Sedan Perlu Perhatian

Ada beberapa langkah atau tips yang dapat diikuti. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah karakter mobil. Misalnya, dengan mengetahui letak koil, distributor, serta ketinggian saluran udara (air intake). Ketiga bagian ini memang harus dijaga dari masuknya air (lihat boks).
Kalau memungkinkan, sebelumnya amati dulu kendaraan lain yang ada di depan. Apabila mobil tersebut dapat melewati genangan air tanpa mengalami masalah, bolehlah mengikuti apa yang dilakukannya. Jangan lupa sebelumnya bandingkan tipe kendaraan kita. Dengan mengendarai sebuah MPV atau SUV, tentu akan lebih mudah untuk mengikuti langkah kendaraan lain. Hal ini kembali pada masalah letak air intake yang letaknya relatif lebih tinggi, sehingga aman melewati genangan air. Namun, bila tipe sedan atau city car tentu perlu berpikir beberapa hal lagi, karena letaknya lebih rendah, sehingga rentan kemasukan air.
Kalau ternyata kendaraan di depan mengalami masalah seperti mesin sampai mogok, terjerumus lubang yang dalam, maka pikirkan sekali lagi apa yang membuatnya demikian. Yang jelas jika memang genangan air terlalu tinggi (mungkin melebihi bemper), tentu kita tak perlu memaksakan diri untuk melewati daerah banjir yang ada. Daripada nanti mengalami hal yang sama, tentu akan lebih repot bukan?
Atur Injakan Pedal
Berbeda bila sudah yakin benar dengan keadaan dan kemampuan mobil untuk melalui genangan air. Ditambah sedikit ketenangan diharapkan tak melakukan hal yang keliru atau konyol. Sebelumnya, nyalakan lampu dekat atau kota. Selain sebagai penerangan jika diperlukan, juga sebagai sinyal jarak terhadap kendaraan lain. Alihkan gigi transmisi pada posisi terendah (1), setelah itu jaga rotasi mesin antara 2.000 sampai 3.000 rpm.
Jalankan mobil dengan sangat pelan (kurang dari 10 km/jam). Semakin pelan semakin besar luas permukaan ban yang menapak jalan, sehingga traksi yang didapat akan semakin maksimal. Dalam mengatur injakan pedal gas, lakukan sehalus mungkin. Tekanan yang mendadak terhadap pedal gas, dapat membuat air yang ada di sekitar mesin akan tergoncang karena gerakan bodi mobil yang mendadak.
Sedikit Imajinasi
Ada langkah cerdik saat melalui genangan, yakni dengan memanfaatkan gelombang air yang menyibak. Dengan menjaga jarak terhadap mobil di depan (kurang dari 5 m), akan dapat memanfaatkan rendahnya permukaan air akibat gerakan mobil di depan. Ketinggian air dapat lebih rendah sekitar 3 sampai 5 cm, namun hal itu dapat membantu pada kondisi tertentu atau kritis.
Sedikit imajinasi yang logis tak jarang ikut membantu keberhasilan keluar dari panjangnya genangan air. Yakni, dengan melihat benda yang masih terlihat seperti telepon umum, traffic light, dan rambu-rambu lalu-lintas kita dapat membayangkan dimana letak trotoar, zebra cross, letak lubang galian jalan, dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika sudah sering melewati jalan tersebut pada keadaan normal. Jadi, berimajinasi juga perlu saat menempuh jalanan banjir.
Rekondisi Rem
Begitu berhasil melewati genangan air, akan lebih baik mengarahkan mobil sedikit menepi sambil mencoba kinerja rem. Hal ini perlu dilakukan mengingat sistem rem kendaraan baru saja terendam oleh air. Selain membuatnya jadi licin karena dilapisi air, kemungkinan besar juga akan terdapat kotoran. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mencoba kerja rem terlebih dahulu. Jika rem terasa masih kurang pakem, dapat mencoba dengan menginjak pedal rem (jangan terlalu dalam) dalam keadaan mobil tetap berjalan. Cukup sampai sekitar 20 m saja. Panas yang timbul akibat gesekan membuat permukaan sepatu rem, tromol, atau cakram kembali kering dan siap bekerja seperti keadaan normal.
Sesampai di rumah atau tempat lain yang memungkinkan, sempatkan untuk menyemprot air bertekanan ke seluruh bagian dan celah-celah rem. Tujuannya, adalah melepaskan seluruh kotoran atau lumpur yang melekat pada sistem rem. Ingat, kotoran dengan ukuran dan bahan tertentu dapat membuat permukaan sepatu rem cepat aus. Selain itu, dapat menyebabkan keausan yang tidak merata, sehingga menyebabkan pengendalian dan kestabilan menurun.
Kerak Di Kisi-Kisi
Selain hal di atas, radiator juga menjadi salah satu bagian yang harus segera dibersihkan. Karena pada umumnya alat ini berbentuk lebar dan berada di depan, sehingga pada kisi-kisinya sangat potensial tersangkut kotoran. Endapan lumpur, potongan plastik, kertas, atau dedaunan yang terdapat pada genangan air bisa saja tertinggal di bagian ini. Jika tidak segera dibersihkan, dapat membuat sistem pendingin menjadi terganggu. Jika selalu menunda membersihkannya kotoran-kotoran tersebut akan mengeras menjadi kerak pada kisi-kisi tersebut. Dengan demikian akan memperbesar kemungkinan kotoran lain tersangkut, sehingga makin menumpuk. Risikonya semakin besar terjadi over heat pada mesin.
Satu hal lagi yang perlu dilakukan, adalah membersihkan alternator. Pada dasarnya alat yang satu ini memang tak terpengaruh karena terendam air, namun kotoran yang tertinggal dapat menyebabkannya menjadi isolator, sehingga memutuskan aliran listrik pengisian aki. Akibatnya, lama kelamaan aki akan tekor.
Untuk membersihkannya, lakukan dalam keadaan mesin hidup, sehingga kotoran yang ada dapat bergerak naik. Dalam beberapa saat, semprotkan air, hingga terlihat bersih dari kotoran. (riz)



  • READ MORE.......


  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    LAMPU SIGN, Anti Karat, ac, Exhaust Wrap, Biaya service bulanan

    LAMPU SIGN
    blazer th 98,lampu sign kanan saya tidak mau berkedip2 apalagi malam hari,apa ada yang korslet,dimana letak plasernya tanks
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Coba cek flasher, dan watt lampu sein. Mungkin ada yang beda wattnya.

    Anti Karat
    Om, nanya lage. Kayak nya blazie gak di pake anti karat yak? perlu di pakein kah ? Tks
    Oleh Piet
    Jawaban
    Gak perlu pak, karena sudah di anti karat secara elektronis saat perakitan.

    ac
    Tanya nih, katanya AC bawaan blazer montera (mungkin juga blazer jenis lain) gampang rusak kompresornya, dan banyak yg menyarankan supaya ganti ac denso aja, benar gak sih itu ? kalau benar, kira2 dimana Pak Blazie merekomendasikan bengkel ac nya, dan berapa kira2 biayanya?
    Oleh agoes
    Jawaban
    Kalau dibilang gampang rusak sih tidak, umumnya compresor Blazer umurnya 5 - 7 tahun. Bisa diganti ke yang merek Sanden.

    Biaya service bulanan
    Rencananya aku pengen beli blezer yang tahun 00 - 03, aku pengen tahu kalo untuk blezer yang tipe DOCH biaya perawatan rutin tanpa ada kerusakan perbulan kira-kira berapa ?,dan biaya pajak tahunan untuk tahun 00 - 03 kira-kira berapa yah...?
    Oleh Khairul Umam
    Jawaban
    Sekitar 250ribu per 5000km. Pajak 1,7juta.

    Kopling
    Tanya dong. Kalo kopling agak susah masuknya, kadang sampai ada bunyi besi beradu itu kira-kira apa penyebabnya. Injakan koplingnya juga sudah dalam. Thanks.
    Oleh Heriyanto
    Jawaban
    Kondisi ini terjadi di semua gigi [1,2,3,4,5 dan mundur]? kalau iya berarti ada masalah di kopling atau master koplingnya. Kalau hanya terjadi di salah satu atau dua gigi, ada masalah di sychronizer gigi.

    Tempat air radiator
    Selamat siang Mau tanya nih,Tabung tempat radiator air (plastik warna bening)ada bekas luka kena gesekan ACCU.Saya taku lama-lama bisa berakibat air bocor kalau mau beli tabung tersebut dimana & harganya berapa ? Terima kasih
    Oleh andik
    Jawaban
    Tabung dimaksud banyak dijual di toko2x psare parts Blazer. Di Duta mas Fatmawati, Kemayoran, Senen. Harganya 250ribuan.

    Exhaust Wrap
    Hallo Bung Mechanic, saya mau minta informasi nih, apakah ada manfaat yang nyata untuk menutup exhaust dengan Exhaust Wrap (mis: Thermotec)?. Apakah dapat mengurangi panas secara substansial? Apakah ada dampak Negatifnya (mis: Asbes)? Apakah tahan lama? Merk apa yang direccomend? Dimana dapat dibelinya dan dimana bengkel direcommend untk pemasangannya. Berapa kira2 budgetnya? Thanks berat Bung Mechanic. FYI mobil saya Blazer Montera 2001.
    Oleh Abu Harahap
    Jawaban
    Menurut saya tidak banyak berpengaruh. Karena disekitar muffler mesin Blazer tidak banyak kabel2x.







  • READ MORE.......







  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Bodi getar, FLASER dan SOKET, Accu

    Bodi getar
    Pak, kenapa montera '01 saya mulai gigi 3 kecepatan 40 terasa bergetar bodynya ? Padahal saya sudah mengganti cross join (baru 2 hari), kondisi kopel masih bagus, mounting juga masih bagus, saya sudah mencoba kembali ke bengkel tempat saya mengganti cross join dan dicoba dg membalance ban namun hasilnya tidak banyak berubah, terima kasih
    Oleh Elki
    Jawaban
    Sudah dipastikan di balance ulang? karena proses dimaksud tidak sederhana dan perlu biaya yang cukup mahal. Sekitar 600 ribuan.

    Bunyi sok-sok-sok kalau gas dilepas saat jalan
    Mobil saya opel Blazer th 2002 LT, kalau jalan dan kemudian gas dilepas dan juga kopling free sering timbul bunyi sok-sok-sok-sok....kenapa ya....Dan sejak baru saya beli kok untuk tenaganya kalau buat nanjak kok nggak sebaik grobak jepang apa memang begitu ya...tolongin dong pak infonya. saya selalu mbengkelnya di Sun Motor.
    Oleh Koesmen
    Jawaban
    Untuk masalah bunyi2x yang agak spesifik agak susah dipastikan. Prinsipnya begini, memastikannya saat mobil berjalan bebas [mesin idle, persneling netral] bunyi bersamaan dengan melajunya mobil? Kalau iya, bunyi timbul dari bearing roda atau ban atau perangkat rem. Kalau tidak, bunyi dari ruang mesin. Untuk tenaga, jangan ragu2x pertahankan putaran mesin di kisaran 3000 - 4000 RPM. Karena tenaga terbesar di putaran mesin tersebut.


    basah
    Pak, saya mau tanya, blazer montera saya bagian sebelah depan kanan (penumpang) kalau hujan basah. Sudah saya cek pakai kucuran air lewat celah2 pintu tapi gak basah, tapi kalau saya kucurin di kaca depan, lama2 jadi basah. Saya memang belum ke bengkel, tapi ada yg bilang itu harus dibongkar di bagian belakang roda kiri depan, karena katanya disitu ada tampungan air yg buntu, sehingga masuk kedalam. Benar gak itu? Mohon penjelasannya.
    Oleh agoes
    Jawaban
    Betul pak. saluran air di balik spakbor kiri depan memang ada yang buntu.

    FLASER dan SOKET
    blazer 98,dimana posisi Flaser sign?,apakah soket dapat dibersihkan dengan contak cleaner?,ukuran tekanan angin ban 32 atau 35? matur nuwun mas.
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Posisi flasher di bawah dasboard sisi kanan. Bisa pak. Tekanan angin ban 32psi saat dingin.

    Accu
    Mo nanya om blez! Aki blazer saya saat di on (seblm start) menunjukkan pada angka 11 - 12 Volt, saat mesin hidup 14,5 Volt, saat ac di hidupkan turun lagi jadi 12-12,5 Volt, apa itu normal atau tidak? kalo tidak harus gimana? terima kasih
    Oleh Tedi
    Jawaban
    Yang bermasalah pengisiannya, bukan akinya. Coba cek alternator dan IC regulatornya.





  • READ MORE.......





  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman