Archives
Bodi getar, FLASER dan SOKET, LAMPU SIGN, setir Blazer, Radiator
Komponen dalam mesin mobil
Bagaimana Mesin di Servis
• Seberapa Sering - Seperti rekomendai pabrik. Tetapi bila spare-part banyak yang bukan asli, ini dapat merubah interval servis. Saya rasa ganti oli, termasuk filter dan mengatur dan memeriksa kerapatan katup, biasanya dilakukan setiap 3,000 km.
• Kapan dan Apa - Biasakan untuk mengikuti prosedur yang baik, termasuk didalamnya keselamatan. Sebelum membuka tutup katup, bersihkan kotoran dari daerah ini untuk mencegah masuknya kotoran tersebut kedalam mesin. Sama juga bila ingin membuka busi-busi. Ingat, VW memiliki dua pilihan untuk tipe busi, tergantung dari temperatur normal. (tipe 4 menggunakan busi tiga per empat inci - sering saya temukan penggunaan busi setengah inci). Pada saat membuka air cleaner, tutuplah karburator. Juga pastikan sil air cleaner dan sambungan-sambungannya ada pada kondisi yang baik.
• Oli - Setiap orang memiliki merek oli pilihannya, untuk berbagai macam alasan, tetapi jika anda memasang alat pengukur panas mesin, anda bisa mencoba berbagai macam merek oli dan membukukan temperaturnya, ada sebagian tipe oli yang bisa mendinginkan lebih baik dari merek yang lain sampai sebanyak 10 derajat selsius. VW memiliki spesifikasi oli yang digunakan. Oli 20w50 sangatlah kental untuk melewati pendingin oli, oleh sebab itu temperatur olinya makin panas karena tidak dapat melepas panas pada saat melewati kisi-kisi pendingin oli. Coba potong dan belah pendingin oli, anda akan melihat apa yang saya maksud. Secara garis besar, oli untuk mesin turbo tidak cocok dipakai untuk mesin berpendingin udara, karena oli dirancang untuk tahan panas dan tidak dapat dengan mudah melepas panas pada saat melewati kisi-kisi pendingin oli. Bertentangan dengan apa yang barusan saya katakan, saya pribadi menggunakan oli Castrol GTX2 pada Kombi saya, karena saya melihat temperatur oli adalah serendah oli-oli yang harganya
jauh lebih mahal. Oli Castrol GTX2 memakai modifikasi gesekan (friction modified) - oli jika dilihat dari mikroskop berupa gigi-gigi gergaji bundar, "friction modified" memangkas gigi-gigi tersebut) yang membantunya melewati kisi-kisi pendingin oli, walau oli akan menjadi panas bila melewati kira-kira 3,000 km dan diharuskan menggantinya. VW tidak merekomendasikan "oil additive" untuk mesin, tetapi "oil additive" yang pernah saya pakai setidak-tidaknya mengurangi temperatur mesin sebanyak 5 sampai 10 derajat celcius.
www.automotivemachine.blogspot.com
Lampu rem, sistem air pembersih kaca, mesin mberebet, Bensin Boros
Tips Menjalankan Kendaraan Baru
Menyalakan Mesin Dingin
LOKASI-LOKASI PEMERIKSAAN UNTUK MOBIL ANDA
Membeli mobil bekas dengan cerdas
Switch Temperatur AC, cuci mesin, Tarikan mesin tersendat, mesin diesel
Sedan Perlu Perhatian
LAMPU SIGN, Anti Karat, ac, Exhaust Wrap, Biaya service bulanan
Bodi getar, FLASER dan SOKET, Accu
Sekering
shock absorber, SOCH DOCH, turun mesin separo
Membaca Spesifikasi Ban
mesin mberebet, Bensin Boros, Sock Breaker, Reclining Kursi pengemudi dan E/ Mirror
Merawat As Roda Penggerak Mobil FWD
AC & Electric Socket, kompressor AC, Umur injector, air radiator, fan AC
Memegang Kemudi di Medan Berat
Lampu rem mesin mberebet suara dengung mesin fan AC
Lampu rem
Blazer montera th 2000 punya aku, lampu hand brake di dash board nyala terus bila kecepatan diatas 60 km/jam, kenapa ya??
Oleh NANA MULYANA
Jawaban
Coba cek switch hand brake atau speed sensor atau EBCM atau rangkaian dioda di bawah bashboard sisi kanan. Mungkin ada dioda yang mati.
Minggu lalu kebo merah saya ditukar bannya, di-balancing lalu di-spooring. Anehnya mobil tetap mbanting ke kiri sedikit. Teknisi mengatakan perlu periksa chamber(?). Apa sebenarnya yang mengakibatkan si kebo tetep banting ke kiri meski telah di-spooring? Makasih.
Oleh wahyuhidayat
Jawaban
Coba sampaikan ke tukang spooring untuk tidak mengejar angka '0' saat setting chamber, toe-in/out.
Lampu rem mati
Mobil saya Blazer 97 DOHC. Problem : Lampu rem tidak menyala saat diinjak rem tetapi center high mounted stop lamp nyala. Saat tombol hazard dipencet lampu belakang juga tidak berkedip. Anehnya sein akan berfungsi apabila tombol hazard dipencet apabila tidak dipencet sein tidak berfungsi. Fungsi lampu senja ok. Saya harus memperbaiki sendiri karena tinggal di Dumai, untuk ke Bengkel Vinsa Pekan Baru butuh waktu 4,5jam, saya tak berani jalan jauh mengingat lampu rem tak berfungsi.Sedangkan cabang Vinsa yang di Dumai nggak mampu. Mohon advis teknikalnya.bisa nggak dikirimi gambar wiring untuk hazard dan flasher + switch yang ada di kemudi baik sein/turn maupun hazard. Saya coba searching di internet permasalahan di atas dan menemukan di http://www.autointell-news.com/News-2002/January-2002/January-2002-5/January-30-02-p9.htm (problemnya persis sama, masalahnya mobil saya kan blazer 97, sedangkan yang di bahas di situ mobil tahun 2001) Terima kasih atas bantuannya
Oleh PRIYO
Jawaban
Blazer dari tahun 1996 s/d 2004 sama semua semua sistem wiringnya. Masalah yang disampaikan ada pada combination switch [switch wiper, sein]. Coba buka part dimaksud, perbaiki switch2nya, biasanya ada yang terbakar.
mesin mberebet
pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
Oleh budi
Jawaban
Coba cek kabel busi, busi dan koil.
no mesin dan rangka
Blazy saya ketika akan balik nama mengalami beberapa kesulitan : No. mesin terlihat jelas tapi saat digesek tidak bisa hanya keluar titik2. No rangka terlihat tak beraturan, naik turun. Apakah itu normal? Tx infonya
Oleh Nobunaga
Jawaban
Normal pak...
suara dengung mesin
beberapa hari ini(montera2002), ada bunyi mendengung lebih keras - spt extra fan yg hidup terus - umumnya mati kalau suhu engine turun. apa sdh perlu ganti fan, takut mati mendadak kalau di ajak jalan jauh - mhn saran i.e musti diganti apanya&kira2 berapa ongkosnya - many thx
Oleh eko bawono
Jawaban
Dengung fan kalau terdenagar agak keras dari biasanya, normal koq.
Fan Pendingin II
Menyambung perihal fan pendingin.. Jadi kasus yang terjadi pd kend saya itu tdk normal..?Artinya harus ada 1 fan yang continuous & 1 fan berdasarkan termoswitch cooling water..? Kalau tdk demikian apa yg perlu dilakukan agar dapat sehingga sesuai dgn standar manufactur... Thank's Banget..
Oleh Yogi. R
Jawaban
Betul pak. Kondisi dimaksud, biasanya ada yang dijumper. Coba bawa ke bengkel terdekat untuk membuka jumperan-nya.
Tekanan Oli
Pak tekanan oli untuk keadaan mesin berhenti/idle dan sedang jalan berapa kpa?
Oleh vickerx
Jawaban
Idle kisaran 70 - 125 KPa [kondisi mesin panas]. RPM 2500 dst di atas 250KPa. Saat mesin masih dingin, idle bisa sampai 250KPa bahkan lebih.
fan AC
Halo Bos Blazie...di ruang mesin deket box minyak power steering ada kabel yg putus (krn terbakar), aku coba sambung ternyata itu kabel positif ke fan ac (selama ini mati). tapi setelah agak lama ternyata putus lagi (terbakar), kenapa ya? Thanks alot
Oleh iwul
Jawaban
Coba cek kualitas sambungannya. Atau cek rangkaian motor fannya, kemungkinan ada yang short juga sehingga kabel terbakar.
buka knob control e/mirror
bagaimana buka knob kontrol e/ mirror ( dan power window sswitc ) yang disisi kanan pengemudi . apakah harus buka door trim dulu atau bisa diangkat panelnya controlnya saja tanpa harus buka door trim ..? modil saya LT 2002 .. Thks
Oleh derano
Jawaban
Langsung angkat saja panelnya, tanpa buka door trim.
fr.bic.or.id
for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
www.automotive-technology-guide.blogspot.com
Petunjuk Mengemudi Malam Hari