Jika Mobil ’Bersuara Nyaring’, Siaga-1


SEHALUS-halusnya mesin mobil, pasti ada suaranya. Jika tidak mengeluarkan suara, justru aneh. Namun, kalau suara mesin mobil itu sudah tidak wajar, tentu perlu mendapatkan perhatian. Jangan-jangan ada sesuatu yang tidak normal terhadap kendaraan tersebut. Sebab, munculnya suara-suara yang tidak wajar itu bisa jadi merupakan indikasi awal dari adanya ketidakberesan di dalam mobil tersebut, entah yang berkaitan dengan mesin, kaki-kaki, karet-karet/sil, dan lain-lain.
Jika saat mobil berjalan berbelok terdengar suara dari sekitar kemudi atau kaki-kaki, terutama pada mobil yang dilengkapi fasilitas power steering, bisa jadi bunyi tersebut muncul akibat kurangnya minyak power steering atau rusaknya sistem pompa power steering.
Umumnya bunyi akibat gangguan sistem power steering ini juga diikuti bertambah beratnya kemudi ketika diputar. Kalau normalnya kemudi berpower steering ringan diputar, maka jika ada gangguan jadi terasa agak berat atau berat. Karena itu, coba tengok tabung minyak/ oli power steering. Jika ternyata oli/minyaknya sudah berkurang, tambahkan minyak power steering. Jika ragu-ragu kunjungi saja bengkel khusus power steering untuk diservis.
Suara juga bisa timbul dari bagian kaki-kaki (shock, roda) bagian depan, terutama mobil yang berpenggerak roda depan. Penyebabnya bisa macam-macam, seperti kerusakan pada bola-bola di CV joint, karena pembungkus karetnya pecah, sehingga pelumas atau gel pelumas di dalamnya telah habis. Keadaan seperti ini akan bertambah parah jika tidak segera diperbaiki.



Suara berisik seperti nyanyian tikus yang mencicit juga bisa berasal dari bagian roda, yakni rem. Rem dan kanvas rem yang baru tidak menjamin suara mencicit tidak akan muncul. Bisa saja suara seperti itu tetap muncul. Umumnya kemunculan nyanyian tikus yang mencicit itu akibat permukaan geseknya kotor karena terkena debu. Coba bongkar sejenak, bersihkan dengan angin dari kompresor. Jika masih tetap berbunyi atau kondisi kanvas remnya sudah tipis/aus, ganti dengan kanvas baru.
Suara berisik juga bisa muncul dari bawah mobil. Jika terdengar ketukan yang timbul dari bawah mobil waktu pindah posisi gigi persneling, menginjak atau mengangkat pedal gas secara tiba-tiba, umumnya diakibatkan kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendornya cross-joint atau rusaknya gigi gardan.
Jika mobil cukup lama tidak dihidupkan mesinnya, kemudian ketika putaran mesin (RPM) semakin bertambah terdengar suara mencicit, hal itu bisa jadi berasal dari tali penggerak kipas (fan belt) yang selip, karena ketegangannya berkurang. Untuk itu, coba dicek kembali dan dicermati bidang geseknya. Jika permukaannya sudah licin dan tampak mengkilap, berarti tali penggerak kipas itu sudah aus dan kehilangan daya cengkeram. Paling baik segera saja diganti dengan fan belt yang baru.
Suara nglithik bisa timbul dari dalam mesin. Bunyi ini terjadi akibat proses pembakaran yang tak sempurna. Berdasarkan penuturan beberapa bengkel mobil, suara nglithik dari dalam mesin ini kemungkinan akibat terlalu rendahnya kandungan oktan dari bahan bakar yang digunakan. Namun bisa juga karena mesin terlalu panas atau mengalami overheating.
Gejala nglithik yang berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya piston atau orang biasanya menyebutnya dengan seker. Jika bunyi itu muncul sedikit ketika berakselerasi, bisa diabaikan. Kendati demikian, sebaiknya minta bantuan saja kepada mekanik atau ahlinya untuk mendiagnosa lebih jauh. Jangan sampai penyakit nglithik itu menjadi semakin kronis dan bisa berakibat fatal.
Sementara jika mesin menimbulkan suara ketukan seperti besi dipukul-pukul, kemungkinan karena mesin mobil mengalami kerusakan cukup parah. Mungkin saja metal (rod bearing) atau setang pistonnya rusak. Menghadapi kondisi seperti itu, jangan memaksa untuk menjalankan mobil apalagi memacunya untuk melaju kencang karena akan memperparah kerusakan.

(bid/berbagai sumber)





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mencegah Kopling Jeblos


    Dari sekian banyak kasus yang ditangani Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, ‘kopling jeblos’ juga relatif sering dialami customer. Kejadian seperti ini cukup merepotkan pengendara. Karena kopling tidak normal, gigi transmisi tak dapat dipindahkan. Tentu sangat tidak nyaman, bahkan membahayakan pengguna jalan lainnya.

    Kopling jeblos sangat mungkin terjadi pada kendaraan baik yang menggunakan sistem kopling tipe hidrolik maupun tipe mekanis.

    Bila dihitung-hitung, penyebab paling besar yang memicu kopling jeblos adalah masalah pada minyak kopling. Penyebab yang satu ini muncul pada kendaraan yang menggunakan kopling tipe hidrolik.

    Karena itu, bagi pemilik kendaraan yang menggunakan sistem kopling tipe hidrolik, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak kopling secara rutin. Kuantitas dan kualitas cairan ini harus selalu dalam kondisi baik. Dalam arti, permukaannya ada pada posisi full, tampak bersih dan jernih. Lakukan penggantian tiap 20.000 km.

    Perawatan kopling tipe mekanis jauh lebih mudah. Tidak perlu ada penggantian secara rutin. Hanya, jika suatu saat menginjak pedal kopling terasa berat, Anda musti hati-hati dan segera melakukan pemeriksaan. Bukan tak mungkin, lama kelamaan pedal yang berat diinjak itu malah menyebabkan kerusakan lebih parah: kabel kopling putus.



    Pemeriksaan kopling tipe mekanis yang berat saat diinjak bisa dimulai dengan memasukkan oli ke dalam kabel kopling (bisa dengan oli apa saja, asal jangan oli mesin, sepanjang yang bersifat melumasi). Jika pelumasan ini tidak mengubah keadaan, kemungkinan kabel kopling sudah tidak layak pakai. Segera ganti dengan yang baru.

    Selain penyebab di atas, ada hal-hal lain yang biasanya juga memicu kopling jeblos.

    Penyebab pada tipe mekanik lainnya, biasanya adalah penyetelan gerak bebas pedal kopling terlalu lebar, sehingga saat pedal kopling diinjak, tenaga yang dipindahkan ke sistim kopling hanya sedikit. Selain itu, mungkin juga karena sambungan kabel koplingnya terlepas (bisa terjadi pada yang ada di sekitar pedal, bisa pula pada release fork (kolong kendaraan).

    Sementara penyebab kopling jeblos pada kopling tipe hidrolik antara lain; penyetelan gerak bebas kopling terlalu lebar, cara mengatasinya dengan cara melakukan penyetelan gerak bebas (free play) pedal kopling.

    Bisa pula kopling jeblos pada sistem hidrolik dipicu oleh udara palsu. Cara mengatasinya dengan membuang udara palsu tersebut. Atau dengan menguras minyak kopling.



    (bid/berbagai sumber)






  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tabel Pemeriksaan Berkala mobil anda


    Perawatan Umum:

    • Periksa oli mesin dari batang pengukur di blok mesin. Oli mesin seharusnya membasahi batang pengukur sampai batas yg seharusnya. Jika kurang, tambahkan oli mesin secukupnya. Standard oli mesin Daihatsu Taft / Rocky Diesel dapat dilihat di sini.
    • Periksa minyak rem dalam tabung / wadah, jangan kurang atau melampaui batas yg telah ditentukan. Standard minyak rem Daihatsu Taft / Rocky Diesel dapat dilihat di sini.
    • Periksa kuantitas air di radiator dan wadah reserve, dan periksa tutup radiator.
    • Periksa temperatur mesin di panel dashboard pada saat pemanasan (idle) maupun berjalan. Jika terlalu panas, segera periksa air radiator, pipa-pipa, dan sistem pendingin mesin.
    • Periksa air accu dan terminal-terminal sambungan pada accu. Bersihkan kerak-kerak yg mungkin ada agar tidak mengganggu aliran listrik.
    • Periksa tekanan udara ban dan kondisi kembangnya.
    • Periksa fungsi dan kebebasan pedal kaki, rem tangan, dan kopling.
    • Periksa jarak bebas setir. Jarak bebas adalah panjang busur tempat setir dapat digerakkan tanpa merubah posisi roda depan. Pada umumnya mobil mempunyai jarak bebas setir antara 1-3 cm.
    • Periksa kekokohan setir, guncangkan ke atas-bawah dan kiri-kanan.
    • Periksa lampu-lampu dan kelistrikan. Periksa sambungan kabel-kabel dan sekering. Jika perlu bawalah selalu sekering cadangan dalam mobil.
    • Periksa kuantitas air pembersih kaca dan fungsi wisher/penyemprotnya.
    • Periksa tanda-tanda kebocoran pada saluran minyak dan di lantai tempat kendaraan di parkir.































  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Karena Terbiasa Injak Pedal Gas Setiap Mematikan Mesin


    Mencegah dieseling pada mesin bensin
    Coba perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan mesin mobil Anda untuk benar-benar mati? Mestinya, begitu kunci kontak kita putar ke posisi OFF, putaran mesin tak dengar lagi. Kalaupun berputar, cukup 1 sampai 2 putaran saja. Bila mesin masih berputar lebih lama dari itu, harap sedikit waspada. Barangkali mobil Anda mengalami dieseling.
    Dieseling adalah masih berputarnya mesin secara berlebihan setelah kunci kontak diposisikan off. Kasus ini terjadi pada mesin berbahan bakar bensin. Gejala ini tergolong kondisi yang tidak normal. Secara teknis, mesin seharusnya langsung mati ketika kunci kontak kita posisikan OFF. Sebab, pada saat itu supply bensin terputus dan percikan api dari busi padam. Artinya, pembakaran di ruang bakar terhenti dan mesin tak mendapat energi untuk berputar.

    Selama ini banyak pengendara yang menganggap ringan bila mendapati mesin bensin yang masih berputar meskipun telah dimatikan. Seolah, kasus semacam ini tidak terlalu berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Padahal, kalau kita perhatikan baik-baik, dampak-dampak dieseling sebenarnya sangat banyak.
    • Memperpendek usia busi. Ini akan terjadi karena busi mobil yang mengalami dieseling cenderung basah. Kondisi yang basah ini memudahkan terjadinya hubungan singkat (korsleting) pada busi. Bila sudah seperti ini, busi akan cepat panas yang kemudian akan mempercepat retaknya busi atau putusnya resistant (tahanan) pada busi.
    • Dieseling juga menunjukkan bahwa pembakaran tidak sempurna. Ini berarti dieseling akan dapat mempercepat timbulnya kerak karbon pada ruang bakar. Efek berikutnya, mesin ngelitik dan mempercepat keausan pada mesin (piston, silinder mesin, ring piston).
    • Mesin yang mengalami dieseling pada umumnya akan lebih susah dihidupkan. Sebab, pada ruang bakar biasanya terdapat terlalu banyak bahan bakar. Lama kelamaan ini akan membuat aki soak.
    • Berikutnya adalah efek pada engine mounting. Dieseling indentik dengan putaran mesin yang tidak stabil. Dengan ketidakstabilan putaran mesin maka mounting akan meredam getaran mesin secara tidak stabil pula. Ini yang akan mempercepat retak atau kerasnya mounting mesin.



    Secara teknis, beberapa hal yang menjadi pemicu dieseling, diantaranya adalah: Pertama, sistem cut-off bahan bakar tidak berfungsi dengan baik; Kedua, kerak karbon pada ruang bakar yang berlebihan sehingga menimbulkan bara pada ruang mesin; dan Ketiga, (yang berasal dari unsur perilaku pengendara) dieseling muncul karena saat mematikan mesin pengendara terbiasa menginjak pedal gas.

    Dari tiga penyebab itu, kita dapat mengetahui apa-apa saja yang dapat kita lakukan agar mesin mobil kita tidak mengalami dieseling.
    • Hindari menginjak pedal gas saat mematikan mesin.
    • Periksa sistem cut-off bahan bakar. Perbaiki bila masih terjadi kebocoran aliran bahan bakar.
    • Bersihkan kerak ruang bakar mesin secara periodik, alangkah baik setiap 80.000 km atau dengan menggunakan bahan additive pembersih ruang bakar yang banyak dijual di bengkel-bengkel.

    (bid/berbagai sumber)


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Saat busi mobil mulai lemah


    Saat busi mobil kita mulai lemah, proses pengapian dalam mesin mobil akan menjadi ngadat dan jalannya mobil menjadi tersendat-sendat. Mobil yang memiliki busi yang telah tua dan lemah biasanya tak mudah distarter di pagi hari dan terasa tak bertenaga saat dikendarai. Konsumsi bahan bakarpun akan menjadi semakin tinggi jika kondisi busi sudah terlalu tua. Kebanyakan busi memerlukan penggantian tiap 15 ribu mil atau sekitar 24 ribu km.
    Namun biasanya pada mobil-mobil baru yang memiliki platina, busi hanya perlu diganti tiap 60 ribu mil atau sekitar 96 km. Jika Anda memiliki mobil lama , artikel ini akan memberikan masukan tentang bagaimana cara mengganti busi Anda dengan baik dan benar.
    Cara kerja busi adalah dua kabel yang letaknya sangat berdekatan, sehingga memungkinkan untuk memicu timbulnya percikan api. Distributor dari mesin mobil akan meneruskan aliran kelistrikan yang mengalir melalui casing keramik yang melapisi kawat dari busi dan meloncat ke kawat yang lain yang grounded, untuk memenuhi sirkuit dan kemudian menyalakan mesin.
    Saat busi sudah berkerak, aliran listrik tak akan berjalan sukses dan akan menyebabkan mobil kekurangan tenaga.



    Berkurangnya tenaga ini akan menimbulkan beberapa masalah dengan kendaraan anda, seperti kendaraan ngadat, jalannya tersendat-sendat, susah distarter dan konsumsi bahan bakar tak normal.
    Untuk mengganti busi yang lama, mesin kendaraan Anda harus didinginkan terlebih dahulu. Jika kendaraan Anda habis dipakai, tunggulah selama kurang lebih dua jam setelah perjalanan, untuk memastikannya benar-benar dingin. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, lepaslah aki mobil Anda.
    Bersihkan bagian dari busi dengan menggunakan blower. Anda dapat menggunakan pompa ban atau kompresor udara untuk membersihkan setiap rongga untuk membersihkan kotoran, debu atau kerak. Membersihkan kerak dengan menggunakan hembusan udara sangatlah penting sehingga saat busi dicabut tak ada yang jatuh ke dalam silinder.
    Copotlah kawat busi dengan memutar tutup karetnya sambil menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi, karena hal itu bisa merusaknya. Lepaslah busi dari socket-nya. Socket-socket busi memiliki lapisan karet yang akan mencegah kerusakan pada casing keramik. Lepaskan busi dari socket dengan memutarnya.
    Hati-hati, jangan menjatuhkan apapun ke atas silinder mesin, piston atau head. Kerusakan serius pada silinder atau head akan terjadi jika ada benda asing yang menempel padanya. Busi baru yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda harus sudah tersedia. Saat memasang busi baru, Anda harus melumasi tiap busi sebagi langkah perawatan. Hal ini akan membantu untuk mempermudah penggantian busi selanjutnya.
    Diperlukan kemampuan untuk dapat membedakan tiap busi berdasarkan spesifikasi dari pabriknya. Anda dapat membeli busi yang sesuai dengan kendaraan Anda di toko yang menyediakan suku cadang asli kendaraan Anda. Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin Anda.
    Kencangkanlah busi-busi baru yang telah Anda pasang tersebut dengan menggunakan tangan Anda, setelah itu dengan menggunakan kunci busi yang seukuran dengan busi yang Anda pasang tersebut. Pasanglah masing-masing kabel busi diatas busi-busi tersebut. Dan selanjutnya jangan sampai lupa untuk menggantinya kembali setelah kendaraan Anda menempuh jarak yang telah diberikan di atas

    (bid/berbagai sumber)







  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Merawat Rem Disc Brake


    Bagaimana merawat rem mobil yang menggunakan disc brake atau biasa disebut sehari-hari rem cakram. Karena piranti ini sangatlah mendukung keselamatan bagi pengendara.

    Sebenarnya perawatan rem cakram ini sangat mudah, namun terkadang pengguna mobil malas untuk melakukan perawatan. Baru sadar ketika piranti rem ini tidak bekerja dengan baik, barulah si empunya membawanya ke bengkel.

    Langkah - langkah awal yang harus dilakukan dalam perawatan rem cakram, yakni sediakan kunci-kunci yang meliputi kunci L dan kunci roda buat membuka ban, dongkrak dan amplas yang cukup kasar.

    Parkir mobil Anda di tempat yang dipastikan cukup datar dan aman. Gunakanlah rem tangan dan bila perlu ganjal ban. Dongkrak bagian roda yang menggunakan rem cakram, dan kemudian lepas roda tersebut.

    Setelah roda dilepas,



    pengerjaan selanjutnya adalah lepas kanvas rem dengan menggunakan kunci L. Setelah kanvas rem lepas dari sarangnya, amplaslah bagian permukaan yang terlihat licin bagaikan kaca hingga terlihat buram.Namun apabila kanvas rem terlihat tipis, sebaiknya diganti yang baru.

    Periksa juga bagian dari piringan rem cakram tersebut. Apabila piringan terasa tidak rata atau terbentuk seperti lekungan ke dalam, sebaiknya dibubut. Namun cara pembubutan ini hanya bersifat sementara, karena lama kelamaan piringan tersebut akan kembali terbentuk lekungan. Hal yang terbaik adalah mengganti piringan dengan yang baru.

    Cara pengetesan rata atau tidaknya piringan rem cakram adalah lepas piringan dari sarangnya, kemudian tempelkan piringan pada kaca. Bila sudah ditempelkan di kaca piringan terasa goyang, menandakan piringan tersebut tidak rata.

    Lakukanlah pengetesan rem cakram pada ke semua roda yang menggunakan sistem rem dengan cakram. Namun pengetesan ini tidak tertutup juga bagi mobil yang masih menggunakan rem tromol. Hanya cara kerjanya saja yang berbeda, dan kanvas rem tromol diamplas juga. Selamat merawat rem Anda. [arch/erf]



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Penyebab Bunyi Kopling Tidak Normal


    Bunyi kopling yang tidak normal disebabkan karena kerusakan pada bagian yang terdengar bunyi tersebut. Oleh karena itu telitilah terlebih dahulu letak kesalahannya. Gambaran tentang kerusakannya pada waktu pedal kopling diinjak terdengar bunyi yang aneh atau pada waktu pedal kopling dilepas terdengar bunyi aneh lagi tapi apabila diinjak bunyi tersebut tidak terdengar lagi.






     Berikut ini beberapa penyebab munculnya bunyi aneh pada kopling :

    * Tidak terdapat cukup pelumas pada sambungan-sambungan dari sistem batang-batang penggerak kopling antara pedal kopling dan kopling.
    * Bantalan mekanisme pelepas kopling sudah aus, rusak atau tidak dilumasi dengan baik.
    * Bantalan pada roda gaya dari poros penggerak utama sudah aus atau rusak.
    * Bagian pusat dari pelat kopling longgar.
    * Keausan pada pelat kopling atau gerigi dari poros penggerak utama.
    * Pelat kopling retak.

    * Pegas puntir dari pelat kopling patah atau rusak.
    * Keausan poros penggerak utama dapat menyebabkan ketidaklancaran atau kesukaran gerak dari mekanisme penggerak kopling.
    * Mekanisme pelepas kopling macet pada poros penggerak utama dan tak dapat bergerak kembali. [erf/oto]




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mengetahui Plat Kopling Aus


    Pemakaian kopling pada kendaraan tidak dapat diprediksikan waktu keausannya. Sebab hal itu tergantung pemakaian kendaraan dan perilaku pengemudi. Namun begitu, pelat kopling sesuai dengan masa pakainya akan terkikis tipis. Gejalanya akan terasa dari tarikan mobil yang menjadi loyo, meskipun pedal gas disentak tenaganya sudah tidak terasa lagi. Untuk mengetahui keausan pelat kopling pada mobil anda, ikuti cara berikut ini :


    Pada mobil dengan transmisi otomatis :
    Pada saat mobil jalan, posisi gigi persneling tidak melakukan perpindahan. Bahkan sampai putaran mesin tinggi sekalipun.

    Pada mobil dengan transmisi manual :

    Lakukan pemeriksaan ini di tempat yang tidak terhalang karena ketika pedal kopling dilepas, mobil akan sedikit tersentak ke depan.
    Mobil tidak perlu dijalankan. Dalam keadaan mesin menyala, injak pedal kopling dan masukkan tuas persneling pada posisi gigi satu.
    Kemudian tarik rem tangan dan injak pedal rem menggunakan kaki kanan.
    Lepaskan injakan kaki kiri di pedal kopling perlahan-lahan sambil tetap menekan pedal rem. Cermati reaksi yang terjadi pada mesin. Jika putaran mesin langsung berhenti, berarti pelat kopling masih baik dan layak dipakai. Namun jika terjadi sebaliknya, pelat kopling harus cepat-cepat diganti.[arc/erf/oto]


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Memilih Jenis Pelumas


    Jenis pelumas dapat digolongkan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Dengan mengetahui jenis pelumas, maka pemilik mobil dapat memilih jenis pelumas berbahan dasar apa yang cocok dengan mobilnya.





    1. Pelumas jenis mineral

    Pelumas ini mempunyai sifat tidak mudah menguap saat mesin beroperasi pada temperatur kerja. Pelumas jenis mineral sangat cocok digunakan pada mobil–mobil lama dengan tehnologi yang masih konvensional.

    2. Pelumas semi sintetis


    Pelumas ini dibuat dengan gabungan unsur mineral dan unsur kimia yang memiliki kemampuan menjaga mesin dan melindungi komponen dapur pacu kendaraan. Pelumas jenis ini sangat cocok untuk mesin yang berusia kurang lebih 10 tahunan dengan spesifikasi standar.

    3. Pelumas sintetis

    Pelumas jenis ini dibuat dengan bahan kimia. Kandungan bahan kimianya memiliki kemampuan pakai yang lebih panjang. Pelumas ini mampu memenuhi kebutuhan mesin yang modern. Namun ada salah satu kelemahannya yaitu mempunyai sifat mudah menguap. Jika Anda memakai pelumas jenis ini harus rajin memeriksa jumlah oli agar jangan sampai berkurang sesuai kapasitasnya.[erf/oto]





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    penggunaan dan macam-macam gemuk


    Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang dilumasi

    Gemuk adalah pelumas untuk setiap komponen mobil yang bergerak seperti bantalan, engsel dan ball joint.
    Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang digemuki.
    Karena banyaknya jenis gemuk yang beredar di pasaran, penggunaan gemuk harus disesuaikan dengan perangkat yang akan dilumasi.
    Apalagi setiap gemuk memiliki kemampuan kerja yang berbeda.

    Berikut ini macam-macam gemuk sesuai kegunaannya :
    1.Gemuk dari bahan dasar sabun (lithium)
    a.Gemuk jenis ini banyak dipergunakan pada bagian-bagian yang memerlukan pelumasan periodik seperti bantalan roda, lengan penghubung kemudi, poros propeler, king pin, sakel pin. Oleh karena itu sering disebut gemuk serbaguna.
    b.Karakteristik nya : siraman air dan tekanan suhu tinggi tidak akan mengurangi kemampuan kerja dan daya tahannya.
    2.Gemuk dari bahan dasar sabun molybdenum disulphidelithium
    a.Gemuk jenis ini biasanya dipakai pada komponen yan jarang diberi pelumasan seperti ball joint, lengan suspensi, lengan tengah kemudi, nakel kemudi, cross-joint, rack & opinion.
    b.Karakteristiknya : lebih tahan dan juga bisa bekerja pada beban lebih besar daripada gemuk serbaguna.
    3.Gemuk karet
    a.Gemuk ini biasanya digunakan untuk komponen rem.

    b.Karakteristiknya : terbuat dari bahan nabati (karet) maka sifatnya mencegah komponen karet mengambang.
    4.Gemuk sintetik (synthetic lithium complex / hidroxy lithium complex)
    a.Gemuk jenis ini harganya relatif lebih murah dari jenis yang lain.
    b.Karakteristiknya gemuk ini memiliki kelemahan yaitu kurang tahan terhadap suhu tinggi sehingga mudah memuai.
    5.Gemuk All Purpose Lubricant
    a.Gemuk jenis ini harganya relatif murah namun kualitasnya tidak kalah bagus maka sering dipakai di bengkel-bengkel.
    b.Karakteristiknya : gemuk ini lebih encer dari gemuk nabati atau sintetik.

    (bid/berbagai sumber)


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Jangan Main-main Menghidupkan Mesin


    Banyak orang yang berkali-kali memutar kunci kontak takkala mesin mobil sulit dihidupkan. Padahal, cara ini justru dapat mengganggu sistem starter. Baiknya tunggu beberapa saat (sekitar 10 detik hingga 15 detik) untuk memutar kembali kunci kontak. Ada pula yang berkali-kali menginjak pedal gas. Berikut beberapa tips yang aman menghidupkan mesin.
    1. Saat menghidupkan mesin pagi hari (dalam kedaaan mesin dingin) sebaiknya tidak menginjak gas. Bila dilengkapi tombol choke, tarik tombol choke sepenuhnya. Lalu putar kunci kontak untuk menghidupkan mesin. Bila mesin sudah hidup, tekan tombol choke ke dalam agar putaran mesin menjadi normal (sekitar 1000 rpm). Sesudah kondisi normal, tekan sepenuhnya tombol choke untuk memperoleh putaran mesin yang stasioner.
    2. Untuk menghidupkan mesin dalam keadaan panas, pedal gas ditekan sekitar setengah injakan. Jangan menginjak pedal berkali-kali atau mengaktifkan tombol choke. Setelah mesin hidup, lepaskan pedal gas dan biarkan stasioner.

    3. Bila menghidupkan mesin saat campuran bensin berlebihan, sebaiknya tunggu sedikitnya setengah hingga satu menit. Lalu, injak pedal gas hingga penuh dan pertahankan untuk beberapa detik. Pada kondisi begini jangan sekali-sekali menarik choke. Putar kunci kontak ke posisi start hingga mesin hidup. Sesudah hidup, lepaskan injakan pada pedal gas. Bila mesin masih mejen, sebaiknya lepaskan semua busi dan keringkan.
    4. Usahakan jangan menghidupkan mesin dengan cara mendorong kendaraan. Sebaiknya. Sesudah mengganti oli mesin, jangan langsung menghidupkan mesin dengan putaran tinggi. Biarkan mesin berputar stasioner.[erf/oto]




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Rangkuman lengkap Perawatan Mobil : list mobil th2005


    1.Oli mesin (Engine)
    SAE-nya minimal SG, viskositas 15W-50 atau 20W-50,API Service SG atau diatasnya (4.1 liter).
    Opel Gear Oil. Filter oli 2x ganti oli.
    Opel Oil atau Valvoline 10W-30, PENNZOIL, UNITED OIL, AGIP (recommended product) untuk mesin,biar ga berisik,bunyi ketukan mesin.
    Shell helix yg warna kuning.
    Transmisi gunakan jenis ATF. Gardan viskositas 75W-90,
    2.Minyak rem,Minyak rem minimal DOT 3. 60.000km,2thn.
    3.Air radiator : Radiator Coolant
    Ethylene Glycol Based coolant
    campuran 50/50 dengan air bersih 8.5 liter
    DEX-COOL - di-flush—harga tabung:250rb.
    sisi kanan bawah radiator [posisi kita menghadap radiator] ada baut pembuangan – cara menguras- tiap 60rbkm /2thn
    4.Transmission
    ATF Dextron IID + Lubrizol (2 lt)
    GMI - P/N 0FBH0229
    5.Power Steering
    Dextron II D (ATF) (1 liter)(60.000km, 2thn.)
    setel setir di jaktim, hubungi Surabaya Motor 460 6675.
    6.Air Condition Compressor Lubricant
    Polyalkaline Glycol (PAG)
    7.Hydro Clutch
    Brake fluid DOT 4 (SPEC)
    8.Brake Fluid
    Brake fluid DOT 4
    9.Rear Axle
    Gear Oil SAE 80W - 90 GL-5 (1.85 liter)
    10.Tekanan di pressure regulator,
    ukur dengan pressure meter.Letaknya tepat di atas rail pipe injector. Di dekat situ juga ada pentil bahan bakar, pasang pengukur tekanan di pentil tersebut, jika tekanannya saat idle di atas 2,5 bar, berarti pressure regulatornya harus ganti.(biar ga boros bensin)
    8.Fanbelt (tali kipas)
    menyemprot beltdressing ,disetel ke bengkel. TIMMING BELT , fan belt DOHC GANTI 30ribu.
    9.Aki dan wiper
    coba cek kondisi PCB motor wiper, ada solderan yang pecah
    11.Lampu
    12.cek kabel busi, busi dan koil
    merek Bosch dengan spesifikasi FLR8LDCU(2ELEKTRODA) setiap 96 km, busi 1.200 Ohm untuk 25 mm. Biar tdk mbrebet.
    11. Minyak kopling
    Opel 2,5 liter Oil jenis ATF + lubrizol.



    ganti : 20.000 km. 60.000km,2thn.
    periksa kondisi kopling dan prop shatnya
    pelat kopling aus, bantalan pelepas kopling. Bunyi dari garpu kopling. Bisa dihilangkan dengan meng-grease rumah,niple kopling. Ada nipel untuk memasukkan grease, letak rumah kopling di belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.
    Kondisi di semua gigi ada masalah di kopling atau master koplingnya. Kalau terjadi di salah satu atau dua gigi, ada masalah di sychronizer gigi.
    pedal kopling atau rem yang kendor.
    kadang2x masih bisa diperbaiki Master kopling 700rb.
    Kalau mau ganti yang modifikasi, hubungi 021 781 5735.
    80ribu km ganti kopling.set-1jt.
    12.Isi freon sesuai jenis kompresor
    kompresor Blazer umurnya 5 - 7 tahun.
    13.Kuraslah TANGKI setiap enam bulan. Bila telah 30,000 km,
    ganti filter bensin.injektor.kekencangan tali kipas.
    14.Turun mesin separo
    bisa dilakukan tiap 200.000km. Walaupun tidak ada masalah
    15.wiper tidak keluar air
    cek pompa air di tabung deket filter udara masih bagus, tes pompa nya dengan tegangan 12 volt, semprotan nya kenceng. cek kabel,Cek PCB motor wiper, ada soldean yang lepas.
    16.Engine mounting, umumnya tiap 30.000km
    17.overhaul transmisi + parts-nya : 1 jutaan
    18.transmisi penggantian cones gigi 1 dan 2 : 200 ribuan.
    Coba cek kondisi bushing tongkat transmisi.
    19.kaca depan : 900 ribuan.
    20.water pump blazie ada yang non genuine : 350 ribu
    21.kopling set : set 950 ribu
    22.tune up CO test : setel di posisi 128.
    23.Ball joint, tie rod, pada prinsipnya part yang bekerjanya scr mekanis, pasti bisa di repair. Asal belum patah., bawa saja ke bengkel2x khusus suspensi, biasanya bisa ngrepair. benbgkelnya Donnie 021 781 5735. Harganya 150 ribuan (akalin ball joint).
    Tie rod, sepertinya tidak perlu ganti, karena jarang yg rusak
    24.Boster rem Blazer : menambal ulang karet boosternya yg rusak.
    25.Tarikan kadang kala nyendat-nyendat : gangguan di ground utama controle unit [ECU]. Coba periksa seluruh fungsi ground dan wiring pemasok listriknya. Ground utama letaknya di rumah kopling. Ada lagi di dekat rumah evaporator AC. Kabel positifnya di terminal belakang tangki oli power steering. periksa businya (standar asli Blazer) kabel busi (ndut-ndutan), periksa kondisi crankshaft sensor [CKP]. cek adjuster valvenya
    26.Saat idle [mesin udah masuk suhu kerja] tekanan OLIE :125 Kpa.
    periksa meternya atau switch pressurenya, mungkin rusak.
    27.letak pressure regulator : Dekat rail pipe injektor. harga 800rb.
    28.letak rumah kopling & niple kopling untuk regreaze : belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.
    29.Umur kopling di sekitar 100ribu km. kopling Blazer/Montera sekitar 70.000 - 80.000km
    30.sensor suhu mesin terpisah dengan termoswitch, letaknya sama, di belakang silinder head. Bedanya kalau switch fan soketnya dua kabel, yang sender temperatur satu kabel.
    31.lampu rem mati, ada gangguan di switch rem yg letaknya di dekat [atas] pedal rem. Biasanya ada kabel yg putus.
    32.(service rutin)power steering : ]. Perawatan pompa steering, coba cari bengkel alternatif. Biayanya 200-300 rb, bs ganti karet joint stirnya : 200 ribuan.
    33.fuel pump blazer bertahan3thn,diganti tiap 50ribu km, harganya kan 1.4jt an.(kalau rusak aja)-resmi 1.7jt.
    34.Check kaki2x : cek kondisi ball joint, pitman dan idle arm. Harga idle arm 800 ribuan, pittman arm 260 ribuan.
    ball joint 600ribuan, laher roda 200 ribuan
    35.Spion 800 ribuan,
    36.kampas kopling 500 ribuan.
    37.kampas rem 300 - 800 ribu.
    38.timing belt + tensioner 450 ribuan.
    39.Tali kipas 100 ribuan.
    40.Alternator (dinamo amper). Bisa icnya sudah jelek dan juga bisa fisik dinamonya (kumparannya sudah harus diganti). tukang dinamo amper, yg sudah pengalaman dengan dinamo blazer, ganti baru sktr 1jt, perbaikan antara 300rb - 500rb.
    41.Perawatan pompa steering, bengkel alternatif. 200-300 ribuan.
    42.Perawatan AC Bpk. Jimi 021-750 4748
    30.000km diperiksa atau dibersihkan keseluruhan sistem AC
    periksa kondisi accumulator atau drier dan expansi valve. di vacum ulang dan ganti orificenya, jika perlu accumulatornya juga diganti. Ongkosnya kisaran 600ribuan berikut part.
    Ganti baru : 1.8jt AC kompresor diganti Sanden ex Singapur- EDDY HP 08128348519-Bhineka AC di Jl. Lemah Abang Cikarang samping Cikarang Prolube,
    43.shock absorber palsunya agak susah mbedainnya. Beli merek Bilstein, langsung saja ke agennya di daerah Asem Reges.
    44.Foot step yg original kalo yg second : Rensen 021 727 96 235.
    45.noozle wiper harganya 100 ribuan per pc.
    46.Tekanan angin ban : 32psi saat dingin..
    47.Bushing engsel pintu, jasa dan parts sekitar 130 ribuan
    48.Ball joint atas dan upper arm 500 ribuan.
    49.Magnet clutch 400 ribuan
    50.Engine blazer assy 30 jutaan,diganti engine Nissan RD28
    51.asesoris blazer :
    Rensen Duta Mas Fatmawati, telp. 021 727 96 235.
    52.Shock Breaker
    Bilstein, 1,5 jt, Procomp 800rb. Monroe, 600rb. Padder 1,5 jt.
    53.yang bisa ngrepair kaca baret di daerah radio dalam dan Jl. Raya Fatmawati.
    Setir agak goyang periksa kondisi karet joint steer, pittman arm. Atau coba spooring dan balance roda
    Kondisi tensioner timing belt Menurut schedule timing belt saya ganti 8 ribu km lagi, menurut teknisi bengkel,
    tensionernya sudah "kurang bagus". Apa ciri atau tanda tensioenr sudah tidak bagus? dan gantinya memang selalu satu paket? Makasih.
    Oleh albert Jawaban Di mesin Blazer menggunakan tensioner timing belt yang dilengkapi dengan pointer.
    Biasanya jika sudah dilakukan penyetelan pada tensioner tapi pointernya tidak bisa menunjuk ke tengah itu berarti sudah ada gangguan di tensionernya.
    Dan untuk menggantinya memang disarankan satu set [timing belt, tensioner dan roller].

    (bic.or.id & berbagai sumber)









  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Rambu-Rambu Boros Bahan Bakar

    Gejala boros bahan bakar bukan hanya dapat dihitung dari peningkatan konsumsi bahan bakar. Namun Anda juga bisa merasakan dan mencermatinya jika kendaraan mulai menunjukkan rambu-rambu seperti di bawah ini. Jika hal itu terjadi , segera bawa mobil ke bengkel untuk service dan penyetelan ulang :

    1. Terjadi kebocoran bahan bakar.

    Tercium aroma bahan bakar yang menyengat saat mesin dinyalakan sudah dapat dipastikan terjadi kebocoran pada saluran bahan bakar. Akibatnya rembesan cairan bahan bakar itu terbuang percuma.

    2. Suhu mesin

    Perhatikan temperatur mesin karena suhu mesin yang rendah juga bisa menjadi penyebab boros bahan bakar, karena itu berarti campuran bensin terlalu banyak sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.

    3. Kerja mesin

    Gejala mesin pincang alias putaran tidak rata juga bisa menjadi pertanda boros bahan bakar. Hal itu bisa terjadi karena salah satu busi tidak bekerja optimal.


    4. Gas buang

    Gas buang yang berwarna hitam ketika pedal diinjak penuh dan gas buang yang terasa pedih di mata menunjukkan campuran bensin yang terlalu banyak.

    5. Ujung Knalpot

    Perhatikan ujung lubang knalpot yang terdapat kerak hitam itu menunjukkan terjadi pembakaran yang tidak sempurna, bensin tidak sepenuhnya terbakar di ruang bakar.

    6. Uji emisi

    Jika perlu, lakukan uji emisi karena mobil yang boros bahan bakar sudah pasti memiliki kadar CO yang lebih tinggi dari kondisi normal


    (bid/berbagai sumber)



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mengganti Ban Dalam Perjalanan

    Lakukanlah prosedur-prosedur berikut ini untuk keselamatan anda berkendara di jalan raya :

    Jika anda bepergian dengan mobil anda, apakah anda selalu menyiapkan ban cadangan? Karena bisa saja tiba-tiba ban kendaraan anda pecah / bocor di tengah jalan. Peristiwa tersebut bisa saja terjadi ketika kendaraan berada di jalan yang padat lalu lintas atau tempat yang tidak aman.



    Bila anda mengalami hal itu, lakukanlah prosedur-prosedur berikut ini untuk keselamatan anda berkendara di jalan raya :



    Bawalah kendaraan anda ke sisi jalan dengan hati-hati dan parkirkan di tempat yang aman. Ingat ! jangan hentikan kendaraan dengan tiba-tiba. Kemudian pasang rem parkir.
    Buka kap mesin dan tutup bagasi, lalu pasang tanda-tanda agar dapat diketahui oleh pengemudi kendaraan lain sehingga menghindari terjadinya kecelakaan. Untuk siang hari pasang sapu tangan/kain/daun-daun. Jika malam hari pasang lampu parkir berwarna merah atau warna terang lainnya agar mudah dilihat.
    Keluarkan alat-alat yang diperlukan seperti dongkrak, engkol, penggerak dongkrak, ban cadangan. Pasang ganjal pada ban muka dan belakang ban yang tidak terangkat oleh dongkrak.
    Buka tutup pelek roda yang akan diganti sebelum kendaraan didongkrak dengan ujung obeng atau batang logam yang gepeng. Kendurkan baut-baut roda searah jarum jam.
    Tempatkan dongkrak sesuai dengan petunjuk. Dongkraklah kendaraan sampai ban terangkat dan tidak menyentuh permukaan jalan.
    Lepaskan baut-baut roda. Simpan baut di tempat yang aman supaya tidak hilang bila akan dipasang lagi.
    Bukalah roda dengan mengangkat sedikit dan jaga jangan sampai terjadi kerusakan.
    Pasanglah ban cadangan dengan memeriksa tekanannya terlebih dahulu. Pasang baut-baut roda, kokohkan dengan kunci roda setelah dongkrak diturunkan kembali. Sebelumnya periksalah apakah dibawah kendaraan terdapat benda-benda yang dapat menghalangi turunnya kendaraan.
    Jangan mengokohkan baut/sekrup terlalu keras, anda akan kesulitan apabila suatu saat anda harus membukanya kembali. Yang penting baut harus cukup kokoh untuk menghindari terlepasnya roda.

    (bid/berbagai sumber)



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Melatih pandangan mata saat mengemudi

    Saat Anda mengemudi di jalan raya tentunya harus diikuti oleh sikap yang berhati-hati dan konsentrasi. Salah satunya adalah waspada mengamati situasi jalanan yang dilewati. Melatih pandangan mata akan membuat Anda dapat memprediksi situasi yang akan terjadi di jalanan saat mengemudi. Disamping itu Anda dapat merencanakan tindakan yang akan diambil, menempatkan posisi kendaraan yang tepat, serta mengurangi resiko kecelakaan. Berikut ini cara melatih mata Anda :

    - Saat kendaraan mulai melaju, arahkan pandangan jauh ke depan secara menyeluruh. Tujuannya agar setiap perubahan yang terjadi di badan jalan dapat terlihat dengan jelas.

    - Saat Anda sedang melaju beriringan dengan kendaraan lain, arahkan pandangan mata meluas ke kiri dan ke kanan. Usahakan menghilangkan rintangan yang dapat mengganggu pandangan.

    - Saat kendaraan melalui persimpangan, arah pandangan mata harus berpindah. Sehingga Anda dapat mengetahui setiap aktifitas pengguna jalan yang lainnya yang dapat mempengaruhi situasi Anda di persimpangan.

    - Saat kendaraan bergerak mundur dan hendak berbelok, arahkan pandangan di sekitar lokasi.





    - Saat Anda akan memarkir kendaraan tetap berkomunikasi dengan lingkungan di sekitar lokasi parkir.

    - Saat memasuki daerah ramai untuk menghindari kecelakaan dengan pejalan kaki maka arahkan pandangan ke titik-titik keramaian. Hindari jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan lain dan usahakan berkomunikasi dengan pejalan kaki.[erf/oto]



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Berpindah jalur dan Melewati Persimpangan Jalan

    Fokus utama dari berkendara adalah waspada. Dengan waspada, maka kecelakaan dapat dihindarkan. Untuk itu, jika tidak ada kebutuhan dan maksud untuk berpindah jalur, maka selama berkendara hendaknya selalu berada di jalur kiri. Jika memang harus mendahului dan berpindah jalur, termasuk untuk melewati persimpangan jalan, mungkin tips berikut bisa dijadikan pedoman.
    Berpindah Jalur
    -Pastikan tidak ada kendaraan lain di depan, samping dan belakang Anda, saat Anda hendak berpindah jalur.
    -Perhatikan kaca spion secara seksama dan lihatlah samping kiri-kanan Anda. Namun, kaca spion memiliki keterbatasan pandangan, sehingga perlu kewaspadaan untuk mendahului.
    -Gunakan lampu sen sebagai tanda isyarat bahwa Anda bermaksud berpindah jalur. Menyalakan lampu sen sekurang-kurangnya tiga detik sebelum Anda resmi berpindah jalur ke kanan.
    Melewati Persimpangan :





    -Pastikan tidak ada kendaraan lain atau pengguna jalan lain seperti pejalan kaki dari arah persimpangan jalan.
    -Ketika belok ke kiri atau ke kanan, sangat penting untuk menyalakan lampu sen sekurang-kurangnya 30 meter sebelum mendekati persimpangan. Ini untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan lainnya.
    -Sebelum mengubah jalur, Anda harus melihat keadaan lalu lintas di sekitar Anda untuk memastikan kondisi keamanan. Jangan hanya melihat kaca spion, karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan.
    -Kurangi kecepatan kendaraan Anda. Ini untuk menghindari kemungkinan slip atau tergelincir (motor). Demikian juga dengan mobil, hendaknya dapat menyesuaikan tingkat kecepatan kendaraannya.
    -Tetap menjaga jarak aman kendaraan. Jika ada dua atau lebih kendaraan yang bermaksud melewati persimpangan jalan, pengendara dan pengemudi wajib menjaga jarak aman kendaraan dengan pengendara yang ada di depannya.

    ( sya )


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    petunjuk praktis cara parkir mundur dan menyerong

    Berikut ini petunjuk praktis cara parkir dengan posisi menyerong 

    Parkir kendaraan adalah hal yang sering kita dengar sebagai masalah tersendiri bagi pemilik mobil di kota besar terutama Jakarta. Perlu trik-trik tertentu agar kita bisa memarkir mobil aman dan teratur sesuai lahan parkir yang tersedia.
    Berikut ini petunjuk praktis cara parkir dengan posisi menyerong :
    • Perhatikan garis batas di permukaan jalan yang telah ditandai sebagai garis jarak antar kendaraan yang satu dengan yang lainnya.
    • Jagalah jarak mobil Anda dengan mobil yang diparkir di kanan atau di kiri Anda agar jangan terlalu dekat sehingga sewaktu membuka pintu tidak menyenggol mobil orang lain.
    • Jika posisi parkir Anda mundur maka saat mundur kita harus melihat melalui kaca spion. Jika posisi sudah lurus batu menengok ke belakang untuk mengantisipasi jarak.
    • Jika posisi parkir Anda maju, usahakan semaksimal mungkin posisi mobil mendekati posisi lurus. 


    Saat mengeluarkan mobil dari tempat parkir dengan cara mundur perhatikan hal berikut ini :
    • Hidupkan lampu sein sesuai arah yang akan kita ambil.
    • Arahkan roda keluar dari tempat parkir sambil memperhatikan kaca spion maupun pandangan langsung ke jalan yang dituju.






    • Lihat ke arah depan dan belakang.
    • Jika posisi bagian depan mobil sudah aman saat akan membelok berarti Anda boleh memutar habis kemudi untuk memudahkan manuver serta mengantisipasi kendaraan yang berada di depan maupun di belakang mobil Anda.

    (bid/berbagai sumber)

    Pentingnya Balancing & Spooring

    Pernahkan Anda merasakan suatu guncangan hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan bus atau mobil besar lainnya pada kecepatan tinggi. Sebagian orang meduga kalau efek limbung yang terjadi itu disebabkan oleh kecilnya ukuran mobil yang kita naiki. Pada kenyataannya, gejala limbung ini tidak terjadi pada mobil kecil (contoh: Mitsubishi Colt) yang dikabarkan seorang kawan saat dibawa mudik lebaran kemarin. Ketahuilah bahwa semua itu kuncinya pada keselarasan(spooring) dan keseimbangan (Balancing) roda serta piranti kemudi (setir) sebagai pengendali gerakan mobil.

    Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, keselarasan dan keseimbangan roda harus diperbaiki karena keausan komponen kaki-kaki mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan roda. Agar kesetabilan mobil tetap terjaga maka wajib hukumnya untuk melakukan spooring dan balancing secara berkala. Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan. Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil dijalankan. Pada proses penyetelan harus diyakinkan bahwa roda belakang bener-benar parallel dengan roda depan karena roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan saat mobil di jalankan. Apabila kondisi ini tidak tercapai bisa menyebabkan ban Anda akan cepat aus dan kestabilan mobil tergangu.
    Spooring dan balancing juga bertujuan untuk membuat keausan ban mobil merata sehingga pengendalian dan kenyamanan mobil tetap terjaga, efek limbung dapat terhindar dan keamanan berkendaraan pun senantiasa terjamin.
    Gejala limbung juga bisa ditimbulkan oleh gangguan pada setir. Pada umumnya mobil sekarang sudah mengadopsi system kemudi ‘power steering’.

    Gejala gangguan pada system setir ini beraneka ragam dan biasanya disebabkan oleh beberapa sebab berikut:


    Kemudi terasa berat akibat kendornya tali kipas dan juga mungkin oli kurangnya power steering.
    Getaran kuat pada kemudi akibat lemahnya system suspensi depan. Getaran ini juga disebabkan oleh longgarnya batang penyambung (long tie road) pada system kemudi.
    Penggunaan ban berjenis radial yang terlalu lebar dan tekanan angin yang berbeda untuk tiap ban akan mengganggu kinerja setir.
    Penyetelan sector shaft yang tidak tepat atau penyetel rack pada model rack and opinion terlalu kendur bias membuat gerak bebas setir berlebihan.
    Gangguan pada setir akan sangat kita rasakan pada saat mobil berada pada kecepatan tinggi, makanya pengetesan spooring dan balancing perlu dilaksanakan pada saat mobil melaju pada kecepatan diatas 100 km/j, dimana gejala limbung itu bisa dirasakan.
    Cara yang termudah dan termurah untuk mengetahui kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring dan balancing:
    Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding roda belakang.
    Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah spooring.
    Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
    Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
    Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
    Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil Anda sudah cukup parah dengan keseimbangan.
    Bila komponen system kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil Anda hanya bergerak lurus.
    Tindakan preventif agar mobil Anda terhindah dari gejala limbung:
    Lakukan spooring dan balancing secara berkala. Karena tiap produk mobil memiliki system dan tehnologi yang berbeda-beda di bagian suspensinnya, maka disarankan untuk mengikiti buku panduan yang tersedia.
    Bila ingin merotasi ban, Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur akan memberikan keausan yang merata untuk semua ban di mobil Anda. Untuk mobil penggerak empat roda, dianjurkan melakukan rotasi ban setiap 5,000 kilometer (sumber: Goodyear).
    Pasanglah roda dengan mengikuti petunjuk arah putar yang tertera pada kulit ban dan berikan tekanan angin yang sesuai dengan buku petunjuk dari pabrik.
    Sebelum dimulai perbaikan spooring dan balancing lakukan pengecekan semua kondisi ban dan pelek, pengecekan bagian suspensi, hubungan pada setiap sambungan kaki-kaki, kondisi chasis serta bodi kendaraan.
    Untuk mendapatkan hasil spooring dan balancing yang maksimal, yakinkan bahwa bengkel yang Anda kunjungi memeliki peralatan standard dan sesuai dengan karakter mobil Anda.
    Hindari mengganti ban dengan mengunakan ban bekas, walaupun harganya murah resiko tinggi terhadap keselamatan.
    Apabila mengalami ban bocor/pecah dijalan, gunakan ban serep yang punya ukuran yang sama dengan ban aslinya. Kalau ban serep yang tersedia berbeda atau lebih kecil, pergunakan ban serep ini hanya untuk keperluan darurat sampai ban aslinya bisa diperbaiki.
    (Contributed by Nugroho Widjihatmoko - nugroho.widjihatmoko@cac.co.id)

    Mencuci Kendaraan

    Membersihkan atau mencuci kendaraan bermotor adalah kegiatan rutin sehari-hari bagi pemiliknya. Jika kendaraan kotor alias tak tersentuh air, maka dampaknya tak hanya sebatas tak sedap dipandang mata. Lebih jauh dari itu, kendaraan menjadi tak terawat.

    Mencuci kendaraan atau mobil secara mandiri sebenarnya sangat menyenangkan. Waktu yang diperlukan pun tak terlalu lama. Kegiatan ini bukan hanya lebih mendekatkan diri dan lebih mengenal 'tunggangan' pribadi kita. Namun, dengan rutin membersihkan kendaraan setiap hari maka kita akan lebih mengetahui kondisi kendaraan secara umum.

    Mencuci kendaraan tak harus selalu di tempat jasa-jasa pencucian. Sewaktu-waktu mungkin kendaraan kita memang harus 'mampir' ke tempat tersebut, katakanlah seminggu sekali untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit kita jangkau ketika mencuci secara mandiri.
    Berikut ini kiat-kiat sederhana yang bisa diikuti ketika kita ingin melakukan kegiatan mencuci mobil atau motor.

    1. Pilihlah waktu yang tepat
    Jika Anda sempat mencuci kendaraan di pagi hari, sebaiknya kerjakan sebelum matahari terbit. Misalnya, usai shalat Subuh, mulai pukul 5 pagi sampai matahari baru saja terbit. Dengan demikian, sinar matahari belum terlalu terik sehingga jika sinarnya mengenai bodi kendaraan tak akan meninggalkan 'jejak' akibat air yang berinteraksi dengan sinar ultraviolet. Selain itu, bodi kendaraan yang masih lembab dengan sisa-sisa air akan mengering dengan lebih baik seiring munculnya mentari.

    Jika Anda punya waktu sore hari, pilihlah waktu sebelum magrib atau sebelum matahari terbenam. Dengan demikian air yang tersisa di bodi mobil masih bisa mengering dengan baik dan tidak menimbulkan korosi.

    2. Jangan memakai deterjen
    Jangan sekali-kali menggunakan sabun pembersih yang mengandung deterjen ke bodi kendaraan kita. Tindakan ini bisa membuat cat kendaraan menjadi rusak atau kusam. Gunakanlah shampo mobil yang umum dijual jika memang memerlukan sabun pembersih. Bagian kendaraan yang hanya bisa tersentuh deterjen atau sabun colek adalah ban kendaraan.




    3. Bersihkan berurutan
    Yang terbaik, cuci dahulu bagian yang paling atas dan terus ke bagian yang paling bawah. Misalnya, dimulai dengan atap mobil, pintu, kap, dan seterusnya. Ini untuk menghindari pencucian ganda karena kotoran dari atas akan turun ke bawah.

    4. Bagian interior dan ban
    Jangan lupa membersihkan bagian interior kendaraan. Kendaraan tak akan tampil sempurna jika hanya bagian luar yang dibersihkan. Jika harus memakai kain lap maka sebaiknya kain yang dipakai terpisah dari kain lap untuk membersihkan bagian luar kendaraan. Selain itu, ban kendaraan juga harus diperhatikan seksama berikut peleknya. Jika tak ingin repot, banyak dijual cairan pembersih pelek atau pemoles ban yang siap pakai.

    5. Keringkan dengan teliti
    Jika sudah dicuci maka kendaraan wajib dikeringkan. Ini untuk menghindari adanya sisa-sisa air yang bisa menimbulkan karat di kendaraan kita. Pengeringan bisa dengan kain lap penyerap air yang umum dijual. Kendaraan harus benar-benar kering sebelum dilapisi cover atau disimpan. n mag ( )


    (bid berbagai sumber)

    Bengkel Spesialis AC

    Meminjam istilah medis, untuk jasa perbaikan AC juga dikenal adanya bengkel spesialis pendingin ruangan. Pilih bengkel AC yang memang mengkhususkan bidang itu. Hindari usaha yang mencampurkan jasa pemasangan audio, pemasangan kaca film, ganti oli, dan tune up dengan bengkel AC.

    Kebanyakan bengkel AC adalah campuran dari usaha tersebut. Mereka ini umumnya tak terlalu sempurna dalam mengerjakan perawatan AC. Sebab montirnya sering merangkap pekerjaan lain, saat seharusnya mereka mengerjakan pendingin mobil Anda.

    - Ikut kenali kerusakan AC
    Saat hendak memasukan mobil ke bengkel, yakinkan para montirnya mengetahui dan melakukan tugasnya dengan benar. Jangan segera percaya bila mereka meminta untuk mengganti komponen tanpa penjelasan dan alasan yang masuk akal atas penggantian tersebut. Beberapa komponen penting AC bisa direparasi untuk membuat kembali berfungsi maksimal.



    Seperti halnya saat ke dokter, ikutlah aktif dalam mendiagnosa kerusakan AC mobil bersangkutan. Seperti, jelaskan kapan AC mulai terasa kurang dingin. Atau, bisa saja terdengar suara atau bau aneh dari rangkaian AC. Ikut serta dalam mencari kerusakan akan mempermudah montir mencari penyebab kerusakan AC.

    - Yakinkan freon sesuai spesifikasi
    Karena alasan menekan harga, ada saja bengkel AC yang berlaku curang atas jenis freonnya. Seperti misalnya memasukan freon dengan jenis yang tak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya disyaratkan mobil bersangkutan.

    Salah satu contoh kecurangan mereka adalah, mobil buatan kurang dari tahun 1995 umumnya masih menggunakan freon jenis R-12. Lalu ada saja bengkel yang nekad mengisikan mobil buatan sebelum tahun 1995 itu dengan freon jenis R-134. Ini dilakukan karena hanya dengan memasukan 1/5 kg freon R-134 dalam kompresor yang seharusnya memerlukan 1 kg freon R-12, AC mobil tersebut langsung dingin. Tapi risikonya, saluran, selang maupun kompresor mobil tersebut akan rusak bahkan mungkin saja hancur.

    - Amati jumlah pengisian freon
    Setelah menyakinkan jenis freon sesuai spesifikasi, maka amati pula proses pengisiannya. Menurut Heri S, rata-rata pengisian dari keadaan kosong, memerlukan 1 kg freon. Cara mudah mengetahui freon telah diisikan penuh adalah dengan melihat kaca pengintai -- ada di bagian atas komponen dryer. Bila dari kaca terlihat cairan telah bening, dimana sebelumnya terdiri dari buih, maka itu berarti freon telah penuh.

    Bila pada mobil Anda tak didapati kaca pengintai, ikuti jalannya meter pengukur yang dipakai tukang AC. Dari meter tersebut dapat diketahui freon penuh bila angkanya menunjukkan; tekanan bawah 40 dan tekanan atasnya 250. Pengisian freon yang tak sesuai jumlahnya bisa berdampak buruk. Bila freon kurang dari jumlah yang seharusnya, otomatis AC tak bakal bekerja maksimal. Namun bila jumlah freon terlalu banyak, akan merusakan kompresor dan saluran AC lainnya.

    - Minta garansi
    Pada usaha jasa AC yang berkualitas biasanya bakal memberikan garansi terhadap komponen yang Anda beli. Mintalah garansi sekitar enam bulan hingga satu tahun terhadap komponen yang Anda beli. Bengkel yang bonafid pasti akan memberikan layanan gratis pula bila kerusakan kembali terjadi dalam waktu kurang seminggu. (bid berbagai sumber)

    TIPS AC MOBIL AWET DAN TAHAN LAMA

    1.Jagalah kebersihan kabin dari debu dan kotoran, karena debu dan kotoran bisa tersedot evaporator. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat evaporator. Akibatnya akan menghambat udara dingin yang dihembuskan, dan terjadilah kondensasi di saluran AC.

    2. Perhatikan celah di antara jendela dan karet pintu yang tak tertutup rapat karena bisa menyebabkan masuknya kotoran dan debu.



    3. Hindari merokok di dalam mobil. Asap rokok bisa mengotori AC, aroma nikotinnya yang lengket menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

    4. Sebelum berkendara, hidupkan dulu mesin baru aktifkan AC. Saat melakukan pemanasan mobil, jangan mengaktifkan AC. Biarkan pelumas mesin bekerja optimal terlebih dahulu. Jika AC dihidupkan saat pemanasan, putaran mesin otomatis naik karena adanya iddle-up sehingga akan membebani kerja mesin yang belum optimal.


    5. Dianjurkan tidak memaksimalkan beban AC saat kendaraan anda melaju kencang.

    6. Perhatikan jika ada kebocoran di bagian kompresor, tabung, dan selang AC. Oli merembes, debu atau kotoran yang menempel akan menempel dan menyumbat saluran.

    7. Dianjurkan untuk melakukan service berkala ke bengkel AC setiap enam bulan sekali.

    8. Jika AC dalam keadaan baik, tidak dianjurkan untuk mengganti perangkat apapun kecuali menambah freon, oli kompresor dan mengganti spons/busa ventilasi sirkulasi AC

    ( bid/berbagai sumber )

    Berikut ini bagian-bagian AC yang perlu diperhatikan dalam langkah perawatan :

    1. Selang AC / Hose AC Periksalah selang / hose apakah ada kebocoran atau tidak karena kebocoran dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

    2. Receiver / Dryer Periksalah apakah receiver/dryer masih layak pakai atau harus diganti. Perhatikan indikatornya. Bila terjadi kerusakan dan tidak cepat diganti, lama kelamaan kerusakan akan merembet ke alat lain seperti expansion valve, kompresor, dll.



    3. Pelumas : periksalah apakah pelumasnya perlu ditambah.

    4. Condensor : sebagai tempat heat exchange / tempat sirkulasi udara panas berpindah, bagian ini harus dibersihkan. Kotoran yang menumpuk dapat mengurangi udara dingin.




    5. Unit pendingin : Periksalah unit pendingin apakah ada kebocoran. Bila kotor segera bersihkan, karena jika bagian ini kotor, daya dingin tidak dapat tembus keluar karena dinding unitnya dilapisi kotoran tebal. Kalau sudah begitu dapat menimbulkan karat dan bila suatu saat dibersihkan dapat terjadi kebocoran.

    6. Periksalah apakah gas dan freon kurang. Pengisian freon jangan berlebihan dan jangan kekurangan. Untuk mengisi freon / gas harus diperiksa terlebih dahulu oleh bengkel service AC.

    7. Evavorator : periksa juga bagian ini dan bersihkan dari kotoran.

    ( bid/berbagai sumber )

    Perawatan AC


    Perawatan AC bisa dilakukan setiap setahun sekali seperti berikut ini :
    1. Bersihkan kondensor AC secara berkala setiap 2 minggu sekali sampai dengan sebulan sekali. Jangan dibiarkan berdebu, karena bisa menyebabkan alat ini tidak bisa melepas panas dengan baik. Disamping itu, suhu kondensor yang terlalu panas akan menyebabkan jebol.

    2. Untuk membersihkan kondensor AC cukup siapkan slang air dan sikat kecil. Buka lebih dulu gril untuk memudahkan slang masuk ke celah antara kondensor AC dan radiator. Lalu semprot air dari sisi dalam kondensor sambil disikat agar kotoran yang lengket bisa langsung menyembur langsung keluar.

    3. Periksa kondisi sambungan pipa AC, bila pada sambungan itu menunjukkan tanda basah oleh oli, pasti telah terjadi kebocoran. Bila terjadi kebocoran segera bawa ke bengkel AC terdekat agar tidak bertambah parah.


    4. Bersihkan Blower.Untuk menjaga kebersihan blower dan saluran AC agar bertahan lebih lama, perhatikan juga kondisi tombol pilihan aliran udara. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan tomboy fresh yang memanfaatkan udara dari luar. Karena hal itu akan menjadikan blower gampang kotor, sehingga udara dalam kabin menjadi ikut kotor.

    5. Perhatikan juga tabung receiver (botol) secara teratur dengan cara amati mesin dan AC pada batas pendingin maksimum. Cermati gejala yang tampak pada kaca pengintai receiver. Kekurangan dan kelebihan refrigerant/freon bisa diketahui lewat kaca pengintai pada tabung receiver. Jika kelebihan maka pada kaca pengintip langsung terlihat terang begitu AC dimatikan.

    6. Perhatikan kaca pengintai juga untuk mengecek apakah kerja AC normal dan benar, tandanya bila AC dimatikan pada kaca pengintai akan menampakkan refrigerant berbusa sebentar sebelum berubah terang.
    (dr.berbagai sumber)





    Empat jenis kebocoran yang paling sering terjadi pada AC mobil


    1. Bocor evaporator
    Evaporator merupakan komponen pemroses hawa dingin dengan mengalirkan proses evaporasi dan kembali menyedot kelembapan suhu dalam kabin. Debu, kotoran kabin hingga asap rokok merupakan pencetus paling utama terjadinya sumbatan pada komponen yang terbuat dari aluminium ini.
    Karena terbuat dari aluminium, maka saluran yang tak bakal berkarat ini bila mengalami sumbatan akan mudah robek. Ingat sifat aluminium yang liat, tak korosif tapi lembek dan mudah koyak. Mobil buatan Jepang umumnya meletakan evaporator di bawah laci sehingga akan mudah menyedot debu dan tersumbat. Lain dengan mobil buatan Eropa yang letak evaporatornya di dalam kabin. Tak mudah tersumbat, walaupun cukup menyulitkan bila perlu membersihkannya.

    2. Bocor seal Kompresor
    Kompresor yang bekerja bagai 'mesin' kecil terdiri pula dari sejumlah karet (seal) yang bisa saja cepat rusak bila terjadi kesalahan. Paling sering karena salah posisi kompresor dan pelumas yang habis karena mesin terlampau panas.





    3. Bocor saluran
    Rangkaian saluran atau selang penyejuk udara bisa saja bocor akibat gesekan berlebihan yang terjadi karena seringnya mobil tergoncang. Bisa juga karena mampetnya ekspansi dan reciver dyaer sehingga tekanan dalam saluran meningkat dan menyebabkan kebocoran.

    4. Bocor seal saluran
    Sambungan antara saluran dengan beberapa komponen dari metal membutuhkan karet (seal) penyekat. Maka kondisi buruk yang menyebabkan kebocoran saluran dengan sendirinya juga akan merembet pada hancurnya seal dan berujung pada kebocoran.
    ( bid/berbagai sumber )




     
     
     

    Total Tayangan Halaman