Cara mengemudi yang nyaman dan enak


Honda Jazz (01-Feb 08) 51-57
Pernahkah Anda merasa lelah setelah menyetir ? Jika jawaban Anda ya, berarti Anda mengemudi dengan posisi yang tidak benar Mengemudi terlalu lama bisa membuat pegal seluruh badan. Sendi-sendi menjadi kaku, kekencangan otot memburuk, kecepatan reaksi dan koordinasi menurun, peredaran darah turun, oksigen menuju organ dan otot juga menurun. Akibatnya, Anda merasa capai. Berjejal dalam mobil juga membuat darah menggumpal di daerah kaki, terutama pembuluh darah balik. Ya, perjalanan selama tiga atau empat jam memang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki.



Cara mengemudi yang nyaman dan enak :
1. Duduklah pada posisi yang enak.
2. Badan harus dalam posisi tegak.
3. Badan tidak miring ke kiri atau kanan.
4. Saat mengemudi, pundak jangan sampai ikut maju.
5. Usahakan posisi tubuh santai dan menempel pada jok.

6. Kedua kaki harus dalam keadaan lurus.
7. Biarkan kedua kaki menginjak rem, gas & kopling dengan santai.
8. Pakailah sepatu ketika mengemudi.
9. Jangan sekali-kali menekuk kaki, akan mempercepat kelelahan.
10. Usahakan posisi kedua tangan lurus ketika memegang setir.
11. Jangan memegang setir dengan posisi menyilang.




Berhenti sebentar dan lakukan gerakan-gerakan di bawah ini.
1. Kencangkan perut. Tekan pinggang kuat-kuat pada
tempat duduk dan tarik otot perut ke dalam. Lakukan
selama 2 - 3 detik, kemudian lepaskan kembali.
Ulangi lima kali.

2. Kencangkan otot pantat sekuat-kuatnya. Lakukan
selama 2 - 3 detik, kemudian kendorkan.
Lakukan lima kali.

3. Jalan sambil duduk. Geser berat badan Anda dari
pantat kanan ke pantat kiri, gerakkan juga ke
belakang dan ke depan. Lakukan selama 5 - 10 detik.

4. Menggerakkan pinggul. Gerakkan pinggang ke depan,
sehingga melengkung. Kemudian balik gerakan tadi,
tekan pinggang ke tempat duduk dan doronglah
pinggul ke depan. Ulangi lima kali.

5. Angkatlah bahu setinggi mungkin, kemudian kembali
ke posisi awal secara perlahan-lahan.
Ulangi lima kali.

6. Tarik bahu ke belakang. Kemudian coba saling
menyilangkan kedua tulang belikat. Lalu kembali ke
posisi awal. Ulangi lima kali.

7. Kencangkan otot-otot paha, tahan selama 2 - 3 detik.
Kemudian kembalikan ke posisi semula.
Ulangi lima kali.

8. Menekan setir mobil. Peganglah setir mobil Anda
pada posisi jam 3 dan 9. Peganglah yang kuat dan
tekan ke dalam. Tahan selama 2 - 3 detik, kemudian
kembali ke posisi semula. Lakukan lima kali.

9. Gerakkan kepala ke arah bahu kanan, lalu kembali
ke tengah. Selanjutnya, gerakkan kepala ke arah
bahu kiri, kemudian kembali lagi ke tengah.

fr.BIC Webmaster

Biar Panas Menyengat, Mobil Tetap Terawat

Hujan mulai jarang menghampiri kita. Panas matahari mulai terasa menyengat kulit di siang hari. Awal musim kemarau mulai menemani aktivitas kita sehari-hari. Musim kemarau yang panas terkadang membuat malas pemilik mobil untuk merawat mobilnya baik dari segi mesin maupun penampilannya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar mobil Anda tetap terawat walaupun panas matahari menyengat :
Saat memarkir kendaraan, hindari sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari yang menyengat dapat merusak kilau cat mobil Anda. Apalagi ditambah Anda seharian sudah mengendarai kendaraan di bawah terik sinar matahari.
Hati-hati jika memarkir kendaraan di tempat terbuka. Misalnya di bawah pohon, getah pohon bila jatuh dan mengering dapat merusak cat. Begitu juga dengan kotoran burung.
Jika terpaksa terkena kotoran, segera cuci mobil selepas pulang bekerja. Jangan mengguyur mobil dengan air di tengah terik matahari karena air dapat langsung mengering. Hal ini bisa menjadi penyebab kusamnya cat dan timbulnya noda.
Lindungi dashboard dari sinar matahari langsung dengan produk lapisan pelindung yang banyak beredar di pasaran. Sinar matahari dapat merusak dashboard kendaraan khusunya lapisan luar. Anda juga dapat menggunakan sun shade (penutup kaca mobil) untuk mengurangi suhu dalam kabin.
Perhatikan kebersihan kaca. Kaca harus selalu bersih dari debu. Debu yang menumpuk di permukaan cepat menimbulkan jamur dan mengganggu pandangan.


sumber: oto.co.id




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Penggunaan Pernis Supaya Mobil Kinclong

    Punya mobil yang kusam? Sekarang Anda tidak usah minder karena sekarang ini telah banyak tersedia jasa bengkel yang dapat meningkatkan prestise mobil yang dimiliki dengan pengecatan ulang tanpa biaya yang terlalu mahal.
    Dari beberapa cara yang ditempuh, satu yang paling lazim digunakan adalah satu body. Sebenarnya hal itu tidak perlu, sebab selain biayanya cukup mahal, juga makan waktu lama. Kini ada solusi yang lebih mudah, cepat dan simpel untuk memuluskan body, yaitu dengan menggunakan pernis sebagai pelapis. Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, namun hasilnya sama. Untuk menambah pengetahuan Anda (sekaligus menghindari tipuan yang biasa dilakukan oleh oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab), berikut langkah-langkahnya.
    Langkah pertama adalah menutupi bagian roda dengan koran atau bahan lainnya supaya cat tidak mengenai bagian ini. Selain itu, tutup juga bagian-bagian lainnya seperti kaca depan dan belakang, spion, atau karet pintu. Bila ternyata mobil Anda dalam kondisi kusam, maka bagian tersebut harus diamplas lagi dengan amplas kasar. Tujuannya adalah supaya cat lama terkikis dan warna asli hampir tidak lagi menempel di badan mobil.
    Setelah itu gunakan pengecatan dengan warna pernis pernis khusus yang bertujuan untuk menampilkan kilap mobil. Untuk mengeringkannya mobil dimasukkan ke oven dengan suhu sekitar 80 derajat selama kurang-lebih 30 menit. Tujuan penggunaan oven ini adalah karena tempatnya steril, dan panasnya ideal untuk mengeringkan body mobil yang baru dicat. Setelah selesai, tugas masih berlanjut dengan membiarkan cat mobil mengering dan menyatu dengan badan mobil. Jangan salah, meski nampak sudah kering, itu hanya bagian luarnya saja, untuk lapisan dalam butuh waktu kira-kira satu hari.

    Setelah cat di badan mobil kering sepenuhnya, gunakan amplas halus untuk mengikir butiran-butiran cat yang (mungkin) mengeras dan membentuk benjolan-benjolan kecil. Setelah itu, barulah langkah terakhir dilakukan yaitu melakukan pemolesan.
    Dengan sisem ini, tanpa pengecatan satu body mobil, kendaraan Anda tetap tampil keren.

    (bid/berbagai sumber)




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips - Periksa Oli dan Air Radiator


    Anda pernah kesal dengan kinerja mesin mobil Anda? Kalau ya, maka dari sekarang Anda harus lebih memperhatikannya. Sebab semakin rajin dirawat, kemungkinan mobil ngadat di tengah jalan juga kecil.

    OES Genuine Antifreeze CoolantMerawat mobil memang gampang-gampang susah. Tetapi kalau Anda telaten dan punya disiplin tinggi, Anda bisa melakukannya sendiri, tidak harus sepenuhnya selalu diserahkan pada montir.

    Ada beberapa hal yang harus diperiksa dan diperhatikan dalam melakukan perawatan sendiri. Pertama, Anda harus rajin memeriksa dengan cermat pelumas (oli) mesin. Caranya, cabut stick oli. Pastikan oli berada pada tanda full.


    Jika olinya kurang, bisa ditambahkan sampai batas tanda penuh. Bukan hanya itu saja, oli yang berkurang bisa disebabkan kebocoran oli. Untuk itu sempatkan juga Anda melongok ke bawah. Jika ada rembesan oli, berarti ada komponen yang rusak.

    Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan melihat ke arah lantai, tempat mobil itu diparkir. Jika di situ ada bekas olinya, maka jangan biarkan kondisi itu berlarut-larut.

    Langkah berikutnya rasakan kekentalan olinya dengan jari. Jika masih tampak jernih dan kental, jangan buru-buru mengganti oli walaupun jarak tempuhnya telah melebihi 5.000 km. Sebaliknya, jika sudah tampak encer dan keruh, oli segera diganti dengan yang baru, walaupun jarak tempuhnya masih kurang dari 5.000 km.

    Hal itu bisa disebabkan oleh kondisi lalu lintas yang macet. Sehingga walaupun mobil dalam kondisi diam atau bergerak perlahan, namun mesinnya terus menyala.

    Jangan lupa untuk mengganti filter oli. Penggantian itu bisa dilakukan setiap dua kali mengganti oli mesin atau tergantung dari kondisi mobil Anda.

    Setelah urusan oli beres, beralihkan ke air pendingin radiator. Pastikan juga airnya selalu berada pada tingkat penuh (full). Jika berkurang, segera tambahkan. Kalau sampai kehabisan air, maka temperatur mesinnya bisa tinggi, mobil pun ngadat.

    Apabila cara-cara di atas telah Anda terapkan, paling tidak, risiko mobil ngadat berkurang. Anda pun bisa melenggang di jalan dengan tenang. (YC/B-12)

    (fr.Suara Pembaruan Daily)

    Jangan Ketinggalan Informasi


    Toyota Culture: The Heart and Soul of the Toyota WayMacet itu menyebalkan, apalagi jika Anda terjebak di dalamnya tanpa tahu penyebabnya. Nah, kalau di mobil ada radio, jangan cuma dimafaatkan untuk menyetel kaset. Tapi gunakan juga untuk mendapatkan berita-berita aktual.

    Kalau mau stasiun yang menjangkau Nusantara, pilihannya tentu saja Radio Republik Indonesia (RRI). Sedangkan radio swasta nasional masih terikat aturan hukum yang membatasi daya pancar. "Tapi ada radio tertentu yang membentuk jaringan hingga ke pelosok," jelas Slamet Mulyadi, punggawa Persatuan Radio Swasta Nasional Indonesia (PRSNI).



    Radio Sonora dan Prambors, misalnya, punya jaringan kerja sama dengan beberapa radio di seputar Jawa. Mereka melakukan liputan langsung bersama-sama dan menyiarkannya secara bersamaan. Bagaimana jika Anda sedang berada di areal tol? Gampang, telepon saja nomor-nomor berikut.

    Tol Jagorawi (021) 917-7777
    Tol Jakarta - Cikampek (021) 821-6510, 821-6515
    Tol Cawang - Tomang - Cengkareng (021) 801-1735, 08001-821997 (bebas pulsa)
    Tol Jakarta - Tangerang (021) 919-9999
    Tol Padaleunyi - Citarum (022) 211-251 ext 40
    Tol Surabaya - Gempol - Mojokerto (031) 562-4444
    Tol Semarang (024) 606-012, 606-014
    Tol Palikanci (Cirebon) (0231) 482-268 ext 103
    Tol Belmera (Medan) (061) 611-701, 612-920


     
     
     

    Total Tayangan Halaman