Kursus stir mobil, modifikasi, tune up, mesin mobil, rem tangan, persneling, kaca mobil, oli mesin, ac mobil, wiper, radiator, roof rack, bengkel mobil, ban, jok, Sharing on all matters of maintenance and repair related to your car
modifikasi motor kredit motor yamaha mio jual motor harga mobil jual beli mobil modifikasi mobilbekas warung mobil motor bekas otomotif.com automotif sepeda motor kompas otomotif modifikasi mobil jual beli motor warungmobil iklan motor motorplus harga avanza daihatsu xenia harga mobil second otomotif motor otomotifnet toyota kijang mobil toyota motor modifikasi dunia otomotif cari mobil bekas otomotif college tabloid otomotif the otomotif college harga motor yamaha motor modif motor dijual
mobil di jual otomotif.net pasar mobil motor baru variasi motor majalah mobil motor terbaru otomotif mobil motor murah motor di jual motor baru 2011 motor jual
Bagi sebagian orang, mobil bukan sekedar alat transportasi tapi bisa menjadi benda koleksi yang sangat disayangi. Karenanya muncul tatakrama menyimpan mobil untuk jangka lama, mulai dari enam bulan hingga bertahun-tahun.
Bagi pehobi otomotif, kegiatan ini biasa dilakukan. Tata cara menyimpan mobil ini ternyata sangat bermanfaat untuk diikuti, apalagi jika Anda berencana akan meninggalkan mobil dalam waktu cukup panjang atau memang memiliki mobil simpanan yang jarang pakai.
Usahakan menyimpan mobil di garasi dalam kondisi ruangan kering dan dingin. Berikut ini tatakrama menyimpan mobil sebelum menyelimutinya dengan jaminan tetap tokcer dan siap pakai setiap saat seperti ditulis Otocarz.com.
1. Lepaskan kedua kepala aki atau minimal cabut kabel ground.
2. Isi penuh tangki bahan bakar (ini mutlak dilakukan bila hendak menyimpan kendaraan lebih dari satu tahun) untuk mencegah penguapan
bensin, kerusakan karena air dan pembentukan karat dalam tangki.
3. Pada hari mulai menyimpan, ganti oli mesin, oli gardan, dan oli persneling beserta filternya.
4. Lepas busi dan teteskan satu sendok teh oli mesin baru ke lobang silinder, lalu pasang kembali busi. Ini dimaksudkan memberi lapisan
pelindung pada silinder.
5. Bila ada bagian mesin yang terbuat dari aluminium, misalnya block, silinder head, manifold, maka
anda pelu mengeringkan
semua sistem pendingin. Buang air radiator hingga benar-benar habis. Ini untuk mencegah korosi akibat cairan coolant ataupun kontak
air dengan sejumlah perangkat aluminium tersebut.
6. Sementara bila mesin hanya terdiri dari baja, jangan sekali-kali mengeringkan radiator coolant atau air yang ada. Bila umur
coolant sudah satu setengah tahun, ganti yang baru.
7. Isi penuh oli rem. Namun bila sudah lebih dari dua tahun, buang dan ganti dengan yang baru. Jangan lupa membilasnya sebelum mengisikan
kembali oli rem yang baru itu. Oli rem yang kedaluwarasa akan merusak komponen logam.
8. Kalau ada, letakkan mobil di atas penopang (alat ini banyak diperdagangkan di supermarket). Ini akan mengistirahatkan kerja ban,
bearing dan komponen suspensi lain. Bila mobil tak terlalu lama disimpan cukup tambahkan saja tekanan angin ke masing-masing ban.
9. Selimuti mobil dengan car cover berkualitas. Jangan lupa membuka kaca sedikit untuk ventilasi. Ini berlaku untuk penyimpanan
di luar atau pun dalam ruangan.
(bid/berbagai sumber)
Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah
melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel. Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara. Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda. fr.indosiar.com
Bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan sangat mengandalkan kendaraan roda empat pribadi, tentu tidak hanya bisa sekedar bisa dan mampu duduk dikursi kemudi. Mengenal kendaraan yang menjadi sahabat karib yang paling diandalkan juga membutuhkan perhatian yang tidak sedikit.
Sayangnya, terkadang karena tingginya tingkat kesibukan dan energi yang cukup terkuras sepanjang pekan aktifitas, sulit untuk menemukan waktu yang luang untuk memberikan perhatian lebih kepada sahabat yang satu ini. Sampai muncul gejala malfungsi dari komponen kendaraan, barulah kita menyadari kurangnya perhatian dalam hal perawatan kendaraan.
Tidak perlu panik, selama Anda bisa segera mengidentifikasi malfungsi apa yang terjadi pada kendaraan.Nah, umumnya kondisi malfungsi yang biasa terjadi adalah :
* Asap
* Gangguan lampu dan jarum indikator
* Noda, kebocoran, cairan berlebih
* Ban
* Sistem penerangan
* Body dan cat
* Masalah Wiper
Kadang kala gangguan sebenarnya sepele, hanya karena ketidak mengertian, masalah-maslaah ini bisa membuat panikk pengendara, dan umumnya menimpa pengendara wanita.
ASAP
Malfungsi mesin yang menimbulkan asap saat kendaraan kita operasikan, bisa berupa :
* Asap Berlebih Dari Knalpot
* Asap Abu-abu Dari Knalpot
* Asap Putih dan Air Keluar Dari Knalpot
* Asap Hitam Dari Knalpot
* Asap Dari Kap mesin
* Asap Putih disertai bau karet terbakar
* Asap Dari Roda
Asap Berlebih Dari Knalpot
Anda bisa melihat oli berada dibawah level penggantian oli, dan sebelumnya tidak pernah terjadi. Nah Oli yang turut terbakar dalam proses pembakaran mesin itulah yang munculnya adanya asap berlebih. kondisi ini akan membuat kendaraan tidak memiliki daya pacu seperti biasanya. Kalau dibiarkan berlarut, maka untuk jangka panjang akan merepotkan Anda. Yang memungkinkan hal ini bisa terjadi adalah :
1. Sistem PCV tidak berfungsi dengan baik.
2. Mesin yang mengalami gangguan dibeberapa tempat.
3. Seal katuk yang sudah usang.
4. Cincin piston mesin yang sudah usang.
Asap Abu-abu Dari Knalpot
Munculnya asap abu-abu saat kendaraan distater, dan terkadang asap ini masah ada setelah mesin selesai dipanaskan walau tidka terlalu nyata. Anda pelu mengamati apakah kelebihan asap dalam kondisi ini berangsur-angsur semakin parah karena ini mengindikasi tingkat kerusakan yang terjadi.
Kemungkinan Penyebab :
1. Cincin piston yang sudah usang.
2. Katup yang mulai usang Worn valve guides.
3. Katup yang rusak Damaged or worn valve guides. [erf/ind]
Asap Putih dan Air Keluar Dari Knalpot
Anda bisa mengetahui dari banyaknya asap yang keluar dari knalpot disertai air yang terus berlangsung walaupun mobil telah dipanaskan cukup lama. Seperti kelebihan asap lainnya, ini akan menjadi masalah serius bila dibiarkan terjadi untuk jangka panjang.
Kemungkinan Penyebab :
1. Adanya cairan (Oli) transmisi yang masuk dalam manifold.
2. Gasket dari silinder mesin sudah waktunya diganti
3. Kepala silinder mesin tertutup sesuatu atau bahkan mengalami
keretakan.
4. Adanya keretakan pada blok mesin.
Asap Hitam Dari Knalpot
Kalau asap yang keluar dari knalpot kendaraan Anda berwarna hitam dan cukup tebal, tentu bukan Anda saja bisa melihatnya dengan jelas, tetapi juga pengguna jalan raya lainnya yang pasti "terusik". Semakin parah masalah mesin Anda, maka otomatis kepulan asap ini akan semakin hitam dan tebal.
Kemungkinan Penyebab :
1. Apabila kendaraan masih menggunakan karburator, bisa jadi choke
karburator sudah tertutup rapat.
2. Adanya kebocoran pada sistem injeksi bensin.
3. Tersumbatnya air filter.
4. Adanya gangguan dapat pengapian mesin.
Asap Dari Kap Mesin
Kalau ini terjadi, biasanya bikin panik pengemudi, terlebih bila terjadi kala jalanan super macet. Bukan kepanikan yang Anda perlukan, tetapi perhatian! Berarti mesin yang bermasalah telah Anda hiraukan untuk waktu yang cukup lama.
Kemungkinan Penyebab :
1. Kalau dari asap yang timbul tercium bau minyak, berarti ada
kebocoran oli mesin.
2. Kalau asap yang timbul putih warnanya, bisa jadi adanya
kebocoran radiator
3. Kalau asap berwarna hitam atau kebiruan disertai aroma
menyengat, itu pertanda adanya gangguan kelistrikan dan
perhatikan apakah ada kabel yang terbakar.[erf/ind]
Asap Putih Disertai Bau Karet Terbakar
Ini termasuk salah satu gangguan asap yang paling cepat membuat panik pengendara. Dan sudah sepantasnya Anda panik, namun tetap saja, Anda harus mengenali kemungkinan penyebabnya. Kalau Anda berada ditengah jalan raya, tepikan kendaraan segera ditempat yang tidak meinbulkan kemacetan bagi pengguna jalan lainnya. Matikan mesin segera dan cari asal bau seperti karet terbakar tersebut. Kalau Anda mendapati ada yang terbakar, tentu saja lakukan tindakan darurat untuk memadamkan api baru cari tahu penyebab api. Rumitnya, mesin kendaraan bisa mendadak terbakar tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.
Kemungkinan Penyebab :
1. Tali kipas yang kendur dan mengganggu fungsi bagian mesin
lainnya.
2. Mesin terlalu panas
3. Adanya korsleting pada sistim kelistrikan kendaraan
4. Rusaknya bagian mesin yang memiliki tali kipas.
Asap Dari Roda
Anda hanya bisa melihat asap yang muncul saat kendarran yang telah Anda kemudiakan dalam posisi berhenti. Saat kendaraan berjalan, mungkin sulit membedakan asapa dengan asap yang muncul dari roda. Jangan mengira bahwa timbulnya asap dari roda ini mendadak terjadi. Sebenarnya sudah terjadi kerusakan yang tidak Anda ketahui, dan lama kelamaan menjadi semkain parah.
Kemungkinan Penyebab :
1. Caliper dari piringan rem amat rusak
2. Rem tangan yang masih dalam keadaan aktif ( tidak dilepas saat
kendaraan dipacu).
3. Adanya kerusakan pada bagian drum rem.
4. Rotor rem yang overheat.
(bid/berbagai sumber)
Translate
For those who have high mobility and relies heavily on private automobiles, would not only be able and capable than the wheel chair. Know the vehicle that became the most dependable sidekick also requires attention not less.
Unfortunately, sometimes due to the high level of activity and energy draining activities throughout the week, it's hard to find spare time to give more attention to this one friend. Until symptoms appear malfunction of vehicle components, then we realized the lack of attention in terms of vehicle maintenance.
No need to panic, as long as you can immediately identify malfunctions what happened to kendaraan.Nah, general conditions common malfunctions are:
* Smoke
* Disturbance and needle indicator lights
* Noda, leakage, excessive fluid
* Tires
* Lighting system
* Body and paint
* Wiper Problems
Sometimes the disorder is actually trivial, simply because ketida mengertian, problem-maslaah panikk rider can make, and generally struck a woman rider.
ASAP
Malfunctioning machines cause smoke when the vehicle we operate, could be:
* Excess Smoke From Exhaust
* Gray Smoke From Exhaust
* White Smoke and Air Out Of Exhaust
* Black Smoke From Exhaust
* The smoke from the engine hood
* White smoke accompanied by the smell of burning rubber
* Smoke Of Wheels
Excess Smoke From Exhaust
You can see the oil is below the level of oil change, and unprecedented. Oil Well that also burned in the engine combustion process that is the emergence of excessive smoke. These conditions will make the vehicle does not have the power runway as usual. If allowed to go on, then for the long term will bother you. What enables this to occur are:
1. PCV system is not functioning properly.
2. Machine is broken in several places.
3. Seal katuk worn.
4. Engine piston ring worn out.
Gray Smoke From Exhaust
The emergence of gray smoke when the vehicle distater, and sometimes these spaces exist after the machine finished masah heated though tidka too real. You pelu observe whether the excess smoke in this condition was gradually getting worse because it indicates the level of damage.
You can tell from the number of smoke coming out from the exhaust accompanied by water which continues even though the car has been heated long enough. Like other excess smoke, this will be a serious problem if left there for the long term.
Possible Cause:
1. The presence of fluid (oil) into the manifold transmission.
2. Gaskets from cylinder engine replaced it's time
3. Engine cylinder head covered with something, or even experience
cracks.
4. The existence of cracks in engine blocks.
Black Smoke From Exhaust
If smoke comes out of your vehicle exhaust is black and quite thick, certainly not you just could see it clearly, but also other road users who would "disturbed". The more severe the problem of your machine, then automatically this smoke will be more black and thick.
Possible Cause:
1. If the vehicle still uses carburetors, could be a choke
carburetor is closed.
2. The existence of leaks in the fuel injection system.
3. Blockage of water filters.
4. Interference to ignition engine.
Smoke From Engine Hood
If this happens, usually make the driver panicked, especially if it was during the super street jam. Not the panic that you need, but attention! Mean machine that has troubled you pay attention for a long time.
Possible Cause:
1. If the smell of smoke arising from oil, there is
engine oil leak.
2. If white smoke arising from the color, could be the
radiator leak
3. If black or blue smoke flavor accompanied
sting, that's a sign of electrical disturbance and
note whether there is a burning cable. [ERF / eng]
Accompanied White Smoke Burned Rubber Odor
This includes one of the fastest disturbance smoke panicked motorists. And rightly you panic, but still, you need to identify possible causes. If you are in the middle of the highway, tepikan vehicles that do not immediately place meinbulkan congestion for other road users. Turn off the engine immediately and locate the origin of the odor like burning rubber. If you find there is a burning, of course you should take to extinguish the new fire emergency to find out the cause of the fire. The complexity, the engine can suddenly vehicle on fire without any previous signs.
Possible Cause:
1. Fan belt is loose and interfere with the function of the machine
other.
2. Engine overheating
3. The existence of a short circuit in the electrical system of vehicle
4. Damage to the machine that has a fan belt.
Smoke Of Wheels
You can only see the smoke that appears when you have kendarran kemudiakan in the stop position. When the vehicle is running, it may be difficult to distinguish asapa with smoke emerging from the wheel. Do not think that the emergence of smoke from the wheels of a sudden this happened. In fact already there is damage you do not know, and over time become semkain severe.
Possible Cause:
1. Disc brake caliper from highly corrupted
2. Hand brake is still in a state of active (not removed when