Menghadapi Rem Blong di Tengah Jalan

Di tengah perjalanan anda di jalan raya, seringkali tak terduga terjadi kerusakan pada mobil anda yang tak dapat dihindari. Rem yang tiba-tiba blong akan membuat anda panik. Jangan panik, masih ada hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya.

Penyebabnya mungkin anda kurang kontrol terhadap kondisi kendaraan anda, apabila anda akan bepergian, ada baiknya anda periksa kondisi mobil anda terlebih dahulu. Yang harus anda lakukan :

1. Segera kurangi kecepatan kendaraan anda. Lalu pindahkan kaki anda dari pedal gas. Fungsikan perangkat rem tangan.

2. Angkat tuas rem tangan secara perlahan-lahan namun pasti sampai dengan batas kerja optimalnya. Jangan diangkat secara penuh, karena dengan pengereman yang mendadak, maka bagian belakang kendaraan akan mengalami traksi secara mendadak dan bisa menyebabkan melintir.

3. Setelah menggunakan rem tangan, segera gunakan engine brake. Masukkan gigi transmisi dari posisi gigi lima sampai dengan posisi gigi satu. Walaupun secara normal gigi tidak bisa



masuk ke posisi rendah karena putarannya terlalu tinggi, paksakan saja karena ini kondisi darurat.

4. Bila masih kesulitan, terpaksa anda harus sandarkan bagian depan kendaraan anda pada bemper mobil di depan. Walaupun resikonya bumper mobil anda dan di depan anda menjadi rusak. Namanya juga darurat, yang penting cari selamat.[erf/oto]

(bid/berbagai sumber)

  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews