kendaraan mogok

Sering dalam keadaan darurat di jalan, tiba-tiba kendaraan mogok. Sementara belum sempat ke bengkel atau memperbaikinya apabila mesin tak dapat distarter dengan mudah karena baterei atau motor starter dalam keadaan rusak, akali dengan trik yang cerdik seperti berikut ini :

Cara menyetart mesin dengan jalan mendorong kendaraan
Nyalakan kunci kontak, tempatkan tangkai persneling pada posisi dua, pijak pedal kopling, kemudian mintalah bantuan dua atau tiga orang untuk mendorong maju kendaraan anda. Apabila kendaraan sudah berjalan cukup cepat, maka lepaskanlah pedal kopling. Apabila mesin sudah dapat bekerja, pijaklah segera pedal kopling, sementara itu pijaklah pedal gas untuk mempertinggi putaran mesin. Namun demikian, prosedur tersebut tak dapat dipakai untuk kendaraan dengan persneling otomatis.

Cara menyetart mesin dengan jalan menarik kendaraan
Nyalakan kunci kontak, tempatkan tangkai persneling pada posisi dua, pijak pedal kopling, kemudian mintalah bantuan dua atau tiga orang untuk mendorong maju kendaraan anda. Mesin dapat distart dengan jalan menarik kendaraan anda, yaitu dengan pertolongan kendaraan lain yang menarik kendaraan anda dengan tali atau kabel. Dalam hal tersebut digunakan tali yang cukup panjang hingga jarak antara keduanya cukup jauh untuk mencegah tumbukan, apabila kendaraan anda tiba-tiba distart. Perlu ada kesepakatan mengenai tanda-tanda yang akan dipakai misalnya dengan klakson apabila kendaraan anda sudah dapat dijalankan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Cara menyetart mesin dengan pertolongan baterei dari kendaraan lain
Apabila ada kendaraan lain dengan baterei yang baik dan tersedia kabel yang cukup panjang (terbungkus isolator) maka mesin dapat pula distart dengan menghubungkan terminal-terminal positif dengan positif dan negatif dengan negatif dari kedua baterei tersebut. Hal itu bisa dilakukan apabila kedua baterei tersebut bertegangan sama. Mesin kendaraan yang memberikan bantuan harus dijalankan agar batereinya tetap dapat dimuati secukupnya. Dalam keadaan tidak tersedia kabel, gantilah baterei yang lemah dengan baterei yang baik, kemudian start mesin. Sesudah mesin dapat bekerja, maka jalankanlah pada putaran yang cukup tinggi sehingga generator dapat memuati baterei tersebut. Dengan mempertahankan putaran mesin pada kecepatan tersebut, segera cabutlah kabel-kabel baterei dan gantilah baterei tersebut dengan baterei yang semula dan pasangkan kabel-kabelnya. Usahakan agar mesin tidak mati.




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews