Merawat As Roda Penggerak Mobil FWD

JAMAKNYA mobil penumpang jenis sedan, selalu menggunakan sistem penggerak roda depan. Maklum, metoda ini memang memiliki banyak kelebihan dibanding cara konvensional yang menggunakan penggerak roda belakang. Selain dapat mereduksi efek oversteering, mobil yang menggunakan sistem FWD juga lebih sederhana konstruksinya. Soalnya, transmisi dan gardannya dapat dibuat menjadi satu kesatuan sehingga lebih menghemat biaya.
Cuma persoalnya, poros atau as penggerak roda depan ini memang sering bermasalah. Pasalnya, pusat tumpuan dan perputaran roda ini memang memiliki konstruksi rada rumit agar dapat mengantisipasi gerakan turun naik dan harus didesain agar memungkinkan roda depan dapat dibelokkan. Itu sebabnya, as roda depan ini selalu dilengkapi dengan sambungan khusus yang lazim disebut dengan velocity joint atau semacam cross joint yang jamak digunakan pada mobil penggerak roda belakang.
Pada titik sambungan inilah sering bermasalah. Misalnya, karet boot as rodanya pecah. Kalau, dibiarkan terus, maka debu, pasir, atau kotoran lain akan masuk ke dalam bola baja sambungan yang harganya cukup mahal itu. Tentu saja, si bola baja itu dijamin rusak dalam tempo tak beberapa lama. Lantaran itu, segera ganti karet boot as roda itu bila ternyata bocor tau sobek. Coba, cek dulu pada mobil Anda! [cq]




  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com -

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    AC & Electric Socket, kompressor AC, Umur injector, air radiator, fan AC

    AC & Electric Socket
    Salam hangat.. Mau nih..Apakah fan pendingin selalu running bersama (keduanya)kalau AC on atau ada termoswitcnya..? trus ada elektric socket dekat tuas penarik cap mesin.apa itu untuk engine analizer..? Thank's
    Oleh Yogi. R
    Jawaban
    Seharusnya hanya nyala satu [yang sisi kanan - searah mesin]. Soket dimaksud soket DLC [data link connector]. Buat komunikasi dengan engine analyzer.



    kompressor AC
    Kemarin saya habis ganti kompressor AC (karena tidak bisa mutar) dari SANDEN 507 ke ACM 5008.Ada pengaruhnya nggak jika pakai merk tersebut ?? Terus di sekitar penampung oli rem ada rembesan,kira-kira apanya yang bocor ? Terim kasih
    Oleh Andik
    Jawaban
    Nggak masalah koq, sama saja.

    Rem n' AC
    Allow, saya mo tanya apa bener booster rem Blazie bisa di repair dengan ganti karetnya aja?, Dan kompressor AC bawaan Blazie gak bisa dibenerin, melainkan kalo rusak lebih baik di ganti sama kompressor AC merek Sanden? Berapa kira-kira besaran biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan2 diatas? Makasih banget yaa....pak.
    Oleh DaAn
    Jawaban
    kalau bisa dapet karetnya saja, bisa diganti. Masalahnya agak susah nyari karetnya. Ganti sanden biayanya 3 jutaan.

    Umur injector dan air radiator
    Numpang nanya untuk Blazer montera 2000 umur dari injektor dan air radiator normalnya harus ganti pada km berapa ya. Dan berapa harga dari satu injektor kemudian air radiator yang direcomendasikan dari merk apa ya? Thanks banyak..dan maaf apabila ada yang pernah tanya dengan topik yang sama.
    Oleh Syaiful R
    Jawaban
    Injektor tidak ada umurnya. Komponen dimaksud jarang rusak. Harganya 800ribuan per pc. Untuk air radiator, isi saja menggunakan air biasa. Penggunaan coolant tidak terlalu penting buat blazer.


    fan AC
    Halo Bos Blazie...di ruang mesin deket box minyak power steering ada kabel yg putus (krn terbakar), aku coba sambung ternyata itu kabel positif ke fan ac (selama ini mati). tapi setelah agak lama ternyata putus lagi (terbakar), kenapa ya? Thanks alot
    Oleh iwul
    Jawaban
    Coba cek kualitas sambungannya. Atau cek rangkaian motor fannya, kemungkinan ada yang short juga sehingga kabel terbakar.

    buka knob control e/mirror
    bagaimana buka knob kontrol e/ mirror ( dan power window sswitc ) yang disisi kanan pengemudi . apakah harus buka door trim dulu atau bisa diangkat panelnya controlnya saja tanpa harus buka door trim ..? modil saya LT 2002 .. Thks
    Oleh derano
    Jawaban
    Langsung angkat saja panelnya, tanpa buka door trim.



  • READ MORE.......


  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Memegang Kemudi di Medan Berat

    Mengemudi mobil jip memang sedikit lain dibanding mobil penumpang. Terlebih lagi bila bakal menerjang medan berat. Posisi tangan dalam memegang roda kemudi pun harus mendapat perhatian serius. Untuk mobil yang tidak dilengkapi dengan power steering (kemudi daya), sebaiknya Anda harus memegang roda kemudi dengan posisi ujung ibu jari ke atas dan diluar lingkar kemudi.

    Soalnya, jika roda depan menghajar gelondongan kayu atau batu besar, roda kemudi itu bakal berputar sangat cepat. Bila ibu jari berada di dalam lingkar kemudi, bisa jadi bakal terkilir atau paling berat hingga patah tulang lantaran terpukul gerakan jari-jari roda kemudi itu.

    Selain itu, perhatikan dengan cermati arah ban mobil Anda. Bila lalai, ke mana arah ban itu dibelokkan, keadaan ini sangat berbahaya lantaran mobil dapat terjerembab ke jurang atau medan yang menyulitkan. Nah, untuk memudahkan dalam menandai arah roda, Anda dapat menempelkan isolatip warna putih di roda kemudi hingga arah roda depan dapat dengan mudah dimonitor dari ruang kemudi. [cq]


  • READ MORE.......


  • fr.duniaOTO.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman