ruang mesin, kap bagasi atau di tiang pintu dekat pengemudi.
    5. Periksa alur ban. Ban yang agak botak/tua akan lebih mudah meletus bila terkena batu tajam. Gantilah dengan ban baru demi ketenangan anda. (YDi)

    (bid/berbagai sumber)


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mencuci mobil sendiri dengan mudah & efektif



    Membersihkan mobil secara teratur akan menjaga mobil dari ‘pembusukan’ sebelum waktunya. Memang nyaman memanfaatkan jasa Automated car washes. Namun kalau salah memilih, akan beresiko melucuti lapisan wax dan menggores finish cat. Resiko itu dapat diminimalkan bila kegiatan itu dilakukan sendiri di rumah.

    Finish adalah kombinasi cat dan bahan pelapis tembus pandang yang menutupi plat body mobil. Pada mobil baru finish terdiri dari lapisan cat yang ditumpuk oleh lapisan jernih mengkilap. Diatas finish biasanya dilapisi wax pelindung (protective wax). Finish harus dipertahankan utuh karena merupakan adalah pelindung utama body mobil dari kerusakan. Sekali saja lapisan finish rusak atau terkelupas, body akan mudah korosi.

    Gunakan selalu lap katun yang bersih dan lembut. Bisa juga memakai sarung tangan yang dibuat khusus untuk mencuci mobil. Menggunakan lap sembarangan ketika mencuci atau mengeringkan mobil akan menggores permukaan. Parkirkan mobil ditempat teduh, lebih baik kalau tempatnya landai agar air cuci lebih cepat mengalir dan mobil cepat kering.

    Mulailkan dengan mencuci peleg (Velg):
    Cairan pembersih bekerja lebih baik pada permukaan yang kering. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian. Bila kotoran masih menepel gunakan sikat lembut, jangan menggosok terlalu keras. Bila memakai peleg alloy, pastikan cairan pembersih tidak merusak lapisan pelindungnya.

    Mencuci body:
    Siram seluruh body mobil dari atas ke bawah. Lebih baik bila menggunakan penyemprot air berbentuk pistol yang bisa diatur daya semprotnya. Dengan mengatur tingkat kekuatan semburan, kotoran-kotoran kering dapat dihilangkan. Jangan terlalu kencang karena justru akan mendorong kotoran masuk ke dalam lapisan finish. Jangan lupa bagian kolong dan sela-sela peleg. Kalau masih ada kotoran yang tersisa gunakan pre-cleaning solution. Tuangkan cairan pada lap dan gosokan pada kotoran yang menempel. Kotoran yang membandel bisa digosok agak keras. Hati-hati, bila terlalu keras berresiko tergores. Gunakan detergen khusus untuk mobil agar finish terlindungi. Menggunakan deterjen pencuci piring akan menguliti lapisan wax.

    Tuangkan detergen pembersih kedalam ember yang berisi air dingin (air panas akan melumerkan lapisan wax). Ikuti petunjuk pemakaian dan perbandingan detergen dan air. Jangan lebih, karena akan menghilangkan lebih banyak wax. Pengalaman banyak orang, mencampurkan 75% detergen dari yang direkomendasikan justru menghasilkan mobil yang lebih bersih mengkilap. Cobalah menemukan komposisi yang paling tepat menurut anda.

    Bila sisi-sisi mobil lebih kotor dari bagian atas, kap mesin dan bagasi, anda bisa menggunakan strategi ini untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya goresan. Pertama, mulailah membersihkan dari atas ke bawah. Kedua, ganti lap ketika akan membersihkan daerah yang paling kotor.

    Untuk membersihkan atap,


    kap mesin dan bagasi, mulailah dengan membasahi bagian yang akan dicuci. Celupkan lap lembut kedalam bak berisi cairan detergen. Usap dengan hati-hati agar permukaan tidak tergores. Sesekali celupkan lap dan kucek agar kotorannya larut dalam cairan detergen. Bersihkan seluruhnya mulai dari kap mesin hingga bagasi. Lalu bilas dengan air yang mengalir, jangan di semprot. Jangan sekali-kali mencuci satu bagian lalu pindah ke bagian lain dan meninggalkannya dalam keadaan belum dibilas. Cairan pembersih akan mengering dan anda akan memulai proses mencuci dari awal lagi.

    Bila bagian atas sudah dibilas seluruhnya, kini giliran bagian samping, grille, dan bemper. Mulailah dengan membilas sekali lagi bagian yang akan di cuci. Mulailah dari fender. Ganti lap kedua untuk mencuci bagian bawah mulai dari fender, grille dan yang terakhir bemper. Inilah bagian-bagian paling kotor, jadi usahakan agar lap tetap bersih dengan menguceknya berulang-ulang. Segera bilas setiap bagian yang sudah dicuci.

    Mengeringkan mobil:
    Ambil lap katun yang bersih dan kering atau chamois sintetis, letakkan dipermukaan akan dikeringkan. Diamkan beberapa saat agar lap/chamois menyerap air. Ganti lap lain dan lakukan cara seperti diatas untuk menyerap air yang tersisa. Jangan mengeringkan permukaan dengan cara mengusap. Lakukan cara seperti itu hingga seluruh permukaan kering. Bukalah pintu-pintu, kap mesin dan bagasi untuk menghilangkan air yang menetes kedalam. Selamat mencoba.

    Sumber : Mobilku.com

  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mempercantik Mobil Tanpa Ke Salon


    Dandani mobil Anda seperti merawat diri sendiri, karena mobil adalah cermin kepribadian. Bahwa mobil kumuh, berarti orangnya boleh jadi tidak bisa merawat diri.
    Mobil juga mempunyai hak kecantikan. Dia akan protes bila tidak didandani, dengan cara mogok atau rusak. Bagi yang mengerti tentang hal ini, maka mereka akan merawat mobilnya dengan balk. Terlebih lagi hubungan orang dan mobilnya sudah tak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari.
    Selain sarana tranportasi, mobil juga menjadi simbol citra diri. Begitu besarnya peran sebuah mobil, membuat sang pemilik terus melakukan perawatan mesin dan bodi secara rutin.
    Bicara masalah perawatan mobil khususnya perawatan bodi, sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil. Hal ini bahkan lebih efisien dibandingkan dengan memakai jasa salon. Edwar, seorang wiraswasta mengakui, tiap enam hari harus mengeluarkan biaya minimal RP 500 ribu untuk merawat cat BMW-nya agar tetap kinclong. Jumlah ini belum terlampau besar jika dibandingkan dengan biaya merawat mobil mewah.
    Kebutuhan perawatan mobil sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari perawatan mobil secara umum. Kebutuhan ini dimanfaatkan oleh para pengusaha dengan membuka salon mobil, jasa perawatan mobil. Begitu juga dengan H. Ival Rivaldi, pemilik Gading Motor Station, yang berada di Kalibata Indah.
    "Selain membersihkan interior dan eksterior, kita juga menjual produk-produk pembersih mobil," ujar Ival. Pria lulusan Universitas Al- Azhar Kairo, jurusan Filsafat ini menambahkan, jika mau sedikit lelah dan meluangkan waktu tidak ada salahnya membersihkan mobil sendiri. Lebih hemat, tidak mengeluarkan biaya pembersihan. Cukup dengan membeli produk pembersih untuk interior dan eksterior mobil.
    Ada beberapa produk pembersih eksterior yang bisa digunakan, di antaranya, Car Wash produksi untuk shampo bodi harga sekitar Rp 52 ribu. Bila tidak mau memakai produk Amway ini bisa diganti dengan Kit Wash Wax harga sekitar Rp 85 ribu. Untuk membersihkan mobil dari debu dan tanah-tanah yang menempel pada mobil, bisa juga menggunakan SC 88 pruduk CNI dengan harga sekitar Rp 88 ribu. Sedang untuk poles bodi biar tetap mengkilat bisa memakai Silone Glaza Rp 68 ribu.
    "Bila kita rajin membersihkan mobil, mobil pasti akan tetap terlihat cantik, bersih dan terhindar dari karat. Tidak sulit merawat mobil, hampir sama dengan merawat diri," tambah lelaki berdarah Aceh ini. Sedangkan untuk membersihkan interior bisa memakai Car Protestant seharga RP 73 ribu.

    Mencuci, menghilangkan flek dan jamur pada mobil sebaiknya dilakukan saat kendaraan dingin, di tempat terbuka, teduh dan dimulai pada bagian bawah. Dengan menyemprotkan air secara teratur. Setelah rata, usap setiap lobang spatbor. Bersihkan roda dan velg dengan menggunakan sikat. Semprotkan air pada seluruh celah bagian bawah yang dapat terlihat. Setelah itu basuh bodi atas, mulai dari kaca. Jangan lupa menggunakan shampo sesuai petunjuk. Setelah rata, semprotkan air dengan tekanan cukup keras pada lekuk dan sambungan bodi. Setelah kering semprotlah dengan pompa kompresor (jika punya), pada bagian-bagian lekuk dan sekujur mobil.
    Menghilangkan Flek dan Jamur


    Carilah bahan pengkilap mobil yang tidak mengandung senyawa pengrusak cat. Dan bahan pengkilap yang membuat cat mobil tetap menjadi awet muda, mengkilap dan menghilangkan flek, salah satunya Kit Original Paste Wax.
    Oleskan bahan pengkilap ini pada area terjangkau tangan, agar bisa merata. Gosok dengan bahan kain yang khusus untuk mengkilatkan mobil. Setelah kering lanjutkan pada bagian samping dan demikian seterusnya. Ulangi bila flek belum juga hilang.
    Lakukan kegiatan ini ditempat tertutup dan teduh. Setelah dipoles secara rata, jemur mobil di tempat terbuka lebih kurang satu jam. Bila kurang kinclong, ulangi kegiatan serupa sepekan kemudian. Lanjutkan pula kegiatan serupa setidaknya dua kali sebulan.
    Agak berbeda dengan flek, menghilangkan jamur jelas lebih sulit. Umumnya memerlukan dua senyawa, penghilang jamur dan pengkilap bodi. Upaya menghilangkan jamur pada kaca setiap mobil mempunyai karakter sendiri. Mobil produksi Jepang lebih mudah dibandingkan dengan mobil keluaran Eropa dan Amerika Serikat.
    Setelah mobil dicuci dan dikeringkan, oleskan obat penghilang jamur. Lap secara merata, setelah itu usap dengan bahan pengkilap. Cermati apakah jamur sudah hilang atau belum. lika belum hilang, lakukan lagi. Perlu diwaspadai, terhadap bahan-bahan penghilang jamur, salah pilih bisa merusak cat mobil.
    Pada kondisi mobil yang jamurnya parah, mesin penggosok bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bercak-bercak. jangan ceroboh, salah penggunaan cat bisa bertambah merusak clan bergores.
    Perlu keahlian dan kehati-hatian. Jika tidak bisa, pakailah jasa salon mobil karena mereka lebih ahli clan mengerti apa yang harus dilakukan.

    Hal yang perlu diingat bila mau memakai jasa salon mobil
    1. Carilah salon yang mempunyai alamat yang jelas. Hindari salon pinggir jalan. Bukan berarti salon pinggir jalan tidak profesional dan berkualitas. Ini cuma untuk menjaga keamanan mobil dan menghindari penipuan.
    2. Fasilitas. Perhatikan fasilitas jasa yang diberikan clan pekerjaan yang mereka tawarkan. Yang lebih penting menanyakan ongkos, kadang berbeda antara ongkos diiklankan dengan kenyataan yang sebenarnya. Bandingkan dengan salon mobil lainnya. lika lebih bagus, pindahlah ke tempat yang bagus tersebut.
    3. Cara menerima order. Perhatikan cara mereka menerima order dan etika berkomunikasi. Mereka yang sering menerima order berarti salon mobilnya banyak mempunyai pelanggan. Salon mobil yang banyak mendapat klien, berarti salon mobil tersebut bagus.

    Sumber: Male Emporium/cbn.net.id


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Cara Jepang Menghemat BBM


    Jepang adalah salah satu negara yang serius menangani konservasi energi. Keseriusannya ditunjukkan dari kepedulian menemukan cara menghemat pemakaian energi, mulai dari yang berdampak kecil hingga yang besar.
    Mulai dari yang tidak mengeluarkan biaya tambahan apa-apa hingga yang berongkos selangit. Mulai dari yang dilakukan sukarela hingga yang diberikan insentif. Semangat Jepang melakukan penghematan pemakaian energi, khususnya minyak bumi, patut diacungi dua jempol dan pantas dicontoh. Berikut ini akan dicoba menerapkan semangat konservasi energi Jepang untuk lingkungan kehidupan Indonesia.
    Keberhasilan program penghematan energi di Jepang tidak terlepas dari keberadaan The Energy Conservation Center, Japan (ECCJ), suatu organisasi yang bertanggung jawab mempromosikan konservasi energi. ECCJ yang berdiri tahun 1978, atau dua tahun setelah krisis BBM dunia, antara lain memberikan pelayanan informasi tentang teknologi konservasi, undang-undang dan peraturan terkait konservasi, memberikan pelatihan, menguji manajer energi, dan menyelenggarakan seminar yang menggalakkan penghematan energi.
    Segmen pemakai energi yang menjadi sasarannya adalah sektor industri, komersial, rumah tangga, dan transportasi.
    Kepakaran dan pengabdian dari pengelola ECCJ, yang sebagian darinya adalah tokoh-tokoh sukses yang sudah pensiun, menyebabkan aktivitas ECCJ sangat berdampak kepada keberhasilan konservasi energi di Jepang.
    Serius walaupun hal kecil
    Salah satu sektor pengguna yang konsumsi BBM-nya masih potensial ditekan adalah sektor automotif, khususnya kendaraan roda dua dan roda empat. Banyak tidaknya pemakaian BBM oleh satu kendaraan terutama ditentukan oleh besar volume (cc) mesin. Semakin besar cc-nya, semakin banyak kebutuhan BBM per satuan jarak tempuh. Contoh, sepeda motor 100 cc hanya mengonsumsi BBM 1:35 (satu liter BBM untuk jarak tempuh rata-rata 40 kilometer).
    Bandingkan dengan mobil yang 1000 cc yang memiliki rasio 1:12 dan mobil 2000 cc dengan rasio 1:7. Tetapi, untuk setiap jenis kendaraan yang ukuran cc mesinnya sudah tertentu, ada faktor-faktor lain yang memengaruhi boros tidaknya kendaraan mengonsumsi BBM, seperti yang dijelaskan berikut ini.
    Semakin berat kendaraannya, semakin boros kendaraan itu mengonsumsi BBM. Pemilik mobil memiliki kebiasaan membawa barang-barang ke mana saja mobil berjalan walaupun barang tersebut tidak diperlukan. Bagi pemain golf, menyimpan stik golf dan kelengkapannya di bagasi mobil adalah hal yang biasa agar sewaktu ada ajakan main, perlengkapan sudah tersedia. Berat satu set stik golf dapat mencapai 1-15 kilogram.
    Untuk mobil yang relatif tua, yang sudah mulai banyak rewelnya, di bagasi mobil biasanya ada oli cadangan, air aki, air radiator, tali derek, bahkan ada yang menyimpan dua ban serap di bagasi.
    Semua barang yang sebenarnya tidak diperlukan ini menambah beban kendaraan dan membuat mesin lebih boros. Kalau biasanya untuk jarak tempuh 50 kilometer hanya perlu 5,5 liter, dengan tambahan beban ”aneh-aneh” tadi, konsumsi BBM menjadi 5,88 liter atau lebih boros 0,38 liter untuk jarak tempuh yang sama. Bila di Jakarta ada 100.000 mobil yang perilaku pemilik mobilnya seperti di atas, maka dalam satu hari sudah terjadi pemborosan 38.235 liter. Pengemudi di Jepang hanya membawa perlengkapan mobil seperlunya. Barang bawaan juga terbatas hanya yang memang diperlukan.
    Kesiapan kendaraan
    Dari bincang-bincang dengan mekanik bengkel, sering pengemudi membawa mobil ke bengkel untuk keperluan lain, misalnya mencuci mobil, tetapi mekanik menemukan bahwa sistem rem kendaraan ada gangguan. Si pengemudi tidak menyadarinya sampai sang mekanik memberitahunya.
    Kendaraan yang sistem remnya tidak baik ada kalanya menyebabkan putaran ban agak tertahan oleh kanvas rem. Indikasinya,




    pelek ban biasanya memanas jika mobil dibawa berjalan, tarikan mesin serasa tidak bertenaga, ketika mobil berjalan melambat menuju berhenti maka mobil akan cepat mencapai posisi stop. Jika keadaan seperti ini terjadi, pemakaian BBM menjadi lebih boros. Karenanya, apabila pengemudi mobil merasakan kelainan sistem pengereman, jangan tunda memeriksakannya ke bengkel.
    Keadaan lalu lintas yang padat di kota-kota besar memaksa pengemudi untuk sering memacu kendaraan dari keadaan berhenti dan setelah bergerak sedikit tiba-tiba harus menekan pedal rem. Perilaku seperti ini sering dilakukan pengemudi pada waktu lalu lintas macet. Alasannya, apabila kendaraan dari keadaan stop karena macet mulai dijalankan secara perlahan, bisa saja mobil di kiri atau di kanan tiba-tiba memotong ke depan, mengisi kekosongan tempat yang ditinggalkan mobil yang di depan sebelumnya
    Agar tidak sering di sodok pengemudi yang tidak sabaran, biasanya pengemudi di kota-kota besar langsung tancap gas bila mobil di depan bergerak. Putaran mesin persneling satu sudah langsung di angka 3.000-an. Padahal, baru 15 meter bergerak sudah berhenti lagi. Karenanya, mobil harus segera di rem.
    Perilaku seperti ini sering terjadi dan menyebabkan banyak BBM terbuang percuma. Pengemudi di Jepang lebih tertib, tidak saling sodok walaupun jalanan macet. Karenanya, tak ada salahnya pengemudi Indonesia juga mencoba bersikap sabar, menjalankan kendaraannya secara bertahap tanpa dipaksakan.
    Mobil pribadi di kota-kota besar hampir semuanya memiliki AC. Dari pengamatan di jalanan, sebagian besar kendaraan pribadi menyalakan AC ketika sedang dikendarai. Penggunaan AC ini memengaruhi penggunaan BBM. Beberapa jenis mobil menunjukkan perbedaan pemakaian bahan bakar yang berbeda jauh antara saat pakai AC dengan saat tidak memakai AC. Misalnya, ketika tanpa AC, pemakaian BBM sebesar 1:11, yaitu 1 liter untuk 11 kilometer rata-rata. Jika pakai AC, pemakaian BBM menjadi 1:7 rata-rata. Andaikan perjalanan berangkat pagi ke kantor dan pulang malam sejauh 2 x 25 kilometer, penghematan BBM jika mobil berjalan tanpa AC adalah 2,6 liter per hari atau penghematan mencapai 30 persen.
    Hanya saja, bagaimana caranya bisa nyaman berkendara di Jakarta tanpa menyalakan AC? Mudah saja, berangkat lebih awal pagi hari dan pulang setelah malam hari sehingga udara relatif sejuk.
    Mematikan mesin
    Jepang saat ini mulai mencoba menerapkan kebiasaan mematikan mesin pada waktu kendaraan berhenti karena lampu lalu lintas merah. Percobaannya dimulai oleh bus angkutan umum di beberapa kota besar. Walaupun cara ini belum digandrungi di Jepang, tetapi apa yang mereka lakukan menunjukkan bahwa apa pun mereka coba untuk menekan konsumsi BBM.
    Cara mematikan mesin pada waktu lampu lalu lintas masih merah mungkin belum cocok diterapkan di Indonesia. Selain karena waktu yang diperlukan untuk lampu berubah dari mulai merah ke hijau relatif singkat, cara seperti itu mensyaratkan mobil harus dalam kondisi sehat.
    Jangan-jangan, setelah mesin dimatikan karena lampu merah, ketika mau di-start, mesinnya ngadat karena akinya soak.
    Menghindarkan kemacetan
    Pengemudi Jepang sangat berupaya menghindarkan kemacetan. Yang dilakukan adalah menghindari berkendaraan pada jam berangkat dan pulang kantor. Pernah suatu kali dalam suatu perjalanan wisata, pemandu wisata mengingatkan agar seluruh penumpang kembali berkumpul pukul 15.00 agar dapat menghindarkan kemacetan dan bergerak meninggalkan kota paling lambat pukul 16.00. Apabila kendaraan berjalan di tengah-tengah kemacetan, pemakaian BBM akan jauh lebih banyak, selain tentu melelahkan.
    Pengemudi di kota-kota besar di Indonesia dapat menerapkan semangat menghindarkan kemacetan ini. Misalnya, berangkat lebih pagi, pulang lebih larut. Bila harus berkendara pada jam sibuk, berupayalah mencari jalur alternatif guna menghindar dari kemacetan.
    Masyarakat Jepang berupaya tidak membuat acara-acara yang dapat membuat jalanan macet. Kalaupun harus membuat acara di lokasi yang lalu lintasnya ramai, penyelenggara acara jauh-jauh hari sudah memberi tahu masyarakat akan kemungkinan adanya gangguan lalu lintas, bahkan juga memberi informasi jalur-jalur alternatif.
    Di Indonesia beda lagi. Sering pesta perkawinan, pesta ulang tahun, dan hajatan lainnya harus menutup jalan umum yang menyebabkan lalu lintas harus dialihkan ke jalan yang lebih sempit dan lebih jauh.
    Atau, kalaupun ada acara perkawinan di gedung-gedung mewah, jalanan juga menjadi macet karena para tamu undangan semuanya pakai mobil pribadi. Bagaimana kalau ada yang berinisiatif menyelenggarakan resepsi pernikahan pada waktu senggang? Misalnya hari minggu antara jam 09.00 hingga jam 12.00? Waktu yang tidak lazim memang. Tetapi, pasti jalanan tidak macet, BBM juga tidak diboroskan.
    Peluang untuk melakukan penghematan energi masih terbuka besar di Indonesia. Kalau pejabat negara sudah mengimbau untuk menghemat pemakaian energi, tindak lanjutnya terpulang kepada masyarakat. Yang jelas, menghemat pemakaian energi akan menjamin tercapainya keharmonisan: efisiensi ekonomi, perlindungan lingkungan, dan ketersediaan energi jangka panjang.

    Oleh: Benny Marbun


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Kapan Sebaiknya Mengisi Bahan Bakar?




     Pada sebagian besar pemilik kendaraan akan melakukan pengisian bahan bakar begitu tangki bahan bakar kosong alias habis. Hal tersebut memang betul namun ternyata ada waktu tepat untuk dianjurkan mengisi bahan bakar. Tentu saja ada alasannya yaitu Anda melakukan upaya penghematan. Jadi, kapan waktu paling tepat mengisi bahan bakar?

    1. Sebaiknya lakukan pengisian bahan bakar di malam hari karena:

    * Setiap bahan bakar terjadi proses penguapan, jika pengisian dilakukan di malam hari maka akan mengurangi proses penguapan. Karena pada malam hari jumlah penguapan akan lebih sedikit dibanding siang hari.

    * Karena jumlah bahan bakar yang menguap di malam hari lebih sedikit itu berarti mengurangi resiko terbakar mengingat pada bahan bakar ada kandungan yang membuatnya cepat terbakar apalagi terkena panas di siang hari.

    2. Sebaiknya jangan tunggu tangki bahan bakar benar-benar kosong untuk mengisi bahan bakar. Dianjurkan untuk menyisakan ¼ bahan bakar saat melakukan pengisian. Karena bila tangki bahan bakar benar-benar kosong


    maka akan terjadi pengembunan air lebih banyak dalam tangki. Hal itu berpengaruh pada kualitas bahan bakarnya.

    3. Jangan lupa untuk selalu mengecek indikator persediaan bahan bakar setiap saat agar Anda bisa mengontrol pengisian bahan bakar dan tidak kehabisan di jalan.[erf/cbrmn/oto]

    (bid/berbagai sumber)

  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tanda-tanda Rem Blong


    Fungsi Rem Kendaraan salah satu Alat Vital yang perlu perhatian khusus. Menghadapi suatu keadaan darurat dibutuhkan persiapan mental yang tidak ringan. Apalagi bila keadaan darurat itu terjadi sebagai akibat rem kendaraan yang kita kendarai tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

    Sebelum kejadian yang membuat sport jantung itu terjadi, ada baiknya kita perhatikan kendaraan yang akan kita gunakan. Berikut adalah gejala-gejala akan terjadinya kemacetan pada sistem rem kendaraan kita.

    Pedal rem terasa ringan. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena sepatur rem sudah tipis. Atau jarak antara sepatu dengan tromol sudah terlalu jauh. Namun, dapat diduga pula bila di dalam sluran pengereman terdapat angin yang harus segera dibuang.

    Ada efek buang. Saat dilakukan pengereman, posisi kendaraan membuang ke kiri atau ke kanan. Bila hal ini terjadi, maka dapat dipastikan ada setelan tinggi rendah sepatu rem yang tidak sama. Bisa terjadi juga adanya kebocoran pada salah satu silinder roda.

    Rem bergetar. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena sepatu rem mengeras, kena minyak pelumas atau gemuk. Bila ini yang terjadi, maka sepatu rem dapat dicuci dengan sabun dan dikeringkan.




    Pedal rem keras. Keras yang dimaksud ini tidak disertai dengan efek pengereman yang baik. Dengan demikian, dapat dipastikan ada beberapa bagian dalam sistem pengereman yang tidak beres. Seperti sepatu rem yang terkena pelumas, slinder roda mengalami kemacetan dan ada slang vacum yang pecah. Namun harus diperiksa pula kondisi pipa-pipa rem. Bisa terjadi bagian yang menyalurkan tekanan angin itu tersumbat.

    Ada suara gesekan. Bila sumber suara ada di depan, maka dapat dipastikan adanya pergeseran indikator ketebalan brake pad. Sedang munculnya suara dari belakang dikarenakan kondisi sepatu rem yang sudah harus diganti. Tindakan paling aman adalah menggantinya dengan yang masih baru.[erf/cbr]

    (bid/berbagai sumber)

  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Cara Menyetel V-Belt


    V-Belt atau biasa disebut tali kipas harus bisa mengikat puli dengan baik untuk menjaga putaran puli supaya seragam. Kalau tali kipas tidak mengikat dengan sempurna akan terdengar bunyi yang cukup memekakkan telinga saat mesin hidup karena tali kipas selip. Berikut ini cara agar kerja tali kipas berfungsi dengan baik :

    1. Supaya kerja tali kipas baik harus dijaga kekencangannya. Dengan cara atur posisi pengikat alternator, karena piranti ini umumnya bisa diatur posisinya.

    2. Setelah disetel periksa kekencangannya Bisa ditekan dengan ibu jari. Cari yang jarak antar pulinya paling panjang. Jarak sebelum dan sesudah ditekan kira-kira 1 cm. Jika dihitung beban tekanannya sekitar 10 kg (22 lbs).

    3. Jangan terlalu kencang


    sebab tali kipas bisa berderit lagi. Bahkan bearing puli alternator bisa rusak karena menerima tekanan terlalu keras dari V-Belt.

    4. V-Belt yang sudah rusak jangan dibuang karena hal ini berguna jika perlu mengganti dengan yang baru. Kode yang ada pada tali kipas yang lama, bisa dijadikan acuan saat membeli tali kipas yang baru.
    Untuk sementara sebelum anda sempat menyetel tali kipas, jika tiba-tiba V-Belt berbunyi di perjalanan siramkan sedikit air pada pulinya. Dengan disiram, karet yang sudah keras bisa agak lunak secara tidak langsung jadi lebih lentur dan bunyi bisa hilang. [erf/oto]


    (bid/berbagai sumber)

  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Menyimpan Mobil


    Bagi sebagian orang, mobil bukan sekedar alat transportasi tapi bisa menjadi benda koleksi yang sangat disayangi. Karenanya muncul tatakrama menyimpan mobil untuk jangka lama, mulai dari enam bulan hingga bertahun-tahun.
    Bagi pehobi otomotif, kegiatan ini biasa dilakukan. Tata cara menyimpan mobil ini ternyata sangat bermanfaat untuk diikuti, apalagi jika Anda berencana akan meninggalkan mobil dalam waktu cukup panjang atau memang memiliki mobil simpanan yang jarang pakai.
    Usahakan menyimpan mobil di garasi dalam kondisi ruangan kering dan dingin. Berikut ini tatakrama menyimpan mobil sebelum menyelimutinya dengan jaminan tetap tokcer dan siap pakai setiap saat seperti ditulis Otocarz.com.

    1. Lepaskan kedua kepala aki atau minimal cabut kabel ground.

    2. Isi penuh tangki bahan bakar (ini mutlak dilakukan bila hendak menyimpan kendaraan lebih dari satu tahun) untuk mencegah penguapan
    bensin, kerusakan karena air dan pembentukan karat dalam tangki.

    3. Pada hari mulai menyimpan, ganti oli mesin, oli gardan, dan oli persneling beserta filternya.

    4. Lepas busi dan teteskan satu sendok teh oli mesin baru ke lobang silinder, lalu pasang kembali busi. Ini dimaksudkan memberi lapisan
    pelindung pada silinder.

    5. Bila ada bagian mesin yang terbuat dari aluminium, misalnya block, silinder head, manifold, maka


    anda pelu mengeringkan
    semua sistem pendingin. Buang air radiator hingga benar-benar habis. Ini untuk mencegah korosi akibat cairan coolant ataupun kontak
    air dengan sejumlah perangkat aluminium tersebut.

    6. Sementara bila mesin hanya terdiri dari baja, jangan sekali-kali mengeringkan radiator coolant atau air yang ada. Bila umur
    coolant sudah satu setengah tahun, ganti yang baru.

    7. Isi penuh oli rem. Namun bila sudah lebih dari dua tahun, buang dan ganti dengan yang baru. Jangan lupa membilasnya sebelum mengisikan
    kembali oli rem yang baru itu. Oli rem yang kedaluwarasa akan merusak komponen logam.

    8. Kalau ada, letakkan mobil di atas penopang (alat ini banyak diperdagangkan di supermarket). Ini akan mengistirahatkan kerja ban,
    bearing dan komponen suspensi lain. Bila mobil tak terlalu lama disimpan cukup tambahkan saja tekanan angin ke masing-masing ban.

    9. Selimuti mobil dengan car cover berkualitas. Jangan lupa membuka kaca sedikit untuk ventilasi. Ini berlaku untuk penyimpanan
    di luar atau pun dalam ruangan.
    (bid/berbagai sumber)


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?


    Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.
    Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
    Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.
    Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.
    Langkah berikutnya adalah


    melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.
    Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.
    Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.

    fr.indosiar.com

  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Smoky Car Kenali Masalah Mobil Berasap


    Bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan sangat mengandalkan kendaraan roda empat pribadi, tentu tidak hanya bisa sekedar bisa dan mampu duduk dikursi kemudi. Mengenal kendaraan yang menjadi sahabat karib yang paling diandalkan juga membutuhkan perhatian yang tidak sedikit.

    Sayangnya, terkadang karena tingginya tingkat kesibukan dan energi yang cukup terkuras sepanjang pekan aktifitas, sulit untuk menemukan waktu yang luang untuk memberikan perhatian lebih kepada sahabat yang satu ini. Sampai muncul gejala malfungsi dari komponen kendaraan, barulah kita menyadari kurangnya perhatian dalam hal perawatan kendaraan.

    Tidak perlu panik, selama Anda bisa segera mengidentifikasi malfungsi apa yang terjadi pada kendaraan.Nah, umumnya kondisi malfungsi yang biasa terjadi adalah :

    * Asap
    * Gangguan lampu dan jarum indikator
    * Noda, kebocoran, cairan berlebih
    * Ban
    * Sistem penerangan
    * Body dan cat
    * Masalah Wiper

    Kadang kala gangguan sebenarnya sepele, hanya karena ketidak mengertian, masalah-maslaah ini bisa membuat panikk pengendara, dan umumnya menimpa pengendara wanita.

    ASAP

    Malfungsi mesin yang menimbulkan asap saat kendaraan kita operasikan, bisa berupa :

    * Asap Berlebih Dari Knalpot
    * Asap Abu-abu Dari Knalpot
    * Asap Putih dan Air Keluar Dari Knalpot
    * Asap Hitam Dari Knalpot
    * Asap Dari Kap mesin
    * Asap Putih disertai bau karet terbakar
    * Asap Dari Roda

    Asap Berlebih Dari Knalpot

    Anda bisa melihat oli berada dibawah level penggantian oli, dan sebelumnya tidak pernah terjadi. Nah Oli yang turut terbakar dalam proses pembakaran mesin itulah yang munculnya adanya asap berlebih. kondisi ini akan membuat kendaraan tidak memiliki daya pacu seperti biasanya. Kalau dibiarkan berlarut, maka untuk jangka panjang akan merepotkan Anda. Yang memungkinkan hal ini bisa terjadi adalah :

    1. Sistem PCV tidak berfungsi dengan baik.
    2. Mesin yang mengalami gangguan dibeberapa tempat.
    3. Seal katuk yang sudah usang.
    4. Cincin piston mesin yang sudah usang.

    Asap Abu-abu Dari Knalpot
    Munculnya asap abu-abu saat kendaraan distater, dan terkadang asap ini masah ada setelah mesin selesai dipanaskan walau tidka terlalu nyata. Anda pelu mengamati apakah kelebihan asap dalam kondisi ini berangsur-angsur semakin parah karena ini mengindikasi tingkat kerusakan yang terjadi.
    Kemungkinan Penyebab :
    1. Cincin piston yang sudah usang.
    2. Katup yang mulai usang Worn valve guides.
    3. Katup yang rusak Damaged or worn valve guides. [erf/ind]
    Asap Putih dan Air Keluar Dari Knalpot
    Anda bisa mengetahui dari banyaknya asap yang keluar dari knalpot disertai air yang terus berlangsung walaupun mobil telah dipanaskan cukup lama. Seperti kelebihan asap lainnya, ini akan menjadi masalah serius bila dibiarkan terjadi untuk jangka panjang.
    Kemungkinan Penyebab :
    1. Adanya cairan (Oli) transmisi yang masuk dalam manifold.
    2. Gasket dari silinder mesin sudah waktunya diganti
    3. Kepala silinder mesin tertutup sesuatu atau bahkan mengalami
    keretakan.
    4. Adanya keretakan pada blok mesin.
    Asap Hitam Dari Knalpot
    Kalau asap yang keluar dari knalpot kendaraan Anda berwarna hitam dan cukup tebal, tentu bukan Anda saja bisa melihatnya dengan jelas, tetapi juga pengguna jalan raya lainnya yang pasti "terusik". Semakin parah masalah mesin Anda, maka otomatis kepulan asap ini akan semakin hitam dan tebal.
    Kemungkinan Penyebab :
    1. Apabila kendaraan masih menggunakan karburator, bisa jadi choke
    karburator sudah tertutup rapat.
    2. Adanya kebocoran pada sistem injeksi bensin.
    3. Tersumbatnya air filter.
    4. Adanya gangguan dapat pengapian mesin.
    Asap Dari Kap Mesin
    Kalau ini terjadi, biasanya bikin panik pengemudi, terlebih bila terjadi kala jalanan super macet. Bukan kepanikan yang Anda perlukan, tetapi perhatian! Berarti mesin yang bermasalah telah Anda hiraukan untuk waktu yang cukup lama.
    Kemungkinan Penyebab :
    1. Kalau dari asap yang timbul tercium bau minyak, berarti ada
    kebocoran oli mesin.
    2. Kalau asap yang timbul putih warnanya, bisa jadi adanya
    kebocoran radiator
    3. Kalau asap berwarna hitam atau kebiruan disertai aroma
    menyengat, itu pertanda adanya gangguan kelistrikan dan
    perhatikan apakah ada kabel yang terbakar.[erf/ind]
    Asap Putih Disertai Bau Karet Terbakar
    Ini termasuk salah satu gangguan asap yang paling cepat membuat panik pengendara. Dan sudah sepantasnya Anda panik, namun tetap saja, Anda harus mengenali kemungkinan penyebabnya. Kalau Anda berada ditengah jalan raya, tepikan kendaraan segera ditempat yang tidak meinbulkan kemacetan bagi pengguna jalan lainnya. Matikan mesin segera dan cari asal bau seperti karet terbakar tersebut. Kalau Anda mendapati ada yang terbakar, tentu saja lakukan tindakan darurat untuk memadamkan api baru cari tahu penyebab api. Rumitnya, mesin kendaraan bisa mendadak terbakar tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.
    Kemungkinan Penyebab :
    1. Tali kipas yang kendur dan mengganggu fungsi bagian mesin
    lainnya.
    2. Mesin terlalu panas
    3. Adanya korsleting pada sistim kelistrikan kendaraan
    4. Rusaknya bagian mesin yang memiliki tali kipas.
    Asap Dari Roda
    Anda hanya bisa melihat asap yang muncul saat kendarran yang telah Anda kemudiakan dalam posisi berhenti. Saat kendaraan berjalan, mungkin sulit membedakan asapa dengan asap yang muncul dari roda. Jangan mengira bahwa timbulnya asap dari roda ini mendadak terjadi. Sebenarnya sudah terjadi kerusakan yang tidak Anda ketahui, dan lama kelamaan menjadi semkain parah.
    Kemungkinan Penyebab :
    1. Caliper dari piringan rem amat rusak
    2. Rem tangan yang masih dalam keadaan aktif ( tidak dilepas saat
    kendaraan dipacu).
    3. Adanya kerusakan pada bagian drum rem.
    4. Rotor rem yang overheat.
    (bid/berbagai sumber)

    Translate
    For those who have high mobility and relies heavily on private automobiles, would not only be able and capable than the wheel chair. Know the vehicle that became the most dependable sidekick also requires attention not less.
    Unfortunately, sometimes due to the high level of activity and energy draining activities throughout the week, it's hard to find spare time to give more attention to this one friend. Until symptoms appear malfunction of vehicle components, then we realized the lack of attention in terms of vehicle maintenance.
    No need to panic, as long as you can immediately identify malfunctions what happened to kendaraan.Nah, general conditions common malfunctions are:
    * Smoke
    * Disturbance and needle indicator lights
    * Noda, leakage, excessive fluid
    * Tires
    * Lighting system
    * Body and paint
    * Wiper Problems
    Sometimes the disorder is actually trivial, simply because ketida mengertian, problem-maslaah panikk rider can make, and generally struck a woman rider.
    ASAP
    Malfunctioning machines cause smoke when the vehicle we operate, could be:
    * Excess Smoke From Exhaust
    * Gray Smoke From Exhaust
    * White Smoke and Air Out Of Exhaust
    * Black Smoke From Exhaust
    * The smoke from the engine hood
    * White smoke accompanied by the smell of burning rubber
    * Smoke Of Wheels
    Excess Smoke From Exhaust
    You can see the oil is below the level of oil change, and unprecedented. Oil Well that also burned in the engine combustion process that is the emergence of excessive smoke. These conditions will make the vehicle does not have the power runway as usual. If allowed to go on, then for the long term will bother you. What enables this to occur are:
    1. PCV system is not functioning properly.
    2. Machine is broken in several places.
    3. Seal katuk worn.
    4. Engine piston ring worn out.
    Gray Smoke From Exhaust
    The emergence of gray smoke when the vehicle distater, and sometimes these spaces exist after the machine finished masah heated though tidka too real. You pelu observe whether the excess smoke in this condition was gradually getting worse because it indicates the level of damage.
    Possible Cause:
    1. Worn piston rings.
    2. Valve which began worn worn valve guides.
    3. Damaged or defective valve worn valve guides. [ERF / eng]
    White Smoke and Air Out Of Exhaust
    You can tell from the number of smoke coming out from the exhaust accompanied by water which continues even though the car has been heated long enough. Like other excess smoke, this will be a serious problem if left there for the long term.
    Possible Cause:
    1. The presence of fluid (oil) into the manifold transmission.
    2. Gaskets from cylinder engine replaced it's time
    3. Engine cylinder head covered with something, or even experience
    cracks.
    4. The existence of cracks in engine blocks.
    Black Smoke From Exhaust
    If smoke comes out of your vehicle exhaust is black and quite thick, certainly not you just could see it clearly, but also other road users who would "disturbed". The more severe the problem of your machine, then automatically this smoke will be more black and thick.
    Possible Cause:
    1. If the vehicle still uses carburetors, could be a choke
    carburetor is closed.
    2. The existence of leaks in the fuel injection system.
    3. Blockage of water filters.
    4. Interference to ignition engine.
    Smoke From Engine Hood
    If this happens, usually make the driver panicked, especially if it was during the super street jam. Not the panic that you need, but attention! Mean machine that has troubled you pay attention for a long time.
    Possible Cause:
    1. If the smell of smoke arising from oil, there is
    engine oil leak.
    2. If white smoke arising from the color, could be the
    radiator leak
    3. If black or blue smoke flavor accompanied
    sting, that's a sign of electrical disturbance and
    note whether there is a burning cable. [ERF / eng]
    Accompanied White Smoke Burned Rubber Odor
    This includes one of the fastest disturbance smoke panicked motorists. And rightly you panic, but still, you need to identify possible causes. If you are in the middle of the highway, tepikan vehicles that do not immediately place meinbulkan congestion for other road users. Turn off the engine immediately and locate the origin of the odor like burning rubber. If you find there is a burning, of course you should take to extinguish the new fire emergency to find out the cause of the fire. The complexity, the engine can suddenly vehicle on fire without any previous signs.
    Possible Cause:
    1. Fan belt is loose and interfere with the function of the machine
    other.
    2. Engine overheating
    3. The existence of a short circuit in the electrical system of vehicle
    4. Damage to the machine that has a fan belt.
    Smoke Of Wheels
    You can only see the smoke that appears when you have kendarran kemudiakan in the stop position. When the vehicle is running, it may be difficult to distinguish asapa with smoke emerging from the wheel. Do not think that the emergence of smoke from the wheels of a sudden this happened. In fact already there is damage you do not know, and over time become semkain severe.
    Possible Cause:
    1. Disc brake caliper from highly corrupted
    2. Hand brake is still in a state of active (not removed when
    driven vehicles).
    3. The presence of damage to the brake drum.
    4. Rotor brake overheat.


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    the 'Mystery' sound of Your Car : Kenali Bunyi 'Misteri' Mobil Anda


    Saat mobil Anda dalam kondisi yang 'fit', pasti akan mengeluarkan 'bunyi' mesin yang normal dan suara yang stabil. Tapi, suatu saat, mobil Anda mengeluarkan 'bunyi' yang aneh dan 'misterius'. Perlu Anda ketahui bahwa jenis 'bunyi' yang aneh pada kendaraan itu bisa menjadi petunjuk adanya gangguan atau ketidakstabilan pada mobil Anda.




    Bunyi Mencicit
    Saat Anda menghidupkan mobil, setelah tak dipakai untuk beberapa saat lamanya, atau saat putaran mesin bertambah terdengar bunyi 'mencicit'. Kemungkinan besar suara itu berasal dari tali penggerak kipas (fan belt) yang selip, karena 'ketegangan'-nya berkurang. Coba setel kembali dan perhatikan bidang geseknya, kalau permukaannya licin dan mengkilap, berarti fan belt telah kehilangan cengkeraman pada puli. Oleh karena itu, segeralah ganti dengan fan belt yang baru.

    Knocking atau 'Metallic Rattling'
    Istilah yang sering dipakai untuk jenis 'bunyi' ini adalah ngelithik. Bunyi ini timbul karena proses pembakaran yang tak sempurna. Umumnya, akibat terlalu rendahnya oktan dari bahan bakar yang dipergunakan atau mesin mengalami overheating. Gejala ngelitik yang berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya piston. Bila suara itu timbul sedikit ketika berakselerasi, bisa diabaikan. Meski begitu, sebaiknya mintalah mekanik untuk memeriksa mesin, agar ngelitik-nya hilang.

    Bunyi Ketukan 'Berat'
    Bila mesin menimbulkan suara ketukan seperti orang sedang memukulkan besi, bisa jadi mesin mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Mungkin metal (rod bearing) atau setang pistonnya rusak. Jangan memaksa untuk menjalankan mobil, karena akan memperparah kerusakannya.
    Suara Mendesis
    Bisa jadi salah satu slang vacuum terlepas atau bocor. Biasanya diikuti dengan tesendatnya putaran mesin. Mendeteksi suara seperti ini tergolong sulit, sehingga perlu ketelitian. Masukkan kembali selang vacuum yang terlepas, atau ganti baru kalau memang sudah bocor.

    Suara Mencicit Saat Mobil Direm
    Meski rem mobil bekerja sempurna dan kanvas rem baru, bisa saja menimbulkan suara 'mencicit'. Umumnya akibat permukaan geseknya kotor. Cobalah membersihkan atau mengganti kanvas rem yang didesain untuk mengeliminir bunyi.
    Suara Gesekan Antar-Logam Saat Mengerem
    Itu artinya lapisan atau permukaan gesek kanvas rem terlalu tipis, atau bahkan sudah hilang, sehingga terjadi gesekan antar-logam. Kondisi ini dapat mengakibatkan kemampuan rem jauh berkurang. Maka, segera ganti kanvas rem mobil Anda.

    Suara Mendesis 'Power Steering'
    Bunyi ini timbul pada mobil yang dilengkapi power steering, saat kemudi diputar. Akibat kurangnya jumlah minyak power steering atau rusaknya sistem pompa power steering. Umumnya diikuti dengan beratnya putaran pada setir. Tambahkan minyak power steering bila kurang, atau kunjungi bengkel khusus power steering untuk perbaikan.

    Bunyi Ketukan Saat Roda Depan Membelok


    Gejala ini umum terjadi pada mobil-mobil yang digerakkan oleh roda depan. Penyebabnya, kerusakan pada bola-bola di CV joint, karena pembungkus karetnya pecah, sehingga 'gemuk' alias gelpelumas di dalamnya telah habis. Kondisi ini akan bertambah parah bila tidak segera diperbaiki. 

    Suara Ketukan Saat Memindahkan Gigi 'Porsneling'
    Bunyi ketukan yang timbul dari bawah mobil waktu memindah posisi gigi, menginjak atau mengangkat pedal gas tiba-tiba. Umumnya diakibatkan karena kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendurnya cross-joint atau rusaknya gigi gardan.

    fr. KapanLagi.com



    Translate
    When your car in a state of 'fit', it will issue a 'sound' normal engine and a steady voice. But, one day, your car out 'sounds' strange and 'mysterious'. You need to know that kind of 'sound' strange vehicles that could be indicative of disruption or instability in your car.
    The sound of squeaking
    When you turn on the car, having no use for a while, or when the engine speed increases sound 'squeak'. Most likely the voice was coming from fan belt (fan belt) that slip, because 'it ketegangan' reduced. Try to set back and look at the field geseknya, if the surface is smooth and shiny, it means that the fan belt has lost its grip on the pulley. Therefore, immediately replace with a new fan belt.
    Knocking or 'Metallic Rattling'
    The term is often used for this type of 'sound' is ngelithik. This sound is caused by the combustion process is not perfect. Generally, the result of too low octane of fuel used or the engine overheating. Symptoms of excessive ngelitik can cause damage to the piston. If it sounds a little arise when accelerated, can be ignored. Even so, you should ask your mechanic to check the machine, for his ngelitik missing.
    Timing Belt
    The sound of knock 'Serious'
    When the engine knocking noise like someone was hitting the iron, it could be your car's engine was damaged badly enough. Maybe metal (rod bearing) or piston damaged handlebars. Do not be forced to run a car, because it will aggravate the damage.
    Hissing Sound
    Could be one of the vacuum hose disconnected or leaking. Usually followed by tesendatnya spin machine. Detecting sound like this quite difficult, so the need of accuracy. Please re-enter the vacuum hose off, or just replace if it is leaking.
    When the car brakes squeak sound
    Although the car brakes work perfectly and canvas new brakes, it could be any noise 'squeaky'. Generally due to dirty geseknya surface. Try cleaning or replacing brake canvas that is designed to eliminate noise.
    Inter-Metal Friction sound when braking
    That means the layer or canvas brake friction surface is too thin, or even lost, resulting in inter-metal friction. This condition can lead to much reduced braking capability. Then, immediately replace your car brake canvas.
    Hissing Sound "Power Steering"
    This sound arises on cars with power steering, while the wheel rotated. Due to the shortage of oil or power steering pump power steering system damage. Generally followed by heavy rotation on the steering wheel. Add oil power steering, if less, or visit a special workshop to repair power steering.
    Ban Checks
    The knocking sound Turning The Front Wheel
    These symptoms generally occur in cars driven by the front wheels. The cause, damage to the balls in the CV joint, since wrapping the rubber breaks, so that 'fat' alias gelpelumas in it have been exhausted. This condition will worsen if not immediately corrected.
    The knocking sound When Moving Teeth 'Porsneling'
    The sound of a knock that arise from under the car when moving the position of the teeth, stepping on the gas pedal or lift suddenly. Generally caused by damage to power the router system, engorgement of cross-axle joint or damage to teeth.

    cross joint


    Mobil yang menganut sistem penggerak roda belakang sering sekali mengalami problem pada propeller shaft atau yang lebih populer disebut dengan as kopel. Bila bagian ini rusak, maka mobil akan mengalami getaran berlebihan yang terasa di bagian ruang penumpang ketika dijalankan di atas 60km/jam. Dan gejala itu akan semakin keras ketika kecepatan mobil ditambah.

    Kalau Anda merasakan gejala semacam itu, itu tandanya ada kerusakan di bagian cross joint yang terdapat pada as kopel. Cara mengatasinya tentu sangat gampang, tinggal mengganti cross joint itu. Cuma persoalannya, seringkali cross joint baru tidak dapat lagi dipasang secara presisi pada bagian yoke-nya lantaran sudah terjadi keausan pada lubang dudukan cross joint-nya. Sehingga, meski telah diganti baru, getaran itu tetap saja membandel.

    Karena itu, kalau di bagian lubang dudukan cross joint itu sudah aus, sebelum pemasangan ada baiknya dioleskan terlebih dahulu lem plastic steel yang bayak ditemui di toko besi. Caranya, bersihkan terlebih dahulu bagian lubang itu, --termasuk juga cross joint hingga terbebes dari gemuk atau oli. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan lap kain yang telah dibasahi dengan bensin. Setelah itu, baru dioleskan plastik steel yang adonanya telah disiapkan, dan segera diikuti dengan pemasangan cross joint baru. Anda tak perlu menunggu pasta plastic steel itu hingga kering, karena hanya akan menyusahkan teknik pemasangannya.


    Setelah terpasang rapi, ada baiknya Anda mengoleskan plastik steel itu di beberapa sudut agar rumah luar cross joint terpasang kuat ke rumah yoke-nya. Sehingga, cross joint dapat bekerja normal ketika as kopel digerakkan dalam empat arah. Selamat mencoba! [cq] Sumber: duniaoto.com


    Translate
    The car that rear-wheel drive system adheres very often have problems on propeller shaft or more popularly referred to as coupling. When this section is damaged, then the car will experience excessive vibration felt in the passenger space when running on top of 60km/jam. And symptoms will be even harder when the speed of the car plus.
    If you feel such symptoms, it was a sign there is damage in the joint cross section located on the axle coupling. The fix is very easy, just replace the cross joint. Only problem is, often cross the new joint can no longer mounted on the yoke of precision it has happened because the wear on the mounting holes of his cross joint. Thus, although new has been replaced, the vibration was still stubborn.
    Therefore, if the mounting holes that cross the joint is worn, before installation it's good plastic glue smeared first encountered stout steel at the hardware store. How, to clean up first part of the hole, - including the cross joint until terbebes of fat or oil. You can do this using a cloth dampened with gasoline. After that, the new plastic smeared steel adonanya has been prepared, and immediately followed by the installation of a new joint cross. You do not need to wait for plastic steel paste it to dry, as it will only bother the installation technique.
    Once installed neatly, you'll want to put plastic steel in some corners for a house outside the cross joint yoke is attached securely to his house. Thus, cross joints can work as normal when the coupling is moved in four directions.

    Car Brake Tools : Pengecekan Berkala Perangkat Rem Mobil


    Salah satu piranti paling vital yang terdapat pada sebuah kendaraan adalah rem. Entah kendaraan apapun itu, karena diantara banyaknya penyebab kecelakaan oleh kendaraan bermotor, salah satunya disebabkan faktor rem. Maka dari itu wajib diperhatikan jika ingin melakukan perjalanan menggunakan kendaraan baik dalam kota maupun keluar kota, hendaknya selalu memperhatikan rem yang terdapat pada kendaraan anda, terutama pada mobil.

    Menurut Gunawan Indrajati, Service Manager pada Tunas Toyota yang terletak dibilangan Mampang Jakarta Selatan, “terdapat berbagai macam hal yang dapat membuat sistem pengereman pada mobil terganggu, bahkan sampai kepada kondisi ekstrim yaitu, tidak berfungsinya beberapa indikator pada sistem pengereman yang dapat mengakibatkan rem pada mobil blong.”


    Jika sistem pengereman pada mobil tidak berfungsi dengan baik, terdapat beberapa kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut, yaitu :
    1. Kampas remnya sudah aus
    2. Sliding yang terdapat pada caliper, kotor dan biasanya berkarat dan membuat caliper tidak berfungsi sebagaimana layaknya.
    3. Tidak berfungsinya caliper yang disebabkan oleh kebocoran oli rem yang terdapat karet seal yang sudah aus.

    Karena sistem dan cara kerjanya yang agak rumit, disarankan agar membawa mobil pada bengkel-bengkel mobil terdekat, atau pada bengkel yang telah ditunjuk untuk memperbaiki sistem pengereman tersebut. Tapi jika saja anda harus memperbaikinya sendiri dirumah, atau ketika sedang dalam melakukan perjalanan, mungkin ada baiknya jika melakukan langkah-langkah dibawah ini :


    1. Lepaskan ban dari as roda (jika system pengereman menggunakan disc brake maka perangkat pengereman akan langsung terlihat,
    jika menggunakan tromol maka penutup pada tromol atau drum brake harus dibuka dulu agar perangkat pengereman dapat terlihat). 

    2. Setelah itu periksa kampas rem, tapi anda harus tahu sebelumnya, mana kampas rem yang masih bagus dan sudah tidak layak pakai lagi.(lakukan penggantian pada kampas rem yang sudah rusak). 

    3. Jika ternyata tidak ada keganjilan yang terlihat pada kampas rem, untuk yang menggunakan disc brake, cenderung caliper-nya tidak
    berfungsi dengan baik sebagai akibat dari baut sliding kotor bahkan berkarat, buka baut sliding dengan kunci pas, lalu bersihkan dengankain bersih dan apabila terdapat karat bisa anda bersihkan terlebih dahulu dengan ampelas yang agak kasar lalu berikan gemuk secukupnya.


    4. Sedangkan pada sistem pengereman yang menggunakan tromol,

    cenderung masalahnya terdapat pada wheel cylinder sebagai titik tolak kampas rem.
    5. Kebocoran oli rem juga biasanya membuat rem jadi blong, periksa karet seal yang terdapat pada caliper, jika terdapat cairan oli membasahi karet seal segera lakukan penggantian pada seal.

    Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada sistem pengereman kendaraan anda, ada baiknya anda melakukan pengecekan berkala secara rutin di bengkel-bengkel yang ditunjuk. “Disarankan agar pengecekan berkala pada sistem pengereman dilakukan pada setiap kendaraan mencapai 10.000 kilometer, dan selanjutnya setiap kelipatan 10.000 kilometer.” Ungkap Gunawan Indrajati menutup obrolan.

    Teks/Foto : Ahmad Garuda




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Maintenance car : Perawatan Pintu Mobil


    Pintu mobil merupakan bagian kendaraan sangat penting untuk dirawat, sehingga menjamin keamanan & kenyamanan pada saat berkendaraan. Pintu mobil sering luput dari perhatian pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal.
    Akibatnya
    Misalnya, bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.
    Hal Yang Dilakukan
    Tips perawatan berikut ini, sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali :
    1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.
    2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
    3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan 'power window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
    4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
    5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.

    6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
    7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
    8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
    9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.

    fr.indosiar.com


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman