Gejala Kebocoran Arus Pada Aki


Aki kendaraan akan kehabisan muatannya apabila terdapat kebocoran arus
Aki kendaraan akan kehabisan muatannya apabila terdapat kebocoran arus. Hal itu bisa
terjadi karena adanya korsleting atau karena sebab-sebab lain sehingga aki seolah-olah tidak
dapat dimuati arus. Akibatnya mobil tidak dapat distarter atau lebih parah lagi mogok di
perjalanan. Untuk mengetahui adanya kebocoran arus pada aki , bisa Anda ketahui dengan
cara sbb :
• Matikan semua tombol-tombol listrik yang ada di mobil ke posisi off demikian juga dengan kunci kontak penyalaan putarlah ke posisi off .
• Bukalah terminal pada pol aki yang tersambung pada badan mesin. Kemudian sentuhkanlah terminal tersebut pada pol aki tersebut.
• Amatilah apakah terlihat adanya loncatan-loncatan listrik pada bagian-bagian yang disentuhkan. Jika ya itu berarti menunjukkan terjadinya korsleting pada aki.
• Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.


selengkapnya......

Perhatikan kebersihan dan kerapihan garasi Anda

Mobil pribadi ibarat sahabat setia bagi pemiliknya. Sehingga tak jarang, banyak pemilik kendaraan pribadi yang memilih meluangkan waktu di garasi rumahnya untuk melakukan pekerjaan reparasi maupun service ringan bagi mobilnya tanpa harus pergi ke bengkel. Untuk itu kebersihan & kerapian garasi sebagai tempat kerja Anda juga perlu diperhatikan seperti berikut :
1. Sebelum memulai pekerjaan persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang Anda butuhkan dengan rapi dan lengkap. Gunakan sarung tangan dan tatakan baju agar tidak kotor oleh tumpahan minyak / oli. Jika Anda bekerja di bawah
kendaraan gunakan alas untuk badan.
2. Tempatkan peralatan dan bagian-bagian yang akan dilepaskan pada tempat tersendiri sehingga tidak berceceran dan hilang saat Anda membutuhkannya. 
3. Selama melakukan pekerjaan perhatikan selalu kebersihan , waspadai tumpahan cairan dan noda seperti :
• Tetesan noda oli dan bahan bakar harus langsung dibersihkan dengan kain lap
• Tetesan cairan rem dapat merusak lapisan cat mobil dan lantai untuk itu harus langsung dibilas dengan air.
4. Apabila melakukan pekerjaan di dalam mobil perhatikan hal berikut :
• Pasang lapisan pelindung pada kursi kendaraan agar tidak kotor.
• Bila tangan Anda kotor, cucilah terlebih dahulu agar tidak mengotori bagian dalam mobil.
• Bila pakaian Anda kotor, kenakan alas pada baju agar kotorannya tidak ikut menempel pada bagian dalam mobil.
5. Setelah melakukan pekerjaan jangan lupa membersihkan bekas-bekas kotoran yang menempel pada bodi kendaraan dengan kain lap dan air sabun.
Perhatikan bagian pada pegangan pintu, kemudi, tuas rem tangan, tangkai transmisi, dan bagian-bagian kendaraan lain yang terpegang oleh tangan Anda yang kotor. Jika perlu cuci ci saja kendaraan Anda secara keseluruhan.


  • selengkapnya.......



  • (bid/berbagai sumber)

    Tips Perawatan Mobil Sendiri

    Secara tidak langsung Anda akan menghemat biaya ke bengkel, tapi cermati kiatnya sebelum beraksi. Jika Anda mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai mesin mobil dan Anda hobby mengutak–atik mesin mobil maka tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan dan perbaikan mobil Anda sendiri.
    Disamping menimbulkan kesenangan karena hobby, secara tidak langsung Anda akan menghemat biaya ke bengkel. Namun sebelumnya perhatikan tips berikut ini :
    • Belilah peralatan yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lakukan.
    Jangan tergoda membeli seperangkat peralatan yang mahal, namun ternyata di kemudian hari peralatan itu justru malah tidak berguna.
    • Untuk membeli oderdil, belilah onderdil yang bermutu, tahan lama dan dapat diandalkan. Usahakan dapatkan potongan harga alias diskon. Jangan membeli onderdil yang murah namun tidak berkualitas. Anda hanya akan memperpendek umur kendaraan Anda.
    • Lakukan pekerjaan perawatan secara tuntas. Periksalah bagian-bagian yang berhubungan dalam satu kali sesi perawatan. Misalnya, memeriksa bagian kelistrikan, cek seluruh bagian yang  berhubungan dengan system kelistrikan seperti lampu, kabel,
    aki, alternator dll.
    • Lakukan pekerjaan perawatan mobil sebagai pekerjaan rutin yang menjadi suatu
    kebiasaan yang baik. Karena mobil yang terawat akan jarang mengalami kerusakan dan
    umur pakainya lebih panjang.



  • selengkapnya......


  • Hubungan Roda Gigi Persneling Terlepas

    Hati-hati bila hubungan roda gigi persneling terlepas
    Apabila hubungan roda gigi persneling terlepas maka berhati-hatilah dalam menjalankan kendaraan. Biasanya terlepasnya hubungan antara roda-roda gigi persneling sering terjadi pada waktu akselerasi, pengereman atau pedal gas dilepas dengan tiba-tiba. Apalagi getaran, goncangan dan kondisi jalan yang buruk dapat memperparah keadaan. Berikut ini adalah penyebab utama terlepasnya hubungan roda gigi persneling :
    • Keausan / kesalahan dalam penyetelan pada system pemindahan persneling.
    • Keausan / perubahan bentuk dari garpu pemindah roda gigi persneling.
    • Penguncian poros garpu pemindah persneling kurang sempurna.
    • Keausan pada gigi-gigi dari roda gigi persneling dan gerigi poros roda-roda gigi.
    • Terjadinya kerusakan pada bantalan-bantalan.
    Tindakan yang perlu Anda lakukan saat mengemudi adalah : peganglah tangkai persneling untuk mencegah terlepasnya hubungan roda gigi persneling dan persneling tidak pindah ke posisi netral. Untuk itu jangan tunda lagi untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel langganan.


  • selengkapnya.......



  • fr.www.oto.co.id


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    PETUNJUK MENGECAT MOBIL

    Beragam cara dapat ditempuh agar tampilan mobil anda tetap menarik. Salah satu caranya ialah ketika anda mengambil keputusan untuk mengecat ulang seluruh body mobil anda. Mengecat ulang ibarat memberi kehidupan baru bagi mobil anda sendiri. Belakangan di Indonesia banyak bermunculan bengkel-bengekel spesialis yang menawarkan paket face lift kelir baju luar mobil. Patut diingat sekarang mereka tidak lagi mematok harga untuk cat ulang body secara keseluruhan tapi harga per panel sesuai luas dan tingkat kesulitan bagian yang akan dicat ulang tersebut. Bagi anda yang awam, hanya ada 3 jenis cat yang biasa dipakai untuk repaint yaitu :
    1. Cat Stoving (kering dengan oven/bakar)
    2. Cat Urethane (kering dengan tambahan additive Hardener atau biasa disebut tiner)
    3. Cat Lacquer (cepat kering tapi mudah kusam)
    Dari ketiganya tentu saja jenis yang pertama (cat stoving) ialah yang paling bagus kualitasnya. Bagi anda yang tertarik, jenis cat ini biasa digunakan oleh bengkel yang mempunyai oven. Repaint total dengan cat ini dipastikan akan membuat body mobil anda lebih keras dan lebih tahan goresan. Konsekuensinya harga yang dipatokpun jadi lebih mahal. Untuk yang kedua ialah jenis cat Urathane. Ini adalah cat alternatif untuk repaint dengan biaya yang sedikit lebih murah dari pengecatan oven. Jenis cat ini bisa kering dalam waktu lumayan singkat kurang lebih 8 jam dengan tambahan additive Hardener (tiner). Perbedaannya yang paling mencolok dengan cat stoving ialah kekerasannya terhadap goresan. Jenis yang terakhir adalah cat Lacquer yang mungkin harus benar-benar anda hindari. Mengapa demikian...? karena walaupun murah, hasil pengecatan dengan jenis cat ini tidaklah seawet dua jenis cat diatas sehingga mudah kusam dan paling lama tahan 1 sampai 2 tahun saja. So...setelah tahu ketiga jenis cat yang ada, sekarang anda bisa langsung memutuskan sikap, jenis cat mana yang akan anda pilih untuk mobil anda. Jangan sampai nantinya anda menyesal karena merasa telah tertipu.
    Cara mengecat mobil / motor yang baik yaitu:
    1. Ampelas terlebih dahulu bagian yang akan dicat dengan ampelas(krtas gosok) ukuran 800 yang warerproof, kemudian dihaluskan dengan ampelas ukuran/no. 1000.
    2. Setelah permukaan telah digosok dengan ampelas cuci bagian yang akan dicat dengan air bersih, dikeringkan dengan kain, dan dipanaskan dibawah terik matahari sampai benar2 kering.
    3. Cat permukaan yang dikehendaki dengan Epoxy setlah kelar jemur bagian yang tercat tadi kemudian gosok lagi dengan ampelas dengan ampelas ukuran 1200, dan jangan sampai habis cukup sampai rata permukaannya.
    4. Setelah diampelas cuci bagian tersebut dengan air bersih dan jemur hingga kering dan dibersihkan dengan kain yang lembut seperti kain kaos.
    5. Kemudian masuk pada tahap pengecatan dengan menggunakan cat dasar yang diinginkan bisa putih atau abu2, saya biasa menggunakaan merk Avian atau steelgloss dan dicat ditempat yang terbuka agar terkena matahari langsung dan hindari media debu, setelah dicat jemur bagian tsb hingga benar2 kering, dan ampelas lagi untuk mendapatkan hasil yg maksimal, namun dgn ampelas no.>1200 dan perlu diingat proses pengampelasan cukup tipis2.
    6. Masuk dalam proses pewarnaan pilih warna sesuai yamg diinginkan dan campuran untuk cat lebih diencerkan biasa sy memakai ukuran 1liter cat banding 4liter Thiner Super A, dan dalam proses pengecatan cukup 1kali menarik spoit cat jangan diulang2 agar kelihatan rata.kemudian jemur hingga bener2 kering.
    7. Setelah kering barulah kita memasuki proses pernis agar hasil bgus pilih pernisnya dengan merk2 yang bagus seperti Avian S4000 Atau Blinken dan hasilnya kendaraan kita seperti dikasih minyak mengkilap walau tak dicuci.




  • selengkapnya.......




  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotivemachine.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman