Rangkuman lengkap Perawatan Mobil : list mobil th2005


1.Oli mesin (Engine)
SAE-nya minimal SG, viskositas 15W-50 atau 20W-50,API Service SG atau diatasnya (4.1 liter).
Opel Gear Oil. Filter oli 2x ganti oli.
Opel Oil atau Valvoline 10W-30, PENNZOIL, UNITED OIL, AGIP (recommended product) untuk mesin,biar ga berisik,bunyi ketukan mesin.
Shell helix yg warna kuning.
Transmisi gunakan jenis ATF. Gardan viskositas 75W-90,
2.Minyak rem,Minyak rem minimal DOT 3. 60.000km,2thn.
3.Air radiator : Radiator Coolant
Ethylene Glycol Based coolant
campuran 50/50 dengan air bersih 8.5 liter
DEX-COOL - di-flush—harga tabung:250rb.
sisi kanan bawah radiator [posisi kita menghadap radiator] ada baut pembuangan – cara menguras- tiap 60rbkm /2thn
4.Transmission
ATF Dextron IID + Lubrizol (2 lt)
GMI - P/N 0FBH0229
5.Power Steering
Dextron II D (ATF) (1 liter)(60.000km, 2thn.)
setel setir di jaktim, hubungi Surabaya Motor 460 6675.
6.Air Condition Compressor Lubricant
Polyalkaline Glycol (PAG)
7.Hydro Clutch
Brake fluid DOT 4 (SPEC)
8.Brake Fluid
Brake fluid DOT 4
9.Rear Axle
Gear Oil SAE 80W - 90 GL-5 (1.85 liter)
10.Tekanan di pressure regulator,
ukur dengan pressure meter.Letaknya tepat di atas rail pipe injector. Di dekat situ juga ada pentil bahan bakar, pasang pengukur tekanan di pentil tersebut, jika tekanannya saat idle di atas 2,5 bar, berarti pressure regulatornya harus ganti.(biar ga boros bensin)
8.Fanbelt (tali kipas)
menyemprot beltdressing ,disetel ke bengkel. TIMMING BELT , fan belt DOHC GANTI 30ribu.
9.Aki dan wiper
coba cek kondisi PCB motor wiper, ada solderan yang pecah
11.Lampu
12.cek kabel busi, busi dan koil
merek Bosch dengan spesifikasi FLR8LDCU(2ELEKTRODA) setiap 96 km, busi 1.200 Ohm untuk 25 mm. Biar tdk mbrebet.
11. Minyak kopling
Opel 2,5 liter Oil jenis ATF + lubrizol.



ganti : 20.000 km. 60.000km,2thn.
periksa kondisi kopling dan prop shatnya
pelat kopling aus, bantalan pelepas kopling. Bunyi dari garpu kopling. Bisa dihilangkan dengan meng-grease rumah,niple kopling. Ada nipel untuk memasukkan grease, letak rumah kopling di belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.
Kondisi di semua gigi ada masalah di kopling atau master koplingnya. Kalau terjadi di salah satu atau dua gigi, ada masalah di sychronizer gigi.
pedal kopling atau rem yang kendor.
kadang2x masih bisa diperbaiki Master kopling 700rb.
Kalau mau ganti yang modifikasi, hubungi 021 781 5735.
80ribu km ganti kopling.set-1jt.
12.Isi freon sesuai jenis kompresor
kompresor Blazer umurnya 5 - 7 tahun.
13.Kuraslah TANGKI setiap enam bulan. Bila telah 30,000 km,
ganti filter bensin.injektor.kekencangan tali kipas.
14.Turun mesin separo
bisa dilakukan tiap 200.000km. Walaupun tidak ada masalah
15.wiper tidak keluar air
cek pompa air di tabung deket filter udara masih bagus, tes pompa nya dengan tegangan 12 volt, semprotan nya kenceng. cek kabel,Cek PCB motor wiper, ada soldean yang lepas.
16.Engine mounting, umumnya tiap 30.000km
17.overhaul transmisi + parts-nya : 1 jutaan
18.transmisi penggantian cones gigi 1 dan 2 : 200 ribuan.
Coba cek kondisi bushing tongkat transmisi.
19.kaca depan : 900 ribuan.
20.water pump blazie ada yang non genuine : 350 ribu
21.kopling set : set 950 ribu
22.tune up CO test : setel di posisi 128.
23.Ball joint, tie rod, pada prinsipnya part yang bekerjanya scr mekanis, pasti bisa di repair. Asal belum patah., bawa saja ke bengkel2x khusus suspensi, biasanya bisa ngrepair. benbgkelnya Donnie 021 781 5735. Harganya 150 ribuan (akalin ball joint).
Tie rod, sepertinya tidak perlu ganti, karena jarang yg rusak
24.Boster rem Blazer : menambal ulang karet boosternya yg rusak.
25.Tarikan kadang kala nyendat-nyendat : gangguan di ground utama controle unit [ECU]. Coba periksa seluruh fungsi ground dan wiring pemasok listriknya. Ground utama letaknya di rumah kopling. Ada lagi di dekat rumah evaporator AC. Kabel positifnya di terminal belakang tangki oli power steering. periksa businya (standar asli Blazer) kabel busi (ndut-ndutan), periksa kondisi crankshaft sensor [CKP]. cek adjuster valvenya
26.Saat idle [mesin udah masuk suhu kerja] tekanan OLIE :125 Kpa.
periksa meternya atau switch pressurenya, mungkin rusak.
27.letak pressure regulator : Dekat rail pipe injektor. harga 800rb.
28.letak rumah kopling & niple kopling untuk regreaze : belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.
29.Umur kopling di sekitar 100ribu km. kopling Blazer/Montera sekitar 70.000 - 80.000km
30.sensor suhu mesin terpisah dengan termoswitch, letaknya sama, di belakang silinder head. Bedanya kalau switch fan soketnya dua kabel, yang sender temperatur satu kabel.
31.lampu rem mati, ada gangguan di switch rem yg letaknya di dekat [atas] pedal rem. Biasanya ada kabel yg putus.
32.(service rutin)power steering : ]. Perawatan pompa steering, coba cari bengkel alternatif. Biayanya 200-300 rb, bs ganti karet joint stirnya : 200 ribuan.
33.fuel pump blazer bertahan3thn,diganti tiap 50ribu km, harganya kan 1.4jt an.(kalau rusak aja)-resmi 1.7jt.
34.Check kaki2x : cek kondisi ball joint, pitman dan idle arm. Harga idle arm 800 ribuan, pittman arm 260 ribuan.
ball joint 600ribuan, laher roda 200 ribuan
35.Spion 800 ribuan,
36.kampas kopling 500 ribuan.
37.kampas rem 300 - 800 ribu.
38.timing belt + tensioner 450 ribuan.
39.Tali kipas 100 ribuan.
40.Alternator (dinamo amper). Bisa icnya sudah jelek dan juga bisa fisik dinamonya (kumparannya sudah harus diganti). tukang dinamo amper, yg sudah pengalaman dengan dinamo blazer, ganti baru sktr 1jt, perbaikan antara 300rb - 500rb.
41.Perawatan pompa steering, bengkel alternatif. 200-300 ribuan.
42.Perawatan AC Bpk. Jimi 021-750 4748
30.000km diperiksa atau dibersihkan keseluruhan sistem AC
periksa kondisi accumulator atau drier dan expansi valve. di vacum ulang dan ganti orificenya, jika perlu accumulatornya juga diganti. Ongkosnya kisaran 600ribuan berikut part.
Ganti baru : 1.8jt AC kompresor diganti Sanden ex Singapur- EDDY HP 08128348519-Bhineka AC di Jl. Lemah Abang Cikarang samping Cikarang Prolube,
43.shock absorber palsunya agak susah mbedainnya. Beli merek Bilstein, langsung saja ke agennya di daerah Asem Reges.
44.Foot step yg original kalo yg second : Rensen 021 727 96 235.
45.noozle wiper harganya 100 ribuan per pc.
46.Tekanan angin ban : 32psi saat dingin..
47.Bushing engsel pintu, jasa dan parts sekitar 130 ribuan
48.Ball joint atas dan upper arm 500 ribuan.
49.Magnet clutch 400 ribuan
50.Engine blazer assy 30 jutaan,diganti engine Nissan RD28
51.asesoris blazer :
Rensen Duta Mas Fatmawati, telp. 021 727 96 235.
52.Shock Breaker
Bilstein, 1,5 jt, Procomp 800rb. Monroe, 600rb. Padder 1,5 jt.
53.yang bisa ngrepair kaca baret di daerah radio dalam dan Jl. Raya Fatmawati.
Setir agak goyang periksa kondisi karet joint steer, pittman arm. Atau coba spooring dan balance roda
Kondisi tensioner timing belt Menurut schedule timing belt saya ganti 8 ribu km lagi, menurut teknisi bengkel,
tensionernya sudah "kurang bagus". Apa ciri atau tanda tensioenr sudah tidak bagus? dan gantinya memang selalu satu paket? Makasih.
Oleh albert Jawaban Di mesin Blazer menggunakan tensioner timing belt yang dilengkapi dengan pointer.
Biasanya jika sudah dilakukan penyetelan pada tensioner tapi pointernya tidak bisa menunjuk ke tengah itu berarti sudah ada gangguan di tensionernya.
Dan untuk menggantinya memang disarankan satu set [timing belt, tensioner dan roller].

(bic.or.id & berbagai sumber)









  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Rambu-Rambu Boros Bahan Bakar

    Gejala boros bahan bakar bukan hanya dapat dihitung dari peningkatan konsumsi bahan bakar. Namun Anda juga bisa merasakan dan mencermatinya jika kendaraan mulai menunjukkan rambu-rambu seperti di bawah ini. Jika hal itu terjadi , segera bawa mobil ke bengkel untuk service dan penyetelan ulang :

    1. Terjadi kebocoran bahan bakar.

    Tercium aroma bahan bakar yang menyengat saat mesin dinyalakan sudah dapat dipastikan terjadi kebocoran pada saluran bahan bakar. Akibatnya rembesan cairan bahan bakar itu terbuang percuma.

    2. Suhu mesin

    Perhatikan temperatur mesin karena suhu mesin yang rendah juga bisa menjadi penyebab boros bahan bakar, karena itu berarti campuran bensin terlalu banyak sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.

    3. Kerja mesin

    Gejala mesin pincang alias putaran tidak rata juga bisa menjadi pertanda boros bahan bakar. Hal itu bisa terjadi karena salah satu busi tidak bekerja optimal.


    4. Gas buang

    Gas buang yang berwarna hitam ketika pedal diinjak penuh dan gas buang yang terasa pedih di mata menunjukkan campuran bensin yang terlalu banyak.

    5. Ujung Knalpot

    Perhatikan ujung lubang knalpot yang terdapat kerak hitam itu menunjukkan terjadi pembakaran yang tidak sempurna, bensin tidak sepenuhnya terbakar di ruang bakar.

    6. Uji emisi

    Jika perlu, lakukan uji emisi karena mobil yang boros bahan bakar sudah pasti memiliki kadar CO yang lebih tinggi dari kondisi normal


    (bid/berbagai sumber)



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mengganti Ban Dalam Perjalanan

    Lakukanlah prosedur-prosedur berikut ini untuk keselamatan anda berkendara di jalan raya :

    Jika anda bepergian dengan mobil anda, apakah anda selalu menyiapkan ban cadangan? Karena bisa saja tiba-tiba ban kendaraan anda pecah / bocor di tengah jalan. Peristiwa tersebut bisa saja terjadi ketika kendaraan berada di jalan yang padat lalu lintas atau tempat yang tidak aman.



    Bila anda mengalami hal itu, lakukanlah prosedur-prosedur berikut ini untuk keselamatan anda berkendara di jalan raya :



    Bawalah kendaraan anda ke sisi jalan dengan hati-hati dan parkirkan di tempat yang aman. Ingat ! jangan hentikan kendaraan dengan tiba-tiba. Kemudian pasang rem parkir.
    Buka kap mesin dan tutup bagasi, lalu pasang tanda-tanda agar dapat diketahui oleh pengemudi kendaraan lain sehingga menghindari terjadinya kecelakaan. Untuk siang hari pasang sapu tangan/kain/daun-daun. Jika malam hari pasang lampu parkir berwarna merah atau warna terang lainnya agar mudah dilihat.
    Keluarkan alat-alat yang diperlukan seperti dongkrak, engkol, penggerak dongkrak, ban cadangan. Pasang ganjal pada ban muka dan belakang ban yang tidak terangkat oleh dongkrak.
    Buka tutup pelek roda yang akan diganti sebelum kendaraan didongkrak dengan ujung obeng atau batang logam yang gepeng. Kendurkan baut-baut roda searah jarum jam.
    Tempatkan dongkrak sesuai dengan petunjuk. Dongkraklah kendaraan sampai ban terangkat dan tidak menyentuh permukaan jalan.
    Lepaskan baut-baut roda. Simpan baut di tempat yang aman supaya tidak hilang bila akan dipasang lagi.
    Bukalah roda dengan mengangkat sedikit dan jaga jangan sampai terjadi kerusakan.
    Pasanglah ban cadangan dengan memeriksa tekanannya terlebih dahulu. Pasang baut-baut roda, kokohkan dengan kunci roda setelah dongkrak diturunkan kembali. Sebelumnya periksalah apakah dibawah kendaraan terdapat benda-benda yang dapat menghalangi turunnya kendaraan.
    Jangan mengokohkan baut/sekrup terlalu keras, anda akan kesulitan apabila suatu saat anda harus membukanya kembali. Yang penting baut harus cukup kokoh untuk menghindari terlepasnya roda.

    (bid/berbagai sumber)



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Melatih pandangan mata saat mengemudi

    Saat Anda mengemudi di jalan raya tentunya harus diikuti oleh sikap yang berhati-hati dan konsentrasi. Salah satunya adalah waspada mengamati situasi jalanan yang dilewati. Melatih pandangan mata akan membuat Anda dapat memprediksi situasi yang akan terjadi di jalanan saat mengemudi. Disamping itu Anda dapat merencanakan tindakan yang akan diambil, menempatkan posisi kendaraan yang tepat, serta mengurangi resiko kecelakaan. Berikut ini cara melatih mata Anda :

    - Saat kendaraan mulai melaju, arahkan pandangan jauh ke depan secara menyeluruh. Tujuannya agar setiap perubahan yang terjadi di badan jalan dapat terlihat dengan jelas.

    - Saat Anda sedang melaju beriringan dengan kendaraan lain, arahkan pandangan mata meluas ke kiri dan ke kanan. Usahakan menghilangkan rintangan yang dapat mengganggu pandangan.

    - Saat kendaraan melalui persimpangan, arah pandangan mata harus berpindah. Sehingga Anda dapat mengetahui setiap aktifitas pengguna jalan yang lainnya yang dapat mempengaruhi situasi Anda di persimpangan.

    - Saat kendaraan bergerak mundur dan hendak berbelok, arahkan pandangan di sekitar lokasi.





    - Saat Anda akan memarkir kendaraan tetap berkomunikasi dengan lingkungan di sekitar lokasi parkir.

    - Saat memasuki daerah ramai untuk menghindari kecelakaan dengan pejalan kaki maka arahkan pandangan ke titik-titik keramaian. Hindari jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan lain dan usahakan berkomunikasi dengan pejalan kaki.[erf/oto]



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Berpindah jalur dan Melewati Persimpangan Jalan

    Fokus utama dari berkendara adalah waspada. Dengan waspada, maka kecelakaan dapat dihindarkan. Untuk itu, jika tidak ada kebutuhan dan maksud untuk berpindah jalur, maka selama berkendara hendaknya selalu berada di jalur kiri. Jika memang harus mendahului dan berpindah jalur, termasuk untuk melewati persimpangan jalan, mungkin tips berikut bisa dijadikan pedoman.
    Berpindah Jalur
    -Pastikan tidak ada kendaraan lain di depan, samping dan belakang Anda, saat Anda hendak berpindah jalur.
    -Perhatikan kaca spion secara seksama dan lihatlah samping kiri-kanan Anda. Namun, kaca spion memiliki keterbatasan pandangan, sehingga perlu kewaspadaan untuk mendahului.
    -Gunakan lampu sen sebagai tanda isyarat bahwa Anda bermaksud berpindah jalur. Menyalakan lampu sen sekurang-kurangnya tiga detik sebelum Anda resmi berpindah jalur ke kanan.
    Melewati Persimpangan :





    -Pastikan tidak ada kendaraan lain atau pengguna jalan lain seperti pejalan kaki dari arah persimpangan jalan.
    -Ketika belok ke kiri atau ke kanan, sangat penting untuk menyalakan lampu sen sekurang-kurangnya 30 meter sebelum mendekati persimpangan. Ini untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan lainnya.
    -Sebelum mengubah jalur, Anda harus melihat keadaan lalu lintas di sekitar Anda untuk memastikan kondisi keamanan. Jangan hanya melihat kaca spion, karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan.
    -Kurangi kecepatan kendaraan Anda. Ini untuk menghindari kemungkinan slip atau tergelincir (motor). Demikian juga dengan mobil, hendaknya dapat menyesuaikan tingkat kecepatan kendaraannya.
    -Tetap menjaga jarak aman kendaraan. Jika ada dua atau lebih kendaraan yang bermaksud melewati persimpangan jalan, pengendara dan pengemudi wajib menjaga jarak aman kendaraan dengan pengendara yang ada di depannya.

    ( sya )


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman