Jangan remehkan hujan yang mengguyur mobil anda

Hujan yang mengguyur jalanan akhir-akhir ini, bisa menimbulkan masalah pada kendaraan anda. Debu dan lumpur yang biasa menyertai siraman air hujan yang melekat pada kendaraan, akan menyerap uap air dengan cepat dan dapat merusak permukaan cat. Lama-lama cat akan luntur dan mudah terjadi retak-retak.



Antisipasi yang tepat, sering-sering bersihkan mobil anda di musim hujan. Karena kebersihan kendaraan penting untuk perawatan mencegah terjadinya kerusakan.


Bagian Luar Kendaraan

1. Jagalah permukaan badan kendaraan dalam keadaan kering dan tidak terlalu kotor.

2. Jika permukaan kendaraan dalam keadaan kering, bersihkan dengan lap kering yang bersih atau kemoceng.

3. Bila ada kotoran yang sulit dihilangkan, pergunakan lap basah yang bersih, jangan gunakan lap kering karena bisa menyebabkan goresan pada permukaan cat terutama jika mengelap dengan tekanan tangan yang kuat.



Bagian Bawah Kendaraan

1. Cucilah bagian bawah kendaraan, karena bagian ini lebih cepat kotor dan berlumpur karena dekat dari permukaan jalan sehingga bisa cepat rusak.

2. Bersihkan ban dengan sikat ijuk, bersihkan bagian yang bergemuk atau cepat kotor dengan air sabun, sedangkan garis-garis putih pada ban yang kotor dapat diputihkan dengan kertas ampelas.

3. Bersihkan bagian spakbor dan pegas dengan semprotan air, kalau perlu korek kotoran dengan sikat/batang kayu jika susah dibersihkan.

4. Periksa sistem suspensi, apakah tertutup lumpur atau tidak karena bagian ini tidak dapat dilihat dengan mudah.



Bagian Dalam Kendaraan

1. Jangan menyiram bagian dalam kendaraan dengan air karena bisa menyebabkan korosi pada lantai dan tidak bisa cepat kering.

2. Interior bagian dalam dapat dibersihkan dengan sapu yang lunak/kemoceng/alat penghisap debu.

3. Bersihkan kotoran yang tidak mudah hilang dengan lap basah yang bersih. Bersihkan karpet dengan air sabun di luar kendaraan, keringkan dan pasang kembali.

4. Air hujan yang masuk ke dalam kendaraan, keringkan dengan lap kering karena udara yang lembab bisa merusak interior. Buka seluruh kaca, jemur di bawah sinar matahari, angkat semua karpet, sampai air menguap sehingga bagian-bagian dalam kendaraan tidak cepat berkarat.

5. Usahakan agar tidak ada air yang tergenang pada bagian-bagian kendaraan, misal pada engsel, tempat kaca pintu.[erf/oto]

  • selengkapnya......

  • Share on :
     
     
     

    Total Pageviews