Mencuci wheel

Rem cakram pada ke empat roda memang terbukti berhasil meningkatkan keamanan mobil. Namun di sisi lain, rem pakem ini memproduksi lapisan yang korosif, tidak tampak, dan susah dihilangkan pada alloy wheel mobil.
Penyebabnya debu akibat gesekan rotor/cakram dengan brake pad. Ketika mengerem, compound brake pad yang lebih lunak terlepas dan berakhir sebagai lapisan tipis pada permukaan wheel. Debu itu terdiri serat-serat karbon, metal filing, dan perekat polymer.
Sisa perekat ini menempel disekujur wheel. Sisa perekat ini kemudian berubah jadi asam dan menggores permukaan wheel. Ini menimbulkan kerusakan serius pada wheel, dan bukan sekedar persoalan penampilan/kosmetik saja.
Metal filing juga bisa jadi masalah. Selama pengereman, metal filing membara dan saat terlepas dan ketika mendarat cenderung membakar permukaan wheel hingga membuat lobang mikro. Perekat polimer juga bisa mengalami re-polimerisasi membentuk gumpalan-gumpalan kecil menempel di permukaan.
Ada tiga cara untuk mengontrol debu ini. Pertama, membersihkan wheel secara berkala dan terus menerus. Kedua, memasang brake dust shield dan ketiga mengganti brake pad.
Ada beberapa cara membersihkan wheel. Mulai cuci dengan shampoo mobil biasa, kalau tidak berhasil bisa dicoba dengan pembersih wheel khusus seperti P21S atau Sonax yang banyak direkomendasikan produsen mobil.
Hati-hati bila memilih pembersih wheel. Karena ada yang mengadung asam yang justru merusak permukaan wheel. P21S dan Sonak mempunyai pH netral, mungkin kalah garang dibandingkan merk lain, tapi pasti tidak merusak permukaan.
Kebanyakan pembersih wheel berkerja efektif pada kondisi wheel kering. Semprotkan pembersih pada seluruh bagian wheel dan usap dengan lap lembut. Diamkan beberapa menit. Gosok lagi dengan lembut seluruh bagian. Beberapa bagian mungkin perlu digosok berulang-ulang. Pastikan dilakukan dengan lembut bila tidak ingin permukaan tergores. Bila kotorannya mulai lepas, bilas dengan air dan keringkan.
Bila ada bagian yang kotorannya masih bandel, bisa digunakan larutan lebih kuat. Gunakan hanya pada lokasi si bandel saja. Sebelum menggunakannya, tes dulu dibagian wheel yang tersembunyi untuk memastikan tidak ada efek buruk. Bila kotoran lepas, siram dengan air.
Setelah dicuci, lapisi dengan wax, yang berfungsi sebagai pelindung garis depan terhadap serbuan brake dust.
Cara kedua, adalah memasang pelindung dari bahan aluminum alloy. Ada banyak model dan ukuran untuk aneka jenis mobil. Pelindung ini dirancang agar angin tetap dapat leluasa mendinginkan rem. Ini cara yang efektif untuk menghindari dust brake.
Pelindung ini mudah memasangnya, cukup lepas ban, pasang pelindung dan pasang ban lagi. Bila ingin memasang, ada baiknya konsultasi dengan dealer, apakah akan mempengaruhi garansi mobil anda.Pelindung ini juga mungkin tidak cocok untuk mereka yang ingin menampilkan caliper indahnya.
Alternatif ketiga adalah mengganti brake pad. Bisa dari Kevlar atau Carbon Kevlar yang bisa mengurangi debu dan memperbaiki pengereman dan tidak berdecit. Bisa juga mengganti dengan brake pad keras, dimana kandungan logam lebih tinggi dan lebih sedikit karbon. Jenis bisa jadi kalah pakem.

(bid/berbagai sumber)





  • READ MORE.......




  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    TIPS Perawatan Sistem Pendingin Mesin

    Perhatian terhadap komponen sistem pendingin lainnya juga perlu agar mesin selalu dalam kondisi prima:
    1. Flush dan ganti coolant secara teratur. Kualitas dan jenis coolant yang dipakai sangat menentukan keawetan mesin, dianjurkan memakai Extended Life Coolant (ELC) atau Surfactant Coolant (SC), beberapa produk coolant dijual siap tuang.
    2. Jangan gunakan air ledeng atau air sumur untuk mengisi radiator. gunakan aquadest yang dicampur dengan coolant sebagai inhibitor (pencegah karat dan kerak). Pemakaian aquadest saja tak dapat mencegah timbulnya karat.
    3. Gunakan Radiator Coolant yang bermutu baik, dan pakai sesuai anjuran.
    4. Ganti tutup radiator setiap 4 - 5 tahun, kerusakan tutup radiator menyebabkan tidak dapat melepas kelebihan tekanan sehingga akan merusak cylinder head gasket dan kepala radiator, gunakan tutup radiator original.
    5. Ganti thermostat setiap 5 tahun, jika tetap akan menggunakan thermostat bersuhu lebih rendah dari anjuran pabrik, jangan lebih dari 5ºC perbedaannya. Ingat, thermostat jangan dilepas.
    6. Periksa kinerja motor fan atau visco fan.
    7. Ganti waterpump apabila sudah terdeteksi terjadi kebocoran atau aliran air lemah.

    8. Jika radiator yang berbahan plastik pecah/retak, ganti dan gunakan radiator head original, jangan mengganti dengan bahan kuningan, karena jika terjadi over-pressure, maka komponen mesin lain akan dapat pecah atau retak
    9. Pemakaian Radiator coolant untuk mesin diesel sebaiknya memakai jenis Extended Life.
    (sumber: The Beginner Files - IDMOC)




  • READ MORE.......





  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips Mobil

    Tips Mobil | BALIJB.COM
    www.balijb.com/bursa-mobil/tips-merawat-mobil/ - CachedSimilar
    Berikut ada tips dan trik seputar perwatan kendaran anda. 10 TIPS Merawat AC Mobil. Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja ...
    Tips-tips perawatan Mobil
    forum.dudung.net › HOBBY › OTOMOTIF - CachedSimilar
    15 posts - 1 author - Last post: 18 Nov 2007
    Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern ...
    Get more discussion results
    Indonesia Cars & Car | New & Used Car - MyCarMart:
    www.carmall.com/ - CachedSimilar
    2009-12-25, Tips for buying cars from parallel importers. 2009-12-24, Car air filter & air intake - A beginners guide to modding ...
    Tips Perawatan AC Mobil
    www.tips-afuacmobil.blogspot.com/ - CachedSimilar
    12 Jun 2006 – Webblog www.tips-afuacmobil.blogspot.com ini berisi informasi tips perawatan ac mobil yang akan selalu diupdate dan sangat berguna bagi ...
    Tips Seputar Mobil
    tipsmobil.dagdigdug.com/ - Cached
    29 Jan 2011 – Ini adalah tips sederhana yang bisa Anda ikuti sehingga Anda dapat memilih asuransi mobil termurah untuk Anda. Memilih penyedia terbaik yang ...
    Tips Mobil | Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com
    www.dapurpacu.com/category/auto-news/tips-mobil.../tips-mobil/ - Cached
    Tips Rotasi Ban Mobil. JAKARTA (DP) — Selain perawatan, merotasi keempat ban mobil merupakan langkah yang bijak untuk menjaga keawetannya. ...
    mobil search NSE & BSE, mobil in Share tips, mobil in Mutual Funds ...
    www.appuonline.com/search.php?q=mobil - Cached
    23 Jun 2011 – mobil search results in NSE, BSE, Share Tips and Mutual Funds ... Stock tips on your Mobile - Gi Posted on 22-06-2011 ...
    tips mobil (tipsmobil) on Twitter
    twitter.com/tipsmobil - Cached
    tips mobil (tipsmobil) is on Twitter. Sign up for Twitter to follow tips mobil (tipsmobil) and get their latest updates.
    TIPS MOBIL BEBAS INCARAN PENCOLENG
    ekomeister.blogspot.com/.../tips-mobil-bebas-incaran-pencoleng.ht... - Cached
    18 Mar 2009 – TIPS MOBIL BEBAS INCARAN PENCOLENG. Hidup dikota besar memang perlu kewaspadaan yang tinggi karena sangat rawan akan pencurian kendaraan ...
    You visited this page on 1/15/11.
    Tips Cara Hemat Merawat Mobil | http://www.untukku.com
    www.untukku.com/.../tips-cara-hemat-merawat-mobil-untukku.html - CachedSimilar
    15 Jul 2009 – Merawat mobil, memang gampang-gampang susah. Salah sedikit saja, akibatnya bisa susah. Selain itu, kalau dipaksakan harus diserahkan pada
    Tips Perawatan AC Mobil
    www.tips-afuacmobil.blogspot.com/ - CachedSimilar
    12 Jun 2006 – Webblog www.tips-afuacmobil.blogspot.com ini berisi informasi tips perawatan ac mobil yang akan selalu diupdate dan sangat berguna bagi ...
    tips perawatan mobil
    hasil1st.wordpress.com/ - CachedSimilar
    4 Des 2010 – tips perawatan mobil · Beranda · Rawat Mobil Anda · Tips Perawatan Body · Tips perawatan cat · Tips Perawatan Mesin ...
    Tips-tips perawatan Mobil
    forum.dudung.net › HOBBY › OTOMOTIF - CachedSimilar
    15 posts - 1 author - Last post: 18 Nov 2007
    Tips-tips perawatan Mobil. « pada: Februari 05, 2007, 06:05:03 pm ». SILAHKAN POSTING TIPS-TIPS PERAWATAN MOBIL Membersihkan Noda Jok Mobil ...
    Get more discussion results
    Panduan Lengkap Perawatan Mobil: Belajar Cara Merawat Dan Poles Mobil
    www.panduanlengkapperawatanmobil.com/ - CachedSimilar
    Kualitas Hasil Perawatan Mobil Profesional Seperti Kami Tanpa Harus Menggunakan Mesin Khusus… .... Baru – Tips-tips membeli lap microfiber ...
    tips: perawatan mobil dimusim hujan
    racing-tires.blogspot.com/.../tips-perawatan-mobil-dimusim-hujan.ht... - Cached
    5 Mar 2011 – tips: perawatan mobil dimusim hujan. The rainy season has arrived. Road flooded, wet and slippery will more frequently encounter. ...
    Tips Perawatan Mobil Anda - Free Download from 4shared - Filestube.com
    www.filestube.com/.../Tips-Perawatan-Mobil-Anda.html
    25 Jul 2010 – Tips Perawatan Mobil Anda. Free Sign Up >>. Sponsored link: Tips Perawatan Mobil Anda.pdf [FAST DOWNLOAD] ...
    tips perawatan mobil inovva/ « W « Wit Rent Car
    www.witrentcar.com/blog/w/tips-perawatan-mobil-inovva/.php - Cached
    Sewa Mobil - Rental Mobil - Car Rental - Rent Car. HOME | ABOUT US | CAR LIST | SERVICES & SUPPORT | TERMS & CONDITIONS | BLOG ...
    BebekNunggink - 10 tips perawatan mobil...
    bebeknunggink.multiply.com/journal/.../10_tips_perawatan_mobil... - CachedSimilar
    18 Nov 2007 – Di bawah ini beberapa tip berhemat dalam perawatan mobil. 1. JANGAN MENUNGGU. Perhatikan hal berikut: saat Anda berhenti, mobil Anda berada ...
    Tips Mudah Perawatan Mobil | PaketDigital Online
    paketdigital.com/tips-mudah-perawatan-mobil/ - Cached
    Tips Mudah Perawatan Mobil. by pd on October 14, 2010 ... Untuk mencegah hal tersebut maka ada baiknya ikuti Tips Mudah Perawatan Mobil berikut; ...
    VIVAnews - Tips Mudah Perawatan Mobil
    You +1'd this publicly. Undo
    otomotif.vivanews.com/news/.../57480-tips_mudah_perawatan_mo... - CachedSimilar
    14 Mei 2009 – Lima persen penyebab kerusakan mobil karena kurangnya perawatan - Tips Mudah Perawatan Mobil.





  • READ MORE.......





  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com





    ----------------------------------------------------------------------------------
    modifikasi motor kredit motor yamaha mio jual motor harga mobil jual beli mobil modifikasi mobilbekas warung mobil motor bekas otomotif.com automotif sepeda motor kompas otomotif modifikasi mobil jual beli motor warungmobil iklan motor motorplus harga avanza daihatsu xenia harga mobil second otomotif motor otomotifnet toyota kijang mobil toyota motor modifikasi dunia otomotif cari mobil bekas otomotif college tabloid otomotif the otomotif college harga motor yamaha motor modif motor dijual
    mobil di jual otomotif.net pasar mobil motor baru variasi motor majalah mobil motor terbaru otomotif mobil motor murah motor di jual motor baru 2011 motor jual

    Thermostat sebagai pengatur suhu

    Mesin mobil yang menggunakan sistem pendingin air menggunakan thermostat sebagai pengatur suhu. Thermostat berfungsi sebagai katub/keran aliran air dari mesin ke radiator. Pada saat masih dingin, thermostat menutup sehingga air akan berputar-putar di blok mesin yang membuat suhu kerja ideal cepat tercapai.
    Saat suhu kerja tercapai, maka thermostat membuka sehingga air mulai dialirkan ke radiator untuk di dinginkan agar suhu mesin tidak melebihi suhu kerjanya, ketika suhu mulai terlalu dingin thermostat kembali menutup, begitu seterusnya sehingga membuat suhu mesin menjadi stabil.
    Thermostat sebagai ‘kambing hitam’
    Sering terdengar kasus overheating yang diakibatkan oleh sistem pendingin, atau kasus mesin yang selalu dalam kondisi panas.
    Dari kasus-kasus tersebut tidak sedikit bengkel yang menyarankan untuk mencabut thermostat karena dianggap sebagai biang keladinya. Ada pula bengkel yang menyarankan agar mengganti dengan thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari standarnya dengan alasan iklim Indonesia yang cukup panas (tropis).
    Mencabut thermostat adalah tindakan yang salah, karena mesin akan cukup lama mencapai suhu kerjanya, bahkan tidak pernah mencapai suhu kerja yang ideal. Suhu mesin pun menjadi tidak stabil, ketika sedang menuruni bukit atau kecepatan tinggi suhu mesin akan menjadi sangat dingin.
    Mengganti thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari yang disarankan pabrik juga membuat mesin bekerja dibawah suhu kerja ideal.

    Solusi: Cermati Suhu Kerja Mesin
    Apabila kita menggunakan mobil bekas atau yang sudah tua, coba untuk mencermati suhu kerja mesin mobil kita. Lihat jarum petunjuk temperatur pada panel instrumen.
    Coba juga sempatkan bertanya ke bengkel resmi atau ikut serta mailing list maupun klub mobil sejenis untuk menanyakan pada posisi manakah suhu mesin kita dalam kondisi normal.

    Apabila jarum temperatur menunjukkan suhu yang lebih rendah misalnya hanya seperempat (normalnya setengah), maka ada kemungkinan sebagai berikut:
    1. Thermostat sudah dicabut : Membuat mesin bekerja dalam kondisi dingin, biasanya karena pernah terjadi overheating pada mesin, sehingga thermostat dilepas.
    Solusi : Pasang thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.





    2. Thermostat macet : Terjadi apabila thermostat rusak sehingga selalu dalam kondisi membuka.
    Solusi : Ganti thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.
    3. Thermostat bersuhu kerja rendah : Akibat menggunakan thermostat yang bersuhu kerja rendah membuat mesin bekerja disuhu kerja yang rendah.
    Solusi : Ganti thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.

    (bid/berbagai sumber)





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Suhu Tepat, BBM Hemat

    Pada suatu pertemuan klub mobil, seorang teman dengan bangga memperlihatkan jarum temperatur mobilnya yang menunjukkan posisi seperempat, sementara pada umumnya untuk mobil yang sama seharusnya menunjukkan posisi setengah. Ia menganggap sistem pendingin mesin pada mobilnya bekerja dengan baik dan akan bebas dari masalah overheat. Sementara itu ada juga teman yang baru saja mencabut thermostat dari mesin mobilnya karena takut masalah overheat terulang lagi.
    Kedua hal di atas ternyata banyak juga terjadi pada mobil merek lain, khususnya mobil eropa. Apa dampak negatifnya buat mobil tersebut?
    Mesin mobil bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi (sekitar 93ºC). Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah akan membuat komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.
    Untuk itu hal terpenting yang dilakukan oleh semua produksen mobil adalah membuat pengatur suhu agar mesin segera mencapai suhu kerjanya dan menjaganya agar tetap konstan (stabil).

    Selain suhu kerja mesin yang ideal, untuk terjadinya proses pembakaran yang sempurna, diperlukan campuran bensin dan udara yang tepat.
    Komposisi campuran bensin dan udara sering disebut Air-Fuel Ratio (AFR).
    Idealnya AFR bernilai 14,7 . Artinya campuran tersebut terdiri dari 1 butir bensin berbanding 14,7 butir udara atau disebut dengan istilah Stoichiometry.


    Pada kondisi dingin, mesin memerlukan lebih banyak bensin (AFR kaya) dan putaran mesin perlu dibuat lebih tinggi agar dapat bekerja dengan baik dan tidak berguncang (coldstall).
    Ketika mesin mencapai suhu kerja ideal AFR kembali dibuat mendekati ideal (AFR = 14,7).
    Mesin yang masih menggunakan karburator, proses pengaturan AFR dilakukan melalui Choke maupun Choke otomatis yang menggunakan vacuum solenoid dan temperature vacuum valve.
    Pada mesin injeksi, pengaturan AFR dilakukan oleh ECU (Engine Control Unit - komputer pengatur mesin) berdasarkan referensi sensor suhu air di blok mesin (Coolant Temperature Sensor) untuk kemudian ECU mengatur putaran mesin dan debit bensin yang disemprotkan injektor.



    (bid/berbagai sumber)

     
     
     

    Total Tayangan Halaman