Kursus stir mobil, modifikasi, tune up, mesin mobil, rem tangan, persneling, kaca mobil, oli mesin, ac mobil, wiper, radiator, roof rack, bengkel mobil, ban, jok, Sharing on all matters of maintenance and repair related to your car
modifikasi motor kredit motor yamaha mio jual motor harga mobil jual beli mobil modifikasi mobilbekas warung mobil motor bekas otomotif.com automotif sepeda motor kompas otomotif modifikasi mobil jual beli motor warungmobil iklan motor motorplus harga avanza daihatsu xenia harga mobil second otomotif motor otomotifnet toyota kijang mobil toyota motor modifikasi dunia otomotif cari mobil bekas otomotif college tabloid otomotif the otomotif college harga motor yamaha motor modif motor dijual
mobil di jual otomotif.net pasar mobil motor baru variasi motor majalah mobil motor terbaru otomotif mobil motor murah motor di jual motor baru 2011 motor jual
Jenis pelumas dapat digolongkan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Dengan mengetahui jenis pelumas, maka pemilik mobil dapat memilih jenis pelumas berbahan dasar apa yang cocok dengan mobilnya.
1. Pelumas jenis mineral
Pelumas ini mempunyai sifat tidak mudah menguap saat mesin beroperasi pada temperatur kerja. Pelumas jenis mineral sangat cocok digunakan pada mobil–mobil lama dengan tehnologi yang masih konvensional.
2. Pelumas semi sintetis
Pelumas ini dibuat dengan gabungan unsur mineral dan unsur kimia yang memiliki kemampuan menjaga mesin dan melindungi komponen dapur pacu kendaraan. Pelumas jenis ini sangat cocok untuk mesin yang berusia kurang lebih 10 tahunan dengan spesifikasi standar. 3. Pelumas sintetis Pelumas jenis ini dibuat dengan bahan kimia. Kandungan bahan kimianya memiliki kemampuan pakai yang lebih panjang. Pelumas ini mampu memenuhi kebutuhan mesin yang modern. Namun ada salah satu kelemahannya yaitu mempunyai sifat mudah menguap. Jika Anda memakai pelumas jenis ini harus rajin memeriksa jumlah oli agar jangan sampai berkurang sesuai kapasitasnya.[erf/oto]
Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang dilumasi
Gemuk adalah pelumas untuk setiap komponen mobil yang bergerak seperti bantalan, engsel dan ball joint.
Tujuan penggunaan gemuk adalah untuk memperpanjang umur pakai komponen yang digemuki.
Karena banyaknya jenis gemuk yang beredar di pasaran, penggunaan gemuk harus disesuaikan dengan perangkat yang akan dilumasi.
Apalagi setiap gemuk memiliki kemampuan kerja yang berbeda.
Berikut ini macam-macam gemuk sesuai kegunaannya :
1.Gemuk dari bahan dasar sabun (lithium)
a.Gemuk jenis ini banyak dipergunakan pada bagian-bagian yang memerlukan pelumasan periodik seperti bantalan roda, lengan penghubung kemudi, poros propeler, king pin, sakel pin. Oleh karena itu sering disebut gemuk serbaguna.
b.Karakteristik nya : siraman air dan tekanan suhu tinggi tidak akan mengurangi kemampuan kerja dan daya tahannya.
2.Gemuk dari bahan dasar sabun molybdenum disulphidelithium
a.Gemuk jenis ini biasanya dipakai pada komponen yan jarang diberi pelumasan seperti ball joint, lengan suspensi, lengan tengah kemudi, nakel kemudi, cross-joint, rack & opinion.
b.Karakteristiknya : lebih tahan dan juga bisa bekerja pada beban lebih besar daripada gemuk serbaguna.
3.Gemuk karet
a.Gemuk ini biasanya digunakan untuk komponen rem.
b.Karakteristiknya : terbuat dari bahan nabati (karet) maka sifatnya mencegah komponen karet mengambang. 4.Gemuk sintetik (synthetic lithium complex / hidroxy lithium complex) a.Gemuk jenis ini harganya relatif lebih murah dari jenis yang lain. b.Karakteristiknya gemuk ini memiliki kelemahan yaitu kurang tahan terhadap suhu tinggi sehingga mudah memuai. 5.Gemuk All Purpose Lubricant a.Gemuk jenis ini harganya relatif murah namun kualitasnya tidak kalah bagus maka sering dipakai di bengkel-bengkel. b.Karakteristiknya : gemuk ini lebih encer dari gemuk nabati atau sintetik. (bid/berbagai sumber)
Banyak orang yang berkali-kali memutar kunci kontak takkala mesin mobil sulit dihidupkan. Padahal, cara ini justru dapat mengganggu sistem starter. Baiknya tunggu beberapa saat (sekitar 10 detik hingga 15 detik) untuk memutar kembali kunci kontak. Ada pula yang berkali-kali menginjak pedal gas. Berikut beberapa tips yang aman menghidupkan mesin.
1. Saat menghidupkan mesin pagi hari (dalam kedaaan mesin dingin) sebaiknya tidak menginjak gas. Bila dilengkapi tombol choke, tarik tombol choke sepenuhnya. Lalu putar kunci kontak untuk menghidupkan mesin. Bila mesin sudah hidup, tekan tombol choke ke dalam agar putaran mesin menjadi normal (sekitar 1000 rpm). Sesudah kondisi normal, tekan sepenuhnya tombol choke untuk memperoleh putaran mesin yang stasioner.
2. Untuk menghidupkan mesin dalam keadaan panas, pedal gas ditekan sekitar setengah injakan. Jangan menginjak pedal berkali-kali atau mengaktifkan tombol choke. Setelah mesin hidup, lepaskan pedal gas dan biarkan stasioner.
3. Bila menghidupkan mesin saat campuran bensin berlebihan, sebaiknya tunggu sedikitnya setengah hingga satu menit. Lalu, injak pedal gas hingga penuh dan pertahankan untuk beberapa detik. Pada kondisi begini jangan sekali-sekali menarik choke. Putar kunci kontak ke posisi start hingga mesin hidup. Sesudah hidup, lepaskan injakan pada pedal gas. Bila mesin masih mejen, sebaiknya lepaskan semua busi dan keringkan. 4. Usahakan jangan menghidupkan mesin dengan cara mendorong kendaraan. Sebaiknya. Sesudah mengganti oli mesin, jangan langsung menghidupkan mesin dengan putaran tinggi. Biarkan mesin berputar stasioner.[erf/oto]
1.Oli mesin (Engine)
SAE-nya minimal SG, viskositas 15W-50 atau 20W-50,API Service SG atau diatasnya (4.1 liter).
Opel Gear Oil. Filter oli 2x ganti oli.
Opel Oil atau Valvoline 10W-30, PENNZOIL, UNITED OIL, AGIP (recommended product) untuk mesin,biar ga berisik,bunyi ketukan mesin.
Shell helix yg warna kuning.
Transmisi gunakan jenis ATF. Gardan viskositas 75W-90,
2.Minyak rem,Minyak rem minimal DOT 3. 60.000km,2thn.
3.Air radiator : Radiator Coolant
Ethylene Glycol Based coolant
campuran 50/50 dengan air bersih 8.5 liter
DEX-COOL - di-flush—harga tabung:250rb.
sisi kanan bawah radiator [posisi kita menghadap radiator] ada baut pembuangan – cara menguras- tiap 60rbkm /2thn
4.Transmission
ATF Dextron IID + Lubrizol (2 lt)
GMI - P/N 0FBH0229
5.Power Steering
Dextron II D (ATF) (1 liter)(60.000km, 2thn.)
setel setir di jaktim, hubungi Surabaya Motor 460 6675.
6.Air Condition Compressor Lubricant
Polyalkaline Glycol (PAG)
7.Hydro Clutch
Brake fluid DOT 4 (SPEC)
8.Brake Fluid
Brake fluid DOT 4
9.Rear Axle
Gear Oil SAE 80W - 90 GL-5 (1.85 liter)
10.Tekanan di pressure regulator,
ukur dengan pressure meter.Letaknya tepat di atas rail pipe injector. Di dekat situ juga ada pentil bahan bakar, pasang pengukur tekanan di pentil tersebut, jika tekanannya saat idle di atas 2,5 bar, berarti pressure regulatornya harus ganti.(biar ga boros bensin)
8.Fanbelt (tali kipas)
menyemprot beltdressing ,disetel ke bengkel. TIMMING BELT , fan belt DOHC GANTI 30ribu.
9.Aki dan wiper
coba cek kondisi PCB motor wiper, ada solderan yang pecah
11.Lampu
12.cek kabel busi, busi dan koil
merek Bosch dengan spesifikasi FLR8LDCU(2ELEKTRODA) setiap 96 km, busi 1.200 Ohm untuk 25 mm. Biar tdk mbrebet.
11. Minyak kopling
Opel 2,5 liter Oil jenis ATF + lubrizol.
ganti : 20.000 km. 60.000km,2thn.
periksa kondisi kopling dan prop shatnya
pelat kopling aus, bantalan pelepas kopling. Bunyi dari garpu kopling. Bisa dihilangkan dengan meng-grease rumah,niple kopling. Ada nipel untuk memasukkan grease, letak rumah kopling di belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.
Kondisi di semua gigi ada masalah di kopling atau master koplingnya. Kalau terjadi di salah satu atau dua gigi, ada masalah di sychronizer gigi.
pedal kopling atau rem yang kendor.
kadang2x masih bisa diperbaiki Master kopling 700rb.
Kalau mau ganti yang modifikasi, hubungi 021 781 5735.
80ribu km ganti kopling.set-1jt.
12.Isi freon sesuai jenis kompresor
kompresor Blazer umurnya 5 - 7 tahun.
13.Kuraslah TANGKI setiap enam bulan. Bila telah 30,000 km,
ganti filter bensin.injektor.kekencangan tali kipas.
14.Turun mesin separo
bisa dilakukan tiap 200.000km. Walaupun tidak ada masalah
15.wiper tidak keluar air
cek pompa air di tabung deket filter udara masih bagus, tes pompa nya dengan tegangan 12 volt, semprotan nya kenceng. cek kabel,Cek PCB motor wiper, ada soldean yang lepas.
16.Engine mounting, umumnya tiap 30.000km
17.overhaul transmisi + parts-nya : 1 jutaan
18.transmisi penggantian cones gigi 1 dan 2 : 200 ribuan.
Coba cek kondisi bushing tongkat transmisi.
19.kaca depan : 900 ribuan.
20.water pump blazie ada yang non genuine : 350 ribu
21.kopling set : set 950 ribu
22.tune up CO test : setel di posisi 128.
23.Ball joint, tie rod, pada prinsipnya part yang bekerjanya scr mekanis, pasti bisa di repair. Asal belum patah., bawa saja ke bengkel2x khusus suspensi, biasanya bisa ngrepair. benbgkelnya Donnie 021 781 5735. Harganya 150 ribuan (akalin ball joint).
Tie rod, sepertinya tidak perlu ganti, karena jarang yg rusak
24.Boster rem Blazer : menambal ulang karet boosternya yg rusak.
25.Tarikan kadang kala nyendat-nyendat : gangguan di ground utama controle unit [ECU]. Coba periksa seluruh fungsi ground dan wiring pemasok listriknya. Ground utama letaknya di rumah kopling. Ada lagi di dekat rumah evaporator AC. Kabel positifnya di terminal belakang tangki oli power steering. periksa businya (standar asli Blazer) kabel busi (ndut-ndutan), periksa kondisi crankshaft sensor [CKP]. cek adjuster valvenya
26.Saat idle [mesin udah masuk suhu kerja] tekanan OLIE :125 Kpa.
periksa meternya atau switch pressurenya, mungkin rusak.
27.letak pressure regulator : Dekat rail pipe injektor. harga 800rb.
28.letak rumah kopling & niple kopling untuk regreaze : belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.
29.Umur kopling di sekitar 100ribu km. kopling Blazer/Montera sekitar 70.000 - 80.000km
30.sensor suhu mesin terpisah dengan termoswitch, letaknya sama, di belakang silinder head. Bedanya kalau switch fan soketnya dua kabel, yang sender temperatur satu kabel.
31.lampu rem mati, ada gangguan di switch rem yg letaknya di dekat [atas] pedal rem. Biasanya ada kabel yg putus.
32.(service rutin)power steering : ]. Perawatan pompa steering, coba cari bengkel alternatif. Biayanya 200-300 rb, bs ganti karet joint stirnya : 200 ribuan.
33.fuel pump blazer bertahan3thn,diganti tiap 50ribu km, harganya kan 1.4jt an.(kalau rusak aja)-resmi 1.7jt.
34.Check kaki2x : cek kondisi ball joint, pitman dan idle arm. Harga idle arm 800 ribuan, pittman arm 260 ribuan.
ball joint 600ribuan, laher roda 200 ribuan
35.Spion 800 ribuan,
36.kampas kopling 500 ribuan.
37.kampas rem 300 - 800 ribu.
38.timing belt + tensioner 450 ribuan.
39.Tali kipas 100 ribuan.
40.Alternator (dinamo amper). Bisa icnya sudah jelek dan juga bisa fisik dinamonya (kumparannya sudah harus diganti). tukang dinamo amper, yg sudah pengalaman dengan dinamo blazer, ganti baru sktr 1jt, perbaikan antara 300rb - 500rb.
41.Perawatan pompa steering, bengkel alternatif. 200-300 ribuan.
42.Perawatan AC Bpk. Jimi 021-750 4748
30.000km diperiksa atau dibersihkan keseluruhan sistem AC
periksa kondisi accumulator atau drier dan expansi valve. di vacum ulang dan ganti orificenya, jika perlu accumulatornya juga diganti. Ongkosnya kisaran 600ribuan berikut part.
Ganti baru : 1.8jt AC kompresor diganti Sanden ex Singapur- EDDY HP 08128348519-Bhineka AC di Jl. Lemah Abang Cikarang samping Cikarang Prolube,
43.shock absorber palsunya agak susah mbedainnya. Beli merek Bilstein, langsung saja ke agennya di daerah Asem Reges.
44.Foot step yg original kalo yg second : Rensen 021 727 96 235.
45.noozle wiper harganya 100 ribuan per pc.
46.Tekanan angin ban : 32psi saat dingin..
47.Bushing engsel pintu, jasa dan parts sekitar 130 ribuan
48.Ball joint atas dan upper arm 500 ribuan.
49.Magnet clutch 400 ribuan
50.Engine blazer assy 30 jutaan,diganti engine Nissan RD28
51.asesoris blazer :
Rensen Duta Mas Fatmawati, telp. 021 727 96 235.
52.Shock Breaker
Bilstein, 1,5 jt, Procomp 800rb. Monroe, 600rb. Padder 1,5 jt.
53.yang bisa ngrepair kaca baret di daerah radio dalam dan Jl. Raya Fatmawati.
Setir agak goyang periksa kondisi karet joint steer, pittman arm. Atau coba spooring dan balance roda
Kondisi tensioner timing belt Menurut schedule timing belt saya ganti 8 ribu km lagi, menurut teknisi bengkel,
tensionernya sudah "kurang bagus". Apa ciri atau tanda tensioenr sudah tidak bagus? dan gantinya memang selalu satu paket? Makasih.
Oleh albert Jawaban Di mesin Blazer menggunakan tensioner timing belt yang dilengkapi dengan pointer.
Biasanya jika sudah dilakukan penyetelan pada tensioner tapi pointernya tidak bisa menunjuk ke tengah itu berarti sudah ada gangguan di tensionernya.
Dan untuk menggantinya memang disarankan satu set [timing belt, tensioner dan roller].
Gejala boros bahan bakar bukan hanya dapat dihitung dari peningkatan konsumsi bahan bakar. Namun Anda juga bisa merasakan dan mencermatinya jika kendaraan mulai menunjukkan rambu-rambu seperti di bawah ini. Jika hal itu terjadi , segera bawa mobil ke bengkel untuk service dan penyetelan ulang :
1. Terjadi kebocoran bahan bakar.
Tercium aroma bahan bakar yang menyengat saat mesin dinyalakan sudah dapat dipastikan terjadi kebocoran pada saluran bahan bakar. Akibatnya rembesan cairan bahan bakar itu terbuang percuma.
2. Suhu mesin
Perhatikan temperatur mesin karena suhu mesin yang rendah juga bisa menjadi penyebab boros bahan bakar, karena itu berarti campuran bensin terlalu banyak sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.
3. Kerja mesin
Gejala mesin pincang alias putaran tidak rata juga bisa menjadi pertanda boros bahan bakar. Hal itu bisa terjadi karena salah satu busi tidak bekerja optimal.
4. Gas buang Gas buang yang berwarna hitam ketika pedal diinjak penuh dan gas buang yang terasa pedih di mata menunjukkan campuran bensin yang terlalu banyak. 5. Ujung Knalpot Perhatikan ujung lubang knalpot yang terdapat kerak hitam itu menunjukkan terjadi pembakaran yang tidak sempurna, bensin tidak sepenuhnya terbakar di ruang bakar. 6. Uji emisi Jika perlu, lakukan uji emisi karena mobil yang boros bahan bakar sudah pasti memiliki kadar CO yang lebih tinggi dari kondisi normal (bid/berbagai sumber)