Menyalakan Mesin Dingin

Menyalakan mesin Karimun dalam kondisi dingin gampang-gampang susah, buat yang terbiasa dan tahu triknya, ah gampang saja, sekali putar kunci langsung greengg, tapi lain soal buat yang newbie soal Karimun, sudah distarter berkali-kali kok mesin mati melulu, huh menyebalkan.
Karimun memang masih mengandalkan karburator buat pemasok bahan bakarnya. Karenanya tidak adanya pengatur otomatis (layaknya injeksi dengan ecunya) untuk mengatur campuran bensin dan udara agar lebih kaya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin pada saat dingin. Setting di karburator yang tepat juga akan sangat membantu menyalakan mesin dalam kondisi dingin. Tapi tenang ada kok solusi dan tips dan triknya.
1. Choke
Letaknya ada disebelah kiri setir. Tinggal tarik choke dan hidupkan mesin. Jika mesin hidup dengan RPM terlalu tinggi, turunkan choke perlahan-lahan, hingga dicapai RPM ideal sekitar 1000 - 1100 RPM, tahan choke diposisi itu untuk beberapa saat, jika suara mesin sudah stabil, kembalikan choke.
2. Bejek Pedal Gas
Cara lain adalah dengen membejek pedal gas (bejeknya santai saja) 2 - 3 x sebelum distarter. Setelah itu hidupkan mesin.
3. Injak Pedal Gas + Starter
Cara yang lebih agresif adalah dengan menginjak pedal gas (1/2 saja) dan starter secara bersamaan. Setelah mesin hidup langsung lepas pedal gas.
PERHATIAN
Sebaiknya jangan menjalankan mobil dalam kondisi dingin hingga tercapai suhu ideal (kira-kira di atas indikator C) karena tentu selain memaksa mesin dan komponennya, mobil juga



  • READ MORE.......



  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Share on :
     
     
     

    Total Pageviews