TIPS MEMBELI MOBIL BARU


Banyak orang berprasangka, membeli mobil seperti memasuki belantara yang penuh bahaya. Sebenarnya tidak. Apalagi bila dananya sudah siap. Tapi membeli mobil yang tepat tanpa mendatangkan penyesalan di belakang hari, perlu mengikuti jurus–jurus tertentu.
Langkah pertama, sejak awal pembeli harus jelas dan ditetapkan dulu tujuan membeli mobil tersebut. Jangan sampai terbawa arus salesman yang lihai menggiring anda untuk membeli mobil yang lain.

Umumnya ada tiga macam alasan mengapa seseorang membeli mobil. Yang pertama, membeli mobil untuk memenuhi kebutuhan dasar sebagai alat transportasi sehari-hari. Yang kedua, untuk menunjukkan status atau citra diri di lingkungan masyarakatnya. Dan yang ketiga untuk mendapatkan kepuasan diri sendiri atau menyalurkan hoby. Golongan terakhir ini biasanya sudah memiliki mobil lain untuk alat transportasi sehari-hari.

Bila anda termasuk kelompok pertama, belilah mobil serbaguna, seperti Toyota Kijang, Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda, Suzuki Carry dan sejenisnya. Kalau anda mengejar status, pikirkan kembali citra diri apa yang akan ditampilkan. Contohnya, mobil BMW dikenal sebagai mobil yuppies (eksekutif muda yang sukses). Sedangkan Mercedes Benz mobil orang kaya tapi kurang greget. Bila anda termasuk golongan ketiga, maka pilihan anda sangat luas karena yang dicari mutlak kesenangan. Harga mobil dan resale value tak jadi soal buat orang-orang semacam ini.

Jurus kedua, ikuti langkah berikut ini :


Pilihlah mobil-mobil yang popular untuk menjamin harga jual kembali yang menguntungkan, ketersedian spare parts dan fasilitas service yang lengkap.

Pilih warna dan aksesoris yang banyak diminati. Jangan sembrono memilih warna karena akan merugikan kelak. Demikian pula aksesorisnya. Misalnya untuk mobil tersebut, varian yang menggunakan transmisi automatic lebih populer, maka pilihlah varian itu. Informasi semacam ini bisa diperoleh melalui sales di dealer mobil.

Sadari keterbatasan anggaran. Jangan tergiur membeli mobil yang lebih mewah. Selain memberatkan anggaran, biaya perawatan dan operasional sehari-hari relatif lebih mahal.

Harga mobil di Indonesia berdasarkan list price dari ATPM, tapi kunjungi lebih dari satu dealer. Biasanya ada perbedaan layanan masing-masing dealer, seperti bunga leasing yang lebih murah dan servis mobil gratis.

Kalau ingin tukar tambah, jangan buka harga dulu sebelum tahu harga mobil baru. Karena biasanya harga mobil baru akan lebih mahal karena ada beban membeli mobil anda.

Jangan lupa meminta advis dari teman atau keluarga yang hobi atau lebih mengenal mobil yang ingin anda beli. Masukan mereka akan sangat berguna.

Yang terakhir,kalau penjual mobil tersebut meragukan, sebaiknya tunda pembelian mobil, dan kunjungi yang lain.
(bid/berbagai sumber)




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Jurus Ampuh Membeli Mobil Bekas


    Dari beberapa tahap membeli mobil bekas, mengendarai jadi jurus paling ampuh. Dengan begitu, kondisi dan karakter sesungguhnya dari mobil yang dinginkan bisa terungkap.
    Test drive juga berguna memberi keyakinan Anda untuk memakai mobil dalam jangka waktu tertentu yang bisa sampai bertahun-tahun. Maka mintalah kesempatan test drive pada penjual atau dealer mobil bekas. Jika tak diberikan , tak perlu ragu cari mobil lain
    “Tahapan ini dilakukan usai pengamatan mobil soal tahun produksi, mobil soal tahun produksi, model,bentuk, surat-surat dan harga. Lalu kondisi bodi , interior,cat ,warna, termasuk perlengkapan secara detail. Serta informasi dari pemilik sebelumnya,” jelas Amiaw, mekanik.
    Pengujian mobil bekas dilakukan berupa rangkaian. Dari buka tiap pintu hingga parkirdan matikan mesin. Sebaiknya catat semua kelebihan dan kekurangan yang ada. Lebih baik lagi jika telah menyiapkan checklist. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
    • Buka tutup pintu
    Yang perlu diperhatikan saat membuka pintu,apakah prosesnya cukup mudah. Artinya tak ada yang mengahalangi pergerakan. Begitu pula saat menutup. Ini berlaku untuk semua pintu mobil.
    • Rasakan kemudi
    Untuk menguji kondisi kemudi, aturlah posisi roda lurus ke depan sebagai permulaan. Coba putar setir, tapi tidak perlu terlalu ekstrim.Bagi mobil yang mempunyai power steering, pastikan tidak ada suara bunyi melengking dari v-belt power steering. Caranya putar setir ke kanan dan kiri secara penuh tapi jangan terlalu lama.
    • Dengarkan mesin
    Pada kondisi normal,mesin mesti mudah distart. Bila sempat tersendat, dynamo starter bisa jadi penyebab. lalu dengar suara mesin saat langsam. Usai itu, itu matikan mesin. Kondisinya, mesin harus langsung mati. Bila itu tak terjadi, ada masalah dengan pemasok bahan bakar. Namun jika tak ada masalah dengan kedua masalah tersebut diatas, lakukan perjalanan sesuai rute.
    • Uji performa mesin
    Yang diuji yakni kemampuan akselerasi dari berhenti atau kecepatan rendah memakai AC.
    • Uji rem
    Untuk menguji rem, lakukan pengereman mendadak.namun tak sampai ban berdecit. Perhatikan bila gerakan mobil mengarah ke salah satu sisi, itu berarti ada masalah. Penyebabnya salah satu sepatu rem aus sehingga sisi sebelahnya lebih pakem.
    • Sistem transmisi dan drivetrain
    Mobil transmisi otomatis diuji dengan memindah tuas ke semua posisi, terutama dari drive ke reserve. Kondisi normal hanya muncul suara perpindahan yang halus. Jika muncul suara keras berarti ada masalah.
    • Interior dan AC
    Suasana kebin bisa dengarkan bunyi dari dasbor. Jika muncul suara berderit, bisa karena ada baut pengikat dasbor kendur. Jika dasbor bergetar, bisa karena engine mounting retak.
    Memulai dan saat melakukan test drive, sebaiknya Anda terus menggunakan AC. Berguna untuk mengecek munculnya suara melengking dari belt AC selip karena kendur.
    • Kerja Suspensi
    Test kerja suspensi bisa melewati jalan bergelombang dengan banyak penumpang. Baik perlahan atau cepat. ini berguna mendeteksi bebunyian yang muncul seperti berdetak atau berderit.
    • Asap Knalpot
    Warna asap knalpot bisa menjadi petunjuk bagi Anda . Keluarnya asap putih saat start dan langsung cepat hilang disebabkan adanya uap air yang masuk ke mesin. (Auto build)
    Awas pedagang nakal


    Cek dan ricek adalah hal penting saat membeli mobil bekas. Sebab banyak pedagang atau makelar menghalalkan segala cara untuk mendapat untung
    Boleh dibilang, membeli mobil bekas ibarat mengawini janda . kondisinya sangat relative. Muda dan mulus belum jaminan bila sebelumnya sering disiksa. Begitu pula dengan yang tua dan berumur belum tentu payah, bila sebelumnya ada di tangan telaten yang rajin melakukan perawatan rutin.
    Pengetahuan,ketajaman mata serta feeling diperlukan untuk pasangan yang pas . Celakanya sebagian pedagang mobil bekas menghalalkan segala cara demi mendapat untung. Seperti diakui seorang eks pedagang mobkas yang kerap memasukan oli garden yang lebih kental ke dalam mesin bermasalah . Berikut kenakalan-kenakalan yang kerap dijumpai dalam jual beli mobil bekas :
    • Yakinkan spesifikasi pilihan Anda
    Banyak mobil serupa tapi tak sama . Memang kebanyakan hanya beda fitur serta perangkat opsional,namun ada beberapa merek yang berbeda total .Cara ini kerap sekali dilakukan apalagi jika klien tidak tahu tentang mobil.
    • Nama sesuai STNK
    Baiknya mendapati mobil bekas dari pemakai langsung dengan nama STNK dan BPKP sesuai KTP. Selain lebih mudah merunut nasib mobil sebelumnya , juga menghindari pedagang atau makelar curang.
    • Menghidupkan dan memanaskan mobil
    “ Silakan duduk dan diminum airnya, biar saya panasnya dulu mobilnya.” Bila sang penjual bersikap seperti itu, Anda patut curiga
    • Penyamaran cat
    Banyak hal disembunyi penjual lihat untuk menipu pembelinya. Menurut pengakuan seorang pebengkel cat yang sebagian besar kliennya pedagang, ia sering menerima orderan siram bodi. Antisipasi penipuan model begini adalah dengan membuka karpet mobil serta bagian bodi di bawah jok belakang untuk melihat warna dan kondisi cat sesungguhnya.
    • Bau-bau aneh di Interior
    Bila Anda menemukan aneh perketat mata dan hidung. Bila tak yakin baiknya mencari mobil semerek dan hidup aroma interiornya.
    • Masa Pakai
    Parameter tahun pembuatan adalah cara mengetahui umur. Namun buat mobil, selain umur, masa pakai sangat berpengaruh . Mau cek odometer digital, belum jadi jaminan lantaran perangkat ini bisa direset untuk mengubah jarak tempuh.
    • Campuran oli dan air radiator
    • Rembesan oli dan bunyi-bunyian
    hal ini tak terlihat pada mesin cilong yag habis dicuci steam. Satu-satunya cara mengecek apakah ada kebocoran oli adalah melakukan test drive selama beberapa kilometer. baru setelah itu periksa bagian rawan rembes seperti gasket mesin, transmisi , rem serta garden.
    • Sasis miring atau patah pinggang
    Bila sempat, bawalah calon mobil ke bengkel spooring untuk mengetahui apakah geometris sasis serta kaki-kaki masih normal. Sasis dan suspensi rusak sering diakali dengan spooring. Mintalah data dari bengkel apakah geometri suspensinya masih normal.
    • Janji Palsu
    Bila ada perjanjian setelah deal seperti perbaikan pada rembesan air atau suara-suara aneh di suspensi baiknya tertera di atas surat perjanjian . Sebab ada beberapa pelaku nakal yang pura-pura lupa ketika ditagih untuk menepati janjinya.
    TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS
    Biasanya Mobil baru menjadi idaman setiap orang.
    Persoalannya tidak semua dari kita dengan berbagai alasan mampu untuk membelinya. Pilihannya mau tidak mau jatuh pada Mobil Bekas (Used Car).
    Ada 2 Hal Utama yang harus diperhatikan kalau kita hendak membeli mobil bekas yakni:
    Surat Dokumen Kendaraan
    Kendaraan
    Tentang Surat Dokumen Kendaraan, harus diperhatikan dan diperiksa bahwa seluruhnya adalah asli dan sah (BPKB,STNK, Faktur dan dokumen lainnya). Tentu saja anda harus memilih dealer terpercaya, yang bisa menjamin keabsahan surat-surat ini.
    Tentang Mobil sendiri, ada beberapa tips untuk pengecekan yaitu :
    Mesin : Bukalah kap mesin dan periksalah semua bagian dengan teliti. Hidupkan mesin, bila mesin baik, lampu indikator tekanan oli akan segera mati dan bunyinya terdengar rata. Perhatikan juga asap Knalpot, bila berwarna biru atau hitam berarti tidak beres.
    Body/Chasis :Naikkan salah satu roda ke tempat yang lebih tinggi, misalnya trotoar. Buka dan tutup semua pintu. Bila tidak bisa menutup dengan sempurna kemungkinan besar pernah mengalami benturan/tabrakan.
    Kerusakan dan Karat :Periksa Permukaan mobil yang tidak rata.Benturan keras bisa meninggalkan bekas menggangu penampilan. Cek juga bagian yang rawan karat:Talang Air(ATAP), Jendela-jendela dan pintu, diatas kaca spion dan antena radio,dibalik lis, sekitar lampu (Depan dan Belakang) bagian dalam spakbor, bawah belakang dan knalpot, bawah karpet bagasi.
    Perlu Juga diperhatikan :
    Alas Kaki dan bantalan pedal.
    Tangkai Kemudi:perhatikan jika ada bunyi yang tidak normal.
    Periksalah Alas tempat duduk.
    Ketoklah Body Bagian demi Bgaian.
    Periksa Kolong Mesin:perhatikan bila ada kebocoran oli.
    Kondisi Ban Serep.
    Buka alas kaki (floor mat) dan periksa kondisi didalamnya.

    Suspensi :Tekan Masing-masing sisi mobil kebawah secara bergantian.Sisi yang ditekan harus naik lebih tinggi dari posisi semula dan turun lagi ke posisi saat di tekan.
    Ban :Perhatikan ban yang aus.Permukaan ban yang tidak rata menunjukkan ketidakberesan, baik dibagian roda maupun mekanisme suspensi



    (bid/berbagai sumber)








  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Jika Mobil ’Bersuara Nyaring’, Siaga-1


    SEHALUS-halusnya mesin mobil, pasti ada suaranya. Jika tidak mengeluarkan suara, justru aneh. Namun, kalau suara mesin mobil itu sudah tidak wajar, tentu perlu mendapatkan perhatian. Jangan-jangan ada sesuatu yang tidak normal terhadap kendaraan tersebut. Sebab, munculnya suara-suara yang tidak wajar itu bisa jadi merupakan indikasi awal dari adanya ketidakberesan di dalam mobil tersebut, entah yang berkaitan dengan mesin, kaki-kaki, karet-karet/sil, dan lain-lain.
    Jika saat mobil berjalan berbelok terdengar suara dari sekitar kemudi atau kaki-kaki, terutama pada mobil yang dilengkapi fasilitas power steering, bisa jadi bunyi tersebut muncul akibat kurangnya minyak power steering atau rusaknya sistem pompa power steering.
    Umumnya bunyi akibat gangguan sistem power steering ini juga diikuti bertambah beratnya kemudi ketika diputar. Kalau normalnya kemudi berpower steering ringan diputar, maka jika ada gangguan jadi terasa agak berat atau berat. Karena itu, coba tengok tabung minyak/ oli power steering. Jika ternyata oli/minyaknya sudah berkurang, tambahkan minyak power steering. Jika ragu-ragu kunjungi saja bengkel khusus power steering untuk diservis.
    Suara juga bisa timbul dari bagian kaki-kaki (shock, roda) bagian depan, terutama mobil yang berpenggerak roda depan. Penyebabnya bisa macam-macam, seperti kerusakan pada bola-bola di CV joint, karena pembungkus karetnya pecah, sehingga pelumas atau gel pelumas di dalamnya telah habis. Keadaan seperti ini akan bertambah parah jika tidak segera diperbaiki.



    Suara berisik seperti nyanyian tikus yang mencicit juga bisa berasal dari bagian roda, yakni rem. Rem dan kanvas rem yang baru tidak menjamin suara mencicit tidak akan muncul. Bisa saja suara seperti itu tetap muncul. Umumnya kemunculan nyanyian tikus yang mencicit itu akibat permukaan geseknya kotor karena terkena debu. Coba bongkar sejenak, bersihkan dengan angin dari kompresor. Jika masih tetap berbunyi atau kondisi kanvas remnya sudah tipis/aus, ganti dengan kanvas baru.
    Suara berisik juga bisa muncul dari bawah mobil. Jika terdengar ketukan yang timbul dari bawah mobil waktu pindah posisi gigi persneling, menginjak atau mengangkat pedal gas secara tiba-tiba, umumnya diakibatkan kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendornya cross-joint atau rusaknya gigi gardan.
    Jika mobil cukup lama tidak dihidupkan mesinnya, kemudian ketika putaran mesin (RPM) semakin bertambah terdengar suara mencicit, hal itu bisa jadi berasal dari tali penggerak kipas (fan belt) yang selip, karena ketegangannya berkurang. Untuk itu, coba dicek kembali dan dicermati bidang geseknya. Jika permukaannya sudah licin dan tampak mengkilap, berarti tali penggerak kipas itu sudah aus dan kehilangan daya cengkeram. Paling baik segera saja diganti dengan fan belt yang baru.
    Suara nglithik bisa timbul dari dalam mesin. Bunyi ini terjadi akibat proses pembakaran yang tak sempurna. Berdasarkan penuturan beberapa bengkel mobil, suara nglithik dari dalam mesin ini kemungkinan akibat terlalu rendahnya kandungan oktan dari bahan bakar yang digunakan. Namun bisa juga karena mesin terlalu panas atau mengalami overheating.
    Gejala nglithik yang berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya piston atau orang biasanya menyebutnya dengan seker. Jika bunyi itu muncul sedikit ketika berakselerasi, bisa diabaikan. Kendati demikian, sebaiknya minta bantuan saja kepada mekanik atau ahlinya untuk mendiagnosa lebih jauh. Jangan sampai penyakit nglithik itu menjadi semakin kronis dan bisa berakibat fatal.
    Sementara jika mesin menimbulkan suara ketukan seperti besi dipukul-pukul, kemungkinan karena mesin mobil mengalami kerusakan cukup parah. Mungkin saja metal (rod bearing) atau setang pistonnya rusak. Menghadapi kondisi seperti itu, jangan memaksa untuk menjalankan mobil apalagi memacunya untuk melaju kencang karena akan memperparah kerusakan.

    (bid/berbagai sumber)





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mencegah Kopling Jeblos


    Dari sekian banyak kasus yang ditangani Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, ‘kopling jeblos’ juga relatif sering dialami customer. Kejadian seperti ini cukup merepotkan pengendara. Karena kopling tidak normal, gigi transmisi tak dapat dipindahkan. Tentu sangat tidak nyaman, bahkan membahayakan pengguna jalan lainnya.

    Kopling jeblos sangat mungkin terjadi pada kendaraan baik yang menggunakan sistem kopling tipe hidrolik maupun tipe mekanis.

    Bila dihitung-hitung, penyebab paling besar yang memicu kopling jeblos adalah masalah pada minyak kopling. Penyebab yang satu ini muncul pada kendaraan yang menggunakan kopling tipe hidrolik.

    Karena itu, bagi pemilik kendaraan yang menggunakan sistem kopling tipe hidrolik, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak kopling secara rutin. Kuantitas dan kualitas cairan ini harus selalu dalam kondisi baik. Dalam arti, permukaannya ada pada posisi full, tampak bersih dan jernih. Lakukan penggantian tiap 20.000 km.

    Perawatan kopling tipe mekanis jauh lebih mudah. Tidak perlu ada penggantian secara rutin. Hanya, jika suatu saat menginjak pedal kopling terasa berat, Anda musti hati-hati dan segera melakukan pemeriksaan. Bukan tak mungkin, lama kelamaan pedal yang berat diinjak itu malah menyebabkan kerusakan lebih parah: kabel kopling putus.



    Pemeriksaan kopling tipe mekanis yang berat saat diinjak bisa dimulai dengan memasukkan oli ke dalam kabel kopling (bisa dengan oli apa saja, asal jangan oli mesin, sepanjang yang bersifat melumasi). Jika pelumasan ini tidak mengubah keadaan, kemungkinan kabel kopling sudah tidak layak pakai. Segera ganti dengan yang baru.

    Selain penyebab di atas, ada hal-hal lain yang biasanya juga memicu kopling jeblos.

    Penyebab pada tipe mekanik lainnya, biasanya adalah penyetelan gerak bebas pedal kopling terlalu lebar, sehingga saat pedal kopling diinjak, tenaga yang dipindahkan ke sistim kopling hanya sedikit. Selain itu, mungkin juga karena sambungan kabel koplingnya terlepas (bisa terjadi pada yang ada di sekitar pedal, bisa pula pada release fork (kolong kendaraan).

    Sementara penyebab kopling jeblos pada kopling tipe hidrolik antara lain; penyetelan gerak bebas kopling terlalu lebar, cara mengatasinya dengan cara melakukan penyetelan gerak bebas (free play) pedal kopling.

    Bisa pula kopling jeblos pada sistem hidrolik dipicu oleh udara palsu. Cara mengatasinya dengan membuang udara palsu tersebut. Atau dengan menguras minyak kopling.



    (bid/berbagai sumber)






  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tabel Pemeriksaan Berkala mobil anda


    Perawatan Umum:

    • Periksa oli mesin dari batang pengukur di blok mesin. Oli mesin seharusnya membasahi batang pengukur sampai batas yg seharusnya. Jika kurang, tambahkan oli mesin secukupnya. Standard oli mesin Daihatsu Taft / Rocky Diesel dapat dilihat di sini.
    • Periksa minyak rem dalam tabung / wadah, jangan kurang atau melampaui batas yg telah ditentukan. Standard minyak rem Daihatsu Taft / Rocky Diesel dapat dilihat di sini.
    • Periksa kuantitas air di radiator dan wadah reserve, dan periksa tutup radiator.
    • Periksa temperatur mesin di panel dashboard pada saat pemanasan (idle) maupun berjalan. Jika terlalu panas, segera periksa air radiator, pipa-pipa, dan sistem pendingin mesin.
    • Periksa air accu dan terminal-terminal sambungan pada accu. Bersihkan kerak-kerak yg mungkin ada agar tidak mengganggu aliran listrik.
    • Periksa tekanan udara ban dan kondisi kembangnya.
    • Periksa fungsi dan kebebasan pedal kaki, rem tangan, dan kopling.
    • Periksa jarak bebas setir. Jarak bebas adalah panjang busur tempat setir dapat digerakkan tanpa merubah posisi roda depan. Pada umumnya mobil mempunyai jarak bebas setir antara 1-3 cm.
    • Periksa kekokohan setir, guncangkan ke atas-bawah dan kiri-kanan.
    • Periksa lampu-lampu dan kelistrikan. Periksa sambungan kabel-kabel dan sekering. Jika perlu bawalah selalu sekering cadangan dalam mobil.
    • Periksa kuantitas air pembersih kaca dan fungsi wisher/penyemprotnya.
    • Periksa tanda-tanda kebocoran pada saluran minyak dan di lantai tempat kendaraan di parkir.































  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman