Mengetahui Plat Kopling Aus


Pemakaian kopling pada kendaraan tidak dapat diprediksikan waktu keausannya. Sebab hal itu tergantung pemakaian kendaraan dan perilaku pengemudi. Namun begitu, pelat kopling sesuai dengan masa pakainya akan terkikis tipis. Gejalanya akan terasa dari tarikan mobil yang menjadi loyo, meskipun pedal gas disentak tenaganya sudah tidak terasa lagi. Untuk mengetahui keausan pelat kopling pada mobil anda, ikuti cara berikut ini :


Pada mobil dengan transmisi otomatis :
Pada saat mobil jalan, posisi gigi persneling tidak melakukan perpindahan. Bahkan sampai putaran mesin tinggi sekalipun.

Pada mobil dengan transmisi manual :

Lakukan pemeriksaan ini di tempat yang tidak terhalang karena ketika pedal kopling dilepas, mobil akan sedikit tersentak ke depan.
Mobil tidak perlu dijalankan. Dalam keadaan mesin menyala, injak pedal kopling dan masukkan tuas persneling pada posisi gigi satu.
Kemudian tarik rem tangan dan injak pedal rem menggunakan kaki kanan.
Lepaskan injakan kaki kiri di pedal kopling perlahan-lahan sambil tetap menekan pedal rem. Cermati reaksi yang terjadi pada mesin. Jika putaran mesin langsung berhenti, berarti pelat kopling masih baik dan layak dipakai. Namun jika terjadi sebaliknya, pelat kopling harus cepat-cepat diganti.[arc/erf/oto]


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews