Bengkel Spesialis AC

Meminjam istilah medis, untuk jasa perbaikan AC juga dikenal adanya bengkel spesialis pendingin ruangan. Pilih bengkel AC yang memang mengkhususkan bidang itu. Hindari usaha yang mencampurkan jasa pemasangan audio, pemasangan kaca film, ganti oli, dan tune up dengan bengkel AC.

Kebanyakan bengkel AC adalah campuran dari usaha tersebut. Mereka ini umumnya tak terlalu sempurna dalam mengerjakan perawatan AC. Sebab montirnya sering merangkap pekerjaan lain, saat seharusnya mereka mengerjakan pendingin mobil Anda.

- Ikut kenali kerusakan AC
Saat hendak memasukan mobil ke bengkel, yakinkan para montirnya mengetahui dan melakukan tugasnya dengan benar. Jangan segera percaya bila mereka meminta untuk mengganti komponen tanpa penjelasan dan alasan yang masuk akal atas penggantian tersebut. Beberapa komponen penting AC bisa direparasi untuk membuat kembali berfungsi maksimal.



Seperti halnya saat ke dokter, ikutlah aktif dalam mendiagnosa kerusakan AC mobil bersangkutan. Seperti, jelaskan kapan AC mulai terasa kurang dingin. Atau, bisa saja terdengar suara atau bau aneh dari rangkaian AC. Ikut serta dalam mencari kerusakan akan mempermudah montir mencari penyebab kerusakan AC.

- Yakinkan freon sesuai spesifikasi
Karena alasan menekan harga, ada saja bengkel AC yang berlaku curang atas jenis freonnya. Seperti misalnya memasukan freon dengan jenis yang tak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya disyaratkan mobil bersangkutan.

Salah satu contoh kecurangan mereka adalah, mobil buatan kurang dari tahun 1995 umumnya masih menggunakan freon jenis R-12. Lalu ada saja bengkel yang nekad mengisikan mobil buatan sebelum tahun 1995 itu dengan freon jenis R-134. Ini dilakukan karena hanya dengan memasukan 1/5 kg freon R-134 dalam kompresor yang seharusnya memerlukan 1 kg freon R-12, AC mobil tersebut langsung dingin. Tapi risikonya, saluran, selang maupun kompresor mobil tersebut akan rusak bahkan mungkin saja hancur.

- Amati jumlah pengisian freon
Setelah menyakinkan jenis freon sesuai spesifikasi, maka amati pula proses pengisiannya. Menurut Heri S, rata-rata pengisian dari keadaan kosong, memerlukan 1 kg freon. Cara mudah mengetahui freon telah diisikan penuh adalah dengan melihat kaca pengintai -- ada di bagian atas komponen dryer. Bila dari kaca terlihat cairan telah bening, dimana sebelumnya terdiri dari buih, maka itu berarti freon telah penuh.

Bila pada mobil Anda tak didapati kaca pengintai, ikuti jalannya meter pengukur yang dipakai tukang AC. Dari meter tersebut dapat diketahui freon penuh bila angkanya menunjukkan; tekanan bawah 40 dan tekanan atasnya 250. Pengisian freon yang tak sesuai jumlahnya bisa berdampak buruk. Bila freon kurang dari jumlah yang seharusnya, otomatis AC tak bakal bekerja maksimal. Namun bila jumlah freon terlalu banyak, akan merusakan kompresor dan saluran AC lainnya.

- Minta garansi
Pada usaha jasa AC yang berkualitas biasanya bakal memberikan garansi terhadap komponen yang Anda beli. Mintalah garansi sekitar enam bulan hingga satu tahun terhadap komponen yang Anda beli. Bengkel yang bonafid pasti akan memberikan layanan gratis pula bila kerusakan kembali terjadi dalam waktu kurang seminggu. (bid berbagai sumber)

Share on :
 
 
 

Total Pageviews