Wiper

Wiper mobil Anda tiba-tiba tersendat-sendat atau tidak lagi berfungsi normal? Sebaiknya jangan biarkan kondisi seperti itu berlangsung terus. Soalnya, wiper seperti itu dapat merusak atau menggores kaca mobil Anda. Terlebih lagi jika karet yang terdapat pada wiper Anda sudah tidak lagi dapat menjalankan fungsinya sebagai penghapus atau pembersih kaca mobil dengan sempurna.
Tersendat atau macetnya wiper bisa diakibatkan per atau pivot pada wiper yang telah aus atau rusak. Jika hal itu Anda alami berarti wiper sudah harus diganti dengan yang baru. Begitu juga jika karet pada wiper Anda sudah rusak. Sebaiknya Anda segera mengganti dengan yang baru.
Sebelum melakukan penggantian, sebaiknya Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis wiper. Pada dasarnya jenis wiper terdiri dari dua buah.
Pertama, wiper yang memiliki pengunci semacam knop plastik berwarna merah atau hitam. Untuk melepaskan wiper jenis ini, tekan knop ke bawah maka blade karetnya dapat Anda geser dari klip rangkanya.
Kedua adalah jenis wiper dengan model yang lebih mutakhir. Wiper model ini memiliki mekanisme kunci yang sederhana. Mekanisme kunci yang sederhana ini memungkinkan ujung blade dapat dilengkungkan ke bawah. Hingga terlepas dari lekukan yang menahan klip dari rangkanya, sehingga blade-nya dapat dilepas dan digeser dari rangka.
Sedangkan untuk memasang kembali wiper dengan yang baru, lakukan kebalikan dari cara melepas wiper. Yaitu jika wiper yang Anda miliki memiliki dua buah knop plastik, cara memasangnya dapat dilakukan dengan menekan knop ke bawah sehingga blade karet wiper yang baru dapat Anda pasang tepat pada klip rangkanya.
Sementara jika wiper Anda adalah model yang lebih mutakhir, maka Anda harus melepas kuncinya dengan melekungkan ujung blade ke bawah, sehingga klip terlepas dari rangkanya. Setelah itu Anda dapat melakukan pemasangan wiper yang baru pada klip.
Jika prosedur pemasangan wiper baru telah Anda lakukan, hal penting yang harus Anda ingat adalah selalu memasang semua klip yang terdapat pada wiper. Apa pun jenis wiper yang Anda pakai.







Setelah itu periksa alat pengunci, apakah sudah terpasang dan bekerja dengan baik. Sehingga wiper yang baru Anda pasang ini tidak jatuh. Jika Anda kurang baik memasangnya, kemungkinan besar klip wiper akan menggores kaca mobil Anda.

(YC/B-12)

Hangtuah Digital Library







  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com



    Cara mengemudi yang nyaman dan enak


    Honda Jazz (01-Feb 08) 51-57
    Pernahkah Anda merasa lelah setelah menyetir ? Jika jawaban Anda ya, berarti Anda mengemudi dengan posisi yang tidak benar Mengemudi terlalu lama bisa membuat pegal seluruh badan. Sendi-sendi menjadi kaku, kekencangan otot memburuk, kecepatan reaksi dan koordinasi menurun, peredaran darah turun, oksigen menuju organ dan otot juga menurun. Akibatnya, Anda merasa capai. Berjejal dalam mobil juga membuat darah menggumpal di daerah kaki, terutama pembuluh darah balik. Ya, perjalanan selama tiga atau empat jam memang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki.



    Cara mengemudi yang nyaman dan enak :
    1. Duduklah pada posisi yang enak.
    2. Badan harus dalam posisi tegak.
    3. Badan tidak miring ke kiri atau kanan.
    4. Saat mengemudi, pundak jangan sampai ikut maju.
    5. Usahakan posisi tubuh santai dan menempel pada jok.

    6. Kedua kaki harus dalam keadaan lurus.
    7. Biarkan kedua kaki menginjak rem, gas & kopling dengan santai.
    8. Pakailah sepatu ketika mengemudi.
    9. Jangan sekali-kali menekuk kaki, akan mempercepat kelelahan.
    10. Usahakan posisi kedua tangan lurus ketika memegang setir.
    11. Jangan memegang setir dengan posisi menyilang.




    Berhenti sebentar dan lakukan gerakan-gerakan di bawah ini.
    1. Kencangkan perut. Tekan pinggang kuat-kuat pada
    tempat duduk dan tarik otot perut ke dalam. Lakukan
    selama 2 - 3 detik, kemudian lepaskan kembali.
    Ulangi lima kali.

    2. Kencangkan otot pantat sekuat-kuatnya. Lakukan
    selama 2 - 3 detik, kemudian kendorkan.
    Lakukan lima kali.

    3. Jalan sambil duduk. Geser berat badan Anda dari
    pantat kanan ke pantat kiri, gerakkan juga ke
    belakang dan ke depan. Lakukan selama 5 - 10 detik.

    4. Menggerakkan pinggul. Gerakkan pinggang ke depan,
    sehingga melengkung. Kemudian balik gerakan tadi,
    tekan pinggang ke tempat duduk dan doronglah
    pinggul ke depan. Ulangi lima kali.

    5. Angkatlah bahu setinggi mungkin, kemudian kembali
    ke posisi awal secara perlahan-lahan.
    Ulangi lima kali.

    6. Tarik bahu ke belakang. Kemudian coba saling
    menyilangkan kedua tulang belikat. Lalu kembali ke
    posisi awal. Ulangi lima kali.

    7. Kencangkan otot-otot paha, tahan selama 2 - 3 detik.
    Kemudian kembalikan ke posisi semula.
    Ulangi lima kali.

    8. Menekan setir mobil. Peganglah setir mobil Anda
    pada posisi jam 3 dan 9. Peganglah yang kuat dan
    tekan ke dalam. Tahan selama 2 - 3 detik, kemudian
    kembali ke posisi semula. Lakukan lima kali.

    9. Gerakkan kepala ke arah bahu kanan, lalu kembali
    ke tengah. Selanjutnya, gerakkan kepala ke arah
    bahu kiri, kemudian kembali lagi ke tengah.

    fr.BIC Webmaster

    Biar Panas Menyengat, Mobil Tetap Terawat

    Hujan mulai jarang menghampiri kita. Panas matahari mulai terasa menyengat kulit di siang hari. Awal musim kemarau mulai menemani aktivitas kita sehari-hari. Musim kemarau yang panas terkadang membuat malas pemilik mobil untuk merawat mobilnya baik dari segi mesin maupun penampilannya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar mobil Anda tetap terawat walaupun panas matahari menyengat :
    Saat memarkir kendaraan, hindari sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari yang menyengat dapat merusak kilau cat mobil Anda. Apalagi ditambah Anda seharian sudah mengendarai kendaraan di bawah terik sinar matahari.
    Hati-hati jika memarkir kendaraan di tempat terbuka. Misalnya di bawah pohon, getah pohon bila jatuh dan mengering dapat merusak cat. Begitu juga dengan kotoran burung.
    Jika terpaksa terkena kotoran, segera cuci mobil selepas pulang bekerja. Jangan mengguyur mobil dengan air di tengah terik matahari karena air dapat langsung mengering. Hal ini bisa menjadi penyebab kusamnya cat dan timbulnya noda.
    Lindungi dashboard dari sinar matahari langsung dengan produk lapisan pelindung yang banyak beredar di pasaran. Sinar matahari dapat merusak dashboard kendaraan khusunya lapisan luar. Anda juga dapat menggunakan sun shade (penutup kaca mobil) untuk mengurangi suhu dalam kabin.
    Perhatikan kebersihan kaca. Kaca harus selalu bersih dari debu. Debu yang menumpuk di permukaan cepat menimbulkan jamur dan mengganggu pandangan.


    sumber: oto.co.id




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Penggunaan Pernis Supaya Mobil Kinclong

    Punya mobil yang kusam? Sekarang Anda tidak usah minder karena sekarang ini telah banyak tersedia jasa bengkel yang dapat meningkatkan prestise mobil yang dimiliki dengan pengecatan ulang tanpa biaya yang terlalu mahal.
    Dari beberapa cara yang ditempuh, satu yang paling lazim digunakan adalah satu body. Sebenarnya hal itu tidak perlu, sebab selain biayanya cukup mahal, juga makan waktu lama. Kini ada solusi yang lebih mudah, cepat dan simpel untuk memuluskan body, yaitu dengan menggunakan pernis sebagai pelapis. Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, namun hasilnya sama. Untuk menambah pengetahuan Anda (sekaligus menghindari tipuan yang biasa dilakukan oleh oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab), berikut langkah-langkahnya.
    Langkah pertama adalah menutupi bagian roda dengan koran atau bahan lainnya supaya cat tidak mengenai bagian ini. Selain itu, tutup juga bagian-bagian lainnya seperti kaca depan dan belakang, spion, atau karet pintu. Bila ternyata mobil Anda dalam kondisi kusam, maka bagian tersebut harus diamplas lagi dengan amplas kasar. Tujuannya adalah supaya cat lama terkikis dan warna asli hampir tidak lagi menempel di badan mobil.
    Setelah itu gunakan pengecatan dengan warna pernis pernis khusus yang bertujuan untuk menampilkan kilap mobil. Untuk mengeringkannya mobil dimasukkan ke oven dengan suhu sekitar 80 derajat selama kurang-lebih 30 menit. Tujuan penggunaan oven ini adalah karena tempatnya steril, dan panasnya ideal untuk mengeringkan body mobil yang baru dicat. Setelah selesai, tugas masih berlanjut dengan membiarkan cat mobil mengering dan menyatu dengan badan mobil. Jangan salah, meski nampak sudah kering, itu hanya bagian luarnya saja, untuk lapisan dalam butuh waktu kira-kira satu hari.

    Setelah cat di badan mobil kering sepenuhnya, gunakan amplas halus untuk mengikir butiran-butiran cat yang (mungkin) mengeras dan membentuk benjolan-benjolan kecil. Setelah itu, barulah langkah terakhir dilakukan yaitu melakukan pemolesan.
    Dengan sisem ini, tanpa pengecatan satu body mobil, kendaraan Anda tetap tampil keren.

    (bid/berbagai sumber)




  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips - Periksa Oli dan Air Radiator


    Anda pernah kesal dengan kinerja mesin mobil Anda? Kalau ya, maka dari sekarang Anda harus lebih memperhatikannya. Sebab semakin rajin dirawat, kemungkinan mobil ngadat di tengah jalan juga kecil.

    OES Genuine Antifreeze CoolantMerawat mobil memang gampang-gampang susah. Tetapi kalau Anda telaten dan punya disiplin tinggi, Anda bisa melakukannya sendiri, tidak harus sepenuhnya selalu diserahkan pada montir.

    Ada beberapa hal yang harus diperiksa dan diperhatikan dalam melakukan perawatan sendiri. Pertama, Anda harus rajin memeriksa dengan cermat pelumas (oli) mesin. Caranya, cabut stick oli. Pastikan oli berada pada tanda full.


    Jika olinya kurang, bisa ditambahkan sampai batas tanda penuh. Bukan hanya itu saja, oli yang berkurang bisa disebabkan kebocoran oli. Untuk itu sempatkan juga Anda melongok ke bawah. Jika ada rembesan oli, berarti ada komponen yang rusak.

    Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan melihat ke arah lantai, tempat mobil itu diparkir. Jika di situ ada bekas olinya, maka jangan biarkan kondisi itu berlarut-larut.

    Langkah berikutnya rasakan kekentalan olinya dengan jari. Jika masih tampak jernih dan kental, jangan buru-buru mengganti oli walaupun jarak tempuhnya telah melebihi 5.000 km. Sebaliknya, jika sudah tampak encer dan keruh, oli segera diganti dengan yang baru, walaupun jarak tempuhnya masih kurang dari 5.000 km.

    Hal itu bisa disebabkan oleh kondisi lalu lintas yang macet. Sehingga walaupun mobil dalam kondisi diam atau bergerak perlahan, namun mesinnya terus menyala.

    Jangan lupa untuk mengganti filter oli. Penggantian itu bisa dilakukan setiap dua kali mengganti oli mesin atau tergantung dari kondisi mobil Anda.

    Setelah urusan oli beres, beralihkan ke air pendingin radiator. Pastikan juga airnya selalu berada pada tingkat penuh (full). Jika berkurang, segera tambahkan. Kalau sampai kehabisan air, maka temperatur mesinnya bisa tinggi, mobil pun ngadat.

    Apabila cara-cara di atas telah Anda terapkan, paling tidak, risiko mobil ngadat berkurang. Anda pun bisa melenggang di jalan dengan tenang. (YC/B-12)

    (fr.Suara Pembaruan Daily)

    Jangan Ketinggalan Informasi


    Toyota Culture: The Heart and Soul of the Toyota WayMacet itu menyebalkan, apalagi jika Anda terjebak di dalamnya tanpa tahu penyebabnya. Nah, kalau di mobil ada radio, jangan cuma dimafaatkan untuk menyetel kaset. Tapi gunakan juga untuk mendapatkan berita-berita aktual.

    Kalau mau stasiun yang menjangkau Nusantara, pilihannya tentu saja Radio Republik Indonesia (RRI). Sedangkan radio swasta nasional masih terikat aturan hukum yang membatasi daya pancar. "Tapi ada radio tertentu yang membentuk jaringan hingga ke pelosok," jelas Slamet Mulyadi, punggawa Persatuan Radio Swasta Nasional Indonesia (PRSNI).



    Radio Sonora dan Prambors, misalnya, punya jaringan kerja sama dengan beberapa radio di seputar Jawa. Mereka melakukan liputan langsung bersama-sama dan menyiarkannya secara bersamaan. Bagaimana jika Anda sedang berada di areal tol? Gampang, telepon saja nomor-nomor berikut.

    Tol Jagorawi (021) 917-7777
    Tol Jakarta - Cikampek (021) 821-6510, 821-6515
    Tol Cawang - Tomang - Cengkareng (021) 801-1735, 08001-821997 (bebas pulsa)
    Tol Jakarta - Tangerang (021) 919-9999
    Tol Padaleunyi - Citarum (022) 211-251 ext 40
    Tol Surabaya - Gempol - Mojokerto (031) 562-4444
    Tol Semarang (024) 606-012, 606-014
    Tol Palikanci (Cirebon) (0231) 482-268 ext 103
    Tol Belmera (Medan) (061) 611-701, 612-920


    8 cara menghemat biaya operasional mobil


    Toyota Land Cruiser Mesh Grille Insert 91-94Mobil bukan lagi soal gengsi. Bagi sebagian orang, mobil adalah alat transportasi penting yang masuk dalam kelompok kebutuhan sehari-hari. Sama seperti yang lain dalam kelompok itu, kebutuhan transportasi harus dibuat seirit dan se-efektif mungkin agar tidak menggangu stabilitas neraca keuangan rumah tangga.
    ondisi ini terutama dirasakan di kota-kota besar. Di Jakarta, hampir 40% pengeluaran berada di pos ini. Lebih dari 50% perjalanan adalah pulang pergi kerja. Sekitar 20% untuk pulang pergi sekolah.


    Penghematan bisa dimulai ketika membeli mobil. Memilih mobil bekas bisa menghemat sekian juta rupiah dibandingkan mobil baru dari model yang sama (tentu yang masih laik dan layak. Lihat jurus memilih mobil bekas di tip mobilku.com sebelumnya). Demikian pula pajak yang harus dibayarkan, juga lebih hemat.
    Konfigurasi mesin empat silinder segaris lebih hemat dari V6 ataupun V8 yang peformanya jauh lebih baik. (lagian, buat apa cari mobil yang bisa ngebut di Jakarta bila kecepatan jelajah rata-rata hanya 8 km/jam, jauh lebih kecil dari rata-rata internasional, 12 km/jam ). Mobil yang ringan, kecil juga lebih bersahabat soal bensin.
    Kalaupun saat ini sudah memiliki mobil, anda masih bisa melakukan penghematan dengan langkah-langkah sederhana yang sesuai akal sehat :

    1. Jangan memanaskan mesin terlalu lama
    Kebiasaan memanaskan mesin itu baik, tapi jangan terlalu lama. Karena bensin yang terbakar itu tidak membawa anda kemana-mana. Lagipula mobil lebih cepat “panas” ketika dikendarai. Apalagi teknologi mobil sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit. Jadi buat apa buang bensin dengan ‘ritual’ pemanasan berlama-lama?

    2.Perlakukan mobil secara lembut
    Jalankan mobil dengan lembut dan halus. Bawalah mobil ke kecepatan ideal/jelajah dengan cepat tapi jangan kasar. Usahakan untuk stabil di kecepatan itu. Ini akan menghemat bensin. Hindari kebiasaan ngebut dan ngerem berulang-ulang. Menurut Environmental Protection Agency USA, kecepatan paling ekonomis berkisar 40 km/jam hingga 100 km/jam. Menjalankan mobil dengan lembut, bukan saja menghemat bensin tapi juga memperpanjang umur mesin, transmisi dan rem.

    3.Hati-hati dengan roof rack
    Mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa menempatkan barang di roof rack akan menyebabkan bensin mejadi lebih boros. Kenyataannya terganggunya aliran udara akibat penempatan barang itu menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan ini berarti bensin lebih banyak. Bila dilengkapi AC, biasakan untuk menutup semua jendela, karena jendela yang terbuka akan mengganggu aliran udara dan menciptakan hambatan baru.

    4.Pakai bahan bakar rekomendasi pabrik
    Kalau mobil anda dirancang untuk memakai premium, ya beli premium. Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberi keuntungan yang signifikan. Hanya saja, hati-hati dengan premium bertimbal yang masih saja dijual Pertamina. Bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak di ruang bakar dalam jangka panjang.

    5.Rawat teratur
    Kebiasaan merawat mobil termasuk ganti oli secara reguler pada akhirnya akan menekan biaya operasional, karena mobil beroperasi dalam kondisi puncak dan jarang rusak. Mesin yang tidak di tune up menyerap bensin 10 – 20 persen lebih banyak dari yang rajin dirawat. Mesin-mesin modern yang dikontrol komputer memang tidak membutuhkan tune up sesering mesin lama, tapi tetap harus dirawat. Pastikan mobil dirawat sesuai jadwal yang ada pada buku manual. Bertindak sigap ketika mendengar atau merasakan suara, getaran dan bau yang berbeda, akan banyak membantu mengurangi risiko kantong kering.

    6.Tidak harus bengkel resmi
    Dealer resmi tentu dilengkapi dengan peralatan modern dan berpengalaman memperbaiki mobil produksinya. Tapi bengkel resmi biasanya lebih mahal dari bengkel biasa. Jadi ada baiknya mencari bengkel biasa dengan mekanik berpengalaman dan profesional untuk melakukan perawatan rutin mobil anda. Sedangkan pada kasus-kasus tertentu yang tergolong sulit dan jarang terjadi, lebih baik manfaatkan bengkel resmi. Biasakan menyimpan catatan perawatan mobil setiap kali mobil masuk bengkel. Catatan ini akan sangat berguna kelak bila mobil akan dijual kembali.
    7. Periksa ban mobil
    Seringkali pengendara lalai memeriksa ban mobil. Padahal ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya, selain lebih cepat aus. Cek ban minimal sebulan sekali pada kondisi dingin. Tekanan yang direkomendasikan biasanya tertera di buku manual ataupun di bagian dalam mobil. Kebiasaan ini akan memperpanjang umur ban yang sekarang mahal harganya.
    8,Sabuk pengaman bukan hiasan
    Manfaatkan sabuk pengaman, karena perangkat ini terbukti memberikan perlindungan optimal ketika terjadi benturan. Risiko cidera bisa dikurangi, demikian pula biaya perawatan rumah sakit.
     
    (fr.tip mobilku.com)

    Gerakan Mendadak Bisa Merusak Mesin


    Perawatan mesin kendaraan bukan semata-mata hanya mengganti oli, memeriksa radiator, dan menyerahkannya ke bengkel bila rusak. Perlakuan sehari-hari yang diberikan secara tepat terhadap mesin dapat membuatnya terhindar dari berbagai gangguan yang seharusnya tidak terjadi, sehingga mesin tidak cepat rusak. Beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan agar mesin tidak cepat rusak adalah sebagai berikut.



    Sebelum menggunakan mobil, Anda wajib memanaskan mesin. Bukan sembarang pemanasan, melainkan pemanasan yang dilakukan dengan tepat. Biarkan mesin Anda bekerja tanpa beban selama beberapa saat, agar minyak pelumas dapat mengalir ke setiap bagian mesin yang memerlukan. Beban yang diterima mesin secara mendadak akan mengakibatkan mesin bekerja sebelum minyak pelumas mencapai setiap bagian mesin yang perlu dilumasi. Bila permukaan bagian-bagian mesin yang bergesekan ini dibiarkan bekerja tanpa terlumasi secara sempurna, maka mesin akan menjadi cepat aus.

    Hal lain yang harus diperhatikan adalah kebiasaan menaruh kaki di atas pedal kopling. Kebiasaan ini akan mengakibatkan bantalan tekanan dan pelat kopling menjadi cepat rusak. Selain itu, pedal kopling yang terlalu sering diinjak-injak pada saat yang tidak diperlukan akan membuat kopling selip.

    Menghindari tindakan-tindakan mendadak pada saat akselerasi, pembelokan, dan pengereman --kecuali dalam keadaan darurat-- juga membantu keadaan mesin agar tetap prima. Bila sering dilakukan, tindakan mendadak akan mengakibatkan proses keausan berlangsung terlalu cepat pada bagian-bagian mesin, terutama ban. Tindakan mendadak juga membuat sambungan-sambungan mesin kendor. Lagipula, bila dilihat dari segi keselamatan, tindakan mendadak sebaiknya tidak dilakukan bila tidak dalam keadaan darurat.[erf/arch]

    Merawat Jok mobil




     Merawat kabin dalam mobil rasanya telah menjadi bagian yang selalu tersentuh bila Anda menyerahkan urusan bersih-bersih mobil kepada jasa salon. Bahkan sebagian dari jasa salon selalu melepaskan jok untuk memudahkan membersihkan kolong-kolong ruang dalam mobil tersebut.




     
    Namun, jarang sekali usaha salon yang sekaligus melakukan jasa pemeriksaan dan perawatan jok secara menyeluruh. Padahal, upaya mengecek kondisi ril dan putaran sandaran hingga keutuhan rangka jok jelas merupakan bagian tak terlewatkan yang seharusnya dikerjakan.



    Perawatan jok memerlukan waktu cukup lama, karenanya disarankan Anda pilih satu hari kosong untuk melakukan kegiatan ini. Berikut beberapa perawatan utama yang perlu dilakukan terhadap jok, untuk diperolehnya kenyamanan menggeser, mengatur, hingga memposisikan duduk Anda.



    - Lepaskan seluruh jok

    Perawatan jok harus dimulai dengan mencopot semua tempat duduk mobil Anda. Jok depan dicopot pada bagian rangka yang menempel pada lantai mobil. Sementara tempat duduk belakang harus pula dilepas sandarannya. Sedang untuk jenis jip, bila jok belakang masih standar tak diperlukan pencopotan.



    Tempat duduk bagian belakang jip, biasanya hanya memerlukan pemberian pelumas, sehingga urusan melipat bagian ini dijamin tak menimbulkan kesulitan. Yang juga perlu diperiksa pada jok belakang jip adalah sabuk penguncinya, apakah masih dalam kondisi bagus.



    - Periksa keutuhan rangka

    Setelah jok depan berada di bawah, periksalah keutuhan kerangka dudukannya. Caranya, coba tarik maju sisi kanan sandaran jok dan tekan mundur sisi kirinya. Ulang dengan arah tekan dan tarik berlawanan. Bila rangka masih baik, maka kelenturan masih bagus dan tak terdengar bunyi-bunyi aneh.



    Tekanlah seluruh permukaan dudukan jok depan. Umumnya jok depan terdiri dari per dan busa. Sebagian mobil malah memanfaatkan serabut kelapa pada begian ini. Bila tekanan dirasa nyaris sama pada setiap bagian, maka jok depan mobil Anda masih bagus. Periksa pula bagian bawah dengan cara membalikkan jok depan mobil Anda. Amati apakah per masih dalam kondisi memadai.



    Pemeriksaan keutuhan jok belakang, untuk sedan dengan cara membalik dan mengamati alas bawahnya yang biasanya terdiri dari plat logam. Pastikan bagian ini tidak berkarat. Sementara jok mobil niaga umumnya serupa dengan jok depan, maka pemeriksaannya dapat dilakukan serupa dengan pengamatan jok depan.



    Pemeriksaan sandaran jok belakang sedan, dapat dilakukan dengan cara sama dalam cara pengamatan dudukan jok belakang sedan. Namun, bagian ini jarang mengalami kerusakan, karenanya bila tak mengalami keanehan bagian ini tak perlu dicopot.



    - Periksa kondisi putaran sandaran

    Beberapa jenis mobil menggunakan sistem rol sebagai alat pengatur kemiringan sandaran mobil. Pemeriksaan bagian ini lebih diarahkan untuk meyakinkan putaran masih berjalan baik. Beri minyak bagian ini bila terasa rol berputar kurang lambat.



    Perlakuan serupa diperlukan untuk pemeriksaan jenis pengatur kemiringan sandaran yang berupa tuas. Yakinkan kerja menggeser setiap kali tuas diangkat masih bagus. Kerusakan biasanya terasa dengan ukuran kemiringan yang meloncat tak beraturan.



    - Periksa kondisi dan keutuhan rel

    Ini khusus untuk jok depan atau tempat duduk tengah untuk kendaraan jenis niaga. Setelah jok Anda balik, yakinkan rel masih berfungsi baik. Rel yang baik adalah tetap lancar saat harus memajukan dan memundurkan jok di atasnya. Ada baiknya rel dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu kembali oleskan gemuk untuk memperlancar laju pengaturan maju dan mundur jok.



    Jangan pernah takut membongkar jok untuk kepentingan perawatan. Yang jelas hanya diperlukan pencopotan beberapa mur dan baut untuk kepentingan ini. bid ( )

    Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?

    Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.

    Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.

    Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.

    Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.

    Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

    Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.

    Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Mencuci wheel

    Rem cakram pada ke empat roda memang terbukti berhasil meningkatkan keamanan mobil. Namun di sisi lain, rem pakem ini memproduksi lapisan yang korosif, tidak tampak, dan susah dihilangkan pada alloy wheel mobil.
    Penyebabnya debu akibat gesekan rotor/cakram dengan brake pad. Ketika mengerem, compound brake pad yang lebih lunak terlepas dan berakhir sebagai lapisan tipis pada permukaan wheel. Debu itu terdiri serat-serat karbon, metal filing, dan perekat polymer.
    Sisa perekat ini menempel disekujur wheel. Sisa perekat ini kemudian berubah jadi asam dan menggores permukaan wheel. Ini menimbulkan kerusakan serius pada wheel, dan bukan sekedar persoalan penampilan/kosmetik saja.
    Metal filing juga bisa jadi masalah. Selama pengereman, metal filing membara dan saat terlepas dan ketika mendarat cenderung membakar permukaan wheel hingga membuat lobang mikro. Perekat polimer juga bisa mengalami re-polimerisasi membentuk gumpalan-gumpalan kecil menempel di permukaan.
    Ada tiga cara untuk mengontrol debu ini. Pertama, membersihkan wheel secara berkala dan terus menerus. Kedua, memasang brake dust shield dan ketiga mengganti brake pad.
    Ada beberapa cara membersihkan wheel. Mulai cuci dengan shampoo mobil biasa, kalau tidak berhasil bisa dicoba dengan pembersih wheel khusus seperti P21S atau Sonax yang banyak direkomendasikan produsen mobil.
    Hati-hati bila memilih pembersih wheel. Karena ada yang mengadung asam yang justru merusak permukaan wheel. P21S dan Sonak mempunyai pH netral, mungkin kalah garang dibandingkan merk lain, tapi pasti tidak merusak permukaan.
    Kebanyakan pembersih wheel berkerja efektif pada kondisi wheel kering. Semprotkan pembersih pada seluruh bagian wheel dan usap dengan lap lembut. Diamkan beberapa menit. Gosok lagi dengan lembut seluruh bagian. Beberapa bagian mungkin perlu digosok berulang-ulang. Pastikan dilakukan dengan lembut bila tidak ingin permukaan tergores. Bila kotorannya mulai lepas, bilas dengan air dan keringkan.
    Bila ada bagian yang kotorannya masih bandel, bisa digunakan larutan lebih kuat. Gunakan hanya pada lokasi si bandel saja. Sebelum menggunakannya, tes dulu dibagian wheel yang tersembunyi untuk memastikan tidak ada efek buruk. Bila kotoran lepas, siram dengan air.
    Setelah dicuci, lapisi dengan wax, yang berfungsi sebagai pelindung garis depan terhadap serbuan brake dust.
    Cara kedua, adalah memasang pelindung dari bahan aluminum alloy. Ada banyak model dan ukuran untuk aneka jenis mobil. Pelindung ini dirancang agar angin tetap dapat leluasa mendinginkan rem. Ini cara yang efektif untuk menghindari dust brake.
    Pelindung ini mudah memasangnya, cukup lepas ban, pasang pelindung dan pasang ban lagi. Bila ingin memasang, ada baiknya konsultasi dengan dealer, apakah akan mempengaruhi garansi mobil anda.Pelindung ini juga mungkin tidak cocok untuk mereka yang ingin menampilkan caliper indahnya.
    Alternatif ketiga adalah mengganti brake pad. Bisa dari Kevlar atau Carbon Kevlar yang bisa mengurangi debu dan memperbaiki pengereman dan tidak berdecit. Bisa juga mengganti dengan brake pad keras, dimana kandungan logam lebih tinggi dan lebih sedikit karbon. Jenis bisa jadi kalah pakem.

    (bid/berbagai sumber)





  • READ MORE.......




  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    TIPS Perawatan Sistem Pendingin Mesin

    Perhatian terhadap komponen sistem pendingin lainnya juga perlu agar mesin selalu dalam kondisi prima:
    1. Flush dan ganti coolant secara teratur. Kualitas dan jenis coolant yang dipakai sangat menentukan keawetan mesin, dianjurkan memakai Extended Life Coolant (ELC) atau Surfactant Coolant (SC), beberapa produk coolant dijual siap tuang.
    2. Jangan gunakan air ledeng atau air sumur untuk mengisi radiator. gunakan aquadest yang dicampur dengan coolant sebagai inhibitor (pencegah karat dan kerak). Pemakaian aquadest saja tak dapat mencegah timbulnya karat.
    3. Gunakan Radiator Coolant yang bermutu baik, dan pakai sesuai anjuran.
    4. Ganti tutup radiator setiap 4 - 5 tahun, kerusakan tutup radiator menyebabkan tidak dapat melepas kelebihan tekanan sehingga akan merusak cylinder head gasket dan kepala radiator, gunakan tutup radiator original.
    5. Ganti thermostat setiap 5 tahun, jika tetap akan menggunakan thermostat bersuhu lebih rendah dari anjuran pabrik, jangan lebih dari 5ºC perbedaannya. Ingat, thermostat jangan dilepas.
    6. Periksa kinerja motor fan atau visco fan.
    7. Ganti waterpump apabila sudah terdeteksi terjadi kebocoran atau aliran air lemah.

    8. Jika radiator yang berbahan plastik pecah/retak, ganti dan gunakan radiator head original, jangan mengganti dengan bahan kuningan, karena jika terjadi over-pressure, maka komponen mesin lain akan dapat pecah atau retak
    9. Pemakaian Radiator coolant untuk mesin diesel sebaiknya memakai jenis Extended Life.
    (sumber: The Beginner Files - IDMOC)




  • READ MORE.......





  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Tips Mobil

    Tips Mobil | BALIJB.COM
    www.balijb.com/bursa-mobil/tips-merawat-mobil/ - CachedSimilar
    Berikut ada tips dan trik seputar perwatan kendaran anda. 10 TIPS Merawat AC Mobil. Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja ...
    Tips-tips perawatan Mobil
    forum.dudung.net › HOBBY › OTOMOTIF - CachedSimilar
    15 posts - 1 author - Last post: 18 Nov 2007
    Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern ...
    Get more discussion results
    Indonesia Cars & Car | New & Used Car - MyCarMart:
    www.carmall.com/ - CachedSimilar
    2009-12-25, Tips for buying cars from parallel importers. 2009-12-24, Car air filter & air intake - A beginners guide to modding ...
    Tips Perawatan AC Mobil
    www.tips-afuacmobil.blogspot.com/ - CachedSimilar
    12 Jun 2006 – Webblog www.tips-afuacmobil.blogspot.com ini berisi informasi tips perawatan ac mobil yang akan selalu diupdate dan sangat berguna bagi ...
    Tips Seputar Mobil
    tipsmobil.dagdigdug.com/ - Cached
    29 Jan 2011 – Ini adalah tips sederhana yang bisa Anda ikuti sehingga Anda dapat memilih asuransi mobil termurah untuk Anda. Memilih penyedia terbaik yang ...
    Tips Mobil | Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com
    www.dapurpacu.com/category/auto-news/tips-mobil.../tips-mobil/ - Cached
    Tips Rotasi Ban Mobil. JAKARTA (DP) — Selain perawatan, merotasi keempat ban mobil merupakan langkah yang bijak untuk menjaga keawetannya. ...
    mobil search NSE & BSE, mobil in Share tips, mobil in Mutual Funds ...
    www.appuonline.com/search.php?q=mobil - Cached
    23 Jun 2011 – mobil search results in NSE, BSE, Share Tips and Mutual Funds ... Stock tips on your Mobile - Gi Posted on 22-06-2011 ...
    tips mobil (tipsmobil) on Twitter
    twitter.com/tipsmobil - Cached
    tips mobil (tipsmobil) is on Twitter. Sign up for Twitter to follow tips mobil (tipsmobil) and get their latest updates.
    TIPS MOBIL BEBAS INCARAN PENCOLENG
    ekomeister.blogspot.com/.../tips-mobil-bebas-incaran-pencoleng.ht... - Cached
    18 Mar 2009 – TIPS MOBIL BEBAS INCARAN PENCOLENG. Hidup dikota besar memang perlu kewaspadaan yang tinggi karena sangat rawan akan pencurian kendaraan ...
    You visited this page on 1/15/11.
    Tips Cara Hemat Merawat Mobil | http://www.untukku.com
    www.untukku.com/.../tips-cara-hemat-merawat-mobil-untukku.html - CachedSimilar
    15 Jul 2009 – Merawat mobil, memang gampang-gampang susah. Salah sedikit saja, akibatnya bisa susah. Selain itu, kalau dipaksakan harus diserahkan pada
    Tips Perawatan AC Mobil
    www.tips-afuacmobil.blogspot.com/ - CachedSimilar
    12 Jun 2006 – Webblog www.tips-afuacmobil.blogspot.com ini berisi informasi tips perawatan ac mobil yang akan selalu diupdate dan sangat berguna bagi ...
    tips perawatan mobil
    hasil1st.wordpress.com/ - CachedSimilar
    4 Des 2010 – tips perawatan mobil · Beranda · Rawat Mobil Anda · Tips Perawatan Body · Tips perawatan cat · Tips Perawatan Mesin ...
    Tips-tips perawatan Mobil
    forum.dudung.net › HOBBY › OTOMOTIF - CachedSimilar
    15 posts - 1 author - Last post: 18 Nov 2007
    Tips-tips perawatan Mobil. « pada: Februari 05, 2007, 06:05:03 pm ». SILAHKAN POSTING TIPS-TIPS PERAWATAN MOBIL Membersihkan Noda Jok Mobil ...
    Get more discussion results
    Panduan Lengkap Perawatan Mobil: Belajar Cara Merawat Dan Poles Mobil
    www.panduanlengkapperawatanmobil.com/ - CachedSimilar
    Kualitas Hasil Perawatan Mobil Profesional Seperti Kami Tanpa Harus Menggunakan Mesin Khusus… .... Baru – Tips-tips membeli lap microfiber ...
    tips: perawatan mobil dimusim hujan
    racing-tires.blogspot.com/.../tips-perawatan-mobil-dimusim-hujan.ht... - Cached
    5 Mar 2011 – tips: perawatan mobil dimusim hujan. The rainy season has arrived. Road flooded, wet and slippery will more frequently encounter. ...
    Tips Perawatan Mobil Anda - Free Download from 4shared - Filestube.com
    www.filestube.com/.../Tips-Perawatan-Mobil-Anda.html
    25 Jul 2010 – Tips Perawatan Mobil Anda. Free Sign Up >>. Sponsored link: Tips Perawatan Mobil Anda.pdf [FAST DOWNLOAD] ...
    tips perawatan mobil inovva/ « W « Wit Rent Car
    www.witrentcar.com/blog/w/tips-perawatan-mobil-inovva/.php - Cached
    Sewa Mobil - Rental Mobil - Car Rental - Rent Car. HOME | ABOUT US | CAR LIST | SERVICES & SUPPORT | TERMS & CONDITIONS | BLOG ...
    BebekNunggink - 10 tips perawatan mobil...
    bebeknunggink.multiply.com/journal/.../10_tips_perawatan_mobil... - CachedSimilar
    18 Nov 2007 – Di bawah ini beberapa tip berhemat dalam perawatan mobil. 1. JANGAN MENUNGGU. Perhatikan hal berikut: saat Anda berhenti, mobil Anda berada ...
    Tips Mudah Perawatan Mobil | PaketDigital Online
    paketdigital.com/tips-mudah-perawatan-mobil/ - Cached
    Tips Mudah Perawatan Mobil. by pd on October 14, 2010 ... Untuk mencegah hal tersebut maka ada baiknya ikuti Tips Mudah Perawatan Mobil berikut; ...
    VIVAnews - Tips Mudah Perawatan Mobil
    You +1'd this publicly. Undo
    otomotif.vivanews.com/news/.../57480-tips_mudah_perawatan_mo... - CachedSimilar
    14 Mei 2009 – Lima persen penyebab kerusakan mobil karena kurangnya perawatan - Tips Mudah Perawatan Mobil.





  • READ MORE.......





  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com





    ----------------------------------------------------------------------------------
    modifikasi motor kredit motor yamaha mio jual motor harga mobil jual beli mobil modifikasi mobilbekas warung mobil motor bekas otomotif.com automotif sepeda motor kompas otomotif modifikasi mobil jual beli motor warungmobil iklan motor motorplus harga avanza daihatsu xenia harga mobil second otomotif motor otomotifnet toyota kijang mobil toyota motor modifikasi dunia otomotif cari mobil bekas otomotif college tabloid otomotif the otomotif college harga motor yamaha motor modif motor dijual
    mobil di jual otomotif.net pasar mobil motor baru variasi motor majalah mobil motor terbaru otomotif mobil motor murah motor di jual motor baru 2011 motor jual

    Thermostat sebagai pengatur suhu

    Mesin mobil yang menggunakan sistem pendingin air menggunakan thermostat sebagai pengatur suhu. Thermostat berfungsi sebagai katub/keran aliran air dari mesin ke radiator. Pada saat masih dingin, thermostat menutup sehingga air akan berputar-putar di blok mesin yang membuat suhu kerja ideal cepat tercapai.
    Saat suhu kerja tercapai, maka thermostat membuka sehingga air mulai dialirkan ke radiator untuk di dinginkan agar suhu mesin tidak melebihi suhu kerjanya, ketika suhu mulai terlalu dingin thermostat kembali menutup, begitu seterusnya sehingga membuat suhu mesin menjadi stabil.
    Thermostat sebagai ‘kambing hitam’
    Sering terdengar kasus overheating yang diakibatkan oleh sistem pendingin, atau kasus mesin yang selalu dalam kondisi panas.
    Dari kasus-kasus tersebut tidak sedikit bengkel yang menyarankan untuk mencabut thermostat karena dianggap sebagai biang keladinya. Ada pula bengkel yang menyarankan agar mengganti dengan thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari standarnya dengan alasan iklim Indonesia yang cukup panas (tropis).
    Mencabut thermostat adalah tindakan yang salah, karena mesin akan cukup lama mencapai suhu kerjanya, bahkan tidak pernah mencapai suhu kerja yang ideal. Suhu mesin pun menjadi tidak stabil, ketika sedang menuruni bukit atau kecepatan tinggi suhu mesin akan menjadi sangat dingin.
    Mengganti thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari yang disarankan pabrik juga membuat mesin bekerja dibawah suhu kerja ideal.

    Solusi: Cermati Suhu Kerja Mesin
    Apabila kita menggunakan mobil bekas atau yang sudah tua, coba untuk mencermati suhu kerja mesin mobil kita. Lihat jarum petunjuk temperatur pada panel instrumen.
    Coba juga sempatkan bertanya ke bengkel resmi atau ikut serta mailing list maupun klub mobil sejenis untuk menanyakan pada posisi manakah suhu mesin kita dalam kondisi normal.

    Apabila jarum temperatur menunjukkan suhu yang lebih rendah misalnya hanya seperempat (normalnya setengah), maka ada kemungkinan sebagai berikut:
    1. Thermostat sudah dicabut : Membuat mesin bekerja dalam kondisi dingin, biasanya karena pernah terjadi overheating pada mesin, sehingga thermostat dilepas.
    Solusi : Pasang thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.





    2. Thermostat macet : Terjadi apabila thermostat rusak sehingga selalu dalam kondisi membuka.
    Solusi : Ganti thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.
    3. Thermostat bersuhu kerja rendah : Akibat menggunakan thermostat yang bersuhu kerja rendah membuat mesin bekerja disuhu kerja yang rendah.
    Solusi : Ganti thermostat sesuai ukuran temperatur yang dianjurkan pabrik.

    (bid/berbagai sumber)





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Suhu Tepat, BBM Hemat

    Pada suatu pertemuan klub mobil, seorang teman dengan bangga memperlihatkan jarum temperatur mobilnya yang menunjukkan posisi seperempat, sementara pada umumnya untuk mobil yang sama seharusnya menunjukkan posisi setengah. Ia menganggap sistem pendingin mesin pada mobilnya bekerja dengan baik dan akan bebas dari masalah overheat. Sementara itu ada juga teman yang baru saja mencabut thermostat dari mesin mobilnya karena takut masalah overheat terulang lagi.
    Kedua hal di atas ternyata banyak juga terjadi pada mobil merek lain, khususnya mobil eropa. Apa dampak negatifnya buat mobil tersebut?
    Mesin mobil bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi (sekitar 93ºC). Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah akan membuat komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.
    Untuk itu hal terpenting yang dilakukan oleh semua produksen mobil adalah membuat pengatur suhu agar mesin segera mencapai suhu kerjanya dan menjaganya agar tetap konstan (stabil).

    Selain suhu kerja mesin yang ideal, untuk terjadinya proses pembakaran yang sempurna, diperlukan campuran bensin dan udara yang tepat.
    Komposisi campuran bensin dan udara sering disebut Air-Fuel Ratio (AFR).
    Idealnya AFR bernilai 14,7 . Artinya campuran tersebut terdiri dari 1 butir bensin berbanding 14,7 butir udara atau disebut dengan istilah Stoichiometry.


    Pada kondisi dingin, mesin memerlukan lebih banyak bensin (AFR kaya) dan putaran mesin perlu dibuat lebih tinggi agar dapat bekerja dengan baik dan tidak berguncang (coldstall).
    Ketika mesin mencapai suhu kerja ideal AFR kembali dibuat mendekati ideal (AFR = 14,7).
    Mesin yang masih menggunakan karburator, proses pengaturan AFR dilakukan melalui Choke maupun Choke otomatis yang menggunakan vacuum solenoid dan temperature vacuum valve.
    Pada mesin injeksi, pengaturan AFR dilakukan oleh ECU (Engine Control Unit - komputer pengatur mesin) berdasarkan referensi sensor suhu air di blok mesin (Coolant Temperature Sensor) untuk kemudian ECU mengatur putaran mesin dan debit bensin yang disemprotkan injektor.



    (bid/berbagai sumber)

    Tips berkendara panas panas

    Cuaca makin terik dan menggigit, sementara hujan yang ditunggu-
    tunggu tak kunjung datang. Air semakin langka, debu-debu makin
    tinggi terbang. Sungguh kontras dibandingkan peristiwa di awal tahun
    ini.
    Bagi anda yang aktifitasnya lebih banyak di luar ruangan, lebih
    tersiksa dibandingkan mereka yang berlindung di hembusan AC.
    Demikian pula mobil yang digunakan. Suhu tinggi, debu dan lalulintas
    macet, benar-benar menguji ketahanan mobil.
    Kalau sudah begini, bukan anda saja yang bisa sakit, mobil pun bisa
    pingsan, mogok dan butuh biaya ekstra untuk mengembalikan kondisinya. Dibawah ini ada beberapa langkah untuk anda dan tunggangan agar tetap sehat, aktif di musim panas yang menggigit ini.

    1. Suhu dalam mobil yang diparkir di tempat terbuka, bisa dengan cepat menanjak ke titik yang  membahayakan jiwa manusia. Jadi jangan pernah meninggalkan siapapun, apalagi anak-anak di dalam mobil yang diparkir. Sudah banyak korban tewas karena kecerobohan ini
    2. Suhu yang tinggi itu juga berpotensi mempercepat ausnya bahan pelapis kursi, dashboard, dan pernik-pernik lainnya. Karena itu jangan lupa menutup kaca depan dengan pelindung sinar matahari yang bisa dibeli di toko-toko aksesoris atau di supermarket-supermarket terdekat.
    3. Sebisa mungkin parkirlah mobil di tempat teduh
    4. Usai parkir, bukalah jendela lebar-lebar agar udara panas cepat keluar. Ada baiknya juga, anda menutup permukaan kursi, dashboard dan bagian lain untuk mengurangi efek aus karena panas yang berlebihan
    5. Jangan lupa untuk memperbanyak minum dan makan buah-buahan, agar terhindar dari dehidrasi
    6. Cek dan rawat mobil anda lebih sering dari biasanya. Hal ini bukan saja menjamin mobil beroperasi lebih efisien, tapi juga mencegah kerusakan lebih parah yang bisa menguras kantong
    7. Periksa sistem pendingin udara (AC) apakah sudah bekerja optimal atau belum. Bila perlu bawalah ke bengkel AC yang profesional untuk mendapat perawatan yang tepat, agar dapat bekerja sebagaimana
    mestinya
    8. Periksa pula sistem pendingin mesin (thermostat, engine belt, hoses, cooling fan dan coolant level) apakah bekerja baik dan wajar. Pada kondisi cuaca terik plus jalanan macet, sistem pendingin benar- benar bekerja keras. Jadi menjaga kondisi sistem tetap prima, merupakan kunci mobil berfungsi sebagaimana mestinya
    9. Periksa pula sistem fluida mobil seperti oli mesin, oli transmisi, dan oli power steering. Ganti sesuai jadwal
    10. Demikian pula tekanan angin ban, harus sesuai rekomendasi. Rotasi ban dan alignment harus dilakukan secara berkala. Hal itu akan memperpanjang usia pemakaian ban dan meningkatkan efisiensi bahan bakar
    11. Periksa pula sistem kelistrikan dan battery. Apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Bila sudah cukup lama, bisa dipertimbangkan menggantinya dengan yang baru.







  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman