Penyebab getaran pada mobil tidak hanya dari komponen roda saja


Penyebab getaran pada mobil tidak hanya dari komponen roda saja. Jika keempat roda sudah balans tetap saja mobil bergetar berarti ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Seperti berikut ini :

* Laher Jika laher bermasalah gejalanya langsung terasa pada kemudi atau kabin penumpang. Biasanya ditandai dengan bunyi mendengung kalau sudah parah roda oblak dan saat kecepatan tertentu laher tak mampu menahan putaran roda dan terjadilah getaran. Cara mengatasinya kencangkan mur laher atau ganti laher dengan yang baru.

* As Kopel As kopel bertugas mendistribusi tenaga yang dikirim dapur pacu ke roda belakang setelah girboks. Putaran as kopel dibantu oleh cross joint sebagai penghubung ke girboks dan final gear. Jika batang penghubung itu bengkok sedikit maka getaran yang diterima bakal terasa di seluruh kabin kendaraan. Cara mengatasinya as kopel harus dibalans ulang di tukang bubut. Namun jika kondisi nya parah batangan itu harus diganti.

* Cross joint Berfungsi sebagai perantara as kopel ke final gear. Saat mengalami gangguan seperti macet atau sudah oblak bisa juga menjadi penyebab getaran. Segera cek dan lakukan penggantian bila diperlukan.




* Teromol dan piringan rem Getaran akan terasa saat pengemudi menginjak pedal rem karena permukaan teromol atau piringan rem sudah tak rata. Saat bergesekan dengan sepatu rem, roda akan bergetar terutama pada bagian depan sehingga kemudi pun akan terasa bergetar juga. Cara mengatasinya piringan atau teromol harus dibubut untuk meratakan permukaan. Jika didiamkan dijamin kerusakan lain bisa merembet seperti sepatu rem cepat habis.
(bid/berbagai sumber)






  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews