Kursus stir mobil, modifikasi, tune up, mesin mobil, rem tangan, persneling, kaca mobil, oli mesin, ac mobil, wiper, radiator, roof rack, bengkel mobil, ban, jok, Sharing on all matters of maintenance and repair related to your car
modifikasi motor kredit motor yamaha mio jual motor harga mobil jual beli mobil modifikasi mobilbekas warung mobil motor bekas otomotif.com automotif sepeda motor kompas otomotif modifikasi mobil jual beli motor warungmobil iklan motor motorplus harga avanza daihatsu xenia harga mobil second otomotif motor otomotifnet toyota kijang mobil toyota motor modifikasi dunia otomotif cari mobil bekas otomotif college tabloid otomotif the otomotif college harga motor yamaha motor modif motor dijual
mobil di jual otomotif.net pasar mobil motor baru variasi motor majalah mobil motor terbaru otomotif mobil motor murah motor di jual motor baru 2011 motor jual
Ada dua jenis freon yang paling banyak beredar di Indonesia, yakni R 12 dan R 134. Ini berkait dengan emisi CFC yang dihasilkan, R 12 merupakan produk lama dan belum memuat kepentingan bersih lingkungan. Sementara R 134, konon sebagai produk yang ramah lingkungan.
Kompresor mobil dengan freon R 12 diisikan freon R 134, kompresor terancam jebol karena terdapat beda tekanan antar kedua jenis senyawa tersebut. Selain itu, selang-selang juga terancam bocor, retak hingga jebol. Kerja kompresi yang seharusnya dihasilkan kompresor juga akan melemah. Pemasukan R 134 kepada kompresor dengan freon jenis R 12, memerlukan pula pengantian oli. Sedang bila kompresor memiliki spesifikasi R 134 dan dipaksakan untuk mendapat pengisian R 12, maka AC tak akan berjalan maksimal. Sejumlah bengkel menyatakan sebagai dingin AC-nya bakal kurang tajam. Ini karena memang terjadi speck down. Dan kejadian ini yang paling sering terjadi akibat penawaran harga yang bisa dibuat lebih murah.
Lakukan penggantian oli kompresor Sebetulnya kebiasaan sebatas melakukan pengisian freon amat tidak direkomendasikan. Bila freon berkurang maka itu berarti terjadi kebocoran dalam salah satu bagian rangkaian penyejuk kabin tersebut. Karenanya pemeriksaan seluruh saluran harus dilakukan selekas AC tak dingin dan freon berkurang.
Namun bila terpaksa sebatas mengisi freon dalam keadaan darurat, selain perlu mengetahui pasti jenis freon yang diisikan, mintalah pula pengantian oli dalam kompresor. Ini penting, karena bila terjadi kebocoran maka pelumas dalam kompresor juga berkurang dan kotor. Setelah oli diganti, dengan sendirinya bengkel juga akan memvakum kompresor sebelum mengisikan freon.
( bid/berbagai sumber )
Padahal kebiasaan buruk ini membawa dampak negatif di masa mendatang
Salah satu kebiasaan buruk pengemudi adalah terburu-buru mematikan mesin kendaraan pada saat memarkir kendaraan. Padahal kebiasaan buruk ini membawa dampak negatif di masa mendatang. Simak uraian berikut ini :
* Saat mematikan mesin jangan langsung memutar kontak ke posisi off dan menggeber-geber gas. Hal ini sangat berpengaruh pada pelumasan mesin. Saat putaran tinggi mesin memerlukan pelumasan yang lebih baik. Tapi karena langsung dimatikan meskipun masih ada sisa oli pada dinding boring (rumah silinder), pelumasan menjadi berkurang. Jika sering dilakukan mesin akan aus atau jebol.
* Mesin yang langsung dimatikan setelah digeber pada kecepatan tinggi adalah cara yang kurang tepat. Karena saat itu dapur pacu baru saja bekerja keras dari menempuh perjalanan. Dalam keadaan mesin bertemperatur tinggi, tentu komponen di dalamnya masih mengembang, jika tiba-tiba dimatikan hal itu akan merusak dinding silinder.
* Disamping itu mesin yang dituntut melakukan putaran tinggi secara terus menerus pasti mengalami stress. Kondisi ini membuat keadaan mesin belum stabil.
* Kebiasaan mematikan mesin tiba-tiba sehabis melaju pada kecepatan tinggi dapat menyebabkan ring piston cepat aus. Selanjutnya merembet pada penurunan kompresi sehingga tenaga menjadi payah.
* Untuk itu saat mematikan mesin diamkan putaran iddling beberapa saat sampai mesin benar benar dalam keadaan stationer. Setelah itu putar kunci kontak ke posisi off.[erf/cbn]
PEMILIK mobil di kota-kota besar nan sibuk tidak punya waktu lagi membuka ruang mesin untuk memeriksa keberadaan oli mesin mobil, baik dari aspek volume maupun kekentalannya (viskositas). Kehadiran oli mesin, yang memungkinkan pergantian lebih dari jarak tempuh 10.000 kilometer, semakin membuat pemilik kendaraan tak peduli lagi akan keberadaan dan fungsi oli bagi mesin kendaraannya. Padahal, oli yang tak efektif lagi menjalankan fungsinya sebagai pelumas mesin bisa diidentifikasi dari belakang kemudi atau kabin kendaraan di mana pemilik berada. MEMBACA efektivitas oli mesin kendaraan ini penting berkaitan dengan dana. Oli yang sudah "loyo" jelas akan memperpendek usia mesin. Ini jelas berkaitan dengan investasi yang lebih besar untuk perbaikan mesin ataupun mengganti mobil baru. Padahal, mobil yang ada ini tidak sedikit harganya. Dan semakin membuat sakit hati apabila kreditnya belum rampung pula.
Sebenarnya tidak terlalu sulit dalam membaca kinerja oli mesin yang daya pelumasannya sudah tak lagi efektif. Semuanya bisa dirasa, didengar, atau dilihat langsung, apalagi jika sedang berada di belakang kemudi mobil yang sedang digunakan. Mobil-mobil mutakhir memang memberikan indikator tekanan oli yang berada di dalam kabin pengemudi, namun semua itu tidak mutlak memperlihatkan efektivitas pelumas.
Berbunyi nyaring
Oli mesin diketahui memiliki fungsi memperkecil gesekan atau keausan dari sejumlah komponen dalam mesin yang bekerja dan bergerak saat mesin hidup. Gesekan antarkomponen logam dalam mesin seperti katup/klep mesin, gir dalam mesin, akan semakin nyaring apabila pelumas tidak lagi efektif dalam fungsinya dalam memperkecil gesekan atau keausan.
"Jika suara komponen mesin lebih nyaring atau garing dibandingkan dengan sebelumnya, boleh jadi fungsi pelumasnya sudah tak lagi efektif. Apalagi jika suara tadi datang dari mobil dengan mesin yang masih menggunakan sistem multikatup," ujar Mico F Kaliki, Manajer Pemasaran PT Bahana Nusa Lubrindo yang menjajakan pelumas Agip asal Italia.
Tentunya, ujar Mico, suara garing atau nyaring ini bukan karena oli atau pelumas tidak sampai ke bagian klep/katup mesin akibat pompa pelumas yang tidak berfungsi baik. Pelumas tetap sampai ke ruang katup, namun tingkat kekentalan yang sudah rendah menyebabkan suara gesekan komponen logam dalam mesin menjadi lebih jelas, lebih nyaring.
Suatu hal yang juga harus pasti dan benar bahwa volume pelumas dalam mesin sudah sesuai. Juga pelumas yang dimasukkan ke rongga mesin sudah sesuai dengan jenis mesin semisal mesin bensin atau diesel, serta usia mesin. Karakteristik pelumas, yakni SAE (Society of Automotive Engineer) yang menentukan tingkat kekentalan (viskositas) pelumas dan API (American Petroleum Institute) yang menjadi petunjuk mutu pelumas, juga sudah tepat.
Pelumas untuk mesin diesel dari sisi petunjuk mutu (API) selalu didahului huruf C (commercial) semisal CD atau CF. Mesin bensin diawali huruf S (service station) semisal SG atau SJ. Dari sisi kekentalan, mesin lama jelas perlu membutuhkan pelumas dengan kekentalan tinggi seperti SAE 20 W-50, sedangkan mesin baru dengan kekentalan encer seperti SAE 5W-50 atau 10W-40. W berarti winter (musim dingin) di mana kekentalan mencapai angka 20 (20 W) dan di saat panas mencapai 50.
Apabila semua ketentuan teknis ini dilanggar, bisa saja suara mesin mobil semakin jaring. Misalnya, pelumas untuk mesin baru digunakan pada mesin lama, jelas tidak banyak berfungsi dalam memperkecil tingkat gesekan atau benturan komponen logam dalam mesin. Kekeliruan ini bisa terdeteksi pada pagi hari saat mesin dihidupkan, terdengar bunyi katup mesin yang nyaring akibat pelumas yang kurang berfungsi penuh dalam memperkecil gesekan.
Jika fungsi mengurangi gesekan ini berkurang, pemilik mobil atau sopir bisa melihatnya dari temperatur mesin yang lebih tinggi dari biasanya. Tentunya hal ini hanya akurat apabila sistem pendingin mesin (air di radiator penuh, kipas pendingin lancar, dan pompa air oke) berjalan normal. Jika demikian, besar kemungkinan pelumas dalam mesin kendaraan sudah tak efektif.
Pergesekan antarkomponen-komponen mesin yang kian besar jelas akan membuat temperatur mesin segera naik. Padahal, pelumas bertugas memperkecil gesekan tadi, dengan menyusup di antara celah-celah komponen mesin yang terus bergerak. Kehadiran pelumas di sana juga berfungsi mendinginkan komponen-komponen tadi.
"Jadi, jika panel indikator temperatur mesin lebih tinggi dari kondisi normal, sementara air pendingin oke, kipas pendingin radiator oke, dan sistem pendingin lainnya oke, maka bisa saja bahwa kinerja pelumas dalam rongga mesin tak lagi efektif," ujar Mico. Kalau sudah begini, sebaiknya pelumas segera diganti sekalipun jumlah jarak tempuh belum setengah dari permintaan untuk ganti pelumas berikutnya.
Akselerasi berkurang
Tidak efektifnya pelumas juga bisa dirasakan dari tarikan mesin yang terasa berkurang. Akselerasi mobil saat lampu hijau, atau saat meluncur di jalan bebas hambatan, terasa kurang mantap. "Pengemudilah yang paling merasakan kinerja mesin yang menurun akibat fungsi pelumas yang sudah sangat berkurang," ujar Mico.
Gesekan antarkomponen logam dalam mesin jelas semakin tersendat apabila pelumas tidak cukup banyak menyusup di antara komponen-komponen yang saling bergesekan itu. Secara akumulasi, gesekan yang tersendat ini berpengaruh terhadap tenaga atau akselerasi yang dihasilkan mesin mobil. Mobil teras berat saat dipacu. Selanjutnya bukan saja mesin yang berusia pendek, tetapi pemakaian bahan bakar juga boros.
Dalam kasus ini, tidak heran bahwa ada semacam kesepakatan tak tertulis bahwa mobil baru sebaiknya tidak dipacu kencang. Juga agar mesinnya tidak dipaksa untuk menarik beban muatan yang berat. Semua ini karena mesin pada mobil baru cenderung memiliki tingkat pergesekan antarkomponen logamnya sangat tinggi.
Kesepakatan ini belakangan bisa terhapuskan atau mulai sirna karena mulai bermunculan berbagai merek pelumas dengan tingkat kekentalan yang encer khusus diciptakan untuk mesin mobil baru.
Pelumas yang encer (peringkat/grade SL atau SJ untuk mesin bensin dan CJ-4, CH-4, CG-4, atau CF-4 untuk mesin diesel) ini mampu menyusup dengan leluasa ke celah-celah mesin baru yang praktis masih sangat sempit.
Mengingat pentingnya keberadaan pelumas dalam mesin, sementara tingkat kesibukan yang tidak memberikan waktu dan ruang untuk membuka ruang mesin mobil, sebenarnya mendeteksi efektivitas pelumas dengan merasakan, mendengarkan, dan melihat dari balik kemudi sudah cukup akurat untuk segera ke bengkel menggantikan pelumas yang ada.
Mesin mobil rontok jelas membutuhkan dana jauh lebih besar ketimbang membeli 5 liter atau 4 liter pelumas mesin.
(Pieter P Gero)