Archives
Bensin boros, temperatur mesin, Spidometer, niple kopling, power window, Versneleng Blazer
Merawat peredam kejut
Karena itu, peredam kejut jangan dipandang remeh. Pemeriksaan kondisi peredam kejut sebelum perjalanan jauh menjadi tindakan penting. Di samping memeriksa bagian ini, perlu pula memeriksa kondisi ban. Tekanan udara pada ban perlu diperhatikan. Permukaan serta kembangan pada ban juga tak luput dari pemeriksaan tersebut.
[wed]
jenis-jenis oli, Blazer Sport, BBM Blazer, suara mesin, gigi mundur sulit, Spidometer & AC
Mesin tidak kuat di starter
(astraworld)
for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
www.automotive-technology-guide.blogspot.com
Rangkuman seputar mesin berisik, suara gesekan, rear door, ganti velg, ac kurang dingin
Salam kenal, saya pemilik Blazer LT tahun '97. Mobil saya setiap kali dihidupkan pada pagi hari mengeluarkan bunyi ketukan dari dalam mesin. Tapi setelah mesin mulai panas bunyi tersebut hilang/berkurang. Padahal tahun lalu mobil saya sudah turun mesin dan mengganti banyak bagian mesin seperti packing, ring piston, water pump, dll. Pertanyaan saya, berasal dari manakah bunyi tersebut? apakah mobil saya perlu turun mesin lagi? Apabila dibiarkan efek apa yang mungkin timbul kemudian? Terima kasih sebelumnya. Bravo BIC! Oleh hendro sulistiyo
Jawaban Biasanya bunyi dari adjuster valve. Coba ganti oli dengan viskositas yang lebih kental, 20W-50 misalnya.
suara gesekan pada putaran rendah
Mohon bantuannya. Saya punya blazer montera. Pada putara rendah atau saat mobil berjalan lambat, terdengar dan terasa seperti ada gesekan sreg sreg sreg sreg. tapi saat lebih cepat suara tsb kurang terasa. suara muncul dari bagian bawah depan. Apakah itu karena kanvas rem yg telah aus ? mohon jawaban. Oleh descory
Jawaban Coba cek lagi brake pad-nya atau kondisi bearing rodanya.
rear door
Para pemakain blazer pernah nggak ngalamin pintu belakang mobil anda macet nggak bisa dibuka.
Saya cuma mau berbagi tips dari pada kita ke bengkel buang-buang duit mending di perbaiki sendiri. Sebab umum pintu belakang tidak bisa dibuka adalah masalah switch yang dipenuhi kerak. Caranya : 1. Siapkan obeng(-)dan (+), Kunci shock dan pas no 5 dan 10, kertas gosok, lalu Minuman softdrink berkarbonisasi yang dingin. 2. Bila pintu nggak pintu nggak bisa dibuka sama sekali jangan panik, anda cukup masuk ke bagasi belakang lewat pintu belakang.(jangan lewat pintu depan ntar ribet) 3. Setelah dibagasi rabah bagian pintu yang ada karpetnya menggunakan satu telunjuk jari saja. 4.arahkan tangan diposisi tengah atas. 5. setelah itu tekan bagian itu dan anda akan merasakan lobang yang kecil. 6.buka karpet ditempat lubang itu berada. 7. Ambil obeng (-) lalu masukkan dan geser (mengungkit) kearah kanan. 8. Nah pintu anda sudah pasti akan terbuka. 9. Buka panel pada pintu menggunakan obeng (+).pastikan anda membuka 3 baut pengikatnya. 10.Tarik panel pelan-pelan dengan pembagian gaya tarik anda yang merata agar panel tidak pecah. 11. Setelah terbuka Buka semua panel body dengan kunci shock 5 12. Lepaskan pengikat link yang menempel pada panel body 13. lepaskan semua soket kelistrikan, kecuali soket rear wiper dan selangnya) 14. Buka pengunci pintu anda yang macet dengan melepas pengunci-nya kearah kanan. 15. Setelah itu bongkar pengunci itu dengan mencukil sisi-sisi pinggirnya dan lalu ditarik (hati-hati gampang pecah) 16 setelah terbuka anda akan melihat bahwa jumper switch di dalamnya BERKERAK. 17 Ambil kertas gosok dan gosoklah dengan penuh perasaan. 18. Pasang dan rakit kembali bagian itu. 19. Pasang kan semua soket yang sudah anda lepas untuk pengetesan. 20. Masukkan kunci lalu TEKAN, PUTAR KE KIRI, PUTAR KE KENAN. 21. Bila ditekan selenoidnya bergerak berarti NORMAL, Bila diputar ke Kanan Doorlock anda terkunci berarti NORMAl, Bila di putar ke kiri doorlock Anda terkunci berarti Normal Dan terakhir bila kunci dicabut kunci akan terlepas berarti YA MEMANG BEGITU....He..he..he.. 22. Bila tidak normal ulangi seperti prosedur sebelumnya 23 Bila Normal Rakit kembali secara mundur seperti diatas. 24: Bila semuanya beres dan normal kembali. Ambil softdrink dingin yang anda persiapkan sebelum lalu minim pelan-pelan. ANDA PASTI HAUS. TRIMS SMOGA BERMANFAAT..(Sorry saya belum terdaftar jadi anggota...nggak apap2 ya...)
ganti velg
Saya baru beli opel blazer LT 97, saya mau ganti Velg yang lebih besar agar kelihatan lebih keren. Yang saya tanyakan 1. Ukuran berapa Velg yang pas. 2. ukuran berapa bannya. 3. Apakah berpengaruh dengan kenyamanan berkendaraan. Thangs Oleh geong
Jawaban 1. Pelek ukuran berapa saja pasti pas, asal lubang 6. 2. Ukuran ban mengikuti lebar dan ring pelek, konsultasikan dengan toko ban dimaksud. 3. Kenyamanan, pasti berpengaruh, tinggal ukuran berapa yang diharapkan. Kenyamanan dimaksud bisa jadi makin enak bahkan makin memburuk.
ac kurang dingin
blazer saya th 97, untuk ac nya kalau baru jalan kira2 10 menit pertama dingin.untuk seterusnya sudah tdk dingin bahkan semburan anginnyapun menjadi kecil, please dong sarannya and kalo di benerin dimana dan kira2 berapa ongkosnya ya. thx bangeeeeet. Oleh fahlepi2012
Jawaban Coba di vacum ulang dan ganti orificenya, jika perlu accumulatornya juga diganti. Ongkosnya kisaran 600ribuan berikut part
fr.www.bic.or.id
for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
www.automotive-technology-guide.blogspot.com
MOBIL HIBRIDA : Menangkap Energi Sisa
fr duniaOTO.com
Rangkuman seputar Pertanyaan mesin, timming belt, bunyi desing, AC Blazer
fr.www.bic.or.id
Mengusir Embun Kaca Selagi Hujan
UNTUK mobil dengan pendingin ruangan (AC), embun yang sering kali mengganggu pandangan kaca bagian dalam memang gampang diusir. Tinggal operasikan saja sistem AC-nya, dan semua kabut pun bakal hilang seketika. Tetapi, ketika sistem AC itu tak bekerja normal, memang sedikit repot. Mengusap-usap kaca bagian dalam dengan lap kanebo basah, memang dapat membantu mengusir penghalang pandangan itu. Tetapi, cara ini juga agak repot juga.
Tetapi, Anda tak perlu gusar dulu. Ternyata, sampo rambut dapat digunakan juga untuk menghardik embun penghalang pandangan ini. Caranya, oleskan sedikit sampo di bagian dalam kaca mobil Anda secara merata, tetapi tipis-tipis saja. Cara ini dijamin dapat membuat kaca depan mobil Anda jernih dan tak perlu dilap lagi berulang kali. Lantaran itu, tak ada salahnya bila Anda selalu menyiapkan sebotol kecil sampo di bagain dalam mobil ketika berkendara di musim hujan atau pergi ke luar kota.
Lain lagi bila penghapus kaca depan ogah dioperasikan. Untuk urusan ini, Anda dapat memanfaatkan tembakau rokok kretek atau tembakau jenis lainnya. Caranya, oleskan tembakau ini di bagian luar kaca depan. Memang agak aneh, tetapi kemujarabannya telah teruji. Cobalah! [cq]
( duniaOTO.com)
for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
www.automotive-technology-guide.blogspot.com
busi mobil
Kerusakan serius pada silinder atau head akan terjadi jika ada benda asing yang menempel padanya. Busi baru yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda harus sudah tersedia. Saat memasang busi baru, Anda harus melumasi tiap busi sebagi langkah perawatan. Hal ini akan membantu untuk mempermudah penggantian busi selanjutnya.
Diperlukan kemampuan untuk dapat membedakan tiap busi berdasarkan spesifikasi dari pabriknya. Anda dapat membeli busi yang sesuai dengan kendaraan Anda di toko yang menyediakan suku cadang asli kendaraan Anda. Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin Anda.
Kencangkanlah busi-busi baru yang telah Anda pasang tersebut dengan menggunakan tangan Anda, setelah itu dengan menggunakan kunci busi yang seukuran dengan busi yang Anda pasang tersebut. Pasanglah masing-masing kabel busi diatas busi-busi tersebut. Dan selanjutnya jangan sampai lupa untuk menggantinya kembali setelah kendaraan Anda menempuh jarak yang telah diberikan di atas
(bid/berbagai sumber)
Menambal Ban Tubeless
Tips untuk meminimalkan konsumsi BBM
Awas pedagang nakal
KURSUS STIR MOBIL
Bagaimana cara mengoperasikan mobil yang aman dan nyaman.
Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol
1)Pasang tali / sabuk pengaman
2)Putar kunci untuk menghidupkan mesin
3)Hidupkan AC
4)Turunkan Rem Tangan
5)Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
6)Angkat kopling pelan2
7)Sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak
Memundurkan mobil
1)Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R
2)Angkat kopling pelan2 Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan ? kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati)
Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)
1)Injak kopling habis
2)Angkat gas
3)Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
4)Angkat kopling pelan2
5)Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya.
6)Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja
Jika melalui polisi tidur
1)Angkat gas, tempel pedal rem
2)Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
3)Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai ? kopling atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya
4)jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur
5)Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2
Menambah/mengurangi gigi
1)Injak kopling habis
2)Angkat gas
3)Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
4)Tempel gas
5)Angkat kaki dari kopling pelan2
Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat
1)Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti
2)Injak kopling habis
3)Pindahkan gigi ke gigi 0
4)Angkat rem tangan
Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem
1)Injak kopling habis
2)Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
3)Pindahkan gigi ke gigi 1
4)Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya
1)Injak kopling habis
2)Tempelkan kaki di rem
3)Pindahkan gigi ke gigi 1
4)Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
5)atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
6)Tempel kaki di gas
Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)
(fr.http://bima.ipb.ac.id)
Periksa Komponen V-Belt
for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
www.automotive-technology-guide.blogspot.com
kendaraan mogok
Sering dalam keadaan darurat di jalan, tiba-tiba kendaraan mogok. Sementara belum sempat ke bengkel atau memperbaikinya apabila mesin tak dapat distarter dengan mudah karena baterei atau motor starter dalam keadaan rusak, akali dengan trik yang cerdik seperti berikut ini :
Cara menyetart mesin dengan jalan mendorong kendaraan
Nyalakan kunci kontak, tempatkan tangkai persneling pada posisi dua, pijak pedal kopling, kemudian mintalah bantuan dua atau tiga orang untuk mendorong maju kendaraan anda. Apabila kendaraan sudah berjalan cukup cepat, maka lepaskanlah pedal kopling. Apabila mesin sudah dapat bekerja, pijaklah segera pedal kopling, sementara itu pijaklah pedal gas untuk mempertinggi putaran mesin. Namun demikian, prosedur tersebut tak dapat dipakai untuk kendaraan dengan persneling otomatis.
Cara menyetart mesin dengan jalan menarik kendaraan
Nyalakan kunci kontak, tempatkan tangkai persneling pada posisi dua, pijak pedal kopling, kemudian mintalah bantuan dua atau tiga orang untuk mendorong maju kendaraan anda. Mesin dapat distart dengan jalan menarik kendaraan anda, yaitu dengan pertolongan kendaraan lain yang menarik kendaraan anda dengan tali atau kabel. Dalam hal tersebut digunakan tali yang cukup panjang hingga jarak antara keduanya cukup jauh untuk mencegah tumbukan, apabila kendaraan anda tiba-tiba distart. Perlu ada kesepakatan mengenai tanda-tanda yang akan dipakai misalnya dengan klakson apabila kendaraan anda sudah dapat dijalankan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
Cara menyetart mesin dengan pertolongan baterei dari kendaraan lain
Apabila ada kendaraan lain dengan baterei yang baik dan tersedia kabel yang cukup panjang (terbungkus isolator) maka mesin dapat pula distart dengan menghubungkan terminal-terminal positif dengan positif dan negatif dengan negatif dari kedua baterei tersebut. Hal itu bisa dilakukan apabila kedua baterei tersebut bertegangan sama. Mesin kendaraan yang memberikan bantuan harus dijalankan agar batereinya tetap dapat dimuati secukupnya. Dalam keadaan tidak tersedia kabel, gantilah baterei yang lemah dengan baterei yang baik, kemudian start mesin. Sesudah mesin dapat bekerja, maka jalankanlah pada putaran yang cukup tinggi sehingga generator dapat memuati baterei tersebut. Dengan mempertahankan putaran mesin pada kecepatan tersebut, segera cabutlah kabel-kabel baterei dan gantilah baterei tersebut dengan baterei yang semula dan pasangkan kabel-kabelnya. Usahakan agar mesin tidak mati.
for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
www.automotive-technology-guide.blogspot.com
Wiper
Setelah itu periksa alat pengunci, apakah sudah terpasang dan bekerja dengan baik. Sehingga wiper yang baru Anda pasang ini tidak jatuh. Jika Anda kurang baik memasangnya, kemungkinan besar klip wiper akan menggores kaca mobil Anda.
(YC/B-12)
Hangtuah Digital Library
Cara mengemudi yang nyaman dan enak
Pernahkah Anda merasa lelah setelah menyetir ? Jika jawaban Anda ya, berarti Anda mengemudi dengan posisi yang tidak benar Mengemudi terlalu lama bisa membuat pegal seluruh badan. Sendi-sendi menjadi kaku, kekencangan otot memburuk, kecepatan reaksi dan koordinasi menurun, peredaran darah turun, oksigen menuju organ dan otot juga menurun. Akibatnya, Anda merasa capai. Berjejal dalam mobil juga membuat darah menggumpal di daerah kaki, terutama pembuluh darah balik. Ya, perjalanan selama tiga atau empat jam memang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki.
Cara mengemudi yang nyaman dan enak :
1. Duduklah pada posisi yang enak.
2. Badan harus dalam posisi tegak.
3. Badan tidak miring ke kiri atau kanan.
4. Saat mengemudi, pundak jangan sampai ikut maju.
5. Usahakan posisi tubuh santai dan menempel pada jok.
6. Kedua kaki harus dalam keadaan lurus.
7. Biarkan kedua kaki menginjak rem, gas & kopling dengan santai.
8. Pakailah sepatu ketika mengemudi.
9. Jangan sekali-kali menekuk kaki, akan mempercepat kelelahan.
10. Usahakan posisi kedua tangan lurus ketika memegang setir.
11. Jangan memegang setir dengan posisi menyilang.
Berhenti sebentar dan lakukan gerakan-gerakan di bawah ini.
1. Kencangkan perut. Tekan pinggang kuat-kuat pada
tempat duduk dan tarik otot perut ke dalam. Lakukan
selama 2 - 3 detik, kemudian lepaskan kembali.
Ulangi lima kali.
2. Kencangkan otot pantat sekuat-kuatnya. Lakukan
selama 2 - 3 detik, kemudian kendorkan.
Lakukan lima kali.
3. Jalan sambil duduk. Geser berat badan Anda dari
pantat kanan ke pantat kiri, gerakkan juga ke
belakang dan ke depan. Lakukan selama 5 - 10 detik.
4. Menggerakkan pinggul. Gerakkan pinggang ke depan,
sehingga melengkung. Kemudian balik gerakan tadi,
tekan pinggang ke tempat duduk dan doronglah
pinggul ke depan. Ulangi lima kali.
5. Angkatlah bahu setinggi mungkin, kemudian kembali
ke posisi awal secara perlahan-lahan.
Ulangi lima kali.
6. Tarik bahu ke belakang. Kemudian coba saling
menyilangkan kedua tulang belikat. Lalu kembali ke
posisi awal. Ulangi lima kali.
7. Kencangkan otot-otot paha, tahan selama 2 - 3 detik.
Kemudian kembalikan ke posisi semula.
Ulangi lima kali.
8. Menekan setir mobil. Peganglah setir mobil Anda
pada posisi jam 3 dan 9. Peganglah yang kuat dan
tekan ke dalam. Tahan selama 2 - 3 detik, kemudian
kembali ke posisi semula. Lakukan lima kali.
9. Gerakkan kepala ke arah bahu kanan, lalu kembali
ke tengah. Selanjutnya, gerakkan kepala ke arah
bahu kiri, kemudian kembali lagi ke tengah.
fr.BIC Webmaster
Biar Panas Menyengat, Mobil Tetap Terawat
Perhatikan kebersihan kaca. Kaca harus selalu bersih dari debu. Debu yang menumpuk di permukaan cepat menimbulkan jamur dan mengganggu pandangan.
sumber: oto.co.id
Penggunaan Pernis Supaya Mobil Kinclong
Setelah cat di badan mobil kering sepenuhnya, gunakan amplas halus untuk mengikir butiran-butiran cat yang (mungkin) mengeras dan membentuk benjolan-benjolan kecil. Setelah itu, barulah langkah terakhir dilakukan yaitu melakukan pemolesan.
Dengan sisem ini, tanpa pengecatan satu body mobil, kendaraan Anda tetap tampil keren.
(bid/berbagai sumber)
Tips - Periksa Oli dan Air Radiator
Anda pernah kesal dengan kinerja mesin mobil Anda? Kalau ya, maka dari sekarang Anda harus lebih memperhatikannya. Sebab semakin rajin dirawat, kemungkinan mobil ngadat di tengah jalan juga kecil.
Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan melihat ke arah lantai, tempat mobil itu diparkir. Jika di situ ada bekas olinya, maka jangan biarkan kondisi itu berlarut-larut.
Langkah berikutnya rasakan kekentalan olinya dengan jari. Jika masih tampak jernih dan kental, jangan buru-buru mengganti oli walaupun jarak tempuhnya telah melebihi 5.000 km. Sebaliknya, jika sudah tampak encer dan keruh, oli segera diganti dengan yang baru, walaupun jarak tempuhnya masih kurang dari 5.000 km.
Hal itu bisa disebabkan oleh kondisi lalu lintas yang macet. Sehingga walaupun mobil dalam kondisi diam atau bergerak perlahan, namun mesinnya terus menyala.
Jangan lupa untuk mengganti filter oli. Penggantian itu bisa dilakukan setiap dua kali mengganti oli mesin atau tergantung dari kondisi mobil Anda.
Setelah urusan oli beres, beralihkan ke air pendingin radiator. Pastikan juga airnya selalu berada pada tingkat penuh (full). Jika berkurang, segera tambahkan. Kalau sampai kehabisan air, maka temperatur mesinnya bisa tinggi, mobil pun ngadat.
Apabila cara-cara di atas telah Anda terapkan, paling tidak, risiko mobil ngadat berkurang. Anda pun bisa melenggang di jalan dengan tenang. (YC/B-12)
(fr.Suara Pembaruan Daily)
Jangan Ketinggalan Informasi
Macet itu menyebalkan, apalagi jika Anda terjebak di dalamnya tanpa tahu penyebabnya. Nah, kalau di mobil ada radio, jangan cuma dimafaatkan untuk menyetel kaset. Tapi gunakan juga untuk mendapatkan berita-berita aktual.
Kalau mau stasiun yang menjangkau Nusantara, pilihannya tentu saja Radio Republik Indonesia (RRI). Sedangkan radio swasta nasional masih terikat aturan hukum yang membatasi daya pancar. "Tapi ada radio tertentu yang membentuk jaringan hingga ke pelosok," jelas Slamet Mulyadi, punggawa Persatuan Radio Swasta Nasional Indonesia (PRSNI).
Radio Sonora dan Prambors, misalnya, punya jaringan kerja sama dengan beberapa radio di seputar Jawa. Mereka melakukan liputan langsung bersama-sama dan menyiarkannya secara bersamaan. Bagaimana jika Anda sedang berada di areal tol? Gampang, telepon saja nomor-nomor berikut.
Tol Jagorawi (021) 917-7777
Tol Jakarta - Cikampek (021) 821-6510, 821-6515
Tol Cawang - Tomang - Cengkareng (021) 801-1735, 08001-821997 (bebas pulsa)
Tol Jakarta - Tangerang (021) 919-9999
Tol Padaleunyi - Citarum (022) 211-251 ext 40
Tol Surabaya - Gempol - Mojokerto (031) 562-4444
Tol Semarang (024) 606-012, 606-014
Tol Palikanci (Cirebon) (0231) 482-268 ext 103
Tol Belmera (Medan) (061) 611-701, 612-920