Merawat Jok mobil




 Merawat kabin dalam mobil rasanya telah menjadi bagian yang selalu tersentuh bila Anda menyerahkan urusan bersih-bersih mobil kepada jasa salon. Bahkan sebagian dari jasa salon selalu melepaskan jok untuk memudahkan membersihkan kolong-kolong ruang dalam mobil tersebut.




 
Namun, jarang sekali usaha salon yang sekaligus melakukan jasa pemeriksaan dan perawatan jok secara menyeluruh. Padahal, upaya mengecek kondisi ril dan putaran sandaran hingga keutuhan rangka jok jelas merupakan bagian tak terlewatkan yang seharusnya dikerjakan.



Perawatan jok memerlukan waktu cukup lama, karenanya disarankan Anda pilih satu hari kosong untuk melakukan kegiatan ini. Berikut beberapa perawatan utama yang perlu dilakukan terhadap jok, untuk diperolehnya kenyamanan menggeser, mengatur, hingga memposisikan duduk Anda.



- Lepaskan seluruh jok

Perawatan jok harus dimulai dengan mencopot semua tempat duduk mobil Anda. Jok depan dicopot pada bagian rangka yang menempel pada lantai mobil. Sementara tempat duduk belakang harus pula dilepas sandarannya. Sedang untuk jenis jip, bila jok belakang masih standar tak diperlukan pencopotan.



Tempat duduk bagian belakang jip, biasanya hanya memerlukan pemberian pelumas, sehingga urusan melipat bagian ini dijamin tak menimbulkan kesulitan. Yang juga perlu diperiksa pada jok belakang jip adalah sabuk penguncinya, apakah masih dalam kondisi bagus.



- Periksa keutuhan rangka

Setelah jok depan berada di bawah, periksalah keutuhan kerangka dudukannya. Caranya, coba tarik maju sisi kanan sandaran jok dan tekan mundur sisi kirinya. Ulang dengan arah tekan dan tarik berlawanan. Bila rangka masih baik, maka kelenturan masih bagus dan tak terdengar bunyi-bunyi aneh.



Tekanlah seluruh permukaan dudukan jok depan. Umumnya jok depan terdiri dari per dan busa. Sebagian mobil malah memanfaatkan serabut kelapa pada begian ini. Bila tekanan dirasa nyaris sama pada setiap bagian, maka jok depan mobil Anda masih bagus. Periksa pula bagian bawah dengan cara membalikkan jok depan mobil Anda. Amati apakah per masih dalam kondisi memadai.



Pemeriksaan keutuhan jok belakang, untuk sedan dengan cara membalik dan mengamati alas bawahnya yang biasanya terdiri dari plat logam. Pastikan bagian ini tidak berkarat. Sementara jok mobil niaga umumnya serupa dengan jok depan, maka pemeriksaannya dapat dilakukan serupa dengan pengamatan jok depan.



Pemeriksaan sandaran jok belakang sedan, dapat dilakukan dengan cara sama dalam cara pengamatan dudukan jok belakang sedan. Namun, bagian ini jarang mengalami kerusakan, karenanya bila tak mengalami keanehan bagian ini tak perlu dicopot.



- Periksa kondisi putaran sandaran

Beberapa jenis mobil menggunakan sistem rol sebagai alat pengatur kemiringan sandaran mobil. Pemeriksaan bagian ini lebih diarahkan untuk meyakinkan putaran masih berjalan baik. Beri minyak bagian ini bila terasa rol berputar kurang lambat.



Perlakuan serupa diperlukan untuk pemeriksaan jenis pengatur kemiringan sandaran yang berupa tuas. Yakinkan kerja menggeser setiap kali tuas diangkat masih bagus. Kerusakan biasanya terasa dengan ukuran kemiringan yang meloncat tak beraturan.



- Periksa kondisi dan keutuhan rel

Ini khusus untuk jok depan atau tempat duduk tengah untuk kendaraan jenis niaga. Setelah jok Anda balik, yakinkan rel masih berfungsi baik. Rel yang baik adalah tetap lancar saat harus memajukan dan memundurkan jok di atasnya. Ada baiknya rel dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu kembali oleskan gemuk untuk memperlancar laju pengaturan maju dan mundur jok.



Jangan pernah takut membongkar jok untuk kepentingan perawatan. Yang jelas hanya diperlukan pencopotan beberapa mur dan baut untuk kepentingan ini. bid ( )

Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?

Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.

Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.

Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.

Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.

Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mencuci wheel

    Rem cakram pada ke empat roda memang terbukti berhasil meningkatkan keamanan mobil. Namun di sisi lain, rem pakem ini memproduksi lapisan yang korosif, tidak tampak, dan susah dihilangkan pada alloy wheel mobil.
    Penyebabnya debu akibat gesekan rotor/cakram dengan brake pad. Ketika mengerem, compound brake pad yang lebih lunak terlepas dan berakhir sebagai lapisan tipis pada permukaan wheel. Debu itu terdiri serat-serat karbon, metal filing, dan perekat polymer.
    Sisa perekat ini menempel disekujur wheel. Sisa perekat ini kemudian berubah jadi asam dan menggores permukaan wheel. Ini menimbulkan kerusakan serius pada wheel, dan bukan sekedar persoalan penampilan/kosmetik saja.
    Metal filing juga bisa jadi masalah. Selama pengereman, metal filing membara dan saat terlepas dan ketika mendarat cenderung membakar permukaan wheel hingga membuat lobang mikro. Perekat polimer juga bisa mengalami re-polimerisasi membentuk gumpalan-gumpalan kecil menempel di permukaan.
    Ada tiga cara untuk mengontrol debu ini. Pertama, membersihkan wheel secara berkala dan terus menerus. Kedua, memasang brake dust shield dan ketiga mengganti brake pad.
    Ada beberapa cara membersihkan wheel. Mulai cuci dengan shampoo mobil biasa, kalau tidak berhasil bisa dicoba dengan pembersih wheel khusus seperti P21S atau Sonax yang banyak direkomendasikan produsen mobil.
    Hati-hati bila memilih pembersih wheel. Karena ada yang mengadung asam yang justru merusak permukaan wheel. P21S dan Sonak mempunyai pH netral, mungkin kalah garang dibandingkan merk lain, tapi pasti tidak merusak permukaan.
    Kebanyakan pembersih wheel berkerja efektif pada kondisi wheel kering. Semprotkan pembersih pada seluruh bagian wheel dan usap dengan lap lembut. Diamkan beberapa menit. Gosok lagi dengan lembut seluruh bagian. Beberapa bagian mungkin perlu digosok berulang-ulang. Pastikan dilakukan dengan lembut bila tidak ingin permukaan tergores. Bila kotorannya mulai lepas, bilas dengan air dan keringkan.
    Bila ada bagian yang kotorannya masih bandel, bisa digunakan larutan lebih kuat. Gunakan hanya pada lokasi si bandel saja. Sebelum menggunakannya, tes dulu dibagian wheel yang tersembunyi untuk memastikan tidak ada efek buruk. Bila kotoran lepas, siram dengan air.
    Setelah dicuci, lapisi dengan wax, yang berfungsi sebagai pelindung garis depan terhadap serbuan brake dust.
    Cara kedua, adalah memasang pelindung dari bahan aluminum alloy. Ada banyak model dan ukuran untuk aneka jenis mobil. Pelindung ini dirancang agar angin tetap dapat leluasa mendinginkan rem. Ini cara yang efektif untuk menghindari dust brake.
    Pelindung ini mudah memasangnya, cukup lepas ban, pasang pelindung dan pasang ban lagi. Bila ingin memasang, ada baiknya konsultasi dengan dealer, apakah akan mempengaruhi garansi mobil anda.Pelindung ini juga mungkin tidak cocok untuk mereka yang ingin menampilkan caliper indahnya.
    Alternatif ketiga adalah mengganti brake pad. Bisa dari Kevlar atau Carbon Kevlar yang bisa mengurangi debu dan memperbaiki pengereman dan tidak berdecit. Bisa juga mengganti dengan brake pad keras, dimana kandungan logam lebih tinggi dan lebih sedikit karbon. Jenis bisa jadi kalah pakem.

    (bid/berbagai sumber)





  • READ MORE.......




  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    TIPS Perawatan Sistem Pendingin Mesin

    Perhatian terhadap komponen sistem pendingin lainnya juga perlu agar mesin selalu dalam kondisi prima:
    1. Flush dan ganti coolant secara teratur. Kualitas dan jenis coolant yang dipakai sangat menentukan keawetan mesin, dianjurkan memakai Extended Life Coolant (ELC) atau Surfactant Coolant (SC), beberapa produk coolant dijual siap tuang.
    2. Jangan gunakan air ledeng atau air sumur untuk mengisi radiator. gunakan aquadest yang dicampur dengan coolant sebagai inhibitor (pencegah karat dan kerak). Pemakaian aquadest saja tak dapat mencegah timbulnya karat.
    3. Gunakan Radiator Coolant yang bermutu baik, dan pakai sesuai anjuran.
    4. Ganti tutup radiator setiap 4 - 5 tahun, kerusakan tutup radiator menyebabkan tidak dapat melepas kelebihan tekanan sehingga akan merusak cylinder head gasket dan kepala radiator, gunakan tutup radiator original.
    5. Ganti thermostat setiap 5 tahun, jika tetap akan menggunakan thermostat bersuhu lebih rendah dari anjuran pabrik, jangan lebih dari 5ÂșC perbedaannya. Ingat, thermostat jangan dilepas.
    6. Periksa kinerja motor fan atau visco fan.
    7. Ganti waterpump apabila sudah terdeteksi terjadi kebocoran atau aliran air lemah.

    8. Jika radiator yang berbahan plastik pecah/retak, ganti dan gunakan radiator head original, jangan mengganti dengan bahan kuningan, karena jika terjadi over-pressure, maka komponen mesin lain akan dapat pecah atau retak
    9. Pemakaian Radiator coolant untuk mesin diesel sebaiknya memakai jenis Extended Life.
    (sumber: The Beginner Files - IDMOC)




  • READ MORE.......





  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips Mobil

    Tips Mobil | BALIJB.COM
    www.balijb.com/bursa-mobil/tips-merawat-mobil/ - CachedSimilar
    Berikut ada tips dan trik seputar perwatan kendaran anda. 10 TIPS Merawat AC Mobil. Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja ...
    Tips-tips perawatan Mobil
    forum.dudung.net › HOBBY › OTOMOTIF - CachedSimilar
    15 posts - 1 author - Last post: 18 Nov 2007
    Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern ...
    Get more discussion results
    Indonesia Cars & Car | New & Used Car - MyCarMart:
    www.carmall.com/ - CachedSimilar
    2009-12-25, Tips for buying cars from parallel importers. 2009-12-24, Car air filter & air intake - A beginners guide to modding ...
    Tips Perawatan AC Mobil
    www.tips-afuacmobil.blogspot.com/ - CachedSimilar
    12 Jun 2006 – Webblog www.tips-afuacmobil.blogspot.com ini berisi informasi tips perawatan ac mobil yang akan selalu diupdate dan sangat berguna bagi ...
    Tips Seputar Mobil
    tipsmobil.dagdigdug.com/ - Cached
    29 Jan 2011 – Ini adalah tips sederhana yang bisa Anda ikuti sehingga Anda dapat memilih asuransi mobil termurah untuk Anda. Memilih penyedia terbaik yang ...
    Tips Mobil | Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com
    www.dapurpacu.com/category/auto-news/tips-mobil.../tips-mobil/ - Cached
    Tips Rotasi Ban Mobil. JAKARTA (DP) — Selain perawatan, merotasi keempat ban mobil merupakan langkah yang bijak untuk menjaga keawetannya. ...
    mobil search NSE & BSE, mobil in Share tips, mobil in Mutual Funds ...
    www.appuonline.com/search.php?q=mobil - Cached
    23 Jun 2011 – mobil search results in NSE, BSE, Share Tips and Mutual Funds ... Stock tips on your Mobile - Gi Posted on 22-06-2011 ...
    tips mobil (tipsmobil) on Twitter
    twitter.com/tipsmobil - Cached
    tips mobil (tipsmobil) is on Twitter. Sign up for Twitter to follow tips mobil (tipsmobil) and get their latest updates.
    TIPS MOBIL BEBAS INCARAN PENCOLENG
    ekomeister.blogspot.com/.../tips-mobil-bebas-incaran-pencoleng.ht... - Cached
    18 Mar 2009 – TIPS MOBIL BEBAS INCARAN PENCOLENG. Hidup dikota besar memang perlu kewaspadaan yang tinggi karena sangat rawan akan pencurian kendaraan ...
    You visited this page on 1/15/11.
    Tips Cara Hemat Merawat Mobil | http://www.untukku.com
    www.untukku.com/.../tips-cara-hemat-merawat-mobil-untukku.html - CachedSimilar
    15 Jul 2009 – Merawat mobil, memang gampang-gampang susah. Salah sedikit saja, akibatnya bisa susah. Selain itu, kalau dipaksakan harus diserahkan pada
    Tips Perawatan AC Mobil
    www.tips-afuacmobil.blogspot.com/ - CachedSimilar
    12 Jun 2006 – Webblog www.tips-afuacmobil.blogspot.com ini berisi informasi tips perawatan ac mobil yang akan selalu diupdate dan sangat berguna bagi ...
    tips perawatan mobil
    hasil1st.wordpress.com/ - CachedSimilar
    4 Des 2010 – tips perawatan mobil · Beranda · Rawat Mobil Anda · Tips Perawatan Body · Tips perawatan cat · Tips Perawatan Mesin ...
    Tips-tips perawatan Mobil
    forum.dudung.net › HOBBY › OTOMOTIF - CachedSimilar
    15 posts - 1 author - Last post: 18 Nov 2007
    Tips-tips perawatan Mobil. « pada: Februari 05, 2007, 06:05:03 pm ». SILAHKAN POSTING TIPS-TIPS PERAWATAN MOBIL Membersihkan Noda Jok Mobil ...
    Get more discussion results
    Panduan Lengkap Perawatan Mobil: Belajar Cara Merawat Dan Poles Mobil
    www.panduanlengkapperawatanmobil.com/ - CachedSimilar
    Kualitas Hasil Perawatan Mobil Profesional Seperti Kami Tanpa Harus Menggunakan Mesin Khusus… .... Baru – Tips-tips membeli lap microfiber ...
    tips: perawatan mobil dimusim hujan
    racing-tires.blogspot.com/.../tips-perawatan-mobil-dimusim-hujan.ht... - Cached
    5 Mar 2011 – tips: perawatan mobil dimusim hujan. The rainy season has arrived. Road flooded, wet and slippery will more frequently encounter. ...
    Tips Perawatan Mobil Anda - Free Download from 4shared - Filestube.com
    www.filestube.com/.../Tips-Perawatan-Mobil-Anda.html
    25 Jul 2010 – Tips Perawatan Mobil Anda. Free Sign Up >>. Sponsored link: Tips Perawatan Mobil Anda.pdf [FAST DOWNLOAD] ...
    tips perawatan mobil inovva/ « W « Wit Rent Car
    www.witrentcar.com/blog/w/tips-perawatan-mobil-inovva/.php - Cached
    Sewa Mobil - Rental Mobil - Car Rental - Rent Car. HOME | ABOUT US | CAR LIST | SERVICES & SUPPORT | TERMS & CONDITIONS | BLOG ...
    BebekNunggink - 10 tips perawatan mobil...
    bebeknunggink.multiply.com/journal/.../10_tips_perawatan_mobil... - CachedSimilar
    18 Nov 2007 – Di bawah ini beberapa tip berhemat dalam perawatan mobil. 1. JANGAN MENUNGGU. Perhatikan hal berikut: saat Anda berhenti, mobil Anda berada ...
    Tips Mudah Perawatan Mobil | PaketDigital Online
    paketdigital.com/tips-mudah-perawatan-mobil/ - Cached
    Tips Mudah Perawatan Mobil. by pd on October 14, 2010 ... Untuk mencegah hal tersebut maka ada baiknya ikuti Tips Mudah Perawatan Mobil berikut; ...
    VIVAnews - Tips Mudah Perawatan Mobil
    You +1'd this publicly. Undo
    otomotif.vivanews.com/news/.../57480-tips_mudah_perawatan_mo... - CachedSimilar
    14 Mei 2009 – Lima persen penyebab kerusakan mobil karena kurangnya perawatan - Tips Mudah Perawatan Mobil.





  • READ MORE.......





  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com





    ----------------------------------------------------------------------------------
    modifikasi motor kredit motor yamaha mio jual motor harga mobil jual beli mobil modifikasi mobilbekas warung mobil motor bekas otomotif.com automotif sepeda motor kompas otomotif modifikasi mobil jual beli motor warungmobil iklan motor motorplus harga avanza daihatsu xenia harga mobil second otomotif motor otomotifnet toyota kijang mobil toyota motor modifikasi dunia otomotif cari mobil bekas otomotif college tabloid otomotif the otomotif college harga motor yamaha motor modif motor dijual
    mobil di jual otomotif.net pasar mobil motor baru variasi motor majalah mobil motor terbaru otomotif mobil motor murah motor di jual motor baru 2011 motor jual

     
     
     

    Total Tayangan Halaman