Menggunakan Lampu Dim dan Klakson

Sopan santun berlalu lintas di negeri kita memang sudah lama sekali kita lupakan. Maklum, untuk mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) di negeri ini, ukurannya memang bukan keterampilan membawa kendaraan bermotor. Asal punya KTP dan uang, dijamin bisa mendapatkan kartu yang jaman dulu sering disebut dengan rebues itu. Jangankan bagaimana cara berkendara yang benar, menggunakan lampu dim dan klakson saja banyak sekali pengemudi yang tak mengerti tata caranya. Tak percaya? Amati saja kebiasaan pengemudi di Jalan Tol Jagorawi atau Jalan Tol Jakarta Cikampek. Mungkin, seratus orang pengemudi yang ada, hanya ada tak lebih dari 5 orang yang sebenarnya pantas mendapatkan SIM.
Menurut regulasi berlalu lintas di dunia internasional, yang juga terdapat dalam UU Nomor 14 tahun 1992 tentang lalu lintas berikut peraturan pemerintah yang menyertainya, klakson dan lampu dim itu hanya boleh digunakan ketika darurat saja. Mestinya, Anda harus segera mematikan lampu dim atau jarak jauh ketika Anda pada kesempatan pertama berpapasan dengan pengendara lain dari arah depan.
Ketika pengemudi lain menggunakan lampu dim berkedip-kedim, itu artinya ia memberikan prioritas kepada Anda untuk bergerak lebih dahulu. Tetapi, tanda ini terkadang berlaku kebalikan di negeri kita. Ini yang salah kaprah.
Ketika Anda mengikuti kendaraan lain di belakangnya, sebenarnya tidak diperbolehkan menyalakan lampu dim. Pasalnya, cara ini dapat menyilaukan kendaraan yang kita ikuti, dan tentu saja sangat membahayakan. Sebaliknya, bila kita tahu diikuti kendaran lain di belakang yang ingin mendahului, sementara jalur sebelah kiri memungkinkan untuk digunakan, sebaiknya kendaraan yang ingin mendahului itu segera diberi kesempatan untuk menyalip. Tetapi, kalau lalu lintas padat, pertahankan jalur yang Anda lalui Berpindah jalur, memang diperbolehkan, tetapi harus dilakukan setelah jalur benar-benar aman .
Cuma persoalannya, cara berlalu lintas yang benar, memang sudah menjadi barang langka di negeri ini. Ketika seseorang ingin berkendaraan yang benar, e… malah dapat ejekan. Yang ugal-ugalan, malah mendapat sorakan. Tetapi, tak ada salahnya budaya sopan berlalu lintas itu mulai kita tumbuh kembangkan lagi. Ingat! Lebih baik sedikit lambat asal selamat.
[cq]



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    duniaOTO.com

    Air coolant, Anti Karat, accumulator orifice tube, Speedometer Shock Assorber olie

    Air coolant cepat habis
    Blazer 2001, sejak tahun 2005 akhir. Mulai banyak yg rusak di bag.mesin, Sebagian besar sudah diganti,Skrg temperatur cepat panas, air coolantnya cepat sekali habis (jd hrs dikontrol terus), kira@ apa penyebabnya? apa accu kering cukup cocok? Tolong alamat bengkel yang berpengalaman sekali? mw gabung ke BIC donk!Thks pak! Oleh dave
    Jawaban
    Coba cek selang2x radiator dan radiatornya. Aki kering bisa juga digunakan, hanya saja harganya relatif lebih mahal dibanding aki basah.

    Anti Karat
    Selamat Pagi Pak Mekanik, saya mau tanya? berapakah umur anti karat Blazer yang secara elektronik itu waktu dirakit? & apabila ada masa waktunya, dimana (bengkel) bisa diberikan anti karat lagi? sayang kalo Blazer sampai karatan. Oleh Rinaldy
    Jawaban
    Sejauh ini belum ada yang melaporkan Blazer terjadi karat. Yang paling tua tahun 1995.

    dimana letaknya accumulator dan orifice tube
    Om Blazie, mau nanya nih... dimana letaknya accumulator dan orifice tube untuk ac blazer. Thanks sebelumnya.... Oleh yudie Banda Aceh
    Jawaban
    Tabung aluminium dekat evaporator, orifice di dalam saluran AC masuk ke evaporator. Tukang AC pasti tahu.

    bunyi gesekan di bawah
    Sore Pak, saya ingin menanyakan blazy montera saya kalau kec diatas 30 km/h ada bunyi besi bergesek dari bawah.kira-kira apa yang rusak ya? saya dulu pernah ganti besi panjang yang muter ke gardan blkg (propeler shaft kali ya namanya)setelah itu baru bunyinya muncul.apa cuma kurang grease yaa mohon opininya yaa trim's Oleh Fanny
    Jawaban
    Coba cek center bearing prop shaft. Atau kondisi brake pad roda depan.


    Harga Blazer LT 97
    Pak, berapa harga pasaran BlaZer LT th. 97 di Jakarta? Oleh Ricky Piscalo
    Jawaban
    50 - 60 jutaan.

    Ratio BBM
    Berapa perbandingan pemakaian BBM Blazer LT 2200 th 95 yg normalnya. Luar kota/ dalam kota? Oleh Ricky Piscalo
    Jawaban
    Luar kota 1:9 dalam kota 1:6.

    Speedometer & Shock Assorber
    Pak, Speedometer gak bisa terbaca. kira-apanya yang mesti dibetulin, kalo' harus mengganti spare partnya apakah harus 1 package dan estimasi harga berapa?. Shockbreaker yang bagus buat Si-Aswad (DOHC 96)bagusnya pakai merek apa dan berapa harganya?! yang murahan merek apa?! Terima kasih Oleh Si-Aswad
    Jawaban
    maksudnya speedometer tidak terbaca, apakah kurang terang jika malam hari? Coba bongkar panel instrumennya, bersihkan. Shock absorber paling bagus gunakan bilstein kisaran harga 2,5jutaan [1 set depan belakang] atau pro-comp 1,6 jutaan. Atau merek kayaba sekitar 1 jutaan.

    bocor di bagian bagasi
    bagasi blazer saya bocor pas ujan.saya cek scr kasat mata dan sentuhan2,karet2 masih dlm kondisi baik.apakah saya perlu ganti?atau bisa distel kyk pintu yg lain? terima kasih Oleh lebah
    Jawaban
    Coba di setel dudukan engselnya, mungkin ada yang geser.

    olie
    Terima kasih atas jawaban pertanyaan yang saya ajukan mas, tapi jng bosen ya,aku mau tanya lg nih ttng olie, kira2 kalo pake olie pertamina bisa ga utk olei mesin , gardan, perseneling?kl bisa,berapa type n ukurannya olie pertamina mas? Tnks mas... Oleh Tommy
    Jawaban
    Yang penting bukan mereknya. Perhatikan SAE-nya minimal SG, viskositas 15W-50 atau 20W-50 untuk mesin. Transmisi gunakan jenis ATF. Gardan viskositas 75W-90 atau 90.

    getar pada kaki
    blazer ikut gabung ya Boss. blazer LT saya udah diganti bannya, balancing & spooring juga tapi tetap bergetar seperti nglewatin polisi tidur di jalan tol (kejut) terutama terasa saat pedal gas dilepas. apanya ya? trims sebelumnya. Oleh ade
    Jawaban
    Bisa dipastikan getarnya di range kecepatan 40 - 60kpj? Kalau iya cek cross joint.



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mengusir Embun Kaca Selagi Hujan

    UNTUK mobil dengan pendingin ruangan (AC), embun yang sering kali mengganggu pandangan kaca bagian dalam memang gampang diusir.
    Tinggal operasikan saja sistem AC-nya, dan semua kabut pun bakal hilang seketika. Tetapi, ketika sistem AC itu tak bekerja normal, memang sedikit repot.
    Mengusap-usap kaca bagian dalam dengan lap kanebo basah, memang dapat membantu mengusir penghalang pandangan itu. Tetapi, cara ini juga agak repot juga.
    Tetapi, Anda tak perlu gusar dulu. Ternyata, sampo rambut dapat digunakan juga untuk menghardik embun penghalang pandangan ini.
    Caranya, oleskan sedikit sampo di bagian dalam kaca mobil Anda secara merata, tetapi tipis-tipis saja.
    Cara ini dijamin dapat membuat kaca depan mobil Anda jernih dan tak perlu dilap lagi berulang kali.
    Lantaran itu, tak ada salahnya bila Anda selalu menyiapkan sebotol kecil sampo di bagian dalam mobil ketika berkendara di musim hujan atau pergi ke luar kota.
    Lain lagi bila penghapus kaca depan ogah dioperasikan. Untuk urusan ini, Anda dapat memanfaatkan tembakau rokok kretek atau tembakau jenis lainnya.
    Caranya, oleskan tembakau ini di bagian luar kaca depan. Memang agak aneh, tetapi kemujarabannya telah teruji. Cobalah! [cq]




  • READ MORE.......




  • (fr.duniaOTO.com)


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman