Perhatikan kebersihan kaca. Kaca harus selalu bersih dari debu. Debu yang menumpuk di permukaan cepat menimbulkan jamur dan mengganggu pandangan.
sumber: oto.co.id
Kursus stir mobil, modifikasi, tune up, mesin mobil, rem tangan, persneling, kaca mobil, oli mesin, ac mobil, wiper, radiator, roof rack, bengkel mobil, ban, jok, Sharing on all matters of maintenance and repair related to your car
Anda pernah kesal dengan kinerja mesin mobil Anda? Kalau ya, maka dari sekarang Anda harus lebih memperhatikannya. Sebab semakin rajin dirawat, kemungkinan mobil ngadat di tengah jalan juga kecil.
Macet itu menyebalkan, apalagi jika Anda terjebak di dalamnya tanpa tahu penyebabnya. Nah, kalau di mobil ada radio, jangan cuma dimafaatkan untuk menyetel kaset. Tapi gunakan juga untuk mendapatkan berita-berita aktual.
Kalau mau stasiun yang menjangkau Nusantara, pilihannya tentu saja Radio Republik Indonesia (RRI). Sedangkan radio swasta nasional masih terikat aturan hukum yang membatasi daya pancar. "Tapi ada radio tertentu yang membentuk jaringan hingga ke pelosok," jelas Slamet Mulyadi, punggawa Persatuan Radio Swasta Nasional Indonesia (PRSNI).
Radio Sonora dan Prambors, misalnya, punya jaringan kerja sama dengan beberapa radio di seputar Jawa. Mereka melakukan liputan langsung bersama-sama dan menyiarkannya secara bersamaan. Bagaimana jika Anda sedang berada di areal tol? Gampang, telepon saja nomor-nomor berikut.
Tol Jagorawi (021) 917-7777
Tol Jakarta - Cikampek (021) 821-6510, 821-6515
Tol Cawang - Tomang - Cengkareng (021) 801-1735, 08001-821997 (bebas pulsa)
Tol Jakarta - Tangerang (021) 919-9999
Tol Padaleunyi - Citarum (022) 211-251 ext 40
Tol Surabaya - Gempol - Mojokerto (031) 562-4444
Tol Semarang (024) 606-012, 606-014
Tol Palikanci (Cirebon) (0231) 482-268 ext 103
Tol Belmera (Medan) (061) 611-701, 612-920
Jangan Sering Membuka Tutup Radiator
Satu cara menghindari overheating
Ini peringatan sederhana yang disampaikan Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld. Sebaiknya, tutup radiator memang tidak terlalu sering dibuka tutup. Buka tutup cukup dilakukan pada saat menguras air radiator. Sebab, terlalu sering membuka tutup radiator akan memperbesar peluang tutup radiator rusak.
Bila terjadi kerusakan pada tutup radiator, otomatis kerja komponen ini terganggu. Salah satu kemungkinan yang muncul kemudian bila tutup radiator rusak adalah overheating, suhu panas mesin berada di atas batas normal.
Kita tentu sudah hapal bila mesin mengalami overheating. Karena panas yang melebihi toleransi, mesin mungkin berbunyi tidak normal, kurang bertenaga, boros bahan bakar, bahkan mogok di tengah jalan.
Memang ada banyak hal yang menyebabkan overheating. Intinya kondisi tersebut muncul karena sistem pendinginan tidak bekerja dengan baik. Pada beberapa kasus ERA AstraWorld mendapati bahwa overheating berangsur-angsur mencuat karena ada masalah pada tutup radiator.
Dari segi fungsi, tutup radiator memegang peranan yang sama besar dalam hal menjaga temperatur mesin. Komponen inilah yang akan menjaga volume air pada sistem pendingin mesin.
Peran itu dijalankan oleh katup-katup pada tutup radiator. Ada dua katup dalam komponen ini, yaitu: katup tekan dan katup vakum. Kedua katup inilah yang secara bergantian mengeluarkan dan menghisap sehingga air berputar dari tangki reservoir (tangki cadangan) ke radiator.
Nah, kedua katup pada tutup radiator inilah yang kemungkinan besar mengalami kerusakan apabila tutup radiator sering dibuka. Karena kerusakan itu, sirkulasi air kemudian menjadi tidak bagus. Yang lebih buruk lagi, lama kelamaan volume air radiator semakin berkurang karena tumpah keluar melalui tangki reservoir.
Kekurangan jumlah air inilah yang kemudian memicu terjadinya overheating.
Karena itu, untuk mendeteksi terjadinya kerusakan pada tutup radiator bisa dilakukan dengan melihat air pada tangki reservoir. Periksa ketinggian permukaan air pada tangki tersebut. Apabila tangki cadangan selalu penuh (bahkan air keluar dari selang pada tutup tangki reservoir), ini pertanda bahwa tutup radiator sudah perlu diganti.