the 'Mystery' sound of Your Car : Kenali Bunyi 'Misteri' Mobil Anda


Saat mobil Anda dalam kondisi yang 'fit', pasti akan mengeluarkan 'bunyi' mesin yang normal dan suara yang stabil. Tapi, suatu saat, mobil Anda mengeluarkan 'bunyi' yang aneh dan 'misterius'. Perlu Anda ketahui bahwa jenis 'bunyi' yang aneh pada kendaraan itu bisa menjadi petunjuk adanya gangguan atau ketidakstabilan pada mobil Anda.




Bunyi Mencicit
Saat Anda menghidupkan mobil, setelah tak dipakai untuk beberapa saat lamanya, atau saat putaran mesin bertambah terdengar bunyi 'mencicit'. Kemungkinan besar suara itu berasal dari tali penggerak kipas (fan belt) yang selip, karena 'ketegangan'-nya berkurang. Coba setel kembali dan perhatikan bidang geseknya, kalau permukaannya licin dan mengkilap, berarti fan belt telah kehilangan cengkeraman pada puli. Oleh karena itu, segeralah ganti dengan fan belt yang baru.

Knocking atau 'Metallic Rattling'
Istilah yang sering dipakai untuk jenis 'bunyi' ini adalah ngelithik. Bunyi ini timbul karena proses pembakaran yang tak sempurna. Umumnya, akibat terlalu rendahnya oktan dari bahan bakar yang dipergunakan atau mesin mengalami overheating. Gejala ngelitik yang berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya piston. Bila suara itu timbul sedikit ketika berakselerasi, bisa diabaikan. Meski begitu, sebaiknya mintalah mekanik untuk memeriksa mesin, agar ngelitik-nya hilang.

Bunyi Ketukan 'Berat'
Bila mesin menimbulkan suara ketukan seperti orang sedang memukulkan besi, bisa jadi mesin mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Mungkin metal (rod bearing) atau setang pistonnya rusak. Jangan memaksa untuk menjalankan mobil, karena akan memperparah kerusakannya.
Suara Mendesis
Bisa jadi salah satu slang vacuum terlepas atau bocor. Biasanya diikuti dengan tesendatnya putaran mesin. Mendeteksi suara seperti ini tergolong sulit, sehingga perlu ketelitian. Masukkan kembali selang vacuum yang terlepas, atau ganti baru kalau memang sudah bocor.

Suara Mencicit Saat Mobil Direm
Meski rem mobil bekerja sempurna dan kanvas rem baru, bisa saja menimbulkan suara 'mencicit'. Umumnya akibat permukaan geseknya kotor. Cobalah membersihkan atau mengganti kanvas rem yang didesain untuk mengeliminir bunyi.
Suara Gesekan Antar-Logam Saat Mengerem
Itu artinya lapisan atau permukaan gesek kanvas rem terlalu tipis, atau bahkan sudah hilang, sehingga terjadi gesekan antar-logam. Kondisi ini dapat mengakibatkan kemampuan rem jauh berkurang. Maka, segera ganti kanvas rem mobil Anda.

Suara Mendesis 'Power Steering'
Bunyi ini timbul pada mobil yang dilengkapi power steering, saat kemudi diputar. Akibat kurangnya jumlah minyak power steering atau rusaknya sistem pompa power steering. Umumnya diikuti dengan beratnya putaran pada setir. Tambahkan minyak power steering bila kurang, atau kunjungi bengkel khusus power steering untuk perbaikan.

Bunyi Ketukan Saat Roda Depan Membelok


Gejala ini umum terjadi pada mobil-mobil yang digerakkan oleh roda depan. Penyebabnya, kerusakan pada bola-bola di CV joint, karena pembungkus karetnya pecah, sehingga 'gemuk' alias gelpelumas di dalamnya telah habis. Kondisi ini akan bertambah parah bila tidak segera diperbaiki. 

Suara Ketukan Saat Memindahkan Gigi 'Porsneling'
Bunyi ketukan yang timbul dari bawah mobil waktu memindah posisi gigi, menginjak atau mengangkat pedal gas tiba-tiba. Umumnya diakibatkan karena kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendurnya cross-joint atau rusaknya gigi gardan.

fr. KapanLagi.com



Translate
When your car in a state of 'fit', it will issue a 'sound' normal engine and a steady voice. But, one day, your car out 'sounds' strange and 'mysterious'. You need to know that kind of 'sound' strange vehicles that could be indicative of disruption or instability in your car.
The sound of squeaking
When you turn on the car, having no use for a while, or when the engine speed increases sound 'squeak'. Most likely the voice was coming from fan belt (fan belt) that slip, because 'it ketegangan' reduced. Try to set back and look at the field geseknya, if the surface is smooth and shiny, it means that the fan belt has lost its grip on the pulley. Therefore, immediately replace with a new fan belt.
Knocking or 'Metallic Rattling'
The term is often used for this type of 'sound' is ngelithik. This sound is caused by the combustion process is not perfect. Generally, the result of too low octane of fuel used or the engine overheating. Symptoms of excessive ngelitik can cause damage to the piston. If it sounds a little arise when accelerated, can be ignored. Even so, you should ask your mechanic to check the machine, for his ngelitik missing.
Timing Belt
The sound of knock 'Serious'
When the engine knocking noise like someone was hitting the iron, it could be your car's engine was damaged badly enough. Maybe metal (rod bearing) or piston damaged handlebars. Do not be forced to run a car, because it will aggravate the damage.
Hissing Sound
Could be one of the vacuum hose disconnected or leaking. Usually followed by tesendatnya spin machine. Detecting sound like this quite difficult, so the need of accuracy. Please re-enter the vacuum hose off, or just replace if it is leaking.
When the car brakes squeak sound
Although the car brakes work perfectly and canvas new brakes, it could be any noise 'squeaky'. Generally due to dirty geseknya surface. Try cleaning or replacing brake canvas that is designed to eliminate noise.
Inter-Metal Friction sound when braking
That means the layer or canvas brake friction surface is too thin, or even lost, resulting in inter-metal friction. This condition can lead to much reduced braking capability. Then, immediately replace your car brake canvas.
Hissing Sound "Power Steering"
This sound arises on cars with power steering, while the wheel rotated. Due to the shortage of oil or power steering pump power steering system damage. Generally followed by heavy rotation on the steering wheel. Add oil power steering, if less, or visit a special workshop to repair power steering.
Ban Checks
The knocking sound Turning The Front Wheel
These symptoms generally occur in cars driven by the front wheels. The cause, damage to the balls in the CV joint, since wrapping the rubber breaks, so that 'fat' alias gelpelumas in it have been exhausted. This condition will worsen if not immediately corrected.
The knocking sound When Moving Teeth 'Porsneling'
The sound of a knock that arise from under the car when moving the position of the teeth, stepping on the gas pedal or lift suddenly. Generally caused by damage to power the router system, engorgement of cross-axle joint or damage to teeth.

Share on :
 
 
 

Total Tayangan Halaman