jenis-jenis oli, Blazer Sport, BBM Blazer, suara mesin, gigi mundur sulit, Spidometer & AC

suara mesin
terima kasih atas responce yang cukup cepat, btw response valve adanya di sebelah mana ya? dan gimana cara ngeceknya, kalau diganti berapa kisaran harganya Oleh iwan
Jawaban
Adjuster valve ada di bagian atas silinder head. Paling tidak harus turun separuh. Tahap awal coba ganti oli yang viskositasnya lebih kental. 20W-50 misalnya.

Blazer Sport
hi Blazie.. sy pakai pakai opel blazer sport 2003 dg mesin DOHC, sy ada sedikit pertanyaan; 1) apa beda blazer sport baik eksterior/interior at. performa dibandingkan LT, montera atau lainnya.. 2)Bila AC nyala, apakah kedua fan ikut bekerja dan bila mati sampai temperatur berapa nyala, dan apa efeknya bila sering pada temperatur tinggi mulai bekerja.. 3) Jarum temp biasanya selalu 75°C (hidup AC), sekarang lebih hingga 85°C, apa ada kesalahan pada fan.. Thanks a lot. Oleh Noer
Jawaban
1. Perbedaan interior hanya di kualitas cover panel pilar. Performa tidak ada beda dengan LT, karena mesinnya sama. 2. Seharusnya saat AC nyala, fan hanya satu yang bekerja [sisi kiri kita menghadap mesin]. Yang satunya bekerja saat suhu 103 drjt. 3. Jika ada peningkatan suhu dari biasanya, coba amati ada kebocoran air atau fan tidak bekerja smepurna [muternya lebih pelan] atau memang suhu sekitar sedang panas.

BBM Blazer
butuh info donk, saya tertarik dgn opel bazer, saya ingin tau irit ga nya, fix nya 1: brapa yah? trus kok harga type montero lebih murah knapa? thx Oleh dody
Jawaban
Rata2x sekitar 1:6 - 1:8. Yang montera tipe mesinnya SOHC.

suara mesin
kalau turun mesin 1/2 dn ganti adjuster valve kira2 memerlukan biaya berapa ya? Oleh suara mesin
Jawaban
Adjuster valve gak perlu ganti, cukup dibersihkan. Ongkosnya kisaran 2 jutaan berikut part paking2x.

malam,
saya ada rencana beli blazer. tapi saya sangat awam sgl sesuatu ttg mobil ini. blazer yg bermesin SOHC type brp aja? tahun?? trus apakah mesin SOHC lebih irit BBM drpd yg DOHC? thanks. Oleh pauline
Jawaban
Yang mesin SOHC lebih efisien. Tahunnya mulai 1999 - 2004 air radiator Di forum konsultasi ini, Om Blazie bilang boleh menggunakan air murni saja sebagai pendingin radiator, padahal di buku "PEDOMAN UNTUK PEMILIK" Blazer LT 2000, halaman 4-9 disebutkan "Hanya menambahkan air biasa ke dalam sistem pendingin mesin anda dapat berbahaya, ...., Mesin dapat terbakar". Kesimpulannya, sangat dianjurkan menggunakan campuran 50:50 antara air bersih biasa dengan bahan pendingin khusus. Gimana nih Om, saya jadi bingung dan ragu-ragu. Mohon advis nya ya. Terimakasih Oleh yufi Jawaban Yang saya bicarakan kenyataan di lapangan pak... Masalahnya coolant yang beredar kualitasnya tidak ada yang bagus. Karena coolant yang bagus harganya seharusnya di kisaran 200 ribuan per liter.


Spidometer & AC
Om om semua... ada yg punya spidometer second ndak yah? terutama untuk bagian angka digitalnya?mohon infonay donk klo ada yg punya atau tempat beli secondnya... Trus AC saya knapa ya om, kmaren abis isi freon yg katanya freon abis, setelah di isi full ukuran kec fan di dashboard harus pake yg paling besar karena kalo pake yg paling rendah/kecil timbul batu2 es di (apa yah namanya yg tabung di kap mesin itu) kata tukang ac nya, so sekarang terkadang ukuran sudah paling besar tidak kluar anginnya juga kluar2 kecil bgt n bikin keringatan penumpangnya (ini kadang2 aja), kira2 apanya yah yg error di ac saya kok harus pake fan ukuran kec paling besar? apa yg harus saya cek? thks nanda - montera 00
Oleh Nanda
Jawaban
Mohon bantuan rekan2x yang memiliki informasi dimaksud. Mengenai AC, gejala yang dimaksud adalah ngefrozz. Coba cek lagi kondisi accumulator/drier dan orificenya, mungkin mampet.

Perawatan AC
Butuh Infonya nich, untuk perawatan ac blazer apa yang perlu diperhatikan, Thanks Oleh Dedi
Jawaban
Biasanya periksa kondisi accumulator atau drier dan orifice atau expansi valve.


jenis-jenis oli
pak mohon info nya tentang jenis2 oli yang cocok (mobilnya Blazer LT 2000) yaitu untuk mesin, transmisi, gearbox, minyak rem, wiper fluid, radiator coolant (walaupun om menyarankan pake air biasa), power steering. Sekalian info lama pemakaiannya (maksud nya diganti setiap berapa km sekali. Makasih ya pak Oleh yufi
Jawaban
Oli mesin gunakan SAE minimal SG viskositas 15W-50 atau 20W-50. Oli transmisi ATF. Minyak rem minimal DOT 3, power steering minimal dexron IId. Coolant cukup pakai air murni atau suling.

radiator
Om blazie, radiator saya sering bocor padahal baru diservice tiga hari langsung bocor ditempat lain, apakah perlu diganti radiator??? karena kalau habis bocornya udah pindah-pindah.Thanks Oleh bonnie
Jawaban
Coba lakukan penambalan lagi, tapi jangan lupa sekalian dikuras radiatornya. Bukan sekedar membuang air radiator, tapi di-flush. Juga periksa bagian lain saluran pendingin, mungkin ada yang mampet sehingga ada kenaikan tekanan.

gigi mundur sulit
saya sering membaca di forum konsultasi ini perihal sulitnya memasukkan gigi mundur. Saya mau sharing aja pengetahuan saya (sebenarnya malu juga karena saya baru memiliki LT-2000 sekitar 2 bulan ini). Kalo kita mau mundur, tekan kopling sekitar 5 detik baru lah kita pindahkan tongkat persneling ke gigi mundur. Kalo terlalu cepat maka sering berbunyi "kreek". Gitu aja Om Blazzie
Oleh yufi
Jawaban
Tips lain [tanpa harus nunggu 5 detik], masukkan ke gigi 5 sebelum dulu masuk ke gigi mundur.




  • READ MORE.......



  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    Mesin tidak kuat di starter

    Ada satu masalah yang kerap dialami pengendara. Yaitu: mesin tidak kuat di-starter. Waktu kunci kontak di posisi `START`, mesin tidak mau berputar. Hanya terdengar bunyi `tek... tek`. Alhasil, mobil pun tidak bisa jalan.

    Berdasarkan data Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, problem ini memang paling sering muncul. `Rata-rata, setiap bulan, 30 persen dari seribu unit lebih yang ditangani ERA adalah masalah ini,` kata Suwarno, staf Technical and Training Development ERA AstraWorld.

    Mesin yang tidak kuat starter bisa terjadi karena baterai atau aki tidak menyimpan setrum atau arus listrik. Mengapa tidak ada setrum? Biasanya, penyebab utama setrum kosong adalah kekurangan air aki. Maksudnya, jumlah atau kuantitas air aki tidak sesuai dengan yang seharusnya: tidak diantara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki.

    Mestinya kuantitas air aki dikontrol. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Tugas itulah yang membuat air aki berkurang (menguap saat menyerap panas).

    Nah, bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, akan membuat sel-sel di dalam aki melengkung --harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus. Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya membuat konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.

    Sisi lain yang perlu diperiksa adalah terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin.

    Apabila setelah air aki diisi kembali, korosi dibersihkan serta kabel dikencangkan namun tetap tidak mau di-starter, coba lakukan `baterai jumper`, atau `dipancing`. Caranya dengan menghubungkan aki mobil yang tidak kuat starter dengan aki mobil lain. Tentunya, kapasitas aki kedua mobil itu harus sesuai. Mungkin ini agak sulit untuk dilakukan karena selain butuh mobil lain, juga perlu kabel jumper.

    Khusus untuk mobil dengan persneling (transmisi) manual ada alternatif lain. Anda bisa memicu putaran mesin dengan mendorong kendaraan. Coba putar kunci kontak pada posisi `ON`. Masukkan gigi dua, lalu injak pedal kopling, kemudian doronglah mobil. Setelah mobil mencapai kecepatan putaran ban yang cukup, lepaslah pedal kopling. Mestinya, begitu pedal dilepas, mesin langsung hidup. Ini pun mungkin agak sulit karena butuh bantuan orang lain.

    Bila langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun masalah tetap tidak teratasi, Anda tidak perlu khawatir. `Hubungi saja ERA AstraWorld. Service Agent kami akan segera menuju tempat Anda mengalami kesulitan,` kata Suwarno.

    Untuk mencegah mesin tidak kuat starter, menurut Suwarno, lakukanlah perawatan rutin terhadap aki kendaraan Anda. Seperti sudah diuraikan di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

    Periksa air aki secara periodik.

    Periksa terminal-terminal aki.

    Periksa kabel-kabel aki.


  • READ MORE.......



  • (astraworld)




    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Rangkuman seputar mesin berisik, suara gesekan, rear door, ganti velg, ac kurang dingin

    mesin berisik
    Salam kenal, saya pemilik Blazer LT tahun '97. Mobil saya setiap kali dihidupkan pada pagi hari mengeluarkan bunyi ketukan dari dalam mesin. Tapi setelah mesin mulai panas bunyi tersebut hilang/berkurang. Padahal tahun lalu mobil saya sudah turun mesin dan mengganti banyak bagian mesin seperti packing, ring piston, water pump, dll. Pertanyaan saya, berasal dari manakah bunyi tersebut? apakah mobil saya perlu turun mesin lagi? Apabila dibiarkan efek apa yang mungkin timbul kemudian? Terima kasih sebelumnya. Bravo BIC! Oleh hendro sulistiyo
    Jawaban Biasanya bunyi dari adjuster valve. Coba ganti oli dengan viskositas yang lebih kental, 20W-50 misalnya.

    suara gesekan pada putaran rendah
    Mohon bantuannya. Saya punya blazer montera. Pada putara rendah atau saat mobil berjalan lambat, terdengar dan terasa seperti ada gesekan sreg sreg sreg sreg. tapi saat lebih cepat suara tsb kurang terasa. suara muncul dari bagian bawah depan. Apakah itu karena kanvas rem yg telah aus ? mohon jawaban. Oleh descory
    Jawaban Coba cek lagi brake pad-nya atau kondisi bearing rodanya.


    rear door
    Para pemakain blazer pernah nggak ngalamin pintu belakang mobil anda macet nggak bisa dibuka.
    Saya cuma mau berbagi tips dari pada kita ke bengkel buang-buang duit mending di perbaiki sendiri. Sebab umum pintu belakang tidak bisa dibuka adalah masalah switch yang dipenuhi kerak. Caranya : 1. Siapkan obeng(-)dan (+), Kunci shock dan pas no 5 dan 10, kertas gosok, lalu Minuman softdrink berkarbonisasi yang dingin. 2. Bila pintu nggak pintu nggak bisa dibuka sama sekali jangan panik, anda cukup masuk ke bagasi belakang lewat pintu belakang.(jangan lewat pintu depan ntar ribet) 3. Setelah dibagasi rabah bagian pintu yang ada karpetnya menggunakan satu telunjuk jari saja. 4.arahkan tangan diposisi tengah atas. 5. setelah itu tekan bagian itu dan anda akan merasakan lobang yang kecil. 6.buka karpet ditempat lubang itu berada. 7. Ambil obeng (-) lalu masukkan dan geser (mengungkit) kearah kanan. 8. Nah pintu anda sudah pasti akan terbuka. 9. Buka panel pada pintu menggunakan obeng (+).pastikan anda membuka 3 baut pengikatnya. 10.Tarik panel pelan-pelan dengan pembagian gaya tarik anda yang merata agar panel tidak pecah. 11. Setelah terbuka Buka semua panel body dengan kunci shock 5 12. Lepaskan pengikat link yang menempel pada panel body 13. lepaskan semua soket kelistrikan, kecuali soket rear wiper dan selangnya) 14. Buka pengunci pintu anda yang macet dengan melepas pengunci-nya kearah kanan. 15. Setelah itu bongkar pengunci itu dengan mencukil sisi-sisi pinggirnya dan lalu ditarik (hati-hati gampang pecah) 16 setelah terbuka anda akan melihat bahwa jumper switch di dalamnya BERKERAK. 17 Ambil kertas gosok dan gosoklah dengan penuh perasaan. 18. Pasang dan rakit kembali bagian itu. 19. Pasang kan semua soket yang sudah anda lepas untuk pengetesan. 20. Masukkan kunci lalu TEKAN, PUTAR KE KIRI, PUTAR KE KENAN. 21. Bila ditekan selenoidnya bergerak berarti NORMAL, Bila diputar ke Kanan Doorlock anda terkunci berarti NORMAl, Bila di putar ke kiri doorlock Anda terkunci berarti Normal Dan terakhir bila kunci dicabut kunci akan terlepas berarti YA MEMANG BEGITU....He..he..he.. 22. Bila tidak normal ulangi seperti prosedur sebelumnya 23 Bila Normal Rakit kembali secara mundur seperti diatas. 24: Bila semuanya beres dan normal kembali. Ambil softdrink dingin yang anda persiapkan sebelum lalu minim pelan-pelan. ANDA PASTI HAUS. TRIMS SMOGA BERMANFAAT..(Sorry saya belum terdaftar jadi anggota...nggak apap2 ya...)

    ganti velg
    Saya baru beli opel blazer LT 97, saya mau ganti Velg yang lebih besar agar kelihatan lebih keren. Yang saya tanyakan 1. Ukuran berapa Velg yang pas. 2. ukuran berapa bannya. 3. Apakah berpengaruh dengan kenyamanan berkendaraan. Thangs Oleh geong
    Jawaban 1. Pelek ukuran berapa saja pasti pas, asal lubang 6. 2. Ukuran ban mengikuti lebar dan ring pelek, konsultasikan dengan toko ban dimaksud. 3. Kenyamanan, pasti berpengaruh, tinggal ukuran berapa yang diharapkan. Kenyamanan dimaksud bisa jadi makin enak bahkan makin memburuk.


    ac kurang dingin
    blazer saya th 97, untuk ac nya kalau baru jalan kira2 10 menit pertama dingin.untuk seterusnya sudah tdk dingin bahkan semburan anginnyapun menjadi kecil, please dong sarannya and kalo di benerin dimana dan kira2 berapa ongkosnya ya. thx bangeeeeet. Oleh fahlepi2012
    Jawaban Coba di vacum ulang dan ganti orificenya, jika perlu accumulatornya juga diganti. Ongkosnya kisaran 600ribuan berikut part





  • READ MORE.......






  • fr.www.bic.or.id






    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman