Smoky Car Kenali Masalah Mobil Berasap


Bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan sangat mengandalkan kendaraan roda empat pribadi, tentu tidak hanya bisa sekedar bisa dan mampu duduk dikursi kemudi. Mengenal kendaraan yang menjadi sahabat karib yang paling diandalkan juga membutuhkan perhatian yang tidak sedikit.

Sayangnya, terkadang karena tingginya tingkat kesibukan dan energi yang cukup terkuras sepanjang pekan aktifitas, sulit untuk menemukan waktu yang luang untuk memberikan perhatian lebih kepada sahabat yang satu ini. Sampai muncul gejala malfungsi dari komponen kendaraan, barulah kita menyadari kurangnya perhatian dalam hal perawatan kendaraan.

Tidak perlu panik, selama Anda bisa segera mengidentifikasi malfungsi apa yang terjadi pada kendaraan.Nah, umumnya kondisi malfungsi yang biasa terjadi adalah :

* Asap
* Gangguan lampu dan jarum indikator
* Noda, kebocoran, cairan berlebih
* Ban
* Sistem penerangan
* Body dan cat
* Masalah Wiper

Kadang kala gangguan sebenarnya sepele, hanya karena ketidak mengertian, masalah-maslaah ini bisa membuat panikk pengendara, dan umumnya menimpa pengendara wanita.

ASAP

Malfungsi mesin yang menimbulkan asap saat kendaraan kita operasikan, bisa berupa :

* Asap Berlebih Dari Knalpot
* Asap Abu-abu Dari Knalpot
* Asap Putih dan Air Keluar Dari Knalpot
* Asap Hitam Dari Knalpot
* Asap Dari Kap mesin
* Asap Putih disertai bau karet terbakar
* Asap Dari Roda

Asap Berlebih Dari Knalpot

Anda bisa melihat oli berada dibawah level penggantian oli, dan sebelumnya tidak pernah terjadi. Nah Oli yang turut terbakar dalam proses pembakaran mesin itulah yang munculnya adanya asap berlebih. kondisi ini akan membuat kendaraan tidak memiliki daya pacu seperti biasanya. Kalau dibiarkan berlarut, maka untuk jangka panjang akan merepotkan Anda. Yang memungkinkan hal ini bisa terjadi adalah :

1. Sistem PCV tidak berfungsi dengan baik.
2. Mesin yang mengalami gangguan dibeberapa tempat.
3. Seal katuk yang sudah usang.
4. Cincin piston mesin yang sudah usang.

Asap Abu-abu Dari Knalpot
Munculnya asap abu-abu saat kendaraan distater, dan terkadang asap ini masah ada setelah mesin selesai dipanaskan walau tidka terlalu nyata. Anda pelu mengamati apakah kelebihan asap dalam kondisi ini berangsur-angsur semakin parah karena ini mengindikasi tingkat kerusakan yang terjadi.
Kemungkinan Penyebab :
1. Cincin piston yang sudah usang.
2. Katup yang mulai usang Worn valve guides.
3. Katup yang rusak Damaged or worn valve guides. [erf/ind]
Asap Putih dan Air Keluar Dari Knalpot
Anda bisa mengetahui dari banyaknya asap yang keluar dari knalpot disertai air yang terus berlangsung walaupun mobil telah dipanaskan cukup lama. Seperti kelebihan asap lainnya, ini akan menjadi masalah serius bila dibiarkan terjadi untuk jangka panjang.
Kemungkinan Penyebab :
1. Adanya cairan (Oli) transmisi yang masuk dalam manifold.
2. Gasket dari silinder mesin sudah waktunya diganti
3. Kepala silinder mesin tertutup sesuatu atau bahkan mengalami
keretakan.
4. Adanya keretakan pada blok mesin.
Asap Hitam Dari Knalpot
Kalau asap yang keluar dari knalpot kendaraan Anda berwarna hitam dan cukup tebal, tentu bukan Anda saja bisa melihatnya dengan jelas, tetapi juga pengguna jalan raya lainnya yang pasti "terusik". Semakin parah masalah mesin Anda, maka otomatis kepulan asap ini akan semakin hitam dan tebal.
Kemungkinan Penyebab :
1. Apabila kendaraan masih menggunakan karburator, bisa jadi choke
karburator sudah tertutup rapat.
2. Adanya kebocoran pada sistem injeksi bensin.
3. Tersumbatnya air filter.
4. Adanya gangguan dapat pengapian mesin.
Asap Dari Kap Mesin
Kalau ini terjadi, biasanya bikin panik pengemudi, terlebih bila terjadi kala jalanan super macet. Bukan kepanikan yang Anda perlukan, tetapi perhatian! Berarti mesin yang bermasalah telah Anda hiraukan untuk waktu yang cukup lama.
Kemungkinan Penyebab :
1. Kalau dari asap yang timbul tercium bau minyak, berarti ada
kebocoran oli mesin.
2. Kalau asap yang timbul putih warnanya, bisa jadi adanya
kebocoran radiator
3. Kalau asap berwarna hitam atau kebiruan disertai aroma
menyengat, itu pertanda adanya gangguan kelistrikan dan
perhatikan apakah ada kabel yang terbakar.[erf/ind]
Asap Putih Disertai Bau Karet Terbakar
Ini termasuk salah satu gangguan asap yang paling cepat membuat panik pengendara. Dan sudah sepantasnya Anda panik, namun tetap saja, Anda harus mengenali kemungkinan penyebabnya. Kalau Anda berada ditengah jalan raya, tepikan kendaraan segera ditempat yang tidak meinbulkan kemacetan bagi pengguna jalan lainnya. Matikan mesin segera dan cari asal bau seperti karet terbakar tersebut. Kalau Anda mendapati ada yang terbakar, tentu saja lakukan tindakan darurat untuk memadamkan api baru cari tahu penyebab api. Rumitnya, mesin kendaraan bisa mendadak terbakar tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.
Kemungkinan Penyebab :
1. Tali kipas yang kendur dan mengganggu fungsi bagian mesin
lainnya.
2. Mesin terlalu panas
3. Adanya korsleting pada sistim kelistrikan kendaraan
4. Rusaknya bagian mesin yang memiliki tali kipas.
Asap Dari Roda
Anda hanya bisa melihat asap yang muncul saat kendarran yang telah Anda kemudiakan dalam posisi berhenti. Saat kendaraan berjalan, mungkin sulit membedakan asapa dengan asap yang muncul dari roda. Jangan mengira bahwa timbulnya asap dari roda ini mendadak terjadi. Sebenarnya sudah terjadi kerusakan yang tidak Anda ketahui, dan lama kelamaan menjadi semkain parah.
Kemungkinan Penyebab :
1. Caliper dari piringan rem amat rusak
2. Rem tangan yang masih dalam keadaan aktif ( tidak dilepas saat
kendaraan dipacu).
3. Adanya kerusakan pada bagian drum rem.
4. Rotor rem yang overheat.
(bid/berbagai sumber)

Translate
For those who have high mobility and relies heavily on private automobiles, would not only be able and capable than the wheel chair. Know the vehicle that became the most dependable sidekick also requires attention not less.
Unfortunately, sometimes due to the high level of activity and energy draining activities throughout the week, it's hard to find spare time to give more attention to this one friend. Until symptoms appear malfunction of vehicle components, then we realized the lack of attention in terms of vehicle maintenance.
No need to panic, as long as you can immediately identify malfunctions what happened to kendaraan.Nah, general conditions common malfunctions are:
* Smoke
* Disturbance and needle indicator lights
* Noda, leakage, excessive fluid
* Tires
* Lighting system
* Body and paint
* Wiper Problems
Sometimes the disorder is actually trivial, simply because ketida mengertian, problem-maslaah panikk rider can make, and generally struck a woman rider.
ASAP
Malfunctioning machines cause smoke when the vehicle we operate, could be:
* Excess Smoke From Exhaust
* Gray Smoke From Exhaust
* White Smoke and Air Out Of Exhaust
* Black Smoke From Exhaust
* The smoke from the engine hood
* White smoke accompanied by the smell of burning rubber
* Smoke Of Wheels
Excess Smoke From Exhaust
You can see the oil is below the level of oil change, and unprecedented. Oil Well that also burned in the engine combustion process that is the emergence of excessive smoke. These conditions will make the vehicle does not have the power runway as usual. If allowed to go on, then for the long term will bother you. What enables this to occur are:
1. PCV system is not functioning properly.
2. Machine is broken in several places.
3. Seal katuk worn.
4. Engine piston ring worn out.
Gray Smoke From Exhaust
The emergence of gray smoke when the vehicle distater, and sometimes these spaces exist after the machine finished masah heated though tidka too real. You pelu observe whether the excess smoke in this condition was gradually getting worse because it indicates the level of damage.
Possible Cause:
1. Worn piston rings.
2. Valve which began worn worn valve guides.
3. Damaged or defective valve worn valve guides. [ERF / eng]
White Smoke and Air Out Of Exhaust
You can tell from the number of smoke coming out from the exhaust accompanied by water which continues even though the car has been heated long enough. Like other excess smoke, this will be a serious problem if left there for the long term.
Possible Cause:
1. The presence of fluid (oil) into the manifold transmission.
2. Gaskets from cylinder engine replaced it's time
3. Engine cylinder head covered with something, or even experience
cracks.
4. The existence of cracks in engine blocks.
Black Smoke From Exhaust
If smoke comes out of your vehicle exhaust is black and quite thick, certainly not you just could see it clearly, but also other road users who would "disturbed". The more severe the problem of your machine, then automatically this smoke will be more black and thick.
Possible Cause:
1. If the vehicle still uses carburetors, could be a choke
carburetor is closed.
2. The existence of leaks in the fuel injection system.
3. Blockage of water filters.
4. Interference to ignition engine.
Smoke From Engine Hood
If this happens, usually make the driver panicked, especially if it was during the super street jam. Not the panic that you need, but attention! Mean machine that has troubled you pay attention for a long time.
Possible Cause:
1. If the smell of smoke arising from oil, there is
engine oil leak.
2. If white smoke arising from the color, could be the
radiator leak
3. If black or blue smoke flavor accompanied
sting, that's a sign of electrical disturbance and
note whether there is a burning cable. [ERF / eng]
Accompanied White Smoke Burned Rubber Odor
This includes one of the fastest disturbance smoke panicked motorists. And rightly you panic, but still, you need to identify possible causes. If you are in the middle of the highway, tepikan vehicles that do not immediately place meinbulkan congestion for other road users. Turn off the engine immediately and locate the origin of the odor like burning rubber. If you find there is a burning, of course you should take to extinguish the new fire emergency to find out the cause of the fire. The complexity, the engine can suddenly vehicle on fire without any previous signs.
Possible Cause:
1. Fan belt is loose and interfere with the function of the machine
other.
2. Engine overheating
3. The existence of a short circuit in the electrical system of vehicle
4. Damage to the machine that has a fan belt.
Smoke Of Wheels
You can only see the smoke that appears when you have kendarran kemudiakan in the stop position. When the vehicle is running, it may be difficult to distinguish asapa with smoke emerging from the wheel. Do not think that the emergence of smoke from the wheels of a sudden this happened. In fact already there is damage you do not know, and over time become semkain severe.
Possible Cause:
1. Disc brake caliper from highly corrupted
2. Hand brake is still in a state of active (not removed when
driven vehicles).
3. The presence of damage to the brake drum.
4. Rotor brake overheat.


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    the 'Mystery' sound of Your Car : Kenali Bunyi 'Misteri' Mobil Anda


    Saat mobil Anda dalam kondisi yang 'fit', pasti akan mengeluarkan 'bunyi' mesin yang normal dan suara yang stabil. Tapi, suatu saat, mobil Anda mengeluarkan 'bunyi' yang aneh dan 'misterius'. Perlu Anda ketahui bahwa jenis 'bunyi' yang aneh pada kendaraan itu bisa menjadi petunjuk adanya gangguan atau ketidakstabilan pada mobil Anda.




    Bunyi Mencicit
    Saat Anda menghidupkan mobil, setelah tak dipakai untuk beberapa saat lamanya, atau saat putaran mesin bertambah terdengar bunyi 'mencicit'. Kemungkinan besar suara itu berasal dari tali penggerak kipas (fan belt) yang selip, karena 'ketegangan'-nya berkurang. Coba setel kembali dan perhatikan bidang geseknya, kalau permukaannya licin dan mengkilap, berarti fan belt telah kehilangan cengkeraman pada puli. Oleh karena itu, segeralah ganti dengan fan belt yang baru.

    Knocking atau 'Metallic Rattling'
    Istilah yang sering dipakai untuk jenis 'bunyi' ini adalah ngelithik. Bunyi ini timbul karena proses pembakaran yang tak sempurna. Umumnya, akibat terlalu rendahnya oktan dari bahan bakar yang dipergunakan atau mesin mengalami overheating. Gejala ngelitik yang berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya piston. Bila suara itu timbul sedikit ketika berakselerasi, bisa diabaikan. Meski begitu, sebaiknya mintalah mekanik untuk memeriksa mesin, agar ngelitik-nya hilang.

    Bunyi Ketukan 'Berat'
    Bila mesin menimbulkan suara ketukan seperti orang sedang memukulkan besi, bisa jadi mesin mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Mungkin metal (rod bearing) atau setang pistonnya rusak. Jangan memaksa untuk menjalankan mobil, karena akan memperparah kerusakannya.
    Suara Mendesis
    Bisa jadi salah satu slang vacuum terlepas atau bocor. Biasanya diikuti dengan tesendatnya putaran mesin. Mendeteksi suara seperti ini tergolong sulit, sehingga perlu ketelitian. Masukkan kembali selang vacuum yang terlepas, atau ganti baru kalau memang sudah bocor.

    Suara Mencicit Saat Mobil Direm
    Meski rem mobil bekerja sempurna dan kanvas rem baru, bisa saja menimbulkan suara 'mencicit'. Umumnya akibat permukaan geseknya kotor. Cobalah membersihkan atau mengganti kanvas rem yang didesain untuk mengeliminir bunyi.
    Suara Gesekan Antar-Logam Saat Mengerem
    Itu artinya lapisan atau permukaan gesek kanvas rem terlalu tipis, atau bahkan sudah hilang, sehingga terjadi gesekan antar-logam. Kondisi ini dapat mengakibatkan kemampuan rem jauh berkurang. Maka, segera ganti kanvas rem mobil Anda.

    Suara Mendesis 'Power Steering'
    Bunyi ini timbul pada mobil yang dilengkapi power steering, saat kemudi diputar. Akibat kurangnya jumlah minyak power steering atau rusaknya sistem pompa power steering. Umumnya diikuti dengan beratnya putaran pada setir. Tambahkan minyak power steering bila kurang, atau kunjungi bengkel khusus power steering untuk perbaikan.

    Bunyi Ketukan Saat Roda Depan Membelok


    Gejala ini umum terjadi pada mobil-mobil yang digerakkan oleh roda depan. Penyebabnya, kerusakan pada bola-bola di CV joint, karena pembungkus karetnya pecah, sehingga 'gemuk' alias gelpelumas di dalamnya telah habis. Kondisi ini akan bertambah parah bila tidak segera diperbaiki. 

    Suara Ketukan Saat Memindahkan Gigi 'Porsneling'
    Bunyi ketukan yang timbul dari bawah mobil waktu memindah posisi gigi, menginjak atau mengangkat pedal gas tiba-tiba. Umumnya diakibatkan karena kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendurnya cross-joint atau rusaknya gigi gardan.

    fr. KapanLagi.com



    Translate
    When your car in a state of 'fit', it will issue a 'sound' normal engine and a steady voice. But, one day, your car out 'sounds' strange and 'mysterious'. You need to know that kind of 'sound' strange vehicles that could be indicative of disruption or instability in your car.
    The sound of squeaking
    When you turn on the car, having no use for a while, or when the engine speed increases sound 'squeak'. Most likely the voice was coming from fan belt (fan belt) that slip, because 'it ketegangan' reduced. Try to set back and look at the field geseknya, if the surface is smooth and shiny, it means that the fan belt has lost its grip on the pulley. Therefore, immediately replace with a new fan belt.
    Knocking or 'Metallic Rattling'
    The term is often used for this type of 'sound' is ngelithik. This sound is caused by the combustion process is not perfect. Generally, the result of too low octane of fuel used or the engine overheating. Symptoms of excessive ngelitik can cause damage to the piston. If it sounds a little arise when accelerated, can be ignored. Even so, you should ask your mechanic to check the machine, for his ngelitik missing.
    Timing Belt
    The sound of knock 'Serious'
    When the engine knocking noise like someone was hitting the iron, it could be your car's engine was damaged badly enough. Maybe metal (rod bearing) or piston damaged handlebars. Do not be forced to run a car, because it will aggravate the damage.
    Hissing Sound
    Could be one of the vacuum hose disconnected or leaking. Usually followed by tesendatnya spin machine. Detecting sound like this quite difficult, so the need of accuracy. Please re-enter the vacuum hose off, or just replace if it is leaking.
    When the car brakes squeak sound
    Although the car brakes work perfectly and canvas new brakes, it could be any noise 'squeaky'. Generally due to dirty geseknya surface. Try cleaning or replacing brake canvas that is designed to eliminate noise.
    Inter-Metal Friction sound when braking
    That means the layer or canvas brake friction surface is too thin, or even lost, resulting in inter-metal friction. This condition can lead to much reduced braking capability. Then, immediately replace your car brake canvas.
    Hissing Sound "Power Steering"
    This sound arises on cars with power steering, while the wheel rotated. Due to the shortage of oil or power steering pump power steering system damage. Generally followed by heavy rotation on the steering wheel. Add oil power steering, if less, or visit a special workshop to repair power steering.
    Ban Checks
    The knocking sound Turning The Front Wheel
    These symptoms generally occur in cars driven by the front wheels. The cause, damage to the balls in the CV joint, since wrapping the rubber breaks, so that 'fat' alias gelpelumas in it have been exhausted. This condition will worsen if not immediately corrected.
    The knocking sound When Moving Teeth 'Porsneling'
    The sound of a knock that arise from under the car when moving the position of the teeth, stepping on the gas pedal or lift suddenly. Generally caused by damage to power the router system, engorgement of cross-axle joint or damage to teeth.

    cross joint


    Mobil yang menganut sistem penggerak roda belakang sering sekali mengalami problem pada propeller shaft atau yang lebih populer disebut dengan as kopel. Bila bagian ini rusak, maka mobil akan mengalami getaran berlebihan yang terasa di bagian ruang penumpang ketika dijalankan di atas 60km/jam. Dan gejala itu akan semakin keras ketika kecepatan mobil ditambah.

    Kalau Anda merasakan gejala semacam itu, itu tandanya ada kerusakan di bagian cross joint yang terdapat pada as kopel. Cara mengatasinya tentu sangat gampang, tinggal mengganti cross joint itu. Cuma persoalannya, seringkali cross joint baru tidak dapat lagi dipasang secara presisi pada bagian yoke-nya lantaran sudah terjadi keausan pada lubang dudukan cross joint-nya. Sehingga, meski telah diganti baru, getaran itu tetap saja membandel.

    Karena itu, kalau di bagian lubang dudukan cross joint itu sudah aus, sebelum pemasangan ada baiknya dioleskan terlebih dahulu lem plastic steel yang bayak ditemui di toko besi. Caranya, bersihkan terlebih dahulu bagian lubang itu, --termasuk juga cross joint hingga terbebes dari gemuk atau oli. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan lap kain yang telah dibasahi dengan bensin. Setelah itu, baru dioleskan plastik steel yang adonanya telah disiapkan, dan segera diikuti dengan pemasangan cross joint baru. Anda tak perlu menunggu pasta plastic steel itu hingga kering, karena hanya akan menyusahkan teknik pemasangannya.


    Setelah terpasang rapi, ada baiknya Anda mengoleskan plastik steel itu di beberapa sudut agar rumah luar cross joint terpasang kuat ke rumah yoke-nya. Sehingga, cross joint dapat bekerja normal ketika as kopel digerakkan dalam empat arah. Selamat mencoba! [cq] Sumber: duniaoto.com


    Translate
    The car that rear-wheel drive system adheres very often have problems on propeller shaft or more popularly referred to as coupling. When this section is damaged, then the car will experience excessive vibration felt in the passenger space when running on top of 60km/jam. And symptoms will be even harder when the speed of the car plus.
    If you feel such symptoms, it was a sign there is damage in the joint cross section located on the axle coupling. The fix is very easy, just replace the cross joint. Only problem is, often cross the new joint can no longer mounted on the yoke of precision it has happened because the wear on the mounting holes of his cross joint. Thus, although new has been replaced, the vibration was still stubborn.
    Therefore, if the mounting holes that cross the joint is worn, before installation it's good plastic glue smeared first encountered stout steel at the hardware store. How, to clean up first part of the hole, - including the cross joint until terbebes of fat or oil. You can do this using a cloth dampened with gasoline. After that, the new plastic smeared steel adonanya has been prepared, and immediately followed by the installation of a new joint cross. You do not need to wait for plastic steel paste it to dry, as it will only bother the installation technique.
    Once installed neatly, you'll want to put plastic steel in some corners for a house outside the cross joint yoke is attached securely to his house. Thus, cross joints can work as normal when the coupling is moved in four directions.

    Car Brake Tools : Pengecekan Berkala Perangkat Rem Mobil


    Salah satu piranti paling vital yang terdapat pada sebuah kendaraan adalah rem. Entah kendaraan apapun itu, karena diantara banyaknya penyebab kecelakaan oleh kendaraan bermotor, salah satunya disebabkan faktor rem. Maka dari itu wajib diperhatikan jika ingin melakukan perjalanan menggunakan kendaraan baik dalam kota maupun keluar kota, hendaknya selalu memperhatikan rem yang terdapat pada kendaraan anda, terutama pada mobil.

    Menurut Gunawan Indrajati, Service Manager pada Tunas Toyota yang terletak dibilangan Mampang Jakarta Selatan, “terdapat berbagai macam hal yang dapat membuat sistem pengereman pada mobil terganggu, bahkan sampai kepada kondisi ekstrim yaitu, tidak berfungsinya beberapa indikator pada sistem pengereman yang dapat mengakibatkan rem pada mobil blong.”


    Jika sistem pengereman pada mobil tidak berfungsi dengan baik, terdapat beberapa kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut, yaitu :
    1. Kampas remnya sudah aus
    2. Sliding yang terdapat pada caliper, kotor dan biasanya berkarat dan membuat caliper tidak berfungsi sebagaimana layaknya.
    3. Tidak berfungsinya caliper yang disebabkan oleh kebocoran oli rem yang terdapat karet seal yang sudah aus.

    Karena sistem dan cara kerjanya yang agak rumit, disarankan agar membawa mobil pada bengkel-bengkel mobil terdekat, atau pada bengkel yang telah ditunjuk untuk memperbaiki sistem pengereman tersebut. Tapi jika saja anda harus memperbaikinya sendiri dirumah, atau ketika sedang dalam melakukan perjalanan, mungkin ada baiknya jika melakukan langkah-langkah dibawah ini :


    1. Lepaskan ban dari as roda (jika system pengereman menggunakan disc brake maka perangkat pengereman akan langsung terlihat,
    jika menggunakan tromol maka penutup pada tromol atau drum brake harus dibuka dulu agar perangkat pengereman dapat terlihat). 

    2. Setelah itu periksa kampas rem, tapi anda harus tahu sebelumnya, mana kampas rem yang masih bagus dan sudah tidak layak pakai lagi.(lakukan penggantian pada kampas rem yang sudah rusak). 

    3. Jika ternyata tidak ada keganjilan yang terlihat pada kampas rem, untuk yang menggunakan disc brake, cenderung caliper-nya tidak
    berfungsi dengan baik sebagai akibat dari baut sliding kotor bahkan berkarat, buka baut sliding dengan kunci pas, lalu bersihkan dengankain bersih dan apabila terdapat karat bisa anda bersihkan terlebih dahulu dengan ampelas yang agak kasar lalu berikan gemuk secukupnya.


    4. Sedangkan pada sistem pengereman yang menggunakan tromol,

    cenderung masalahnya terdapat pada wheel cylinder sebagai titik tolak kampas rem.
    5. Kebocoran oli rem juga biasanya membuat rem jadi blong, periksa karet seal yang terdapat pada caliper, jika terdapat cairan oli membasahi karet seal segera lakukan penggantian pada seal.

    Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada sistem pengereman kendaraan anda, ada baiknya anda melakukan pengecekan berkala secara rutin di bengkel-bengkel yang ditunjuk. “Disarankan agar pengecekan berkala pada sistem pengereman dilakukan pada setiap kendaraan mencapai 10.000 kilometer, dan selanjutnya setiap kelipatan 10.000 kilometer.” Ungkap Gunawan Indrajati menutup obrolan.

    Teks/Foto : Ahmad Garuda




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Maintenance car : Perawatan Pintu Mobil


    Pintu mobil merupakan bagian kendaraan sangat penting untuk dirawat, sehingga menjamin keamanan & kenyamanan pada saat berkendaraan. Pintu mobil sering luput dari perhatian pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal.
    Akibatnya
    Misalnya, bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.
    Hal Yang Dilakukan
    Tips perawatan berikut ini, sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali :
    1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.
    2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
    3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan 'power window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
    4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
    5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.

    6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
    7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
    8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
    9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.

    fr.indosiar.com


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman