Lampu rem, sistem air pembersih kaca, mesin mberebet, Bensin Boros

Sistem air pembersih kaca tidak bekerja montera saya ketika tombol pembersih kaca dihidupkan, tidak keluar air sama sekali, tp wiper nya tetap jalan. Saya cek pompa air di tabung deket filter udara masih bagus, saya tes sendiri pompa nya dengan tegangan 12 volt, semprotan nya kenceng. Terus saya cek kabel ke pompa tsb, ternyata tidak ada tegangan sama sekali ketika tombol di nyalakan. Mohon saran nya, kira2 apanya ya ?
Oleh yudi
Jawaban
Cek PCB motor wiper, ada soldean yang lepas atau renggang.

Lampu rem
Blazer montera th 2000 punya aku, lampu hand brake di dash board nyala terus bila kecepatan diatas 60 km/jam, kenapa ya??
Oleh NANA MULYANA
Jawaban
Coba cek switch hand brake atau speed sensor atau EBCM atau rangkaian dioda di bawah bashboard sisi kanan. Mungkin ada dioda yang mati.

Lampu rem mati
Mobil saya Blazer 97 DOHC. Problem : Lampu rem tidak menyala saat diinjak rem tetapi center high mounted stop lamp nyala. Saat tombol hazard dipencet lampu belakang juga tidak berkedip. Anehnya sein akan berfungsi apabila tombol hazard dipencet apabila tidak dipencet sein tidak berfungsi. Fungsi lampu senja ok. Saya harus memperbaiki sendiri karena tinggal di Dumai, untuk ke Bengkel Vinsa Pekan Baru butuh waktu 4,5jam, saya tak berani jalan jauh mengingat lampu rem tak berfungsi.Sedangkan cabang Vinsa yang di Dumai nggak mampu. Mohon advis teknikalnya.bisa nggak dikirimi gambar wiring untuk hazard dan flasher + switch yang ada di kemudi baik sein/turn maupun hazard. Saya coba searching di internet permasalahan di atas dan menemukan di http://www.autointell-news.com/News-2002/January-2002/January-2002-5/January-30-02-p9.htm (problemnya persis sama, masalahnya mobil saya kan blazer 97, sedangkan yang di bahas di situ mobil tahun 2001) Terima kasih atas bantuannya
Oleh PRIYO
Jawaban
Blazer dari tahun 1996 s/d 2004 sama semua semua sistem wiringnya. Masalah yang disampaikan ada pada combination switch [switch wiper, sein]. Coba buka part dimaksud, perbaiki switch2nya, biasanya ada yang terbakar.


mesin mberebet
pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
Oleh budi
Jawaban
Coba cek kabel busi, busi dan koil.

Bensin Boros
Kenapa pemakaian bensin Montera saya boros banget (1:5)
Oleh Bambang Tutuko
Jawaban
Coba cek lagi tekanan pressure regulatornya.




  • READ MORE.......


  • fr. bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips Menjalankan Kendaraan Baru

    Memiliki Kendaraan Baru berarti harus mencermati buku panduannya untuk keamanan & kenyamanan.
    Bagi anda yang baru saja membeli mobil baru, agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka kendaraan harus diperlakukan dan dijalankan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk 3.000 km pertama, kendaraan harus dijalankan dengan cara-cara khusus seperti berikut ini:

    1. Bacalah dan laksanakan dengan seksama buku petunjuk menjalankan kendaraan.
    2. Janganlah bekerja pada putaran mesin yang terlampau tinggi. Hendaknya diusahakan agar putaran mesin selalu lebih rendah dari pada 60% dari putaran mesin yang maksimum.
    3. Panaskan mesin terlebih dahulu, jangan menjalankan kendaraan dengan tiba-tiba, jangan mengadakan akselerasi dan janganlah mengerem dengan tiba-tiba.
    4. Sesudah kendaraan menjalani 1.000 km yang pertama, gantilah minyak pelumas mesin, minyak pelumas persneling dan roda gigi diferensial.
    5. Setelah kendaraan menjalani 3.000 km, ada kemungkinan baut-bautnya menjadi kendor. Maka bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa dan dikokohkan baut dan sekrupnya. Periksalah juga celah bebas katupnya.
    6. Setiap kendaraan memiliki ciri-cirinya yang khas. Oleh karena itu, sebelum anda mengenal kendaraan anda dengan baik, janganlah sekali-kali menjalankan kendaraan anda pada kecepatan tinggi. Hal itu terutama ditinjau terutama dari segi keamanan dan keselamatan dalam perjalanan.




  • READ MORE.......



  • fr.OtoTips

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    Menyalakan Mesin Dingin

    Menyalakan mesin Karimun dalam kondisi dingin gampang-gampang susah, buat yang terbiasa dan tahu triknya, ah gampang saja, sekali putar kunci langsung greengg, tapi lain soal buat yang newbie soal Karimun, sudah distarter berkali-kali kok mesin mati melulu, huh menyebalkan.
    Karimun memang masih mengandalkan karburator buat pemasok bahan bakarnya. Karenanya tidak adanya pengatur otomatis (layaknya injeksi dengan ecunya) untuk mengatur campuran bensin dan udara agar lebih kaya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin pada saat dingin. Setting di karburator yang tepat juga akan sangat membantu menyalakan mesin dalam kondisi dingin. Tapi tenang ada kok solusi dan tips dan triknya.
    1. Choke
    Letaknya ada disebelah kiri setir. Tinggal tarik choke dan hidupkan mesin. Jika mesin hidup dengan RPM terlalu tinggi, turunkan choke perlahan-lahan, hingga dicapai RPM ideal sekitar 1000 - 1100 RPM, tahan choke diposisi itu untuk beberapa saat, jika suara mesin sudah stabil, kembalikan choke.
    2. Bejek Pedal Gas
    Cara lain adalah dengen membejek pedal gas (bejeknya santai saja) 2 - 3 x sebelum distarter. Setelah itu hidupkan mesin.
    3. Injak Pedal Gas + Starter
    Cara yang lebih agresif adalah dengan menginjak pedal gas (1/2 saja) dan starter secara bersamaan. Setelah mesin hidup langsung lepas pedal gas.
    PERHATIAN
    Sebaiknya jangan menjalankan mobil dalam kondisi dingin hingga tercapai suhu ideal (kira-kira di atas indikator C) karena tentu selain memaksa mesin dan komponennya, mobil juga



  • READ MORE.......



  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    LOKASI-LOKASI PEMERIKSAAN UNTUK MOBIL ANDA

    Yang harus kita perhatikan dalam melakukan pemeriksaan berkala untuk mobil kita adalah :
    1. Minyak Power Steering
    2. Minyak Rem dan Kopling (M/T)
    3. Memeriksa Ketinggian Oli Mesin.
    4. Minyak Transmisi Otomatis (model A/T)
    5. Saringan Udara
    6. Reservoir Cairan Pembersih Kaca
    7. System Pendingin Mesin dan Reservoir air radiator
    8. Baterai
    9. Drive Belt (tali kipas)
    10. Busi
    11. Karet Wiper
    12. Saringan Bahan Bakar
    13. Memeriksa Kondisi Rem.
    14. Sekring/fusible link holder.
    15. Lampu.
    16. Ban.
    17. Membersihkan Eksterior dan Interior Kendaraan


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Membeli mobil bekas dengan cerdas

    Membeli mobil bekas membantu anda untuk lebih leluasa mencari mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan transportasi anda. Bahkan kebutuhan prestise. Anda juga bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau. Asal tahu caranya.
    Langkah pertama dalam proses membeli mobil bekas adalah menilai secara detail kebutuhan transportasi anda. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa membantunya.

    Tujuan membeli mobil: tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.
    Tentukan fitur-fitur yang harus ada, seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll.
    Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli mobil, termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.

    Bila anda sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai.
    Jika sudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli, inilah rambu-rambunya:
    Sebesar apapun keinginan, kepala harus tetap dingin. Tinggalkan penjual bila harga yang ditawarkan terlalu tinggi, meskipun mobil impian anda sudah menunggu. Kemampuan negoisasi anda akan terasah dengan berjalannya waktu.

    Pastikan anda tahu harga pasaran mobil yang diincar, dan mulailah menawar dibawah harga itu. Lebih mudah menaikkan tawaran anda daripada menurunkannya. Informasi harga juga bisa didapat dari situs-situs otomotif.

    Harus di ingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain. Pastikan anda mengetahui sejarah mobil ini termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya. (lihat tip cek kondisi body mobil bekas)

    Test drive itu penting. Usahakan anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan. (lihat tip test drive itu gampang)

    Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.

    Hati-hati dengan pemalsuan odometer. Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer.

    Sekarang tiba waktunya untuk menyiapkan pembayaran mobil baru anda. Bila memilih melakukan kredit, yang paling aman adalah menentukan dulu berapa besar kemampuan keuangan untuk membayar angsuran bulanan. Cara yang gampang, angsuran tidak boleh lebih dari 20% penghasilan per bulan setelah dipotong pengeluaran. Perhitungkan juga biaya perawatan, pajak, asuransi dan operasional.
    Bayarlah uang muka setidaknya 10% dari harga mobil. Kurang dari itu, penyedia kredit akan meragukan kemampuan finansial anda. Jadi kalau anda punya uang cash, lebih baik pakai untuk uang muka. Langkah ini juga akan mengurangi beban utang pokok yang berkaitan dengan angsuran bulanan.
    Semoga berguna.-®-


  • READ MORE.......


  • fr. mobilku.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman