Bodi getar, FLASER dan SOKET, LAMPU SIGN, setir Blazer, Radiator

Bodi getar
Pak, kenapa montera '01 saya mulai gigi 3 kecepatan 40 terasa bergetar bodynya ? Padahal saya sudah mengganti cross join (baru 2 hari), kondisi kopel masih bagus, mounting juga masih bagus, saya sudah mencoba kembali ke bengkel tempat saya mengganti cross join dan dicoba dg membalance ban namun hasilnya tidak banyak berubah, terima kasih
Oleh Elki
Jawaban
Sudah dipastikan di balance ulang? karena proses dimaksud tidak sederhana dan perlu biaya yang cukup mahal. Sekitar 600 ribuan.

FLASER dan SOKET
blazer 98,dimana posisi Flaser sign?,apakah soket dapat dibersihkan dengan contak cleaner?,ukuran tekanan angin ban 32 atau 35? matur nuwun mas.
Oleh kusdiyanto
Jawaban
Posisi flasher di bawah dasboard sisi kanan. Bisa pak. Tekanan angin ban 32psi saat dingin.

LAMPU SIGN
blazer th 98,lampu sign kanan saya tidak mau berkedip2 apalagi malam hari,apa ada yang korslet,dimana letak plasernya tanks
Oleh kusdiyanto
Jawaban
Coba cek flasher, dan watt lampu sein. Mungkin ada yang beda wattnya.

Lampu turn sign,dan setir Blazer.
Hallo oom, Saya punya tunggangan Blazer Montera 99. 1.Menurut catalog Blazer,setir akan mantap pd kec.tinggi.Dimana sensornya untuk dicheck. 2.Mengapa turn sign Blazer kesannya malas/lelet,bgm mengatasinya? Thks.
Oleh Ferry S
Jawaban
1. Switchnya terletak di selang power steering tekanan tinggi. 2. Coba ganti dengan flasher yang tahun 2000. Biasanya lain flashernya.

Radiator
Om master blazer, mau tanya radiator montera saya air tiap dua hari sekali ngisi padahal udah diservice and gak ada kebocoran, apa kemungkinan yang harus dibetulin??? thanks
Oleh wijaya
Jawaban
Coba cek lagi [dengan pompa khusus untuk cek kebocoran sistem pendingin] biasanya kebocoran di selang2x, water pump. Atau bahkan air sudah mulai masuk ruang bakar.



  • READ MORE.......



  • fr. bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotivemachine.blogspot.com


    Komponen dalam mesin mobil

    Mesin adalah penghasil tenaga. Komponen yang tersusun dalam kerja ini amat banyak. Diantara yang paling vital adalah cylinder blok (blok mesin), cylinder head (kepala silinder), piston, ring piston, connecting rod (stang piston), dan crankshaft (poros engkol). Selain itu, ada juga mekanisme katup yang terdiri dari camshaft (poros nok), lifter valve, pushrod, timing belt (timing chain) dan katup (valve). Tapi, jangan lupa satu hal yang juga turut menggerakkan mesin. Yaitu, bahan bakar.
    Baik tidaknya kerja komponen-komponen dalam mesin amat tergantung pada kualitas serta kuantitas oli dan air radiator. Selain itu, penting juga memperhatikan penyetelan-penyetelan (tune-up). Meskipun kondisi komponen mesin tergantung pada oli, air radiator dan tune-up, dalam hal perawatan dan pemeriksaan mobil, bukan berarti tidak penting mengetahui bagaimana kerja mesin menghasilkan tenaga.
    Pada prinsipnya, saat mesin mulai di-starter, poros engkol akan berputar menggerakkan connecting rod. Karena connecting rod bergerak, piston dan ring piston ikut bergerak naik turun. Pada saat poros engkol berputar, timing belt akan menghantarkan gerakan dari poros engkol itu ke poros nok sehingga poros nok juga akan ikut berputar. Putaran poros nok membuat katup terbuka dan tertutup.
    Mobil-mobil sekarang umumnya menggunakan mesin 4 tak. Itu berarti, untuk keluarnya tenaga, pada mesin 4 tak perlu 4 langkah piston. Empat langkah itu adalah hisap, kompresi, usaha (power) dan buang.
    Pada langkah hisap, piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Pada saat itu, katup hisap terbuka dan katup buang akan tertutup. Saat katup hisap terbuka, bahan bakar akan terhisap ke dalam ruang bakar. Saat yang bersamaan, poros engkol bergerak 90 derajat pertama.
    Di tahap kompresi, piston bergerak dari TMB ke TMA. Pada langkah ini, kedua katup tertutup. Karena tertutup, piston naik. Naiknya piston membuat ruang bakar menyempit. Penyempitan ini mengakibatkan temperatur dan tekanan bahan bakar ikut naik. Di sini, poros engkol bergerak 90 derajat kedua.
    Pada saat posisi poros engkol 5 derajat sebelum TMA, bunga api dari busi terlontar. Bunga api itu membakar bahan bakar yang ada di ruang bakar. Pembakaran menghasilkan tekanan yang akan mendorong piston sehingga ia bergerak dari TMA ke TMB. Pada saat yang sama, kedua katup tertutup. Inilah yang disebut langkah usaha (power). Di sini, poros engkol bergerak 90 derajat ketiga.
    Berikutnya adalah langkah buang. Pada saat ini piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup buang terbuka sementara katup hisap tertutup. Pergerakan piston tersebut mengakibatkan gas buang sisa pembakaran terdorong menuju knalpot. Piston bergerak 90 derajat keempat.
    Langkah-langkah ini akan terjadi berulang-ulang sesuai dengan putaran poros engkol. Dengan putaran itu mesin sudah menghasilkan tenaga. Tenaga ini akan dimanfaatkan untuk menggerakkan roda-roda. Selain untuk menggerakkan roda, tenaga juga dikirim ke komponen-komponen yang berfungsi untuk kelangsungan hidup mesin. Misalnya, sistem pengapian, sistem bahan bakar, pengisian, dan sistem kenyamanan semisal AC, power steering.
    Penerus Daya ke Roda

    Tenaga dari mesin ke komponen-komponen tadi dikirim oleh satu media yang disebut penerus daya. Untuk menggerakan roda-roda misalnya, ada beberapa macam penerus daya. Diantaranya penggerak roda depan dan penggerak roda belakang. Dan ada juga penggerak keempat roda sekaligus atau yang biasa dikenal 4WD (wheel drive).
    Model penggerak roda belakang misalnya, peranti penerus daya adalah kopling, transmisi, propeller shaft (kopel), gardan, as roda (axle shaft), bearing roda dan roda-rodanya itu sendiri. Penggerak roda depan juga dibantu oleh peranti-peranti itu, kecuali propeller shaft. Untuk 4WD ada peranti tambahan yang disebut transfer. Selain itu, peranti 4WD juga dilengkapi kopel depan-belakang, gardan depan-belakang, dan as roda depan-belakang.
    Kopling ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam memutus dan menghubungkan tenaga dari mesin ke transmisi. Untuk mendukung kerjanya itu, di dalam kopling terdapat kanvas kopling, coverclutch (matahari), release bearing (laher). Jika kopling tidak berfungsi dengan baik, maka tenaga yang dihasilkan untuk menggerakkan kendaraan berkurang. Bahkan, kendaraan tidak bisa jalan. Bisa juga kerusakan kopling menyebabkan kesulitan melakukan perpindahan gigi transmisi. Beberapa penyebab kopling yang tidak berfungsi baik, bisa karena usia pemakaian atau bisa juga karena kurang tepatnya cara Anda mengemudi.
    Karena itu, kopling sebaiknya juga sering diperiksa. Ada cara konvensional untuk memerika kopling. Hidupkan mesin, kemudian masukkan gigi kendaraan anda ke gigi transmisi 2. Setelah itu injak pedal gas dan pedal rem secara bersamaan. Apabila mesin kendaraan anda mati berarti kanvas kopling masih tebal. Tetapi apabila mesin kendaraan anda tetap hidup berarti berarti kopling sudah slip dan kanvas kopling perlu diganti.
    Yang juga penting untuk diperiksa adalah transmisi. Transmisi ini berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan atau moment. Ia akan mengirimkan tenaga ke gardan melalui kopel. Jika ia tidak berfungsi dengan baik, atau mungkin terjadi salah pemakaian, mesin mobil Anda bisa mati, atau mungkin tarikannya terasa berat dan tak bertenaga.
    Tanda paling gampang untuk mengetahui baik tidaknya kerja transmisi mobil Anda adalah dengan melakukan perpindahan gigi. Apabila perpindahan giginya mudah, tidak terdengar bunyi-bunyi yang aneh saat mobil meluncur, itu berarti baik. Selain cara berkendara, kesehatan transmisi juga sangat tergantung pada kualitas dan kuantitas oli.
    Pada penggerak roda belakang dan model 4WD, diantara transmisi dan gardan ada kerja kopel. Fungsi utamanya untuk men-stabil-kan ayunan mobil akibat permukaan jalan yang berubah-ubah. Karena permukaan jalan berbeda-beda, maka kopel dilengkapi dengan universal joint. Alat ini bertugas untuk menyesuaikan perubahan sudut permukaan jalan. Ini akan berpengaruh pada kenyamanan Anda berkendara. Apabila universal joint ini macet, maka penerusan daya tidak akan maksimal. Selain itu, body kendaraan akan bergetar saat meluncur. Bila getaran body mobil Anda terasa beda dan berlebihan, sebaiknya Anda mengganti universal joint atau balance kopel.
    Begitu juga dengan gardan. Fungsinya amat penting. Ia berfungsi mengubah putaran dari kopel menjadi 90 derajat dan memperbesar momen. Selain itu, ia juga berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat belok.
    Gejala terjadinya kerusakan pada gardan bisa dideteksi lewat suara dengung yang keluar dari gardan. Untuk itu perlu diperiksa minyak pelumas serta stel ulang persinggungan gigi pada gardan.
    Komponen pemindah daya yang tak kalah penting adalah axle shaft dan bearing. Kedua komponen ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dan memperlembut putaran roda-roda penggerak. Untuk memaksimalkan umur komponen tersebut, sesuaikan pemakaian beban kendaraan dengan batas-batas yang telah ditentukan. Dan untuk pemeriksaan bearing roda dapat dilakukan dengan mendengarkan bunyi atau dengan mengoyang-goyangkan ban, baik depan maupun belakang.
    Penerus Daya ke Komponen Kenyamanan dan Kelangsungan Hidup Mesin

    Selain untuk menggerakkan roda-roda, tenaga mesin juga dimanfaatkan untuk menggerakkan komponen-komponen yang berhubungan dengan kelangsungan hidup mesin dan kenyamanan pengendara. Komponen-komponen tersebut adalah Timing Belt (untuk tipe-tipe tertentu), Van belt alternator, Van belt Air Conditioning (AC) dan Van belt power steering.
    Timing belt berperan meneruskan putaran poros engkol ke poros nok. Poros nok sendiri bertugas menggerakkan katup-katup, memutar distributor (delco) pada sistem pengapian. Poros nok juga berfungsi untuk menggerakkan pompa bensin di sistem bahan bakar (pada tipe konvensional).
    Karena timing belt berperanan terhadap hidup matinya mesin, maka perlu perawatan secara periodik. Tiap-tiap mobil mempunyai spesifikasi yang berbeda. Biasanya untuk kendaraan sedan waktu penggantian timing belt berdasarkan jarak tempuh kira-kira 50.000 s/d 60.000 km yang ditunjukkan pada odometer.
    Bila sudah sampai angka itu, sebaiknya Anda mengganti timing belt. Apabila tidak diganti bisa putus. Sebab, timing belt terbuat dari karet khusus. Dan bila putus, mesin mobil bisa mogok bahkan bisa menyebabkan klep-klep dan silinder head (kepala silinder) bisa bengkok atau cacat. Bila hal itu terjadi , biaya perbaikan akan jauh lebih mahal.
    Van belt Alternator berfungsi untuk menggerakkan dynamo ampere (Alternator) pada sistem pengisian, dan untuk menggerakkan pompa air (water pump) pada sistem pendinginan. Apabila van belt ini putus, bisa mengakibatkan kelistrikan mobil tak bekerja. Bahkan mesin mogok. Selain itu, dapat pula mengakibatkan mesin kendaraan mengalami panas yang berlebihan (overheating).
    Van belt Air Conditioning (AC) berfungsi untuk menggerakkan kompresor AC. Apabila van belt ini kendor atau putus, kerja AC kendaraan akan terganggu. Ini berarti pengendara gagal mendapatkan kenyamanan AC.
    Sedangkan Van belt Power steering berfungsi untuk menggerakkan pompa power steering. Apabila van belt ini putus, steer mobil menjadi berat terutama pada kondisi parkir.
    Nah, karena van belt mempunyai peran yang sangat penting, maka ada beberapa hal yang perlu diperiksa tentang kondisi van belt ini. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melihat van belt. Periksa kemungkinan karet atas dengan bagian bawah inti terpisah, bagian pinggir inti dan inti van belt terpisah. Atau, mungkin juga terjadi retak-retak, terpisahnya pemisahan rusuk-rusuk van belt, rusuk-rusuknya sobek atau pecah-pecah di bagian bubungan rusuk van belt. Coba juga menekan-nekan van belt. Dengan cara ini, Anda bisa menguji ketegangan dan kekencangan van belt.





  • READ MORE.......






  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Bagaimana Mesin di Servis

    Sekali lagi, banyak buku tentang topik ini, tetapi beberapa poin-poin penting sering terlupakan atau terlewati. Ada empat daerah bermasalah yang saya ketahui, yaitu kapan, apa, bagaimana dan oli.
    • Seberapa Sering - Seperti rekomendai pabrik. Tetapi bila spare-part banyak yang bukan asli, ini dapat merubah interval servis. Saya rasa ganti oli, termasuk filter dan mengatur dan memeriksa kerapatan katup, biasanya dilakukan setiap 3,000 km.
    • Kapan dan Apa - Biasakan untuk mengikuti prosedur yang baik, termasuk didalamnya keselamatan. Sebelum membuka tutup katup, bersihkan kotoran dari daerah ini untuk mencegah masuknya kotoran tersebut kedalam mesin. Sama juga bila ingin membuka busi-busi. Ingat, VW memiliki dua pilihan untuk tipe busi, tergantung dari temperatur normal. (tipe 4 menggunakan busi tiga per empat inci - sering saya temukan penggunaan busi setengah inci). Pada saat membuka air cleaner, tutuplah karburator. Juga pastikan sil air cleaner dan sambungan-sambungannya ada pada kondisi yang baik.
    • Oli - Setiap orang memiliki merek oli pilihannya, untuk berbagai macam alasan, tetapi jika anda memasang alat pengukur panas mesin, anda bisa mencoba berbagai macam merek oli dan membukukan temperaturnya, ada sebagian tipe oli yang bisa mendinginkan lebih baik dari merek yang lain sampai sebanyak 10 derajat selsius. VW memiliki spesifikasi oli yang digunakan. Oli 20w50 sangatlah kental untuk melewati pendingin oli, oleh sebab itu temperatur olinya makin panas karena tidak dapat melepas panas pada saat melewati kisi-kisi pendingin oli. Coba potong dan belah pendingin oli, anda akan melihat apa yang saya maksud. Secara garis besar, oli untuk mesin turbo tidak cocok dipakai untuk mesin berpendingin udara, karena oli dirancang untuk tahan panas dan tidak dapat dengan mudah melepas panas pada saat melewati kisi-kisi pendingin oli. Bertentangan dengan apa yang barusan saya katakan, saya pribadi menggunakan oli Castrol GTX2 pada Kombi saya, karena saya melihat temperatur oli adalah serendah oli-oli yang harganya
    jauh lebih mahal. Oli Castrol GTX2 memakai modifikasi gesekan (friction modified) - oli jika dilihat dari mikroskop berupa gigi-gigi gergaji bundar, "friction modified" memangkas gigi-gigi tersebut) yang membantunya melewati kisi-kisi pendingin oli, walau oli akan menjadi panas bila melewati kira-kira 3,000 km dan diharuskan menggantinya. VW tidak merekomendasikan "oil additive" untuk mesin, tetapi "oil additive" yang pernah saya pakai setidak-tidaknya mengurangi temperatur mesin sebanyak 5 sampai 10 derajat celcius.



  • READ MORE.......





  •  (bid/berbagai sumber)
    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........

    www.automotivemachine.blogspot.com

    Lampu rem, sistem air pembersih kaca, mesin mberebet, Bensin Boros

    Sistem air pembersih kaca tidak bekerja montera saya ketika tombol pembersih kaca dihidupkan, tidak keluar air sama sekali, tp wiper nya tetap jalan. Saya cek pompa air di tabung deket filter udara masih bagus, saya tes sendiri pompa nya dengan tegangan 12 volt, semprotan nya kenceng. Terus saya cek kabel ke pompa tsb, ternyata tidak ada tegangan sama sekali ketika tombol di nyalakan. Mohon saran nya, kira2 apanya ya ?
    Oleh yudi
    Jawaban
    Cek PCB motor wiper, ada soldean yang lepas atau renggang.

    Lampu rem
    Blazer montera th 2000 punya aku, lampu hand brake di dash board nyala terus bila kecepatan diatas 60 km/jam, kenapa ya??
    Oleh NANA MULYANA
    Jawaban
    Coba cek switch hand brake atau speed sensor atau EBCM atau rangkaian dioda di bawah bashboard sisi kanan. Mungkin ada dioda yang mati.

    Lampu rem mati
    Mobil saya Blazer 97 DOHC. Problem : Lampu rem tidak menyala saat diinjak rem tetapi center high mounted stop lamp nyala. Saat tombol hazard dipencet lampu belakang juga tidak berkedip. Anehnya sein akan berfungsi apabila tombol hazard dipencet apabila tidak dipencet sein tidak berfungsi. Fungsi lampu senja ok. Saya harus memperbaiki sendiri karena tinggal di Dumai, untuk ke Bengkel Vinsa Pekan Baru butuh waktu 4,5jam, saya tak berani jalan jauh mengingat lampu rem tak berfungsi.Sedangkan cabang Vinsa yang di Dumai nggak mampu. Mohon advis teknikalnya.bisa nggak dikirimi gambar wiring untuk hazard dan flasher + switch yang ada di kemudi baik sein/turn maupun hazard. Saya coba searching di internet permasalahan di atas dan menemukan di http://www.autointell-news.com/News-2002/January-2002/January-2002-5/January-30-02-p9.htm (problemnya persis sama, masalahnya mobil saya kan blazer 97, sedangkan yang di bahas di situ mobil tahun 2001) Terima kasih atas bantuannya
    Oleh PRIYO
    Jawaban
    Blazer dari tahun 1996 s/d 2004 sama semua semua sistem wiringnya. Masalah yang disampaikan ada pada combination switch [switch wiper, sein]. Coba buka part dimaksud, perbaiki switch2nya, biasanya ada yang terbakar.


    mesin mberebet
    pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
    Oleh budi
    Jawaban
    Coba cek kabel busi, busi dan koil.

    Bensin Boros
    Kenapa pemakaian bensin Montera saya boros banget (1:5)
    Oleh Bambang Tutuko
    Jawaban
    Coba cek lagi tekanan pressure regulatornya.




  • READ MORE.......


  • fr. bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips Menjalankan Kendaraan Baru

    Memiliki Kendaraan Baru berarti harus mencermati buku panduannya untuk keamanan & kenyamanan.
    Bagi anda yang baru saja membeli mobil baru, agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka kendaraan harus diperlakukan dan dijalankan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk 3.000 km pertama, kendaraan harus dijalankan dengan cara-cara khusus seperti berikut ini:

    1. Bacalah dan laksanakan dengan seksama buku petunjuk menjalankan kendaraan.
    2. Janganlah bekerja pada putaran mesin yang terlampau tinggi. Hendaknya diusahakan agar putaran mesin selalu lebih rendah dari pada 60% dari putaran mesin yang maksimum.
    3. Panaskan mesin terlebih dahulu, jangan menjalankan kendaraan dengan tiba-tiba, jangan mengadakan akselerasi dan janganlah mengerem dengan tiba-tiba.
    4. Sesudah kendaraan menjalani 1.000 km yang pertama, gantilah minyak pelumas mesin, minyak pelumas persneling dan roda gigi diferensial.
    5. Setelah kendaraan menjalani 3.000 km, ada kemungkinan baut-bautnya menjadi kendor. Maka bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa dan dikokohkan baut dan sekrupnya. Periksalah juga celah bebas katupnya.
    6. Setiap kendaraan memiliki ciri-cirinya yang khas. Oleh karena itu, sebelum anda mengenal kendaraan anda dengan baik, janganlah sekali-kali menjalankan kendaraan anda pada kecepatan tinggi. Hal itu terutama ditinjau terutama dari segi keamanan dan keselamatan dalam perjalanan.




  • READ MORE.......



  • fr.OtoTips

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    Menyalakan Mesin Dingin

    Menyalakan mesin Karimun dalam kondisi dingin gampang-gampang susah, buat yang terbiasa dan tahu triknya, ah gampang saja, sekali putar kunci langsung greengg, tapi lain soal buat yang newbie soal Karimun, sudah distarter berkali-kali kok mesin mati melulu, huh menyebalkan.
    Karimun memang masih mengandalkan karburator buat pemasok bahan bakarnya. Karenanya tidak adanya pengatur otomatis (layaknya injeksi dengan ecunya) untuk mengatur campuran bensin dan udara agar lebih kaya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin pada saat dingin. Setting di karburator yang tepat juga akan sangat membantu menyalakan mesin dalam kondisi dingin. Tapi tenang ada kok solusi dan tips dan triknya.
    1. Choke
    Letaknya ada disebelah kiri setir. Tinggal tarik choke dan hidupkan mesin. Jika mesin hidup dengan RPM terlalu tinggi, turunkan choke perlahan-lahan, hingga dicapai RPM ideal sekitar 1000 - 1100 RPM, tahan choke diposisi itu untuk beberapa saat, jika suara mesin sudah stabil, kembalikan choke.
    2. Bejek Pedal Gas
    Cara lain adalah dengen membejek pedal gas (bejeknya santai saja) 2 - 3 x sebelum distarter. Setelah itu hidupkan mesin.
    3. Injak Pedal Gas + Starter
    Cara yang lebih agresif adalah dengan menginjak pedal gas (1/2 saja) dan starter secara bersamaan. Setelah mesin hidup langsung lepas pedal gas.
    PERHATIAN
    Sebaiknya jangan menjalankan mobil dalam kondisi dingin hingga tercapai suhu ideal (kira-kira di atas indikator C) karena tentu selain memaksa mesin dan komponennya, mobil juga



  • READ MORE.......



  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    LOKASI-LOKASI PEMERIKSAAN UNTUK MOBIL ANDA

    Yang harus kita perhatikan dalam melakukan pemeriksaan berkala untuk mobil kita adalah :
    1. Minyak Power Steering
    2. Minyak Rem dan Kopling (M/T)
    3. Memeriksa Ketinggian Oli Mesin.
    4. Minyak Transmisi Otomatis (model A/T)
    5. Saringan Udara
    6. Reservoir Cairan Pembersih Kaca
    7. System Pendingin Mesin dan Reservoir air radiator
    8. Baterai
    9. Drive Belt (tali kipas)
    10. Busi
    11. Karet Wiper
    12. Saringan Bahan Bakar
    13. Memeriksa Kondisi Rem.
    14. Sekring/fusible link holder.
    15. Lampu.
    16. Ban.
    17. Membersihkan Eksterior dan Interior Kendaraan


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Membeli mobil bekas dengan cerdas

    Membeli mobil bekas membantu anda untuk lebih leluasa mencari mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan transportasi anda. Bahkan kebutuhan prestise. Anda juga bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau. Asal tahu caranya.
    Langkah pertama dalam proses membeli mobil bekas adalah menilai secara detail kebutuhan transportasi anda. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa membantunya.

    Tujuan membeli mobil: tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.
    Tentukan fitur-fitur yang harus ada, seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll.
    Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli mobil, termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.

    Bila anda sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai.
    Jika sudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli, inilah rambu-rambunya:
    Sebesar apapun keinginan, kepala harus tetap dingin. Tinggalkan penjual bila harga yang ditawarkan terlalu tinggi, meskipun mobil impian anda sudah menunggu. Kemampuan negoisasi anda akan terasah dengan berjalannya waktu.

    Pastikan anda tahu harga pasaran mobil yang diincar, dan mulailah menawar dibawah harga itu. Lebih mudah menaikkan tawaran anda daripada menurunkannya. Informasi harga juga bisa didapat dari situs-situs otomotif.

    Harus di ingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain. Pastikan anda mengetahui sejarah mobil ini termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya. (lihat tip cek kondisi body mobil bekas)

    Test drive itu penting. Usahakan anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan. (lihat tip test drive itu gampang)

    Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.

    Hati-hati dengan pemalsuan odometer. Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer.

    Sekarang tiba waktunya untuk menyiapkan pembayaran mobil baru anda. Bila memilih melakukan kredit, yang paling aman adalah menentukan dulu berapa besar kemampuan keuangan untuk membayar angsuran bulanan. Cara yang gampang, angsuran tidak boleh lebih dari 20% penghasilan per bulan setelah dipotong pengeluaran. Perhitungkan juga biaya perawatan, pajak, asuransi dan operasional.
    Bayarlah uang muka setidaknya 10% dari harga mobil. Kurang dari itu, penyedia kredit akan meragukan kemampuan finansial anda. Jadi kalau anda punya uang cash, lebih baik pakai untuk uang muka. Langkah ini juga akan mengurangi beban utang pokok yang berkaitan dengan angsuran bulanan.
    Semoga berguna.-®-


  • READ MORE.......


  • fr. mobilku.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Switch Temperatur AC, cuci mesin, Tarikan mesin tersendat, mesin diesel

    Switch Temperatur AC
    Om Blazie, switch temperatur ac pada blazer saya tidak memanas jika diputar ke warna merah, apa yang perlu di cek, Thanks for u!
    Oleh Danie
    Jawaban
    Besar kemungkinan, sistem heaternya sudah tidak diaktifkan atau di by pass.


    .
    kurang tenaga
    selamat siang om blazie, saya pernah baca,salah satu penyebab blazer larinya loyo karena diameter pipa knalpot terlalu besar.apa solusinya? dan satu lagi apa fungsi apchips yang dipasang pada blazer dan berapa harganya? thanks
    Oleh simon antono harris
    Jawaban
    Teorinya memang begitu. Tapi prakteknya, bagi yang sudah nyoba, katanya ada perbedaan. Diameternya dikecilin menjadi 2 inch. APChips adalah chip untuk Blazer yang sudah di remap. Harganya 3 jutaan.

    Tarikan mesin tersendat
    Oom blazie, Blazer saya DOHC'97 kalau abis lepas gas lalu digas lagi suka tersendat jalannya seperti bensin kurang lancar atau kurang pengapiannya. Tapi kalo lagi di jalan tol tidak apa2. Kira2 apanya yang bermasalah, mohon pencerahannya. Tq.
    Oleh Arsyad
    Jawaban
    Besar kemungkinan masalah pasokan bensin terganggu. Coba cek filter bensin, injektor.



  • READ MORE.......


  • ( fr.www.bic.or.id)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Sedan Perlu Perhatian

    Ada beberapa langkah atau tips yang dapat diikuti. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah karakter mobil. Misalnya, dengan mengetahui letak koil, distributor, serta ketinggian saluran udara (air intake). Ketiga bagian ini memang harus dijaga dari masuknya air (lihat boks).
    Kalau memungkinkan, sebelumnya amati dulu kendaraan lain yang ada di depan. Apabila mobil tersebut dapat melewati genangan air tanpa mengalami masalah, bolehlah mengikuti apa yang dilakukannya. Jangan lupa sebelumnya bandingkan tipe kendaraan kita. Dengan mengendarai sebuah MPV atau SUV, tentu akan lebih mudah untuk mengikuti langkah kendaraan lain. Hal ini kembali pada masalah letak air intake yang letaknya relatif lebih tinggi, sehingga aman melewati genangan air. Namun, bila tipe sedan atau city car tentu perlu berpikir beberapa hal lagi, karena letaknya lebih rendah, sehingga rentan kemasukan air.
    Kalau ternyata kendaraan di depan mengalami masalah seperti mesin sampai mogok, terjerumus lubang yang dalam, maka pikirkan sekali lagi apa yang membuatnya demikian. Yang jelas jika memang genangan air terlalu tinggi (mungkin melebihi bemper), tentu kita tak perlu memaksakan diri untuk melewati daerah banjir yang ada. Daripada nanti mengalami hal yang sama, tentu akan lebih repot bukan?
    Atur Injakan Pedal
    Berbeda bila sudah yakin benar dengan keadaan dan kemampuan mobil untuk melalui genangan air. Ditambah sedikit ketenangan diharapkan tak melakukan hal yang keliru atau konyol. Sebelumnya, nyalakan lampu dekat atau kota. Selain sebagai penerangan jika diperlukan, juga sebagai sinyal jarak terhadap kendaraan lain. Alihkan gigi transmisi pada posisi terendah (1), setelah itu jaga rotasi mesin antara 2.000 sampai 3.000 rpm.
    Jalankan mobil dengan sangat pelan (kurang dari 10 km/jam). Semakin pelan semakin besar luas permukaan ban yang menapak jalan, sehingga traksi yang didapat akan semakin maksimal. Dalam mengatur injakan pedal gas, lakukan sehalus mungkin. Tekanan yang mendadak terhadap pedal gas, dapat membuat air yang ada di sekitar mesin akan tergoncang karena gerakan bodi mobil yang mendadak.
    Sedikit Imajinasi
    Ada langkah cerdik saat melalui genangan, yakni dengan memanfaatkan gelombang air yang menyibak. Dengan menjaga jarak terhadap mobil di depan (kurang dari 5 m), akan dapat memanfaatkan rendahnya permukaan air akibat gerakan mobil di depan. Ketinggian air dapat lebih rendah sekitar 3 sampai 5 cm, namun hal itu dapat membantu pada kondisi tertentu atau kritis.
    Sedikit imajinasi yang logis tak jarang ikut membantu keberhasilan keluar dari panjangnya genangan air. Yakni, dengan melihat benda yang masih terlihat seperti telepon umum, traffic light, dan rambu-rambu lalu-lintas kita dapat membayangkan dimana letak trotoar, zebra cross, letak lubang galian jalan, dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika sudah sering melewati jalan tersebut pada keadaan normal. Jadi, berimajinasi juga perlu saat menempuh jalanan banjir.
    Rekondisi Rem
    Begitu berhasil melewati genangan air, akan lebih baik mengarahkan mobil sedikit menepi sambil mencoba kinerja rem. Hal ini perlu dilakukan mengingat sistem rem kendaraan baru saja terendam oleh air. Selain membuatnya jadi licin karena dilapisi air, kemungkinan besar juga akan terdapat kotoran. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mencoba kerja rem terlebih dahulu. Jika rem terasa masih kurang pakem, dapat mencoba dengan menginjak pedal rem (jangan terlalu dalam) dalam keadaan mobil tetap berjalan. Cukup sampai sekitar 20 m saja. Panas yang timbul akibat gesekan membuat permukaan sepatu rem, tromol, atau cakram kembali kering dan siap bekerja seperti keadaan normal.
    Sesampai di rumah atau tempat lain yang memungkinkan, sempatkan untuk menyemprot air bertekanan ke seluruh bagian dan celah-celah rem. Tujuannya, adalah melepaskan seluruh kotoran atau lumpur yang melekat pada sistem rem. Ingat, kotoran dengan ukuran dan bahan tertentu dapat membuat permukaan sepatu rem cepat aus. Selain itu, dapat menyebabkan keausan yang tidak merata, sehingga menyebabkan pengendalian dan kestabilan menurun.
    Kerak Di Kisi-Kisi
    Selain hal di atas, radiator juga menjadi salah satu bagian yang harus segera dibersihkan. Karena pada umumnya alat ini berbentuk lebar dan berada di depan, sehingga pada kisi-kisinya sangat potensial tersangkut kotoran. Endapan lumpur, potongan plastik, kertas, atau dedaunan yang terdapat pada genangan air bisa saja tertinggal di bagian ini. Jika tidak segera dibersihkan, dapat membuat sistem pendingin menjadi terganggu. Jika selalu menunda membersihkannya kotoran-kotoran tersebut akan mengeras menjadi kerak pada kisi-kisi tersebut. Dengan demikian akan memperbesar kemungkinan kotoran lain tersangkut, sehingga makin menumpuk. Risikonya semakin besar terjadi over heat pada mesin.
    Satu hal lagi yang perlu dilakukan, adalah membersihkan alternator. Pada dasarnya alat yang satu ini memang tak terpengaruh karena terendam air, namun kotoran yang tertinggal dapat menyebabkannya menjadi isolator, sehingga memutuskan aliran listrik pengisian aki. Akibatnya, lama kelamaan aki akan tekor.
    Untuk membersihkannya, lakukan dalam keadaan mesin hidup, sehingga kotoran yang ada dapat bergerak naik. Dalam beberapa saat, semprotkan air, hingga terlihat bersih dari kotoran. (riz)



  • READ MORE.......


  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    LAMPU SIGN, Anti Karat, ac, Exhaust Wrap, Biaya service bulanan

    LAMPU SIGN
    blazer th 98,lampu sign kanan saya tidak mau berkedip2 apalagi malam hari,apa ada yang korslet,dimana letak plasernya tanks
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Coba cek flasher, dan watt lampu sein. Mungkin ada yang beda wattnya.

    Anti Karat
    Om, nanya lage. Kayak nya blazie gak di pake anti karat yak? perlu di pakein kah ? Tks
    Oleh Piet
    Jawaban
    Gak perlu pak, karena sudah di anti karat secara elektronis saat perakitan.

    ac
    Tanya nih, katanya AC bawaan blazer montera (mungkin juga blazer jenis lain) gampang rusak kompresornya, dan banyak yg menyarankan supaya ganti ac denso aja, benar gak sih itu ? kalau benar, kira2 dimana Pak Blazie merekomendasikan bengkel ac nya, dan berapa kira2 biayanya?
    Oleh agoes
    Jawaban
    Kalau dibilang gampang rusak sih tidak, umumnya compresor Blazer umurnya 5 - 7 tahun. Bisa diganti ke yang merek Sanden.

    Biaya service bulanan
    Rencananya aku pengen beli blezer yang tahun 00 - 03, aku pengen tahu kalo untuk blezer yang tipe DOCH biaya perawatan rutin tanpa ada kerusakan perbulan kira-kira berapa ?,dan biaya pajak tahunan untuk tahun 00 - 03 kira-kira berapa yah...?
    Oleh Khairul Umam
    Jawaban
    Sekitar 250ribu per 5000km. Pajak 1,7juta.

    Kopling
    Tanya dong. Kalo kopling agak susah masuknya, kadang sampai ada bunyi besi beradu itu kira-kira apa penyebabnya. Injakan koplingnya juga sudah dalam. Thanks.
    Oleh Heriyanto
    Jawaban
    Kondisi ini terjadi di semua gigi [1,2,3,4,5 dan mundur]? kalau iya berarti ada masalah di kopling atau master koplingnya. Kalau hanya terjadi di salah satu atau dua gigi, ada masalah di sychronizer gigi.

    Tempat air radiator
    Selamat siang Mau tanya nih,Tabung tempat radiator air (plastik warna bening)ada bekas luka kena gesekan ACCU.Saya taku lama-lama bisa berakibat air bocor kalau mau beli tabung tersebut dimana & harganya berapa ? Terima kasih
    Oleh andik
    Jawaban
    Tabung dimaksud banyak dijual di toko2x psare parts Blazer. Di Duta mas Fatmawati, Kemayoran, Senen. Harganya 250ribuan.

    Exhaust Wrap
    Hallo Bung Mechanic, saya mau minta informasi nih, apakah ada manfaat yang nyata untuk menutup exhaust dengan Exhaust Wrap (mis: Thermotec)?. Apakah dapat mengurangi panas secara substansial? Apakah ada dampak Negatifnya (mis: Asbes)? Apakah tahan lama? Merk apa yang direccomend? Dimana dapat dibelinya dan dimana bengkel direcommend untk pemasangannya. Berapa kira2 budgetnya? Thanks berat Bung Mechanic. FYI mobil saya Blazer Montera 2001.
    Oleh Abu Harahap
    Jawaban
    Menurut saya tidak banyak berpengaruh. Karena disekitar muffler mesin Blazer tidak banyak kabel2x.







  • READ MORE.......







  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Bodi getar, FLASER dan SOKET, Accu

    Bodi getar
    Pak, kenapa montera '01 saya mulai gigi 3 kecepatan 40 terasa bergetar bodynya ? Padahal saya sudah mengganti cross join (baru 2 hari), kondisi kopel masih bagus, mounting juga masih bagus, saya sudah mencoba kembali ke bengkel tempat saya mengganti cross join dan dicoba dg membalance ban namun hasilnya tidak banyak berubah, terima kasih
    Oleh Elki
    Jawaban
    Sudah dipastikan di balance ulang? karena proses dimaksud tidak sederhana dan perlu biaya yang cukup mahal. Sekitar 600 ribuan.

    Bunyi sok-sok-sok kalau gas dilepas saat jalan
    Mobil saya opel Blazer th 2002 LT, kalau jalan dan kemudian gas dilepas dan juga kopling free sering timbul bunyi sok-sok-sok-sok....kenapa ya....Dan sejak baru saya beli kok untuk tenaganya kalau buat nanjak kok nggak sebaik grobak jepang apa memang begitu ya...tolongin dong pak infonya. saya selalu mbengkelnya di Sun Motor.
    Oleh Koesmen
    Jawaban
    Untuk masalah bunyi2x yang agak spesifik agak susah dipastikan. Prinsipnya begini, memastikannya saat mobil berjalan bebas [mesin idle, persneling netral] bunyi bersamaan dengan melajunya mobil? Kalau iya, bunyi timbul dari bearing roda atau ban atau perangkat rem. Kalau tidak, bunyi dari ruang mesin. Untuk tenaga, jangan ragu2x pertahankan putaran mesin di kisaran 3000 - 4000 RPM. Karena tenaga terbesar di putaran mesin tersebut.


    basah
    Pak, saya mau tanya, blazer montera saya bagian sebelah depan kanan (penumpang) kalau hujan basah. Sudah saya cek pakai kucuran air lewat celah2 pintu tapi gak basah, tapi kalau saya kucurin di kaca depan, lama2 jadi basah. Saya memang belum ke bengkel, tapi ada yg bilang itu harus dibongkar di bagian belakang roda kiri depan, karena katanya disitu ada tampungan air yg buntu, sehingga masuk kedalam. Benar gak itu? Mohon penjelasannya.
    Oleh agoes
    Jawaban
    Betul pak. saluran air di balik spakbor kiri depan memang ada yang buntu.

    FLASER dan SOKET
    blazer 98,dimana posisi Flaser sign?,apakah soket dapat dibersihkan dengan contak cleaner?,ukuran tekanan angin ban 32 atau 35? matur nuwun mas.
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Posisi flasher di bawah dasboard sisi kanan. Bisa pak. Tekanan angin ban 32psi saat dingin.

    Accu
    Mo nanya om blez! Aki blazer saya saat di on (seblm start) menunjukkan pada angka 11 - 12 Volt, saat mesin hidup 14,5 Volt, saat ac di hidupkan turun lagi jadi 12-12,5 Volt, apa itu normal atau tidak? kalo tidak harus gimana? terima kasih
    Oleh Tedi
    Jawaban
    Yang bermasalah pengisiannya, bukan akinya. Coba cek alternator dan IC regulatornya.





  • READ MORE.......





  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Sekering

    Sekring merupakan bagian dari sistem kelistrikan pada kendaraan. Kendati bentuknya kecil sekring memiliki fungsi yang cukup besar. Oleh karena itu Anda jangan mengabaikannya.
    Ada banyak sebab yang perlu Anda perhatikan sehubungan dengan kerusakan yang sering menimpa sekring kendaraan.
    1. Apabila sekring terputus saat Anda menyalakan lampu besar, maka kekeliruan terletak pada tombol lampu atau telah terjadi hubungan pendek (korsleting) pada kabel.
    2. Putus sekring tatkala kendaraan mengalami goncangan. Silahkan Anda periksa beberapa isolator yang mungkin sudah rusak.
    3. Sekring putus sewaktu Anda menginjak pedal rem. Telah terjadi korsleting pada bagian dari tombol dan lampu.
    4. Ada kalanya sekring mendadak putus ketika Anda memfungsikan tombol dim dan lampu besar. Hal ini disebabkan karena tombol dim yang sudah rusak.
    5. Sekring putus setelah Anda menggerakkan persnelling ke posisi mundur (reverse). Ini mengindikasikan tombol lampu mundur mengalami kerusakan.
    6. Yang terakhir, sekring terputus manakala Anda menyalakan lampu tanda belok. Kesalahan mungkin terletak di antara tombol dan lampu tanda beloknya.


    Memperbaiki kotak sekring :
    1. Anda mengetahui ada satu sekring yang terbakar. Cermati segera penyebabnya kemudian lakukan perbaikan seperlunya, setelah itu ganti pasang sekring yang baru.
    2. Sebaiknya sekring pengganti memiliki kapasitas sesuai dengan yang telah ditentukan. Kalau kapasitasnya melebihi saat terjadi hubungan pendek atau korsleting, sekring tak akan terputus (terbakar). Sehingga kabel akan menerima panas berlebihan dan berpotensi untuk menyebabkan kebakaran.
    3. Pemegang (dudukan) sekring yang mengalami korosi dapat menimbulkan panas berlebihan lantaran hubungannya menjadi lemah. Hal ini dapat mengakibatkan sekring terbakar. Guna mengatasinya, ganti saja kotak sekring dengan yang baru.


  • READ MORE.......


  • (Bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    shock absorber, SOCH DOCH, turun mesin separo

    agar lebih lembut
    apa yang perlu diperhatikan/dilakukan/diperbaiki agar blazer saya bisa lebih terasa lembut ketika melewati jalanan bergelombang/rusak? saya kurang puas dengan kondisi blazer saya skrg. ketika melintasi jalan rusak, penumpang di dlm berasa di'banting2' :P kl kata teman saya... "kyk naek gerobak neh". terima kasih.
    Oleh lebah
    Jawaban
    Coba ganti shock absorbernya dengan merek Bilstein atau Pro Comp.


    Perawatan
    Ass, mo tanya soal perawatan mesin SOCH dengan DOCH sama atau beda, contohnya untuk penggantian oli mesin, transmisi dll, Thanks
    Oleh Tedi
    Jawaban
    Sama semua pak, yang membedakan cuman umur dan harga timing belt. Kalau SOHC bisa sampai 60ribu, DOHC 30ribu. Harga yang SOHC lebih murah.

    turun mesin separo
    apakah 'turun mesin separo' itu perlu dilakukan dalam rangka memelihara blazer? ataukah itu diperlukan jika dan hanya jika ada gangguan/kerusakan mesin? kl memang perlu utk maintenance,setiap brp km 'turun mesin separo'nya? terima kasih.
    Oleh lebah
    Jawaban
    Saran saya bisa dilakukan tiap 200.000km. Walaupun tidak ada amsalah.

    kunci kontak
    blz 98,mas nambah nih,kunci kontak agak susah/keras terutama dalam posisi lock harus sabar dan berulang2 mainkan stir baru bisa on,why?,matur nuwun atas adv nya mas.
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Kadang2x memang ada beberapa Blazer yg bermasalah seperti itu. Sementara ini belum ketemu cara memperbaikinya, kecuali dengan mengganti kunci lengkap [kunci kontak, tutup bensin, pintu bagasi, pintu depan kanan kiri]. harganya sekitar 500 ribuan.

    Selang misterius
    Ass, blazer 98,Mas di sekitar belakang mesin ada selang buntu ditutup dop karet kira2 1/2 mtr kearah bawah,fungsinya utk apa,sebab fungsi lain sudah ok posisinya menggantung,mohon advis trimakasih mas.
    Oleh kusdiyanto
    Jawaban
    Kemungkinan selang dimaksud adalah bekas selang heater yang tidak dipergunakan lagi.

    Ada soket kabel di seatbelt montera
    Saya menemukan soket kabel yang tidak terhubung kemana mana di pangkal mounting seatbelt kursi pengemudi. Apakah memang begitu keadaan aslinya?
    Oleh Mohammad
    Jawaban
    Betul pak. Kabel tersebut digunakan pada jenis Blazer DOHC dan LT sebagai lampu peringatan seat belt belum terpasang.



  • READ MORE.......


  • fr.www.bic.or.id
    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Membaca Spesifikasi Ban

    Spesifikasi ban sering dilupakan. Padahal, deretan angka yang terdapat pada dinding ban tersebut sangat informatif dan wajib dikenal.
    Kita bisa mengetahui ukuran ban, tipe tubles atau bukan, tingkat kecepatan, maksimun daya angkut dan banyak lagi informasi ban yang kita pakai. Di bawah ini akan dijelaskan arti deretan angka tersebut.




    Ambil contoh P215/65R15 89H. Mari cermati satu-satu:

    P : Untuk kendaraan penumpang (passenger)

    215 : Simbol ini menunjukkan lebar ban yang diukur dari satu dinding ke dinding yang lain. Artinya, angka dalam milimeter ini menentukan besar telapak ban. Makin besar angkanya, telapak ban akan kelihatan semakin lebar.

    65 : Rasio tinggi terhadap lebar. Makin besar angkanya dinding ban akan kelihatan semakin tinggi. Makin kecil angkanya dinding ban akan semakin rendah.

    R : Konstruksi ban. Simbol R mewakili ban bertipe radial.

    15 : Diameter ban atau yang lebih dikenal dengan ring 15. Biasanya sesuai dengan diameter (ring) velg.

    89 : Index daya. Tiap angka memiliki tingkat daya angkut berbeda. Ini juga berhubungan dengan tekanan angin maksimum n yang diukur dalam satuan PSI (pounds per square inch) dan Kpa (kilopascals).

    H : Tingkat kecepatan. Tiap huruf memiliki tingkat kecepatan berbeda-beda. Tingkat kecepatan itu meliputi:
    - Q kecepatan maksimum 158 km/jam
    - S kecepatan maksimum 179 km/jam
    - T kecepatan maksimum 188 km/jam
    - U kecepatan maksimum 198 km/jam
    - H kecepatan maksimum 208 km/jam
    - V kecepatan maksimum 240 km/jam
    - Z kecepatan maksimum di atas 240 km/jam


  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com






    mesin mberebet, Bensin Boros, Sock Breaker, Reclining Kursi pengemudi dan E/ Mirror

    mesin mberebet
    pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
    Oleh budi
    Jawaban
    Coba cek kabel busi, busi dan koil.


    Bensin Boros
    Kenapa pemakaian bensin Montera saya boros banget (1:5)
    Oleh Bambang Tutuko
    Jawaban
    Coba cek lagi tekanan pressure regulatornya.

    type dan hrg
    halo, saya tertarik dgn blazer, mao tanya ttg transmisi, apakah ada yg matic ? kalau ada tahun brp dan type nya? lalu hrg 2nd nya brp ? terima kasih
    Oleh ronald
    Jawaban
    Yang tipe matic hanya ada pada tipe Blazer 4x4, 4300CC V6 tahun 2000 ke atas. harga bekasnya kisaran 150 juta.


    Sock Breaker
    untuk roda belakang, Berapa harganya ? dan apa bisa dimodifikasi dgn yg lain
    Oleh Kristian K
    Jawaban
    Bisa dimodifikasi merek lain, asal panjangnya sama. Harga tergantung merek yang digunakan. Kisarannya 400ribu - 2juta per pasang.


    Reclining Kursi pengemudi
    Hargabya 200rb ya?dimana saya bisa bli,mungkin ada kontak persen yg bisa kirim ke bogor? Tnks
    Oleh Tommy
    Jawaban
    Coba kontak Ridwan 021 709 39 697.


    Reclining Kursi pengemudi Ass,bangku depan utk pengemudi recliningnya rusak kebetulan as yang menghubungkan kursi dengan tuasnya geriginya sudah rusak,kira2 bisa diperbaiki ga?kl bisa dimana saya bisa perbaiki?Tnks ya,Jaya selalu BIC Oleh Tommy
    Jawaban Bisa diganti koq, harganya 200 ribuan.

    Ganti Transmisi? Kebo merah DOHC LT 97. Bermasalah dengan gigi satu dan mundur waktu berhenti. Tapi asyik aja kalo lagi jalan. Apa yang harus dilakukan/diperbaiki/diganti? Salah satu bengkel di BPN menyarankan untuk mengganti kopling, gearbox(?) dll sekitar 1.84juta. Does it sound make sense? Plz advice! Thanks. Oleh wahyuhidayat
    Jawaban Enggak perlu biaya sebesar itu pak. Coba cek lagi apakah oli yang digunakan sudah benar. Gunakan Opel Oil jenis ATF + lubrizol.

    E/ Mirror
    Electric mirror saya kok cuma bergeraknya bisa kebawah doang . , sedangkan keatas , kekiri dan kekanan tidak bisa . hal ini terjadi untuk spion kiri dan kanan . apanya masalah ya...?
    Oleh derano
    Jawaban
    Coba cek kondisi switchnya, biasanya sudah rusak.

  • READ MORE.......


  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Merawat As Roda Penggerak Mobil FWD

    JAMAKNYA mobil penumpang jenis sedan, selalu menggunakan sistem penggerak roda depan. Maklum, metoda ini memang memiliki banyak kelebihan dibanding cara konvensional yang menggunakan penggerak roda belakang. Selain dapat mereduksi efek oversteering, mobil yang menggunakan sistem FWD juga lebih sederhana konstruksinya. Soalnya, transmisi dan gardannya dapat dibuat menjadi satu kesatuan sehingga lebih menghemat biaya.
    Cuma persoalnya, poros atau as penggerak roda depan ini memang sering bermasalah. Pasalnya, pusat tumpuan dan perputaran roda ini memang memiliki konstruksi rada rumit agar dapat mengantisipasi gerakan turun naik dan harus didesain agar memungkinkan roda depan dapat dibelokkan. Itu sebabnya, as roda depan ini selalu dilengkapi dengan sambungan khusus yang lazim disebut dengan velocity joint atau semacam cross joint yang jamak digunakan pada mobil penggerak roda belakang.
    Pada titik sambungan inilah sering bermasalah. Misalnya, karet boot as rodanya pecah. Kalau, dibiarkan terus, maka debu, pasir, atau kotoran lain akan masuk ke dalam bola baja sambungan yang harganya cukup mahal itu. Tentu saja, si bola baja itu dijamin rusak dalam tempo tak beberapa lama. Lantaran itu, segera ganti karet boot as roda itu bila ternyata bocor tau sobek. Coba, cek dulu pada mobil Anda! [cq]




  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com -

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    AC & Electric Socket, kompressor AC, Umur injector, air radiator, fan AC

    AC & Electric Socket
    Salam hangat.. Mau nih..Apakah fan pendingin selalu running bersama (keduanya)kalau AC on atau ada termoswitcnya..? trus ada elektric socket dekat tuas penarik cap mesin.apa itu untuk engine analizer..? Thank's
    Oleh Yogi. R
    Jawaban
    Seharusnya hanya nyala satu [yang sisi kanan - searah mesin]. Soket dimaksud soket DLC [data link connector]. Buat komunikasi dengan engine analyzer.



    kompressor AC
    Kemarin saya habis ganti kompressor AC (karena tidak bisa mutar) dari SANDEN 507 ke ACM 5008.Ada pengaruhnya nggak jika pakai merk tersebut ?? Terus di sekitar penampung oli rem ada rembesan,kira-kira apanya yang bocor ? Terim kasih
    Oleh Andik
    Jawaban
    Nggak masalah koq, sama saja.

    Rem n' AC
    Allow, saya mo tanya apa bener booster rem Blazie bisa di repair dengan ganti karetnya aja?, Dan kompressor AC bawaan Blazie gak bisa dibenerin, melainkan kalo rusak lebih baik di ganti sama kompressor AC merek Sanden? Berapa kira-kira besaran biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan2 diatas? Makasih banget yaa....pak.
    Oleh DaAn
    Jawaban
    kalau bisa dapet karetnya saja, bisa diganti. Masalahnya agak susah nyari karetnya. Ganti sanden biayanya 3 jutaan.

    Umur injector dan air radiator
    Numpang nanya untuk Blazer montera 2000 umur dari injektor dan air radiator normalnya harus ganti pada km berapa ya. Dan berapa harga dari satu injektor kemudian air radiator yang direcomendasikan dari merk apa ya? Thanks banyak..dan maaf apabila ada yang pernah tanya dengan topik yang sama.
    Oleh Syaiful R
    Jawaban
    Injektor tidak ada umurnya. Komponen dimaksud jarang rusak. Harganya 800ribuan per pc. Untuk air radiator, isi saja menggunakan air biasa. Penggunaan coolant tidak terlalu penting buat blazer.


    fan AC
    Halo Bos Blazie...di ruang mesin deket box minyak power steering ada kabel yg putus (krn terbakar), aku coba sambung ternyata itu kabel positif ke fan ac (selama ini mati). tapi setelah agak lama ternyata putus lagi (terbakar), kenapa ya? Thanks alot
    Oleh iwul
    Jawaban
    Coba cek kualitas sambungannya. Atau cek rangkaian motor fannya, kemungkinan ada yang short juga sehingga kabel terbakar.

    buka knob control e/mirror
    bagaimana buka knob kontrol e/ mirror ( dan power window sswitc ) yang disisi kanan pengemudi . apakah harus buka door trim dulu atau bisa diangkat panelnya controlnya saja tanpa harus buka door trim ..? modil saya LT 2002 .. Thks
    Oleh derano
    Jawaban
    Langsung angkat saja panelnya, tanpa buka door trim.



  • READ MORE.......


  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Memegang Kemudi di Medan Berat

    Mengemudi mobil jip memang sedikit lain dibanding mobil penumpang. Terlebih lagi bila bakal menerjang medan berat. Posisi tangan dalam memegang roda kemudi pun harus mendapat perhatian serius. Untuk mobil yang tidak dilengkapi dengan power steering (kemudi daya), sebaiknya Anda harus memegang roda kemudi dengan posisi ujung ibu jari ke atas dan diluar lingkar kemudi.

    Soalnya, jika roda depan menghajar gelondongan kayu atau batu besar, roda kemudi itu bakal berputar sangat cepat. Bila ibu jari berada di dalam lingkar kemudi, bisa jadi bakal terkilir atau paling berat hingga patah tulang lantaran terpukul gerakan jari-jari roda kemudi itu.

    Selain itu, perhatikan dengan cermati arah ban mobil Anda. Bila lalai, ke mana arah ban itu dibelokkan, keadaan ini sangat berbahaya lantaran mobil dapat terjerembab ke jurang atau medan yang menyulitkan. Nah, untuk memudahkan dalam menandai arah roda, Anda dapat menempelkan isolatip warna putih di roda kemudi hingga arah roda depan dapat dengan mudah dimonitor dari ruang kemudi. [cq]


  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Lampu rem mesin mberebet suara dengung mesin fan AC

    Lampu rem
    Blazer montera th 2000 punya aku, lampu hand brake di dash board nyala terus bila kecepatan diatas 60 km/jam, kenapa ya??
    Oleh NANA MULYANA
    Jawaban
    Coba cek switch hand brake atau speed sensor atau EBCM atau rangkaian dioda di bawah bashboard sisi kanan. Mungkin ada dioda yang mati.

    Minggu lalu kebo merah saya ditukar bannya, di-balancing lalu di-spooring. Anehnya mobil tetap mbanting ke kiri sedikit. Teknisi mengatakan perlu periksa chamber(?). Apa sebenarnya yang mengakibatkan si kebo tetep banting ke kiri meski telah di-spooring? Makasih.
    Oleh wahyuhidayat
    Jawaban
    Coba sampaikan ke tukang spooring untuk tidak mengejar angka '0' saat setting chamber, toe-in/out.


    Lampu rem mati
    Mobil saya Blazer 97 DOHC. Problem : Lampu rem tidak menyala saat diinjak rem tetapi center high mounted stop lamp nyala. Saat tombol hazard dipencet lampu belakang juga tidak berkedip. Anehnya sein akan berfungsi apabila tombol hazard dipencet apabila tidak dipencet sein tidak berfungsi. Fungsi lampu senja ok. Saya harus memperbaiki sendiri karena tinggal di Dumai, untuk ke Bengkel Vinsa Pekan Baru butuh waktu 4,5jam, saya tak berani jalan jauh mengingat lampu rem tak berfungsi.Sedangkan cabang Vinsa yang di Dumai nggak mampu. Mohon advis teknikalnya.bisa nggak dikirimi gambar wiring untuk hazard dan flasher + switch yang ada di kemudi baik sein/turn maupun hazard. Saya coba searching di internet permasalahan di atas dan menemukan di http://www.autointell-news.com/News-2002/January-2002/January-2002-5/January-30-02-p9.htm (problemnya persis sama, masalahnya mobil saya kan blazer 97, sedangkan yang di bahas di situ mobil tahun 2001) Terima kasih atas bantuannya
    Oleh PRIYO
    Jawaban
    Blazer dari tahun 1996 s/d 2004 sama semua semua sistem wiringnya. Masalah yang disampaikan ada pada combination switch [switch wiper, sein]. Coba buka part dimaksud, perbaiki switch2nya, biasanya ada yang terbakar.


    mesin mberebet
    pak, blazer saya, dohc 98, rpm dibawah 2000 suka mberebet, tersendat2. kenapa ya? saya sudah tune up, sensor crankshaft di ganti, tapi masih juga. cuma setelah jalan kencang, di tol misalnya, gejala itu hiang, tapi setelah itu muncul lagi..help pls...
    Oleh budi
    Jawaban
    Coba cek kabel busi, busi dan koil.

    no mesin dan rangka
    Blazy saya ketika akan balik nama mengalami beberapa kesulitan : No. mesin terlihat jelas tapi saat digesek tidak bisa hanya keluar titik2. No rangka terlihat tak beraturan, naik turun. Apakah itu normal? Tx infonya
    Oleh Nobunaga
    Jawaban
    Normal pak...

    suara dengung mesin
    beberapa hari ini(montera2002), ada bunyi mendengung lebih keras - spt extra fan yg hidup terus - umumnya mati kalau suhu engine turun. apa sdh perlu ganti fan, takut mati mendadak kalau di ajak jalan jauh - mhn saran i.e musti diganti apanya&kira2 berapa ongkosnya - many thx
    Oleh eko bawono
    Jawaban
    Dengung fan kalau terdenagar agak keras dari biasanya, normal koq.

    Fan Pendingin II
    Menyambung perihal fan pendingin.. Jadi kasus yang terjadi pd kend saya itu tdk normal..?Artinya harus ada 1 fan yang continuous & 1 fan berdasarkan termoswitch cooling water..? Kalau tdk demikian apa yg perlu dilakukan agar dapat sehingga sesuai dgn standar manufactur... Thank's Banget..
    Oleh Yogi. R
    Jawaban
    Betul pak. Kondisi dimaksud, biasanya ada yang dijumper. Coba bawa ke bengkel terdekat untuk membuka jumperan-nya.

    Tekanan Oli
    Pak tekanan oli untuk keadaan mesin berhenti/idle dan sedang jalan berapa kpa?
    Oleh vickerx
    Jawaban
    Idle kisaran 70 - 125 KPa [kondisi mesin panas]. RPM 2500 dst di atas 250KPa. Saat mesin masih dingin, idle bisa sampai 250KPa bahkan lebih.

    fan AC
    Halo Bos Blazie...di ruang mesin deket box minyak power steering ada kabel yg putus (krn terbakar), aku coba sambung ternyata itu kabel positif ke fan ac (selama ini mati). tapi setelah agak lama ternyata putus lagi (terbakar), kenapa ya? Thanks alot
    Oleh iwul
    Jawaban
    Coba cek kualitas sambungannya. Atau cek rangkaian motor fannya, kemungkinan ada yang short juga sehingga kabel terbakar.

    buka knob control e/mirror
    bagaimana buka knob kontrol e/ mirror ( dan power window sswitc ) yang disisi kanan pengemudi . apakah harus buka door trim dulu atau bisa diangkat panelnya controlnya saja tanpa harus buka door trim ..? modil saya LT 2002 .. Thks
    Oleh derano
    Jawaban
    Langsung angkat saja panelnya, tanpa buka door trim.



  • READ MORE.......



  • fr.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Petunjuk Mengemudi Malam Hari

    Mengemudi di malam hari itu terkadang lebih menyenangkan. Udara tidak panas, dan biasanya situasi lalu lintas lebih lenggang dibanding siang hari. Akan tetapi, pekerjaan ini terkadang berbahaya hingga Anda perlu jauh lebih berhati-hati. Berikut ini beberapa petunjuk yang patut Anda cermati, demi keselamatan Anda sendiri dan pengendara lain.
    1. Yang harus diperhatikan adalah Anda harus melihat dan terlihat jelas. Yakinkan, lampu, kaca spion mobil Anda berdungsi baik dan dalam keadaan bersih.
    2. Ketika mengemudi di malam hari, gunakan selalu lampu besar dan jangan membiasakan menggunakan lampu kecil ketika hari mulai gelap. Agar lebih aman, gunakan paku marka (delineator) dan patok penuntun (guide post) sebagai referensi dalam mengemudi.
    3. Anda dapat melihat lebih baik dengan lampu jauh sampai dengan 100 m jarak pandang. Namun, jaga agar tidak menyilaukan orang lain yang datang dari arah berlawanan. Bila Anda abaikan, sorotan lampu jauh mobil Anda dapat menyilaukan pengendara lain hingga kehilangan kontrol. Tidak hanya orang lain yang dapat celaka, bisa jadi bakal mencelakakan diri Anda sendiri. Tapi, jika Anda menggunakan lampu pendek, jangan memacu mobil Anda lebih dari 65km/jam. Perhatikan itu!
    4. Yang terpenting lagi, kalau ngantuk segera hentikan mobil Anda. Istirahat sejenak, keluar sebentar dari mobil adalah cara ampuh mengusir ngantuk. Selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan! [cq]


  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman