Merawat peredam kejut

Salah satu kenyamanan berkendara terletak pada shockbreaker kendaraan atau peredam kejut. Sebenarnya, peredam kejut memiliki andil besar dalam menentukan keselamatan jiwa dan kenyamanan. Namun, bagian ini biasanya jarang sekali mendapatkan perhatian.

Kondisi jalanan yang kasar atau rusak, serta berkelok-kelok, dapat diatasi dengan peredam kejut yang baik. Dari namanya, peredam kejut memang berfungsi untuk mengurangi getaran akibat pergerakan ban dalam kondisi jalanan tertentu, dan dipengaruhi pula oleh beban kendaraan. Selain sebagai peredam getaran, peredam kejut juga menjadi komponen yang paling vital dalam menjaga kestabilan kendaraan, terutama dalam gerakan manuver.

Untuk menjaga kualitas peredam kejut ini sebenarnya cukup sederhana. Kuncinya ada pada perlakuan yang tepat, halus, dan pengecekan secara rutin.

Efektivitas peredam kejut merupakan hal penting dalam keselamatan berkendara. Seperti dijelaskan bahwa peredam kejut sangat erat kaitannya dengan keselamatan dan keamanan berkendara. Roda yang baru tanpa ditunjang peredam kejut yang baik, justru bisa jadi bumerang. Peredam kejut yang efektif dapat memberikan keamanan lebih dengan membantu mobil saat pengereman mendadak. Efektivitas peredam kejut ini hanya bisa dijaga dengan perawatan.

Berdasarkan prinsip operasionalnya, peredam kejut terbagi atas dua kategori, yaitu jenis yang menggunakan oli dan gas. Untuk jenis pertama, karakteristik damping diatur oleh katup-katup pada batang piston. Untuk jenis kedua, karakteristik damping ditentukan oleh katup piston dan tekanan balik gas nitrogen.

"Merawat peredam kejut adalah wajib agar komponen ini tetap bekerja maksimal," kata Business Development ZF Trading Asia Pacifik Pte Ltd (produsen Sachs), Cakra Wiyata, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, peredam kejut seperti Sachs dapat memberikan jarak pengereman empat meter lebih pendek dibandingkan dengan peredam kejut yang lainnya. Hal itu dilihat pada saat pengereman mendadak pada kecepatan 100 km/jam.

Untuk merawat peredam kejut, lanjut Cakra, pada dasarnya tidaklah sulit. Semuanya bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. "Seperti halnya mengganti oli, pengecakan peredam kejut juga bisa dilakukan berkala, yaitu setiap 20 ribu km atau 1 tahun. Ini ditujukan agar kondisi peredam kejut selalu terkontrol."

Kondisi peredam kejut sangat erat kaitannya dengan perilaku pengemudi kendaraan. Kerusakan sering terjadi bila jarang dirawat pada bagian ini. "Biasanya, kerusakan peredam kejut selalu terjadi karena perilaku kasar dari pemakai dan tidak pernah dibersihkanm," jelas pemilik bengkel Alfa Omega, Stefanus Endang.

Dalam merawat peredam kejut, baik jenis oli maupun gas, hampir serupa tindakannya. Langkah terpenting adalah menghindari penggunaan pengencang baut yang menggunakan listrik. Bentuk alat pengencang bautnya seperti pistol. Hal ini disebabkan, alat itu akan merusak ulir batang piston.

Langkah yang tepat dalam mengencangkan baut adalah dengan menggunakan kunci pas yang dapat disetel torsi maksimum kekencangannya. Kunci pas biasa juga dapat digunakan, asal jangan terlalu keras. "Jadi, di sini harus pakai feeling ujar Stefanus."

Masih soal mengencangkan baut, diusahakan jangan dilakukan di saat mobil masih dalam posisi didongkrak. Jadi, kendaraan tersebut harus diturunkan dulu dari dongkraknya, lalu didorong maju mundur sekitar satu meter, baru kemudian dikencangkan.

Ia juga menerangkan bahwa pada saat pemasangan atau melepaskan komponen peredam kejut, jangan menjepit batang piston menggunakan alat tang. Penggunaan alat ini dapat menyebabkan baret pada batang piston. Cara ini, katanya, akan merusak seal piston pada saat bekerja.

Pada peredam kejut, merupakan bagian yang aktif bergerak. Makanya, pada bagian ini kerap terjadi penumpukan residu oli atau kotoran pada pistonnya. Karena itulah, perhatikan kebersihan batang piston. Kotoran pada batang piston ini akan mengakibatkan baret. Bila baretnya parah, maka katup-katup piston bisa rusak dan seal dapat bocor di saat bekerja.

Beberapa tindakan perawatan tadi juga bisa disertai dengan pemeriksaan kerusakan yang terjadi pada peredam kejut kendaraan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebocoran seal pada peredam kejut. Bila terjadi kebocoran, jelas harus ada bagian yang diganti, terutama sealnya. Kalau tidak, oli yang ada pada peredam kejut yang berfungsi sebagai pelumas piston di bagian dalam akan semakin berkurang.

Bila kondisi ini dibiarkan, oli akan habis sewaktu-waktu. Peredam kejut itupun bisa tak berfungsi atau terjadi kemacetan. Inilah yang berbahaya bila terjadi di perjalanan. Kecelakaan akibat kendaraan tak stabil karena peredam kejut macet menjadi salah satu contohnya. Ini sangat berisiko terhadap keselamatan pengemudi dan penumpangnya.

Karena itu, peredam kejut jangan dipandang remeh. Pemeriksaan kondisi peredam kejut sebelum perjalanan jauh menjadi tindakan penting. Di samping memeriksa bagian ini, perlu pula memeriksa kondisi ban. Tekanan udara pada ban perlu diperhatikan. Permukaan serta kembangan pada ban juga tak luput dari pemeriksaan tersebut.

[wed]





  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    jenis-jenis oli, Blazer Sport, BBM Blazer, suara mesin, gigi mundur sulit, Spidometer & AC

    suara mesin
    terima kasih atas responce yang cukup cepat, btw response valve adanya di sebelah mana ya? dan gimana cara ngeceknya, kalau diganti berapa kisaran harganya Oleh iwan
    Jawaban
    Adjuster valve ada di bagian atas silinder head. Paling tidak harus turun separuh. Tahap awal coba ganti oli yang viskositasnya lebih kental. 20W-50 misalnya.

    Blazer Sport
    hi Blazie.. sy pakai pakai opel blazer sport 2003 dg mesin DOHC, sy ada sedikit pertanyaan; 1) apa beda blazer sport baik eksterior/interior at. performa dibandingkan LT, montera atau lainnya.. 2)Bila AC nyala, apakah kedua fan ikut bekerja dan bila mati sampai temperatur berapa nyala, dan apa efeknya bila sering pada temperatur tinggi mulai bekerja.. 3) Jarum temp biasanya selalu 75°C (hidup AC), sekarang lebih hingga 85°C, apa ada kesalahan pada fan.. Thanks a lot. Oleh Noer
    Jawaban
    1. Perbedaan interior hanya di kualitas cover panel pilar. Performa tidak ada beda dengan LT, karena mesinnya sama. 2. Seharusnya saat AC nyala, fan hanya satu yang bekerja [sisi kiri kita menghadap mesin]. Yang satunya bekerja saat suhu 103 drjt. 3. Jika ada peningkatan suhu dari biasanya, coba amati ada kebocoran air atau fan tidak bekerja smepurna [muternya lebih pelan] atau memang suhu sekitar sedang panas.

    BBM Blazer
    butuh info donk, saya tertarik dgn opel bazer, saya ingin tau irit ga nya, fix nya 1: brapa yah? trus kok harga type montero lebih murah knapa? thx Oleh dody
    Jawaban
    Rata2x sekitar 1:6 - 1:8. Yang montera tipe mesinnya SOHC.

    suara mesin
    kalau turun mesin 1/2 dn ganti adjuster valve kira2 memerlukan biaya berapa ya? Oleh suara mesin
    Jawaban
    Adjuster valve gak perlu ganti, cukup dibersihkan. Ongkosnya kisaran 2 jutaan berikut part paking2x.

    malam,
    saya ada rencana beli blazer. tapi saya sangat awam sgl sesuatu ttg mobil ini. blazer yg bermesin SOHC type brp aja? tahun?? trus apakah mesin SOHC lebih irit BBM drpd yg DOHC? thanks. Oleh pauline
    Jawaban
    Yang mesin SOHC lebih efisien. Tahunnya mulai 1999 - 2004 air radiator Di forum konsultasi ini, Om Blazie bilang boleh menggunakan air murni saja sebagai pendingin radiator, padahal di buku "PEDOMAN UNTUK PEMILIK" Blazer LT 2000, halaman 4-9 disebutkan "Hanya menambahkan air biasa ke dalam sistem pendingin mesin anda dapat berbahaya, ...., Mesin dapat terbakar". Kesimpulannya, sangat dianjurkan menggunakan campuran 50:50 antara air bersih biasa dengan bahan pendingin khusus. Gimana nih Om, saya jadi bingung dan ragu-ragu. Mohon advis nya ya. Terimakasih Oleh yufi Jawaban Yang saya bicarakan kenyataan di lapangan pak... Masalahnya coolant yang beredar kualitasnya tidak ada yang bagus. Karena coolant yang bagus harganya seharusnya di kisaran 200 ribuan per liter.


    Spidometer & AC
    Om om semua... ada yg punya spidometer second ndak yah? terutama untuk bagian angka digitalnya?mohon infonay donk klo ada yg punya atau tempat beli secondnya... Trus AC saya knapa ya om, kmaren abis isi freon yg katanya freon abis, setelah di isi full ukuran kec fan di dashboard harus pake yg paling besar karena kalo pake yg paling rendah/kecil timbul batu2 es di (apa yah namanya yg tabung di kap mesin itu) kata tukang ac nya, so sekarang terkadang ukuran sudah paling besar tidak kluar anginnya juga kluar2 kecil bgt n bikin keringatan penumpangnya (ini kadang2 aja), kira2 apanya yah yg error di ac saya kok harus pake fan ukuran kec paling besar? apa yg harus saya cek? thks nanda - montera 00
    Oleh Nanda
    Jawaban
    Mohon bantuan rekan2x yang memiliki informasi dimaksud. Mengenai AC, gejala yang dimaksud adalah ngefrozz. Coba cek lagi kondisi accumulator/drier dan orificenya, mungkin mampet.

    Perawatan AC
    Butuh Infonya nich, untuk perawatan ac blazer apa yang perlu diperhatikan, Thanks Oleh Dedi
    Jawaban
    Biasanya periksa kondisi accumulator atau drier dan orifice atau expansi valve.


    jenis-jenis oli
    pak mohon info nya tentang jenis2 oli yang cocok (mobilnya Blazer LT 2000) yaitu untuk mesin, transmisi, gearbox, minyak rem, wiper fluid, radiator coolant (walaupun om menyarankan pake air biasa), power steering. Sekalian info lama pemakaiannya (maksud nya diganti setiap berapa km sekali. Makasih ya pak Oleh yufi
    Jawaban
    Oli mesin gunakan SAE minimal SG viskositas 15W-50 atau 20W-50. Oli transmisi ATF. Minyak rem minimal DOT 3, power steering minimal dexron IId. Coolant cukup pakai air murni atau suling.

    radiator
    Om blazie, radiator saya sering bocor padahal baru diservice tiga hari langsung bocor ditempat lain, apakah perlu diganti radiator??? karena kalau habis bocornya udah pindah-pindah.Thanks Oleh bonnie
    Jawaban
    Coba lakukan penambalan lagi, tapi jangan lupa sekalian dikuras radiatornya. Bukan sekedar membuang air radiator, tapi di-flush. Juga periksa bagian lain saluran pendingin, mungkin ada yang mampet sehingga ada kenaikan tekanan.

    gigi mundur sulit
    saya sering membaca di forum konsultasi ini perihal sulitnya memasukkan gigi mundur. Saya mau sharing aja pengetahuan saya (sebenarnya malu juga karena saya baru memiliki LT-2000 sekitar 2 bulan ini). Kalo kita mau mundur, tekan kopling sekitar 5 detik baru lah kita pindahkan tongkat persneling ke gigi mundur. Kalo terlalu cepat maka sering berbunyi "kreek". Gitu aja Om Blazzie
    Oleh yufi
    Jawaban
    Tips lain [tanpa harus nunggu 5 detik], masukkan ke gigi 5 sebelum dulu masuk ke gigi mundur.




  • READ MORE.......



  • fr.www.bic.or.id

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com


    Mesin tidak kuat di starter

    Ada satu masalah yang kerap dialami pengendara. Yaitu: mesin tidak kuat di-starter. Waktu kunci kontak di posisi `START`, mesin tidak mau berputar. Hanya terdengar bunyi `tek... tek`. Alhasil, mobil pun tidak bisa jalan.

    Berdasarkan data Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, problem ini memang paling sering muncul. `Rata-rata, setiap bulan, 30 persen dari seribu unit lebih yang ditangani ERA adalah masalah ini,` kata Suwarno, staf Technical and Training Development ERA AstraWorld.

    Mesin yang tidak kuat starter bisa terjadi karena baterai atau aki tidak menyimpan setrum atau arus listrik. Mengapa tidak ada setrum? Biasanya, penyebab utama setrum kosong adalah kekurangan air aki. Maksudnya, jumlah atau kuantitas air aki tidak sesuai dengan yang seharusnya: tidak diantara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki.

    Mestinya kuantitas air aki dikontrol. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Tugas itulah yang membuat air aki berkurang (menguap saat menyerap panas).

    Nah, bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, akan membuat sel-sel di dalam aki melengkung --harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus. Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya membuat konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.

    Sisi lain yang perlu diperiksa adalah terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin.

    Apabila setelah air aki diisi kembali, korosi dibersihkan serta kabel dikencangkan namun tetap tidak mau di-starter, coba lakukan `baterai jumper`, atau `dipancing`. Caranya dengan menghubungkan aki mobil yang tidak kuat starter dengan aki mobil lain. Tentunya, kapasitas aki kedua mobil itu harus sesuai. Mungkin ini agak sulit untuk dilakukan karena selain butuh mobil lain, juga perlu kabel jumper.

    Khusus untuk mobil dengan persneling (transmisi) manual ada alternatif lain. Anda bisa memicu putaran mesin dengan mendorong kendaraan. Coba putar kunci kontak pada posisi `ON`. Masukkan gigi dua, lalu injak pedal kopling, kemudian doronglah mobil. Setelah mobil mencapai kecepatan putaran ban yang cukup, lepaslah pedal kopling. Mestinya, begitu pedal dilepas, mesin langsung hidup. Ini pun mungkin agak sulit karena butuh bantuan orang lain.

    Bila langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun masalah tetap tidak teratasi, Anda tidak perlu khawatir. `Hubungi saja ERA AstraWorld. Service Agent kami akan segera menuju tempat Anda mengalami kesulitan,` kata Suwarno.

    Untuk mencegah mesin tidak kuat starter, menurut Suwarno, lakukanlah perawatan rutin terhadap aki kendaraan Anda. Seperti sudah diuraikan di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

    Periksa air aki secara periodik.

    Periksa terminal-terminal aki.

    Periksa kabel-kabel aki.


  • READ MORE.......



  • (astraworld)




    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Rangkuman seputar mesin berisik, suara gesekan, rear door, ganti velg, ac kurang dingin

    mesin berisik
    Salam kenal, saya pemilik Blazer LT tahun '97. Mobil saya setiap kali dihidupkan pada pagi hari mengeluarkan bunyi ketukan dari dalam mesin. Tapi setelah mesin mulai panas bunyi tersebut hilang/berkurang. Padahal tahun lalu mobil saya sudah turun mesin dan mengganti banyak bagian mesin seperti packing, ring piston, water pump, dll. Pertanyaan saya, berasal dari manakah bunyi tersebut? apakah mobil saya perlu turun mesin lagi? Apabila dibiarkan efek apa yang mungkin timbul kemudian? Terima kasih sebelumnya. Bravo BIC! Oleh hendro sulistiyo
    Jawaban Biasanya bunyi dari adjuster valve. Coba ganti oli dengan viskositas yang lebih kental, 20W-50 misalnya.

    suara gesekan pada putaran rendah
    Mohon bantuannya. Saya punya blazer montera. Pada putara rendah atau saat mobil berjalan lambat, terdengar dan terasa seperti ada gesekan sreg sreg sreg sreg. tapi saat lebih cepat suara tsb kurang terasa. suara muncul dari bagian bawah depan. Apakah itu karena kanvas rem yg telah aus ? mohon jawaban. Oleh descory
    Jawaban Coba cek lagi brake pad-nya atau kondisi bearing rodanya.


    rear door
    Para pemakain blazer pernah nggak ngalamin pintu belakang mobil anda macet nggak bisa dibuka.
    Saya cuma mau berbagi tips dari pada kita ke bengkel buang-buang duit mending di perbaiki sendiri. Sebab umum pintu belakang tidak bisa dibuka adalah masalah switch yang dipenuhi kerak. Caranya : 1. Siapkan obeng(-)dan (+), Kunci shock dan pas no 5 dan 10, kertas gosok, lalu Minuman softdrink berkarbonisasi yang dingin. 2. Bila pintu nggak pintu nggak bisa dibuka sama sekali jangan panik, anda cukup masuk ke bagasi belakang lewat pintu belakang.(jangan lewat pintu depan ntar ribet) 3. Setelah dibagasi rabah bagian pintu yang ada karpetnya menggunakan satu telunjuk jari saja. 4.arahkan tangan diposisi tengah atas. 5. setelah itu tekan bagian itu dan anda akan merasakan lobang yang kecil. 6.buka karpet ditempat lubang itu berada. 7. Ambil obeng (-) lalu masukkan dan geser (mengungkit) kearah kanan. 8. Nah pintu anda sudah pasti akan terbuka. 9. Buka panel pada pintu menggunakan obeng (+).pastikan anda membuka 3 baut pengikatnya. 10.Tarik panel pelan-pelan dengan pembagian gaya tarik anda yang merata agar panel tidak pecah. 11. Setelah terbuka Buka semua panel body dengan kunci shock 5 12. Lepaskan pengikat link yang menempel pada panel body 13. lepaskan semua soket kelistrikan, kecuali soket rear wiper dan selangnya) 14. Buka pengunci pintu anda yang macet dengan melepas pengunci-nya kearah kanan. 15. Setelah itu bongkar pengunci itu dengan mencukil sisi-sisi pinggirnya dan lalu ditarik (hati-hati gampang pecah) 16 setelah terbuka anda akan melihat bahwa jumper switch di dalamnya BERKERAK. 17 Ambil kertas gosok dan gosoklah dengan penuh perasaan. 18. Pasang dan rakit kembali bagian itu. 19. Pasang kan semua soket yang sudah anda lepas untuk pengetesan. 20. Masukkan kunci lalu TEKAN, PUTAR KE KIRI, PUTAR KE KENAN. 21. Bila ditekan selenoidnya bergerak berarti NORMAL, Bila diputar ke Kanan Doorlock anda terkunci berarti NORMAl, Bila di putar ke kiri doorlock Anda terkunci berarti Normal Dan terakhir bila kunci dicabut kunci akan terlepas berarti YA MEMANG BEGITU....He..he..he.. 22. Bila tidak normal ulangi seperti prosedur sebelumnya 23 Bila Normal Rakit kembali secara mundur seperti diatas. 24: Bila semuanya beres dan normal kembali. Ambil softdrink dingin yang anda persiapkan sebelum lalu minim pelan-pelan. ANDA PASTI HAUS. TRIMS SMOGA BERMANFAAT..(Sorry saya belum terdaftar jadi anggota...nggak apap2 ya...)

    ganti velg
    Saya baru beli opel blazer LT 97, saya mau ganti Velg yang lebih besar agar kelihatan lebih keren. Yang saya tanyakan 1. Ukuran berapa Velg yang pas. 2. ukuran berapa bannya. 3. Apakah berpengaruh dengan kenyamanan berkendaraan. Thangs Oleh geong
    Jawaban 1. Pelek ukuran berapa saja pasti pas, asal lubang 6. 2. Ukuran ban mengikuti lebar dan ring pelek, konsultasikan dengan toko ban dimaksud. 3. Kenyamanan, pasti berpengaruh, tinggal ukuran berapa yang diharapkan. Kenyamanan dimaksud bisa jadi makin enak bahkan makin memburuk.


    ac kurang dingin
    blazer saya th 97, untuk ac nya kalau baru jalan kira2 10 menit pertama dingin.untuk seterusnya sudah tdk dingin bahkan semburan anginnyapun menjadi kecil, please dong sarannya and kalo di benerin dimana dan kira2 berapa ongkosnya ya. thx bangeeeeet. Oleh fahlepi2012
    Jawaban Coba di vacum ulang dan ganti orificenya, jika perlu accumulatornya juga diganti. Ongkosnya kisaran 600ribuan berikut part





  • READ MORE.......






  • fr.www.bic.or.id






    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    MOBIL HIBRIDA : Menangkap Energi Sisa

    Mobil hibrida telah memberikan jawaban pasti untuk meselaraskan antara kebutuhan trasportasi dengan lingkungan hidup. Selain hemat, juga sangat bersahabat.

    Hibrida bukan monopoli istilah di sektor pertanian. Fakta itu dapat Anda temukan pada Gaikindo Auto expo ke 10 yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, 6-12 September lalu. Pada pameran mobil kali ini PT. Toyota Astra Motor, agen tunggal Toyota, mempertontonkan mobil hibrida, namanya Toyota Prius. Seperti halnya muasal kelapa atau jagung hibrida, pengembangan Prius juga berawal dari pemikiran untuk menghasilkan mobil dengan varitas pilihan. Utamanya bila ditilik dari sumber tenaga yang digunakan.

    Di bawah kap mesin mobil ini tersimpan dua pemasok tenaga: mesin bensin 1.500cc dan motor listrik. Ya lantaran itu Prius lantas disebut mobil hibrida. Mobil dengan dua sumber tenaga yang keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Mesin bensin memiliki kelebihan di faktor keluwesan penggunaannya, sedang motor listrik dibilang unggul lantaran tidak menghasilkan emisi gas buang. Kedua keunggulan itu lantas dikawin silangkan.

    Kini, beberapa pabrikan mobil tengah giat mengembangkan mobil semacam ini untuk menselaraskan antara kebutuhan sarana transpotasi umat manusia dengan alam sekitar. Caranya, dengan mengabungkan dua sistem pemasok tenaga untuk mendapatkan penghematan bahan bakar berlipat ganda dan emisi gas buang yang sangat bersih, tapi masih luwes dikendarai dimanapun.

    Salah satu pabrikan yang telah berhasil mewujudkan mobil impian masa depan itu adalah Toyota. Tiga tahun lalu, tepatnya Desember 1997, pabrik mobil nomor satu di negeri Sakura ini telah memulai memasarkan mobil bertenaga ganda itu ke pasar lokal. Hasilnya sungguh fantastik. Selain mampu menjawab tantangan kebersihan lingkungan yang dibakukan dalam J-ULEV (Japan Ultra Low Emission Vehicle), Prius juga telah mendapat pengakuan dunia sebagai produk yang akrab lingkungan.

    Menurut klaim Toyota, konsumsi bahan bakar Prius mencapai 29km/liter atau dua kali lebih efisien dibanding mobil konvensional. Sedang polusi gas buangnya dapat dibikin 90% lebih bersih dari regulasi yang diberlakukan di negeri Jepang. Lantas, apa rahasianya? Salah satunya dengan memasang mesin efisiensi tinggi. Sebagai pemasok tenaga pertama, Toyota mendaulat mesin twincam (DOHC: Double Overhead Camshaft) berkapasitas 1.500cc tipe 1NZ-FXE yang dilengkapi dengan teknologi VVT-i (Variable Valve Timing intelligent). Yakni, teknologi pengaturan waktu pembukaan dan penutupan katup masuk dan katup buang pada mesin itu untuk mengkopromuikan antara respon akselerasi, hemat bahan bakar, dan pengurangan emisi gas buang.

    Upaya lain yang dilakukan Toyota untuk menekan konsumsi bahan bakar Prius adalah mematikan mesin selagi mobil berhenti dan deselerasi. Saat berjalan pertama kali, Prius hanya mengandalkan sumber tenaga motor listrik yang mendapat catu daya dari bateri jenis nickel-metal hydride. Hal yang sama juga terjadi selagi mobil masih berjalan lambat hingga kecepatan sedang. Pada pengendaraan normal, mesin bensin segara mengambil alih. Kali ini mesin bensin itu akan memutar roda secara langsung melalui hubungan mekanis dan memutar generator untuk menghidupkan motor listrik. Ketika mobil butuh tenaga ekstra, misalnya untuk berakselerasi atau berjalan menanjak, baterai akan difungsikan untuk menambah tenaga. Sehingga, kinerja mobil ini menjadi sangat bagus lantaran digerakkan oleh dua sumber tenaga: ya mesin bensin, juga motor listrik.

    Yang menarik lagi ketika mobil ini diperlambat, misalnya direm, berjalan menurtuin, atau pedal gasnya dilepas. Pada keadaan ini sistem rem regeneratif akan menagkap energi dari roda yang menggelinding . Caranya, motor listrik akan berubah secara otomatis menjadi generator untuk mengkonversi energi kinetik menjadi aliran listrik yang bakal disimpan di dalam baterai. Untuk kondisi pengendaraan ini mesin bensin dan generator bakal dimatikan agar terjadi penghematan bahan bakar dan penurunan emisi secara signifikan. Untuk selanjtnya, ketika muatan energi listrik di dalam baterai mulai menurun, secara otomatis mesin beranjak hidup memutar generator untuk mensuplai arus listrik baterai.

    Lantas, apakah Prius telah layak disebut mobil hijau (baca: ramah lingkungan) yang sempurna? "Mungkin belum. Tapi setidaknya telah menjadi langkah besar yang layak ditindak lanjuti," sebut Akihiro Wada, wakil direktur eksekutif untuk pengembangan teknologi dan produksi Toyota Motor Corporation. Sejauh ini, lanjut Akihiro, Prius baru terbukti mampu menghemat konsumsi bahan bakar untuk pengendaraan dalam kota. Sedang pada pengendaraan luar kota, yang membutuhkan pasokan tenaga cukup, masih perlu pengembangan lebih lanjut. Meski begitu, Prius tergolong mobil masa depan yang telah layak diproduksi masal untuk bersaing dengan mobil konvensional. Pasalnya, kata Wada, modelnya menarik, hingga memiliki prospek yang bakal mendatangkan keuntungan.

    Terlepas dari aspek bisnis yang sedang diteropong TMC, yang pantas dicatat di dalam buku sejarah otomotif adalah kepeloporannya. Yang terpenting,diabad ini telah ada yang memulai untuk mengkreasi secara nyata mobil ramah lingkungan layak produksi. Hasilnya memang belum maksimal, tapi akan menjadi langkah awal yang sangat berarti. [cq]



  • READ MORE.......




  • fr duniaOTO.com


    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com



     
     
     

    Total Tayangan Halaman