Mesin tidak kuat di starter

Ada satu masalah yang kerap dialami pengendara. Yaitu: mesin tidak kuat di-starter. Waktu kunci kontak di posisi `START`, mesin tidak mau berputar. Hanya terdengar bunyi `tek... tek`. Alhasil, mobil pun tidak bisa jalan.

Berdasarkan data Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, problem ini memang paling sering muncul. `Rata-rata, setiap bulan, 30 persen dari seribu unit lebih yang ditangani ERA adalah masalah ini,` kata Suwarno, staf Technical and Training Development ERA AstraWorld.

Mesin yang tidak kuat starter bisa terjadi karena baterai atau aki tidak menyimpan setrum atau arus listrik. Mengapa tidak ada setrum? Biasanya, penyebab utama setrum kosong adalah kekurangan air aki. Maksudnya, jumlah atau kuantitas air aki tidak sesuai dengan yang seharusnya: tidak diantara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki.

Mestinya kuantitas air aki dikontrol. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Tugas itulah yang membuat air aki berkurang (menguap saat menyerap panas).

Nah, bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, akan membuat sel-sel di dalam aki melengkung --harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus. Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya membuat konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.

Sisi lain yang perlu diperiksa adalah terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin.

Apabila setelah air aki diisi kembali, korosi dibersihkan serta kabel dikencangkan namun tetap tidak mau di-starter, coba lakukan `baterai jumper`, atau `dipancing`. Caranya dengan menghubungkan aki mobil yang tidak kuat starter dengan aki mobil lain. Tentunya, kapasitas aki kedua mobil itu harus sesuai. Mungkin ini agak sulit untuk dilakukan karena selain butuh mobil lain, juga perlu kabel jumper.

Khusus untuk mobil dengan persneling (transmisi) manual ada alternatif lain. Anda bisa memicu putaran mesin dengan mendorong kendaraan. Coba putar kunci kontak pada posisi `ON`. Masukkan gigi dua, lalu injak pedal kopling, kemudian doronglah mobil. Setelah mobil mencapai kecepatan putaran ban yang cukup, lepaslah pedal kopling. Mestinya, begitu pedal dilepas, mesin langsung hidup. Ini pun mungkin agak sulit karena butuh bantuan orang lain.

Bila langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun masalah tetap tidak teratasi, Anda tidak perlu khawatir. `Hubungi saja ERA AstraWorld. Service Agent kami akan segera menuju tempat Anda mengalami kesulitan,` kata Suwarno.

Untuk mencegah mesin tidak kuat starter, menurut Suwarno, lakukanlah perawatan rutin terhadap aki kendaraan Anda. Seperti sudah diuraikan di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

Periksa air aki secara periodik.

Periksa terminal-terminal aki.

Periksa kabel-kabel aki.


  • READ MORE.......



  • (astraworld)




    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Tayangan Halaman