Berhatilah-hatilah Saat Mereparasi Kendaraan

Keamanan & keselamatan saat Anda melakukan pekerjaan juga tidak boleh diabaikan Bukan hanya kebersihan &, kerapian saja yang perlu diperhatikan apabila Anda melakukan pekerjaan service ringan atau reparasi mobil di garasi rumah Anda. Namun keamanan &
keselamatan saat Anda melakukan pekerjaan juga tidak boleh diabaikan. Apa sajakah itu ?



Sebelum bekerja di bawah mobil, periksalah terlebih dahulu kedudukan mobil pada tripod stand dengan cara menggoyang-goyangkannya. Saat Anda bekerja di bawah mobil yang terangkat gunakanlah dongkrak dan penyangga yang kokoh untuk menahan mobil Anda.

Saat Anda membersihkan bagian kendaraan dengan menggunakan air pressure (tekanan udara), jangan mempermainkan tekanan udara dengan mengarahkan ke badan Anda atau badan orang lain. Hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan dapat berakibat kematian.

Berhati-hatilah dengan cairan-cairan yang menetes pada saat melakukan pekerjaan seperti cairan yang mudah terbakar (bensin, solar, thiner, oli) dan cairan minyak rem / timah hitam. Untuk itu jangan merokok saat bekerja dan hindari penyalaan melalui bunga api dari sistem pengapian, hubungan pendek pada listrik dan pengelasan serta apabila Anda terkena cairan rem / timah hitam, segeralah bersihkan tangan Anda.

Saat membuka radiator dalam keadaan motor sedang panas, lakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati. Lindungilah tangan dengan kain lap karena air pendingin pada radiator dapat menyemprot ke luar.

Lindungilah mata Anda dengan kacamata pelindung saat Anda melakukan pekerjaan menggerinda, mengebor, mengelas atau melakukan pekerjaan dengan menggunakan elektrolit baterai / air keras. Elektrolit baterai adalah campuran air dengan asam belerang. Jagalah mata Anda dari air keras
tersebut. Apabila baju Anda terkena air keras harus langsung dibilas dengan air sabun agar tidak rusak.

Berhati-hatilah dengan zat-zat yang berbahaya dan beracun. Aturlah ventilasi udara dengan baik sewaktu mobil dihidupkan. Bukalah pintu dan jendela agar sirkulasi udara lancar.

Saat membersihkan rem , hindari menggunakan udara tekan sebaiknya gunakan air. Hal itu karena benang / debu asbes pada kanvas rem dan kanvas kopling dapat merusak paru-paru.

Bid/berbagai sumber

Share on :
 
 
 

Total Pageviews