Jika Kaca Mobil Tak Terawat


Karena kaca buram, berjamur atau bahkan telah tergores, menjadikan butiran air hujan yang menyentuh permukaannya tak langsung dapat mengalir turun.

Kaca jendela mobil memang kadang menjadi bagian yang sering terlewatkan dalam pemeliharaan. Ini karena pemilik mobil biasanya lebih memperhatikan penampilan bodi, velg, dan kebersihan interior. Kaca luar sebatas dibasuh, sehingga dirasa cukup tampak bersih.

Sering kali kaca mobil dibiarkan bertumpuk debu. Padahal, jika terlalu lama didiamkan, debu akan menumpuk dan mengeras serta akhirnya mengkristal. Dalam keadaan demikian, kala akan menggunakan wiper, kristal debu bakal mengores permukaan luar kaca.

Kaca yang terus berdebu, bila terkena polutan seperti solar, kalau tidak segera dibersihkan secara benar, bakal mempercepat kaca menjadi buram. Pada kondisi kaca yang tercemar polutan, pembersihan dengan air saja tak membuat jendala kaca mobil kembali bersih dan jernih.

Karena itu, sebelum memasuki masa penghujan, apalagi setelah melalui kemarau kering yang panjang, perawatan khusus terhadap kaca mobil perlu dilakukan. Bisa dilakukan mandiri atau diserahkan kepada jasa salon mobil yang kini tak mematok harga tinggi untuk keperluan tersebut.

Kegiatan itu penting, karena kaca buram, berjamur atau bahkan telah tergores, menjadikan butiran air hujan yang menyentuh permukaannya tak langsung dapat mengalir turun. Sebab kotoran yang menempel telah membentuk lapisan lunak dan berpori serta telah bersenyawa dengan kaca bersangkutan. Karena itu walaupun kaca telah tersapu wiper atau dilap kering sekalipun, tak bakal membuatnya benar-benar bersih dan jernih.


Akibat dari keadaan ini bisa sangat membahayakan. Ini terjadi bila yang mengalami buram atau goresan adalah kaca depan sebuah mobil. Bila itu yang terjadi maka ketika datang sorot lampu depan, maka sinarnya akan berpendar dan menyilaukan sehingga mata tidak bisa secara awas
mengamati jalanan di depan.

Menghadapi ini, jangan terlalu cemas. Sekarang terdapat cara merawat dan membersihkan kaca dengan mandiri antara lain menggunakan cairan kimia khusus yang banyak diperdagangkan dan tak sedikit pula jasa salon mobil yang mengkhususkan untuk kepentingan perawatan kaca mobil.

''Tetapi semuanya harus hati-hati. Sebab terdapat sejumlah kekhususan bagi kaca mobil. Kaca mobil buatan Jepang akan lain dengan Eropa atau Amerika,'' kata Hans, operator salah satu salon mobil khusus perawatan kaca di Jl Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Menurutnya terdapat jenis kaca mobil yang tak boleh dibersihkan dengan cara biasa. Bahkan untuk mobil buatan Eropa dan Amerika dia menyarankan pembersihannya menggunakan cairan pembersih yang tidak mengandung bahan kimia. Dan, cara pemakaiannya dapat langsung diusapkan pada kaca atau sekurangnya dicampur dengan air tawar sebelum pemakaiannya.

Kualitas kerja salon mobil, menjadi bagian pertama yang harus menjadi pertimbangan saat hendak melakukan perawatan kaca. Itu bila Anda ingin praktis tanpa harus memilih dan mencari-cari senyawa khusus untuk membersihkan mobil bersangkutan secara mandiri.

Bila ingin melakukan perawatan kaca secara mandiri, menurut Hans kaca mobil harus dibersihkan dahulu dengan air dan lap hingga benar-benar bebas dari debu. Lalu bilas kaca dengan sabun atau shampo mobil.

Setelah itu mulailah mongosok dengan cara memutar dan tak statis pada satu arah dengan menggunakan cairan khusus pembersih kaca.

Usahakan tidak membersihkan kaca di bawah terik matahari. Demikian pula saat mencuci kaca dengan shampo pada kegiatan perawatan rutin. Karena shampo atau sabun mobil mengandung aditif, maka senyawa ini bakal cepat menyerap ke dalam kaca demikian tersinari matahari. Akhirnya, flek akan cepat muncul.

Khusus bagi kaca yang rusak akibat kristal debu atau terkena goresan karet wiper, kebanyakan salon memiliki alat khusus yang mampu memoles kaca hingga kembali bening. Terdapat dua jenis alat pemoles tersebut.

Bila diperlukan untuk membersihkan kaca yang sebatas karena goresan biasa atau karena tumpukan kerak debu dapat digunakan alat yang lapisannya terbuat dari bahan semacam asbes. Sedang bagi goresan yang agak dalam pengosok yang dipakai semacam gurinda kaca.

Saat ke salon mobil, perhatikan kerja alat ini. Untuk pemolesan sekaligus pemangkasan lapisan kaca untuk menghilangkan goresan tak dapat dilakukan pada satu tempat. Bila ini terjadi maka permukaan kaca bakal mengalami distorsi atau tampak bergelombang. Kaca yang bergelombang akan sangat membahayakan syaraf mata. bid
(dr.berbagai sumber)

Service Rutin Mobil Bermesin Injeksi


Mobil bermesin injeksi mempunyai komponen-komponen utama di seputar system pasokan bahan bakar dan udara. Komponen-komponen tersebut wajib diservice secara rutin setiap 5.000 km agar system injeksi sebuah mobil tetap awet dan berfungsi maksimal seperti berikut ini :

a) Filter bensin
Bersihkan filter bensin dengan bantuan angin bertekanan tinggi. Filter yang terlalu kotor sebaiknya ganti dengan yang baru, karena dapat berakibat kerusakan yang menjalar pada pompa bensin. Biasanya ditandai dengan suara berisik dengan nada yang tidak stabil.

b) Filter udara.
Lakukan juga hal yang sama pada filter udara, yaitu melakukan pembersihan kotoran dengan angin bertekanan tinggi dari arah belakang. Seperti juga halnya dengan filter bensin, gantilah filter udara apabila sudah terlalu kotor.

c) Throttle body
Throttle body yang kotor biasanya ditandai dengan gejala tarikan kurang responsive. Jika kotoran sudah menumpuk di throttle position sensor maka putaran mesin bisa pincang saat stasioner. Sumber kotoran biasanya berasal dari udara yang terisap ke ruang bakar. Oleh karena itu kebersihan throttle body tergantung pada perawatan filter udara. Bersihkan throttle body menggunakan cairan semprot yang banyak dijual di toko onderdil khusus untuk mesin injeksi caranya :

Semprotkan satu kaleng cairan lewat mulut skep throttle body sambil mesin dinyalakan dengan putaran stasioner.
Jagalah putaran mesin agar tidak mati, sehingga cairan pembersih bisa masuk ke seluruh celah klep. Hal ini juga dapat berfungsi membersihkan ruang bakar.
Setelah itu matikan mesin sekitar 15 menit. Kemudian nyalakan lagi mesin dan mainkan putaran mesin hingga 6.500 rpm. Sisa kotoran dan kerak di throttle body akan terbuang bersama asap knalpot.

d) Nosel Injektor
Nosel penyemprot bensin juga harus dibersihkan agar arah dan bentuk semprotannya ideal. Lubang nosel yang berukuran kecil bisa tersumbat kotoran / kerak akibatnya semprotan bensin jadi kacau dan debitnya berkurang sehingga putaran mesin pincang dan tarikan mobil jadi mbrebet.




Bersihkan nosel injector dengan cara campurkan larutan kimia pembersih yang banyak dijual di toko onderdil ke tangki bensin. Bensin dan larutan kimia ini akan bersenyawa dan mengalir ke nosel untuk mengikis kotoran.
[erf/oto]



Yang Perlu Diketahui Tentang Transmisi


Mesin paling hebat sekalipun tidak akan dapat menggerakkan sebuah kendaraan tanpa bantuan sistem trasmisi. Mesin menyediakan tenaga untuk menggerakkan kendaraan, namun transmisi lah yang kemudian menggerakkan roda agar dapat bergerak.

Ada tiga sistem transmisi yang kita ketahui dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu manual, automatic, dan 4-wheel drive. Namun, semuanya ini memiliki konsep yang sama yaitu untuk menggerakkan kendaraan.

Sistem transmisi juga bergerak untuk merubah kecepatan kendaraan sesuai dengan putaran mesin, dengan begitu memungkinkan mesin untuk mendapatkan momentum menggerakkan kendaraan.

Adapun jenis sistem transmisi, komponen dasarnya selalu sama, terdiri dari serangkaian roda gigi yang membentuk struktur fisik dasar sebuah sistem transmisi. Masing-masing gigi berfungsi menggerakkan kendaraan dalam kecepatan yang telah ditentukan. Sistem transmisi ini dihubungkan dengan gear box menggunakan sistem tangkai atau kabel dengan kombinasi yang terdiri dari beberapa batang. Apabila satu dari komponen ini aus atau rusak, pengemudi akan kesulitan untuk memindahkan gigi. Selain itu pula, plat kopling juga harus dalam kondisi baik, kalau tidak pengemudi juga akan mengalami kesulitan serupa


Saat besi beradu dengan besi, tentu saja akan terjadi gesekan dan akan menimbulkan panas. Hal inimerupakan alasan mengapa komponen transmisi membutuhkan pelumas untuk mengurangi gesekan dan panas. Karent itu, pelumas dalam gear box harus selalu dalam keadaan cukup. Berbeda dengan pelumas mesin, pelumas transmisi tidak terkontaminasi dengan cepat. Tetapi pemakaian yang lama akan menghilangkan efektifitas pelumas. Berkurangnya pelumas transmisi akan mengakibatkan panas dan mempercepat keausan dan kerusakan komponen transmisi. Sebagai pedoman, pelumas transmisi harus diganti paling tidak 6 bulan sekali atau setiap 40.000 km.

Bagi sebagian pemilik kendaraan, masalah dengan pergantian gigi atau bunyi yang tidak biasa pada mesin akan mendorong mereka mengunjungi bengkel untuk perbaikan kendaraan. Sayangnya tidak semua mekanik yang jujur memberitahu pemilik kendaraan bahwa masalah tersebut cukup diatasi dengan hanya mengganti pelumas transmisi. Beberapa diantara mereka mengatakan bahwa ada masalah dengan gear box.

Hasilnya, pemilik kendaraan harus membayar mahal dan penggantian gear box yang sebenarnya tidak perlu mengemudi Anda jua memberikan kontribusi terhadap umur transmisi. Saat melakukan perpindahan transmisi, pastikan anda menignjak kopling secara penuh untuk melepaskan transmisi dari mesin. Selain itu, jauhkan kaki Anda dari kopling saat kendaraan bergerak karena akan mengurangi keausan yang tidak perlu dan kerusakakn pada plat kopling.[erf/oto]

 
 
 

Total Tayangan Halaman