HIN: Eazy Driving - Mengganti Fungsi Rem Tangan dengan Persneling


Rem tangan termasuk bagian yang sering terabaikan. Tetapi, ketika harus memarkir mobil di tanjakan atau turunan, baru teringat betapa pentingnya perangkat penghenti yang satu ini.

Fungsi rem tangan sebenarnya bisa diganti dengan gigi perseneling. Namun, Anda perlu benar-benar memperhatikan dalam memasukkan gigi. Ketika berada di tanjakan, gigi persneling yang difungsikan adalah gigi mundur. Tetapi, bila berada di turunan, yang paling tepat menggunakan gigi 1.
Bila Anda gunakan gigi mundur saat mobil berada di turunan, maka cara ini dapat menyebabkan gigi timing belt mengendur. Bila kebetulan setelah timing belt mobil Anda agak kendur, maka dapat juga gigi timing belt itu loncat dan mobil menjadi tidak bisa dihidupkan lagi. Selain itu, bila mobil sempat menggelinding beberapa sentimeter, tak tertutup kemungkinan ada sebagian kotoran dari saluran buang yang masuk ke dalam mesin. Tentu hal ini berakibat fatal. Akibat yang sama juga dapat terjadi bila gigi 1 Anda gunakan untuk mengganjal mobil pada posisi menanjak.
Karena itu, hati hatilah. Untuk menjaga dari berbagai risiko itu, ada baiknya Anda tetap membiasakan mengganjal roda mobil seaman mungkin ketika mengfungsikan persneling sebagai pengganti rem tangan.



HIN: Eazy Driving - Cara Mengetahui Pelat Kopling yang Aus
Pemakaian kopling pada kendaraan tidak dapat diprediksikan waktu keausannya. Sebab hal itu tergantung pada pemakaian kendaraan dan perilaku pengemudi. Namun begitu, pasti lambat laun pelat kopling akan terkikis tipis. Gejalanya terasa dari tarikan mobil yang menjadi loyo atau tidak bertenaga, meskipun pedal gas disentak.
Pada mobil dengan transmisi otomatis, tanda-tanda keausan pada pelat kopling yaitu pada saat mobil jalan, posisi gigi persneling tidak melakukan perpindahan, bahkan sampai putaran mesin tinggi sekalipun.
Sedangkan pada mobil dengan transmisi manual, cara untuk mengetahui tanda-tanda keausan pelat kopling adalah menyalakan mesin tanpa menjalankan mobil dan masukkan tuas persneling pada posisi gigi satu. Kemudian tarik rem tangan dan injak pedal rem. Lalu, lepaskan injakan kaki kiri di pedal kopling perlahan-lahan sambil tetap menekan pedal rem. Nah, jika putaran mesin langsung berhenti, berarti pelat kopling masih baik dan layak pakai. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, pelat kopling harus cepat-cepat diganti. [dian puspa]

HIN: Eazy Driving - Mencuci Kendaraan di Rumah
Musim hujan sudah tiba. Biasanya kendaraan jadi gampang kotor, karena sering terkena kotoran di jalanan yang becek. Sekalian olahraga, tidak ada salahnya jika Anda mencuci mobil sendiri di rumah.
Bagian pertama yang harus dicuci terlebih dahulu adalah semua ban, sistem suspensi dan bagian-bagian bawah kendaraan. Kemudian baru siramkan air ke bagian atas badan kendaraan. Bersihkan bagian tersebut dengan lap bersih atau karet busa. Hindari pemakaian lap atau sikat yang keras agar cat mobil tidak tergores. Bila perlu, gunakan air sabun untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang membandel. Namun, sebelum mengering siramlah air sabun dengan air bersih. Soalnya, air sabun yang mengering dapat meninggalkan bekas atau bintik-bintik putih. Sesudah itu keringkan mobil Anda dengan menggunakan lap lunak yang bersih.
Sedangkan untuk membersihkan gemuk dan minyak yang menempel pada badan kendaraan, gunakan bensin dan alkohol. Gemuk dan minyak yang menempel ini dapat berakibat melunturkan cat dan permukaan kulit yang mengkilap. Tetapi jangan sekali-sekali menggunakan minyak tiner untuk menghilangkannya. Karena tiner dapat melarutkan cat, sehingga lebih baik Anda memakai abundant wax untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan. [dian puspa]

HIN: Eazy Driving - Service Mesin Berkala
Coba cek, sudah berapa kilometer yang telah ditempuh oleh mobil Anda ? Jika mobil Anda telah menempuh 20 ribu kilometer, maka sudah seharusnya mesin Anda diservis agar kondisi tetap prima. Karena jika mobil tidak diservis setiap 20 ribu kilometer, maka mesin mobil akan terasa kurang enak dan tidak bertenaga.
Servis berkala ini sering disebut engine adjustment, yang membersihkan, menyetel ulang bagian-bagian tertentu seperti :saringan bensin, saringan udara, tutup distributor, busi, platina dan penyetelan oktan selektor untuk proses pengapian. Nah, jika Anda bengkel untuk servis berkala, pastikan bagian-bagian mesih tersebut dibersihkan dan disetel dengan baik.

HIN: Eazy Driving - Mengenali Asap Mobil Diesel
Mobil diesel memang paling gemar mengepulkan asap tebal. Tetapi, bila warna asapnya tak wajar, misalnya terlalu tebal, berwarna putih, atau kelabu, itu tandanya mesin mobil tidak bekerja normal.
Misalnya saja bila kepulan asapnya berwarna hitam pekat, itu tandanya jumlah solar yang diinjeksikan terlalu banyak. Sehingga, ada sebagian bahan bakar yang tidak terbakar sempurna. Penyebabnya karena saringan udara yang kotor, atau tekanan injeksi yang menurun dan perlu dikalibrasi ulang. Untuk memperbaikinya injektor mesin mobil itu perlu disetel ulang setiap 20 ribu kilometer sekali atau kira-kira setahun sekali.
Tetapi, jika asap itu berwarna kelabu, biasanya disebabkan oleh tetesan solar di ujung injector tidak menutup sempurna. Sedangkan, bila asapnya berwarna putih,
itu tandanya ada oli mesin yang ikut terbakar. Faktor pemicunya, karena ada
ring torak yang patah atau bocor. Kerusakan ini tergolong berat, karena mesin harus diturunkan separuh untuk mengganti ring torak atau harus turun mesin keseluruhan jika kebocoran oli itu disebabkan oleh kerusakan di bagian dinding silinder.


HIN: Eazy Driving – Mengganti Ban di Perjalanan
1. Jika anda bepergian dengan mobil Anda, jangan lupa selalu menyiapkan ban cadangan. Karena bisa saja tiba-tiba ban mobil Anda pecah atau bocor di tengah jalan. Jika hal tersebut terpaksa harus Anda alami, lakukan prosedur-prosedur berikut ini agar keselamatan Anda terjaga.
2. Pertama bawalah kendaraan Anda ke sisi jalan dengan hati-hati dan parkirkan di tempat yang aman.
3. Kemudian, buka kap mesin dan tutup bagasi, lalu pasang tanda segitiga pengaman agar dapat diketahui oleh pengemudi kendaraan lain sehingga menghindari terjadinya kecelakaan. Untuk malam hari, pasanglah lampu parkir berwarna merah agar mudah dilihat.
4. Lalu, keluarkan alat-alat yang diperlukan seperti dongkrak, penggerak dongkrak, dan ban cadangan. Pasang ganjal pada ban muka dan belakang ban yang tidak terangkat oleh dongkrak.
5. Buka tutup pelek roda yang akan diganti sebelum kendaraan didongkrak dengan ujung obeng atau batang logam yang gepeng. Kendurkan baut-baut roda searah jarum jam.
6. Tempatkan dongkrak sesuai dengan petunjuk. Dongkraklah kendaraan sampai ban terangkat dan tidak menyentuh permukaan jalan. Lalu, lepaskan baut-baut roda. Simpan baut di tempat yang aman supaya tidak hilang bila akan dipasang lagi.
7. Bukalah roda dan pasanglah ban cadangan dengan memeriksa tekanannya terlebih dahulu. Pasang baut-baut roda, kokohkan dengan kunci roda setelah dongkrak diturunkan kembali. Sebelumnya periksalah apakah dibawah kendaraan terdapat benda-benda yang dapat menghalangi turunnya kendaraan.
8. O..ya, jangan mengokohkan baut atau sekrup terlalu keras, agar tidak sulit membukanya kembali. Yang penting baut harus cukup kokoh untuk menghindari terlepasnya roda. [dian puspa]

HIN: Eazy Driving - Menghilangkan Noda pada Interior Mobil
Noda pada kain pelapis jok perlu perlakuan khusus untuk menghilangkannya. Kalau hanya noda-noda makanan saja, lebih gampang membersihkannya. Caranya, usapkan saja kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada noda makanan. Sedangkan untuk menghilangkan noda-noda lemak seperti yang berasal dari lipstik, kue tart, crayon dan lain-lain, perlu pembersih khusus yang banyak tersedia di pasaran. Langkahnya mudah saja, sebisa mungkin keriklah dulu noda yang menempel dengan pisau tumpul. Kemudian, bersihkan noda yang tersisa dengan lap lembut yang sudah dibasahi cairan pembersih. Bersihkan mulailah dari sisi luar dan diteruskan ke pusat. Lalu, keringkan dengan hair dryer, tetapi hati-hati jangan sampai terlalu panas.
Untuk menghapus noda bekas permen karet, gunakan es batu guna membekukan sisa-sisanya. Kerik dengan pisau tumpul dan lanjutkan seperti membersihkan noda lemak. Apabila tidak yakin apa penyebab noda yang menempel di interior mobil anda, cara paling aman adalah bawa mobil Anda ke spesialis perawatan interior. [dian puspa]

Sumber: >www.oto.co.id

Share on :
 
 
 

Total Pageviews