Bensin boros, temperatur mesin, Spidometer, niple kopling, power window, Versneleng Blazer

Bensin boros &  temperatur mesin
Saya mempunyai Blazer DOHC tahun 2002. Bila saya mengisi bensin Premium, pemakaian cukup boros yaitu 1l : 4.5 km (untuk jalanan macet merayap).
Tenaga mesin sih enak tidak masalah. Kemudian mengenai temperatur mesin yang sering mencapai lebih dari 1/2.
Bagaimana supaya bisa turun. Kemudian mohon petunjuk bengkel alternatif di wilayah seputar Jaksel (Lebak Bulus, Cipete  sekitarnya). Terima kasih
Oleh Erwin Purba
Jawaban
bensinnya boros banget..!! Coba cek kondisi saringan udara. Untuk temperatur, bisa dipasang thermostat tambahan.

Indicator Temp Macet
Indicator temperatur di dashboard panel saya macet satu minggu ini (posisi tidak bergerak dari ujung paling kiri).
Kejadiannya setelah ganti cover clutch. Belum sempet ke bengkel. Apa yang perlu dicek? Terima kasih.
Oleh wahyu
Jawaban
kabel sensornya lepas. Posisinya di belakang silinder head.

Spidometer & AC
Om om semua... ada yg punya spidometer second ndak yah?
terutama untuk bagian angka digitalnya?mohon infonay donk klo ada yg punya atau tempat beli secondnya...
Trus AC saya knapa ya om, kmaren abis isi freon yg katanya freon abis,
setelah di isi full ukuran kec fan di dashboard harus pake yg paling besar
karena kalo pake yg paling rendah/kecil timbul batu2 es di (apa yah namanya yg tabung di kap mesin itu) kata tukang ac nya, so sekarang terkadang ukuran sudah paling besar tidak kluar anginnya juga kluar2 kecil bgt n bikin keringatan penumpangnya (ini kadang2 aja), kira2 apanya yah yg error di ac saya kok harus pake fan ukuran kec paling besar? apa yg harus saya cek? thks nanda - montera 00
Oleh Nanda
Jawaban
Mohon bantuan rekan2x yang memiliki informasi dimaksud. Mengenai AC, gejala yang dimaksud adalah ngefrozz. Coba cek lagi kondisi accumulator/drier dan orificenya, mungkin mampet.

Bunyi tikus
Malem om... my lovely'99 black blazie mengeluarkan "bunyi tikus" (.....) arahnya kurang lebih dari bawah transmisi, kira2x bagian apa-nya ya ? bcoz mengganggu banget. Mohon bantuannya. Terima kasih.
Oleh dealbow
Jawaban
Bunyi dari garpu kopling. Bisa dihilangkan dengan meng-grease rumah kopling. Ada nipel untuk memasukkan grease.


niple kopling
dimanakah letak rumah kopling & niple kopling untuk regreaze terima kasih
Oleh iwan
Jawaban
di belakang mesin warna hitam sisi kiri. Ngliatnya dari kolong mobil.


tentang blazer
saya punya tertarik dgn blazer dan saya punya rencana untuk membeli,tetapi saya ingin menyanyakan beberapa hal 1. mengapa harga jual blazer cenderung menutun dari tahun ke tahun? 2. berapa rasio bbm mobil ini baik didalam maupun diluar kota, baik menggunakan ac maupun tidak? 3. apakah alat penghemat bbm yang selama ini dijual dipasaran benar2 efektif bila dipasan pada blazer? 4.yang harus diperhatikan secara teliti bila membeli blazer second? 5.perkiraan besar biaya perawatan? 6.saya akan memakai mobil tersebut kebanyakan didalam kota (solo) dan paling 1 bulan sekali keluar kota, mobil blazer jenis apa yang anda rekomendasikan? 7.maap bila pertanyaannya banyak banget, maklum saya tertarik sekali dengan blazer Oleh bayu
Jawaban 1. Biasa lah.. merek non jepang, harga bekasnya pasti turun. 2. Dalam kota 1:6, luar kota 1:9. 3. Belum pernah ada yang mencoba. Pada prinsipnya alat dimaksud fungsinya memperbaiki kualitas bensin. 4. Test jalan saja, rasakan handling dan performanya. 5. Sekitar 300 ribuan untuk perawatan rutin 5000km. 6. Ambil yang tipe mesin SOHC saja. Pertimbangannya lebih mudah dirawat.

power window
Power window saya macet, tidak mau turun, setelah saya cek ternyata kata mekanik motor nya rusak. Memang setelah saya pegang, ternyata motor nya panas. Yang saya tanyakan 1. Apakah motor ( dinamo ) tersebut harus ganti atau bisa diservice. 2. Berapa harganya bila harus di ganti. 3. Berapa harga compresor AC, karena saya ditawarkan compresor AC seharga Rp 750 ribu ( mueah enggak ) Terima kasih atas perhatiannya. Oleh geong
Jawaban 1. Bisa diperbaiki motornya koq. 2. Kalau ganti baru 700ribuan. Karena berikut mekanis gearnya. 3. Wah murah banget tuh..



Suara kresek di Versneleng
Mas Blazer, saya belum lama pakai blazer DOHC 02. Mobil kondisinya prima, cuma agak penasaran sebab kalau dilakukan penarikan tuas versneleng dari posisi gigi 1 ke 2 atau dari 2 ke 3, atau dari 3 ke 4 ...... pokoknya apabila tuas digeser maka akan terdengar suara KRESEK seperti gesekan kertas di bawah gagang versneleng. Mohon advice,kira2 itu bunyi apa ya dan apakah dapat dihilangkan ? Salam Oleh H ILYAS Jawaban Coba cek kondisi bushing tongkat transmisi, ada kemungkinan sudah aus.

Spec Opel Blazer
Saya kesulitan mencari spec (yang paling diperlukan Dimensi WxHxL) berhubung ada rencana mau beli blazer 97 dan kebetulan garasi di rumah mepet mepetan... (nggak luas). kalau boleh di reply (cc) juga ke email saya. (akauts@gmail.com) Thanks Oleh ari
Jawaban Panjang sekitar 5 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,7 meter.

BBM
Yth.DR.Blazer,BBm blz 98 saya 1:5 buoros tenan,faktor apa saja yg menyebabkannya,apa ac,dan blower radiator yg on saat start,paadahal tdk ada kebocoran, mohon advisnya matur nuwun. Oleh KUSDIYANTO
Jawaban Yang dimaksud blower hidup dua2xnya? Kalo iya, coba standarkan dulu. Yang lain, coba cek kondisi filter udara. Hal lain lagi, coba cek nilai tekanan di pressure regulator, ukur dengan pressure meter. Jika menunjuk lebih dari 2,5 BAR saat idle, ganti komponen pressure regulator




  • READ MORE.......



  • fr.www.bic.or.id



    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Merawat peredam kejut

    Salah satu kenyamanan berkendara terletak pada shockbreaker kendaraan atau peredam kejut. Sebenarnya, peredam kejut memiliki andil besar dalam menentukan keselamatan jiwa dan kenyamanan. Namun, bagian ini biasanya jarang sekali mendapatkan perhatian.

    Kondisi jalanan yang kasar atau rusak, serta berkelok-kelok, dapat diatasi dengan peredam kejut yang baik. Dari namanya, peredam kejut memang berfungsi untuk mengurangi getaran akibat pergerakan ban dalam kondisi jalanan tertentu, dan dipengaruhi pula oleh beban kendaraan. Selain sebagai peredam getaran, peredam kejut juga menjadi komponen yang paling vital dalam menjaga kestabilan kendaraan, terutama dalam gerakan manuver.

    Untuk menjaga kualitas peredam kejut ini sebenarnya cukup sederhana. Kuncinya ada pada perlakuan yang tepat, halus, dan pengecekan secara rutin.

    Efektivitas peredam kejut merupakan hal penting dalam keselamatan berkendara. Seperti dijelaskan bahwa peredam kejut sangat erat kaitannya dengan keselamatan dan keamanan berkendara. Roda yang baru tanpa ditunjang peredam kejut yang baik, justru bisa jadi bumerang. Peredam kejut yang efektif dapat memberikan keamanan lebih dengan membantu mobil saat pengereman mendadak. Efektivitas peredam kejut ini hanya bisa dijaga dengan perawatan.

    Berdasarkan prinsip operasionalnya, peredam kejut terbagi atas dua kategori, yaitu jenis yang menggunakan oli dan gas. Untuk jenis pertama, karakteristik damping diatur oleh katup-katup pada batang piston. Untuk jenis kedua, karakteristik damping ditentukan oleh katup piston dan tekanan balik gas nitrogen.

    "Merawat peredam kejut adalah wajib agar komponen ini tetap bekerja maksimal," kata Business Development ZF Trading Asia Pacifik Pte Ltd (produsen Sachs), Cakra Wiyata, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Dikatakannya, peredam kejut seperti Sachs dapat memberikan jarak pengereman empat meter lebih pendek dibandingkan dengan peredam kejut yang lainnya. Hal itu dilihat pada saat pengereman mendadak pada kecepatan 100 km/jam.

    Untuk merawat peredam kejut, lanjut Cakra, pada dasarnya tidaklah sulit. Semuanya bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. "Seperti halnya mengganti oli, pengecakan peredam kejut juga bisa dilakukan berkala, yaitu setiap 20 ribu km atau 1 tahun. Ini ditujukan agar kondisi peredam kejut selalu terkontrol."

    Kondisi peredam kejut sangat erat kaitannya dengan perilaku pengemudi kendaraan. Kerusakan sering terjadi bila jarang dirawat pada bagian ini. "Biasanya, kerusakan peredam kejut selalu terjadi karena perilaku kasar dari pemakai dan tidak pernah dibersihkanm," jelas pemilik bengkel Alfa Omega, Stefanus Endang.

    Dalam merawat peredam kejut, baik jenis oli maupun gas, hampir serupa tindakannya. Langkah terpenting adalah menghindari penggunaan pengencang baut yang menggunakan listrik. Bentuk alat pengencang bautnya seperti pistol. Hal ini disebabkan, alat itu akan merusak ulir batang piston.

    Langkah yang tepat dalam mengencangkan baut adalah dengan menggunakan kunci pas yang dapat disetel torsi maksimum kekencangannya. Kunci pas biasa juga dapat digunakan, asal jangan terlalu keras. "Jadi, di sini harus pakai feeling ujar Stefanus."

    Masih soal mengencangkan baut, diusahakan jangan dilakukan di saat mobil masih dalam posisi didongkrak. Jadi, kendaraan tersebut harus diturunkan dulu dari dongkraknya, lalu didorong maju mundur sekitar satu meter, baru kemudian dikencangkan.

    Ia juga menerangkan bahwa pada saat pemasangan atau melepaskan komponen peredam kejut, jangan menjepit batang piston menggunakan alat tang. Penggunaan alat ini dapat menyebabkan baret pada batang piston. Cara ini, katanya, akan merusak seal piston pada saat bekerja.

    Pada peredam kejut, merupakan bagian yang aktif bergerak. Makanya, pada bagian ini kerap terjadi penumpukan residu oli atau kotoran pada pistonnya. Karena itulah, perhatikan kebersihan batang piston. Kotoran pada batang piston ini akan mengakibatkan baret. Bila baretnya parah, maka katup-katup piston bisa rusak dan seal dapat bocor di saat bekerja.

    Beberapa tindakan perawatan tadi juga bisa disertai dengan pemeriksaan kerusakan yang terjadi pada peredam kejut kendaraan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebocoran seal pada peredam kejut. Bila terjadi kebocoran, jelas harus ada bagian yang diganti, terutama sealnya. Kalau tidak, oli yang ada pada peredam kejut yang berfungsi sebagai pelumas piston di bagian dalam akan semakin berkurang.

    Bila kondisi ini dibiarkan, oli akan habis sewaktu-waktu. Peredam kejut itupun bisa tak berfungsi atau terjadi kemacetan. Inilah yang berbahaya bila terjadi di perjalanan. Kecelakaan akibat kendaraan tak stabil karena peredam kejut macet menjadi salah satu contohnya. Ini sangat berisiko terhadap keselamatan pengemudi dan penumpangnya.

    Karena itu, peredam kejut jangan dipandang remeh. Pemeriksaan kondisi peredam kejut sebelum perjalanan jauh menjadi tindakan penting. Di samping memeriksa bagian ini, perlu pula memeriksa kondisi ban. Tekanan udara pada ban perlu diperhatikan. Permukaan serta kembangan pada ban juga tak luput dari pemeriksaan tersebut.

    [wed]





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    jenis-jenis oli, Blazer Sport, BBM Blazer, suara mesin, gigi mundur sulit, Spidometer & AC

    suara mesin
    terima kasih atas responce yang cukup cepat, btw response valve adanya di sebelah mana ya? dan gimana cara ngeceknya, kalau diganti berapa kisaran harganya Oleh iwan
    Jawaban
    Adjuster valve ada di bagian atas silinder head. Paling tidak harus turun separuh. Tahap awal coba ganti oli yang viskositasnya lebih kental. 20W-50 misalnya.

    Blazer Sport
    hi Blazie.. sy pakai pakai opel blazer sport 2003 dg mesin DOHC, sy ada sedikit pertanyaan; 1) apa beda blazer sport baik eksterior/interior at. performa dibandingkan LT, montera atau lainnya.. 2)Bila AC nyala, apakah kedua fan ikut bekerja dan bila mati sampai temperatur berapa nyala, dan apa efeknya bila sering pada temperatur tinggi mulai bekerja.. 3) Jarum temp biasanya selalu 75°C (hidup AC), sekarang lebih hingga 85°C, apa ada kesalahan pada fan.. Thanks a lot. Oleh Noer
    Jawaban
    1. Perbedaan interior hanya di kualitas cover panel pilar. Performa tidak ada beda dengan LT, karena mesinnya sama. 2. Seharusnya saat AC nyala, fan hanya satu yang bekerja [sisi kiri kita menghadap mesin]. Yang satunya bekerja saat suhu 103 drjt. 3. Jika ada peningkatan suhu dari biasanya, coba amati ada kebocoran air atau fan tidak bekerja smepurna [muternya lebih pelan] atau memang suhu sekitar sedang panas.

    BBM Blazer
    butuh info donk, saya tertarik dgn opel bazer, saya ingin tau irit ga nya, fix nya 1: brapa yah? trus kok harga type montero lebih murah knapa? thx Oleh dody
    Jawaban
    Rata2x sekitar 1:6 - 1:8. Yang montera tipe mesinnya SOHC.

    suara mesin
    kalau turun mesin 1/2 dn ganti adjuster valve kira2 memerlukan biaya berapa ya? Oleh suara mesin
    Jawaban
    Adjuster valve gak perlu ganti, cukup dibersihkan. Ongkosnya kisaran 2 jutaan berikut part paking2x.

    malam,
    saya ada rencana beli blazer. tapi saya sangat awam sgl sesuatu ttg mobil ini. blazer yg bermesin SOHC type brp aja? tahun?? trus apakah mesin SOHC lebih irit BBM drpd yg DOHC? thanks. Oleh pauline
    Jawaban
    Yang mesin SOHC lebih efisien. Tahunnya mulai 1999 - 2004 air radiator Di forum konsultasi ini, Om Blazie bilang boleh menggunakan air murni saja sebagai pendingin radiator, padahal di buku "PEDOMAN UNTUK PEMILIK" Blazer LT 2000, halaman 4-9 disebutkan "Hanya menambahkan air biasa ke dalam sistem pendingin mesin anda dapat berbahaya, ...., Mesin dapat terbakar". Kesimpulannya, sangat dianjurkan menggunakan campuran 50:50 antara air bersih biasa dengan bahan pendingin khusus. Gimana nih Om, saya jadi bingung dan ragu-ragu. Mohon advis nya ya. Terimakasih Oleh yufi Jawaban Yang saya bicarakan kenyataan di lapangan pak... Masalahnya coolant yang beredar kualitasnya tidak ada yang bagus. Karena coolant yang bagus harganya seharusnya di kisaran 200 ribuan per liter.


    Spidometer & AC
    Om om semua... ada yg punya spidometer second ndak yah? terutama untuk bagian angka digitalnya?mohon infonay donk klo ada yg punya atau tempat beli secondnya... Trus AC saya knapa ya om, kmaren abis isi freon yg katanya freon abis, setelah di isi full ukuran kec fan di dashboard harus pake yg paling besar karena kalo pake yg paling rendah/kecil timbul batu2 es di (apa yah namanya yg tabung di kap mesin itu) kata tukang ac nya, so sekarang terkadang ukuran sudah paling besar tidak kluar anginnya juga kluar2 kecil bgt n bikin keringatan penumpangnya (ini kadang2 aja), kira2 apanya yah yg error di ac saya kok harus pake fan ukuran kec paling besar? apa yg harus saya cek? thks nanda - montera 00
    Oleh Nanda
    Jawaban
    Mohon bantuan rekan2x yang memiliki informasi dimaksud. Mengenai AC, gejala yang dimaksud adalah ngefrozz. Coba cek lagi kondisi accumulator/drier dan orificenya, mungkin mampet.

    Perawatan AC
    Butuh Infonya nich, untuk perawatan ac blazer apa yang perlu diperhatikan, Thanks Oleh Dedi
    Jawaban
    Biasanya periksa kondisi accumulator atau drier dan orifice atau expansi valve.


    jenis-jenis oli
    pak mohon info nya tentang jenis2 oli yang cocok (mobilnya Blazer LT 2000) yaitu untuk mesin, transmisi, gearbox, minyak rem, wiper fluid, radiator coolant (walaupun om menyarankan pake air biasa), power steering. Sekalian info lama pemakaiannya (maksud nya diganti setiap berapa km sekali. Makasih ya pak Oleh yufi
    Jawaban
    Oli mesin gunakan SAE minimal SG viskositas 15W-50 atau 20W-50. Oli transmisi ATF. Minyak rem minimal DOT 3, power steering minimal dexron IId. Coolant cukup pakai air murni atau suling.

    radiator
    Om blazie, radiator saya sering bocor padahal baru diservice tiga hari langsung bocor ditempat lain, apakah perlu diganti radiator??? karena kalau habis bocornya udah pindah-pindah.Thanks Oleh bonnie
    Jawaban
    Coba lakukan penambalan lagi, tapi jangan lupa sekalian dikuras radiatornya. Bukan sekedar membuang air radiator, tapi di-flush. Juga periksa bagian lain saluran pendingin, mungkin ada yang mampet sehingga ada kenaikan tekanan.

    gigi mundur sulit
    saya sering membaca di forum konsultasi ini perihal sulitnya memasukkan gigi mundur. Saya mau sharing aja pengetahuan saya (sebenarnya malu juga karena saya baru memiliki LT-2000 sekitar 2 bulan ini). Kalo kita mau mundur, tekan kopling sekitar 5 detik baru lah kita pindahkan tongkat persneling ke gigi mundur. Kalo terlalu cepat maka sering berbunyi "kreek". Gitu aja Om Blazzie
    Oleh yufi
    Jawaban
    Tips lain [tanpa harus nunggu 5 detik], masukkan ke gigi 5 sebelum dulu masuk ke gigi mundur.




  • READ MORE.......



  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


     
     
     

    Total Tayangan Halaman