Kendalikan amarah ketika Anda mengemudi


Salah satu penyebab utama kecelakaan kendaraan adalah hawa nafsu. Hal ini terjadi ketika seorang pengemudi naik pitam akibat provokasi dari pengemudi lain. Ini bisa terjadi bila seorang pengemudi melakukan hal yang membuat pengemudi lainnya bereaksi dengan ganas. Kesudahannya anda tahu sendiri, bisa terjadi perdebatan sengit, saling memukul yang dapat berakhir di rumah sakit, atau paling ekstrim bisa saja saling membunuh.

Cara pencegahannya memerlukan usaha yang sungguh-sungguh. Dengan teknik-teknik mengemudi yang baik, anda dapat terhindar dari menjadi sasaran kemarahan seseorang atau bahkan dapat mencegah diri anda sendiri terpancing amarah tak terkendali. Berikut ini adalah beberapa tip agar anda dapat menikmati perjalanan dengan aman dan tetap kalem.

Rencanakan perjalanan anda. Petakan rute tadi dan beri waktu ekstra agar tidak terlambat tiba di tujuan. Dengan demikian, kemacetan kecil tidak akan begitu menegangkan.



Mengemudi secara defensif. Patuhi disiplin jalan raya dan peraturan lalin. Ingat bahwa mengemudi adalah ajang transportasi, bukannya kompetisi. Jadi mencapai tujuan dengan selamat haruslah menjadi prioritas utama.

Beri tanda. Pastikan anda menggunakan lampu sein bila akan membelok atau pindah jalur. Dengan demikian pengemudi di sekitar anda akan mengerti kemana arah tujuan anda atau apa yang akan anda perbuat.

Jangan membuntuti terlalu dekat. Membuntuti terlalu dekat adalah mencari penyakit. Kebanyakan tabrakan dari belakang sebagian disebabkan oleh mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan yang berada di depan.

Hindari marabahaya. Biarkan pengemudi yang agresif berada jauh di muka anda.

Hindari rasa sombong.


Janganlah menantang pengemudi agresif di belakang anda atau orang yang gemar menyalip, dengan mempercepat atau memperlambat kendaraan anda.

Jangan biarkan suasana hati yang buruk mengendalikan anda. Tenangkan hati anda. Rasa marah tidaklah sehat. Sesal kemudian tidak berarti

Jaga sinar lampu anda. Anda harus sensitif ketika menggunakan lampu jauh. Baik bagi kendaraan dari arah depan maupun kendaraan di muka anda, pastikan bahwa mereka tidak merasa silau akibat lampu anda. Bila lalu lintas agak ramai, sebaiknya jangan gunakan lampu jauh, kecuali pada saat-saat kritis.

Kurangi penggunaan klakson .

Hindari kontak mata. Hindari kontak mata dengan pengemudi agresif. Jangan memberi kode tangan/jari yang dapat menghina orang dan yang dapat membahayakan anda. Bila anda yang menerima hinaan seperti itu, hiraukan saja dan jangan membalas. Bila anda telah berpengalaman dalam mengemudi, pasti telah dan akan terus mengalami bermacam kemarahan di jalan.


Karena pencegahan dan penghindaran sangatlah berguna dalam meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang, maka dasarnya adalah penggunaan sikap yang benar. Tetaplah tenang. Mulailah membuat pilihan yang baik dan nikmati perjalanan yang lebih aman. (YDi)

(bid/berbagai sumber)


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews