Memegang Kemudi di Medan Berat

Mengemudi mobil jip memang sedikit lain dibanding mobil penumpang. Terlebih lagi bila bakal menerjang medan berat. Posisi tangan dalam memegang roda kemudi pun harus mendapat perhatian serius. Untuk mobil yang tidak dilengkapi dengan power steering (kemudi daya), sebaiknya Anda harus memegang roda kemudi dengan posisi ujung ibu jari ke atas dan diluar lingkar kemudi.

Soalnya, jika roda depan menghajar gelondongan kayu atau batu besar, roda kemudi itu bakal berputar sangat cepat. Bila ibu jari berada di dalam lingkar kemudi, bisa jadi bakal terkilir atau paling berat hingga patah tulang lantaran terpukul gerakan jari-jari roda kemudi itu.

Selain itu, perhatikan dengan cermati arah ban mobil Anda. Bila lalai, ke mana arah ban itu dibelokkan, keadaan ini sangat berbahaya lantaran mobil dapat terjerembab ke jurang atau medan yang menyulitkan. Nah, untuk memudahkan dalam menandai arah roda, Anda dapat menempelkan isolatip warna putih di roda kemudi hingga arah roda depan dapat dengan mudah dimonitor dari ruang kemudi. [cq]


  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Lampu rem mesin mberebet suara dengung mesin fan AC

    Lampu rem
    Blazer montera th 2000 punya aku, lampu hand brake di dash board nyala terus bila kecepatan diatas 60 km/jam, kenapa ya??
    Oleh NANA MULYANA
    Jawaban
    Coba cek switch hand brake atau speed sensor atau EBCM atau rangkaian dioda di bawah bashboard sisi kanan. Mungkin ada dioda yang mati.

    Minggu lalu kebo merah saya ditukar bannya, di-balancing lalu di-spooring. Anehnya mobil tetap mbanting ke kiri sedikit. Teknisi mengatakan perlu periksa chamber(?). Apa sebenarnya yang mengakibatkan si kebo tetep banting ke kiri meski telah di-spooring? Makasih.
    Oleh wahyuhidayat
    Jawaban
    Coba sampaikan ke tukang spooring untuk tidak mengejar angka '0' saat setting chamber, toe-in/out.


    Lampu rem mati
    Mobil saya Blazer 97 DOHC. Problem : Lampu rem tidak menyala saat diinjak rem tetapi center high mounted stop lamp nyala. Saat tombol hazard dipencet lampu belakang juga tidak berkedip. Anehnya sein akan berfungsi apabila tombol hazard dipencet apabila tidak dipencet sein tidak berfungsi. Fungsi lampu senja ok. Saya harus memperbaiki sendiri karena tinggal di Dumai, untuk ke Bengkel Vinsa Pekan Baru butuh waktu 4,5jam, saya tak berani jalan jauh mengingat lampu rem tak berfungsi.Sedangkan cabang Vinsa yang di Dumai nggak mampu. Mohon advis teknikalnya.bisa nggak dikirimi gambar wiring untuk hazard dan flasher + switch yang ada di kemudi baik sein/turn maupun hazard. Saya coba searching di internet permasalahan di atas dan menemukan di http://www.autointell-news.com/News-2002/January-2002/January-2002-5/January-30-02-p9.htm (problemnya persis sama, masalahnya mobil saya kan blazer 97, sedangkan yang di bahas di situ mobil tahun 2001) Terima kasih atas bantuannya
    Oleh PRIYO
    Jawaban
    Blazer dari tahun 1996 s/d 2004 sama semua semua sistem wiringnya. Masalah yang disampaikan ada pada combination switch [switch wiper, sein]. Coba buka part dimaksud, perbaiki switch2nya, biasanya ada yang terbakar.


    mesin mberebet
    pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
    Oleh budi
    Jawaban
    Coba cek kabel busi, busi dan koil.

    no mesin dan rangka
    Blazy saya ketika akan balik nama mengalami beberapa kesulitan : No. mesin terlihat jelas tapi saat digesek tidak bisa hanya keluar titik2. No rangka terlihat tak beraturan, naik turun. Apakah itu normal? Tx infonya
    Oleh Nobunaga
    Jawaban
    Normal pak...

    suara dengung mesin
    beberapa hari ini(montera2002), ada bunyi mendengung lebih keras - spt extra fan yg hidup terus - umumnya mati kalau suhu engine turun. apa sdh perlu ganti fan, takut mati mendadak kalau di ajak jalan jauh - mhn saran i.e musti diganti apanya&kira2 berapa ongkosnya - many thx
    Oleh eko bawono
    Jawaban
    Dengung fan kalau terdenagar agak keras dari biasanya, normal koq.

    Fan Pendingin II
    Menyambung perihal fan pendingin.. Jadi kasus yang terjadi pd kend saya itu tdk normal..?Artinya harus ada 1 fan yang continuous & 1 fan berdasarkan termoswitch cooling water..? Kalau tdk demikian apa yg perlu dilakukan agar dapat sehingga sesuai dgn standar manufactur... Thank's Banget..
    Oleh Yogi. R
    Jawaban
    Betul pak. Kondisi dimaksud, biasanya ada yang dijumper. Coba bawa ke bengkel terdekat untuk membuka jumperan-nya.

    Tekanan Oli
    Pak tekanan oli untuk keadaan mesin berhenti/idle dan sedang jalan berapa kpa?
    Oleh vickerx
    Jawaban
    Idle kisaran 70 - 125 KPa [kondisi mesin panas]. RPM 2500 dst di atas 250KPa. Saat mesin masih dingin, idle bisa sampai 250KPa bahkan lebih.

    fan AC
    Halo Bos Blazie...di ruang mesin deket box minyak power steering ada kabel yg putus (krn terbakar), aku coba sambung ternyata itu kabel positif ke fan ac (selama ini mati). tapi setelah agak lama ternyata putus lagi (terbakar), kenapa ya? Thanks alot
    Oleh iwul
    Jawaban
    Coba cek kualitas sambungannya. Atau cek rangkaian motor fannya, kemungkinan ada yang short juga sehingga kabel terbakar.

    buka knob control e/mirror
    bagaimana buka knob kontrol e/ mirror ( dan power window sswitc ) yang disisi kanan pengemudi . apakah harus buka door trim dulu atau bisa diangkat panelnya controlnya saja tanpa harus buka door trim ..? modil saya LT 2002 .. Thks
    Oleh derano
    Jawaban
    Langsung angkat saja panelnya, tanpa buka door trim.



  • READ MORE.......



  • fr.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Petunjuk Mengemudi Malam Hari

    Mengemudi di malam hari itu terkadang lebih menyenangkan. Udara tidak panas, dan biasanya situasi lalu lintas lebih lenggang dibanding siang hari. Akan tetapi, pekerjaan ini terkadang berbahaya hingga Anda perlu jauh lebih berhati-hati. Berikut ini beberapa petunjuk yang patut Anda cermati, demi keselamatan Anda sendiri dan pengendara lain.
    1. Yang harus diperhatikan adalah Anda harus melihat dan terlihat jelas. Yakinkan, lampu, kaca spion mobil Anda berdungsi baik dan dalam keadaan bersih.
    2. Ketika mengemudi di malam hari, gunakan selalu lampu besar dan jangan membiasakan menggunakan lampu kecil ketika hari mulai gelap. Agar lebih aman, gunakan paku marka (delineator) dan patok penuntun (guide post) sebagai referensi dalam mengemudi.
    3. Anda dapat melihat lebih baik dengan lampu jauh sampai dengan 100 m jarak pandang. Namun, jaga agar tidak menyilaukan orang lain yang datang dari arah berlawanan. Bila Anda abaikan, sorotan lampu jauh mobil Anda dapat menyilaukan pengendara lain hingga kehilangan kontrol. Tidak hanya orang lain yang dapat celaka, bisa jadi bakal mencelakakan diri Anda sendiri. Tapi, jika Anda menggunakan lampu pendek, jangan memacu mobil Anda lebih dari 65km/jam. Perhatikan itu!
    4. Yang terpenting lagi, kalau ngantuk segera hentikan mobil Anda. Istirahat sejenak, keluar sebentar dari mobil adalah cara ampuh mengusir ngantuk. Selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan! [cq]


  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    AC kurang dingin, rear door, logo, alternator

    AC kurang dingin
    Maaf jika ada pertanyaan seblmnya :-) Montera saya tahun 2000 AC-nya kurang dingin padahal 1 bln yg lalu sudah pernah diisi freon dan kata tukang AC gak ada masalah. Kemaren diisi lagi freonnya dingin lagi tapi takut masalah itu berulang lagi. Pdhl klo merek lain isi freon bisa untuk tahunan dinginnya he3x. Ada yang bisa sharing?? Terima kasih
    Oleh agus suprianto
    Jawaban
    Coba cek kondisi accumulator dan orifice tubenya, mungkin mampet. Fyi. AC Blazer memang tidak bisa sedingin kendaraan2x merek jepang.

    rear door
    Para pemakain blazer pernah nggak ngalamin pintu belakang mobil anda macet nggak bisa dibuka. Saya cuma mau berbagi tips dari pada kita ke bengkel buang-buang duit mending di perbaiki sendiri. Sebab umum pintu belakang tidak bisa dibuka adalah masalah switch yang dipenuhi kerak. Caranya : 1. Siapkan obeng(-)dan (+), Kunci shock dan pas no 5 dan 10, kertas gosok, lalu Minuman softdrink berkarbonisasi yang dingin. 2. Bila pintu nggak pintu nggak bisa dibuka sama sekali jangan panik, anda cukup masuk ke bagasi belakang lewat pintu belakang.(jangan lewat pintu depan ntar ribet) 3. Setelah dibagasi rabah bagian pintu yang ada karpetnya menggunakan satu telunjuk jari saja. 4.arahkan tangan diposisi tengah atas. 5. setelah itu tekan bagian itu dan anda akan merasakan lobang yang kecil. 6.buka karpet ditempat lubang itu berada. 7. Ambil obeng (-) lalu masukkan dan geser (mengungkit) kearah kanan. 8. Nah pintu anda sudah pasti akan terbuka. 9. Buka panel pada pintu menggunakan obeng (+).pastikan anda membuka 3 baut pengikatnya. 10.Tarik panel pelan-pelan dengan pembagian gaya tarik anda yang merata agar panel tidak pecah. 11. Setelah terbuka Buka semua panel body dengan kunci shock 5 12. Lepaskan pengikat link yang menempel pada panel body 13. lepaskan semua soket kelistrikan, kecuali soket rear wiper dan selangnya) 14. Buka pengunci pintu anda yang macet dengan melepas pengunci-nya kearah kanan. 15. Setelah itu bongkar pengunci itu dengan mencukil sisi-sisi pinggirnya dan lalu ditarik (hati-hati gampang pecah) 16 setelah terbuka anda akan melihat bahwa jumper switch di dalamnya BERKERAK. 17 Ambil kertas gosok dan gosoklah dengan penuh perasaan. 18. Pasang dan rakit kembali bagian itu. 19. Pasang kan semua soket yang sudah anda lepas untuk pengetesan. 20. Masukkan kunci lalu TEKAN, PUTAR KE KIRI, PUTAR KE KENAN. 21. Bila ditekan selenoidnya bergerak berarti NORMAL, Bila diputar ke Kanan Doorlock anda terkunci berarti NORMAl, Bila di putar ke kiri doorlock Anda terkunci berarti Normal Dan terakhir bila kunci dicabut kunci akan terlepas berarti YA MEMANG BEGITU....He..he..he.. 22. Bila tidak normal ulangi seperti prosedur sebelumnya 23 Bila Normal Rakit kembali secara mundur seperti diatas. 24: Bila semuanya beres dan normal kembali. Ambil softdrink dingin yang anda persiapkan sebelum lalu minim pelan-pelan. ANDA PASTI HAUS. TRIMS SMOGA BERMANFAAT..(Sorry saya belum terdaftar jadi anggota...nggak apap2 ya...)
    Oleh budi
    Jawaban
    Terima kasih atas sharingnya..

    logo
    om saya mo nanya, untuk dapetin logo chevrolet yg di gril depan dimana ya?? soalnya logo opel yg di gril depan saya copot, tapi logo chevy nya ga ada... trus sama indikator hand brake sering kelap kelip, pdhl hand brake sudah di lepas... kenapa ya om..??? thx a lot ya om.... Oleh Dimas Bayu
    Jawaban Logo bisa didapat di Rensen Motor 021 727 96 235. Coba bersihkan soket EBCM [electronic brake controle module].


    suara gesekan pada putaran rendah
    Mohon bantuannya. Saya punya blazer montera. Pada putara rendah atau saat mobil berjalan lambat, terdengar dan terasa seperti ada gesekan sreg sreg sreg sreg. tapi saat lebih cepat suara tsb kurang terasa. suara muncul dari bagian bawah depan. Apakah itu karena kanvas rem yg telah aus ? mohon jawaban.
    Oleh descory
    Jawaban
    Coba cek lagi brake pad-nya atau kondisi bearing rodanya.

    Alternatif Opel Oil
    Thanks buat Mods yang rajin dan sabar menjawab pertanyaan. Masalah Opel Oil ATF + Lubrizol untuk transmisi, di mana bisa beli ya...saya scan through di toko-toko oli, Ace Hardware belum ketemu. Agennya siapa ya? Seandainya tidak ketemu Opel Oil apa ada alternatif oli lain yang spec-nya sama? Oh ya Lubrizol ini sudah inherent dalam olinya atau separate product? As always, thanks!!! Oleh wahyuhidayat
    Jawaban memang susah didapat di pasar bebas. Adanya cuman di bengkel2x resmi dan bengkel2x non resmi yang mengerjakan Blazer. Untuk padanannya gunakan oli ATF merek apa saja juga bisa. Tapi usahakan kilometer penggantiannya jangan terlalu lama. Misalnya tiap 60.000km.

    mesin berisik
    Salam kenal, saya pemilik Blazer LT tahun '97. Mobil saya setiap kali dihidupkan pada pagi hari mengeluarkan bunyi ketukan dari dalam mesin. Tapi setelah mesin mulai panas bunyi tersebut hilang/berkurang. Padahal tahun lalu mobil saya sudah turun mesin dan mengganti banyak bagian mesin seperti packing, ring piston, water pump, dll. Pertanyaan saya, berasal dari manakah bunyi tersebut? apakah mobil saya perlu turun mesin lagi? Apabila dibiarkan efek apa yang mungkin timbul kemudian? Terima kasih sebelumnya. Bravo BIC!
    Oleh hendro sulistiyo
    Jawaban
    Biasanya bunyi dari adjuster valve. Coba ganti oli dengan viskositas yang lebih kental, 20W-50 misalnya.



    Bantu pilih LT ato Mntr Boss,
    untuk pemakain harian 50km, 1/3nya macet(jalan pelan), tapi seneng dengan interior yg lux, dan budget 110jt, untuk beli New Blazie yg Brazilian, (1). Rekomendasinya LT ato Montera? (2). Dengan perawatan yg teratur sesuai buku pedoman, mana yg lebih ekonomis biaya operasional & maintenance? (3). Nilai jual kembali (kalo terpaksa) mana yg lebih bagus? Thanks b-4 Oleh Vendro
    Jawaban Untuk pertanyaan 1-2 saran saya gunakan yang tipe Montera. Untuk pertanyaan ke-3 sebaiknya pertimbangkan kembali mengambil merek Blazer, karena harga jualnya pasti jatuh.


    Bunyi dari alternator Setiap mesin di nyalakan pada posisi alternator selalu ada bunyi " tek tek " ,apakah ini normal dan kalau mau servis apakah harus ke bengkel resmi atau cukup ke bengkel perbaikan dinamo terima kasih masukannya boss Oleh Andik
    Jawaban Coba pastikan dulu sumber bunyinya, kalau memang dari alternator bisa dibawa ke tukang dinamo



  • READ MORE.......




  • fr.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    Menggunakan Lampu Dim dan Klakson

    Sopan santun berlalu lintas di negeri kita memang sudah lama sekali kita lupakan. Maklum, untuk mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) di negeri ini, ukurannya memang bukan keterampilan membawa kendaraan bermotor. Asal punya KTP dan uang, dijamin bisa mendapatkan kartu yang jaman dulu sering disebut dengan rebues itu. Jangankan bagaimana cara berkendara yang benar, menggunakan lampu dim dan klakson saja banyak sekali pengemudi yang tak mengerti tata caranya. Tak percaya? Amati saja kebiasaan pengemudi di Jalan Tol Jagorawi atau Jalan Tol Jakarta Cikampek. Mungkin, seratus orang pengemudi yang ada, hanya ada tak lebih dari 5 orang yang sebenarnya pantas mendapatkan SIM.
    Menurut regulasi berlalu lintas di dunia internasional, yang juga terdapat dalam UU Nomor 14 tahun 1992 tentang lalu lintas berikut peraturan pemerintah yang menyertainya, klakson dan lampu dim itu hanya boleh digunakan ketika darurat saja. Mestinya, Anda harus segera mematikan lampu dim atau jarak jauh ketika Anda pada kesempatan pertama berpapasan dengan pengendara lain dari arah depan.
    Ketika pengemudi lain menggunakan lampu dim berkedip-kedim, itu artinya ia memberikan prioritas kepada Anda untuk bergerak lebih dahulu. Tetapi, tanda ini terkadang berlaku kebalikan di negeri kita. Ini yang salah kaprah.
    Ketika Anda mengikuti kendaraan lain di belakangnya, sebenarnya tidak diperbolehkan menyalakan lampu dim. Pasalnya, cara ini dapat menyilaukan kendaraan yang kita ikuti, dan tentu saja sangat membahayakan. Sebaliknya, bila kita tahu diikuti kendaran lain di belakang yang ingin mendahului, sementara jalur sebelah kiri memungkinkan untuk digunakan, sebaiknya kendaraan yang ingin mendahului itu segera diberi kesempatan untuk menyalip. Tetapi, kalau lalu lintas padat, pertahankan jalur yang Anda lalui Berpindah jalur, memang diperbolehkan, tetapi harus dilakukan setelah jalur benar-benar aman .
    Cuma persoalannya, cara berlalu lintas yang benar, memang sudah menjadi barang langka di negeri ini. Ketika seseorang ingin berkendaraan yang benar, e… malah dapat ejekan. Yang ugal-ugalan, malah mendapat sorakan. Tetapi, tak ada salahnya budaya sopan berlalu lintas itu mulai kita tumbuh kembangkan lagi. Ingat! Lebih baik sedikit lambat asal selamat.
    [cq]



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    duniaOTO.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman