Menyalakan Mesin Dingin

Menyalakan mesin Karimun dalam kondisi dingin gampang-gampang susah, buat yang terbiasa dan tahu triknya, ah gampang saja, sekali putar kunci langsung greengg, tapi lain soal buat yang newbie soal Karimun, sudah distarter berkali-kali kok mesin mati melulu, huh menyebalkan.
Karimun memang masih mengandalkan karburator buat pemasok bahan bakarnya. Karenanya tidak adanya pengatur otomatis (layaknya injeksi dengan ecunya) untuk mengatur campuran bensin dan udara agar lebih kaya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin pada saat dingin. Setting di karburator yang tepat juga akan sangat membantu menyalakan mesin dalam kondisi dingin. Tapi tenang ada kok solusi dan tips dan triknya.
1. Choke
Letaknya ada disebelah kiri setir. Tinggal tarik choke dan hidupkan mesin. Jika mesin hidup dengan RPM terlalu tinggi, turunkan choke perlahan-lahan, hingga dicapai RPM ideal sekitar 1000 - 1100 RPM, tahan choke diposisi itu untuk beberapa saat, jika suara mesin sudah stabil, kembalikan choke.
2. Bejek Pedal Gas
Cara lain adalah dengen membejek pedal gas (bejeknya santai saja) 2 - 3 x sebelum distarter. Setelah itu hidupkan mesin.
3. Injak Pedal Gas + Starter
Cara yang lebih agresif adalah dengan menginjak pedal gas (1/2 saja) dan starter secara bersamaan. Setelah mesin hidup langsung lepas pedal gas.
PERHATIAN
Sebaiknya jangan menjalankan mobil dalam kondisi dingin hingga tercapai suhu ideal (kira-kira di atas indikator C) karena tentu selain memaksa mesin dan komponennya, mobil juga



  • READ MORE.......



  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    LOKASI-LOKASI PEMERIKSAAN UNTUK MOBIL ANDA

    Yang harus kita perhatikan dalam melakukan pemeriksaan berkala untuk mobil kita adalah :
    1. Minyak Power Steering
    2. Minyak Rem dan Kopling (M/T)
    3. Memeriksa Ketinggian Oli Mesin.
    4. Minyak Transmisi Otomatis (model A/T)
    5. Saringan Udara
    6. Reservoir Cairan Pembersih Kaca
    7. System Pendingin Mesin dan Reservoir air radiator
    8. Baterai
    9. Drive Belt (tali kipas)
    10. Busi
    11. Karet Wiper
    12. Saringan Bahan Bakar
    13. Memeriksa Kondisi Rem.
    14. Sekring/fusible link holder.
    15. Lampu.
    16. Ban.
    17. Membersihkan Eksterior dan Interior Kendaraan


  • READ MORE.......



  • for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Membeli mobil bekas dengan cerdas

    Membeli mobil bekas membantu anda untuk lebih leluasa mencari mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan transportasi anda. Bahkan kebutuhan prestise. Anda juga bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau. Asal tahu caranya.
    Langkah pertama dalam proses membeli mobil bekas adalah menilai secara detail kebutuhan transportasi anda. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa membantunya.

    Tujuan membeli mobil: tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.
    Tentukan fitur-fitur yang harus ada, seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll.
    Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli mobil, termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.

    Bila anda sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai.
    Jika sudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli, inilah rambu-rambunya:
    Sebesar apapun keinginan, kepala harus tetap dingin. Tinggalkan penjual bila harga yang ditawarkan terlalu tinggi, meskipun mobil impian anda sudah menunggu. Kemampuan negoisasi anda akan terasah dengan berjalannya waktu.

    Pastikan anda tahu harga pasaran mobil yang diincar, dan mulailah menawar dibawah harga itu. Lebih mudah menaikkan tawaran anda daripada menurunkannya. Informasi harga juga bisa didapat dari situs-situs otomotif.

    Harus di ingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain. Pastikan anda mengetahui sejarah mobil ini termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya. (lihat tip cek kondisi body mobil bekas)

    Test drive itu penting. Usahakan anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan. (lihat tip test drive itu gampang)

    Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.

    Hati-hati dengan pemalsuan odometer. Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer.

    Sekarang tiba waktunya untuk menyiapkan pembayaran mobil baru anda. Bila memilih melakukan kredit, yang paling aman adalah menentukan dulu berapa besar kemampuan keuangan untuk membayar angsuran bulanan. Cara yang gampang, angsuran tidak boleh lebih dari 20% penghasilan per bulan setelah dipotong pengeluaran. Perhitungkan juga biaya perawatan, pajak, asuransi dan operasional.
    Bayarlah uang muka setidaknya 10% dari harga mobil. Kurang dari itu, penyedia kredit akan meragukan kemampuan finansial anda. Jadi kalau anda punya uang cash, lebih baik pakai untuk uang muka. Langkah ini juga akan mengurangi beban utang pokok yang berkaitan dengan angsuran bulanan.
    Semoga berguna.-®-


  • READ MORE.......


  • fr. mobilku.com

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Switch Temperatur AC, cuci mesin, Tarikan mesin tersendat, mesin diesel

    Switch Temperatur AC
    Om Blazie, switch temperatur ac pada blazer saya tidak memanas jika diputar ke warna merah, apa yang perlu di cek, Thanks for u!
    Oleh Danie
    Jawaban
    Besar kemungkinan, sistem heaternya sudah tidak diaktifkan atau di by pass.


    .
    kurang tenaga
    selamat siang om blazie, saya pernah baca,salah satu penyebab blazer larinya loyo karena diameter pipa knalpot terlalu besar.apa solusinya? dan satu lagi apa fungsi apchips yang dipasang pada blazer dan berapa harganya? thanks
    Oleh simon antono harris
    Jawaban
    Teorinya memang begitu. Tapi prakteknya, bagi yang sudah nyoba, katanya ada perbedaan. Diameternya dikecilin menjadi 2 inch. APChips adalah chip untuk Blazer yang sudah di remap. Harganya 3 jutaan.

    Tarikan mesin tersendat
    Oom blazie, Blazer saya DOHC'97 kalau abis lepas gas lalu digas lagi suka tersendat jalannya seperti bensin kurang lancar atau kurang pengapiannya. Tapi kalo lagi di jalan tol tidak apa2. Kira2 apanya yang bermasalah, mohon pencerahannya. Tq.
    Oleh Arsyad
    Jawaban
    Besar kemungkinan masalah pasokan bensin terganggu. Coba cek filter bensin, injektor.



  • READ MORE.......


  • ( fr.www.bic.or.id)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

    Sedan Perlu Perhatian

    Ada beberapa langkah atau tips yang dapat diikuti. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah karakter mobil. Misalnya, dengan mengetahui letak koil, distributor, serta ketinggian saluran udara (air intake). Ketiga bagian ini memang harus dijaga dari masuknya air (lihat boks).
    Kalau memungkinkan, sebelumnya amati dulu kendaraan lain yang ada di depan. Apabila mobil tersebut dapat melewati genangan air tanpa mengalami masalah, bolehlah mengikuti apa yang dilakukannya. Jangan lupa sebelumnya bandingkan tipe kendaraan kita. Dengan mengendarai sebuah MPV atau SUV, tentu akan lebih mudah untuk mengikuti langkah kendaraan lain. Hal ini kembali pada masalah letak air intake yang letaknya relatif lebih tinggi, sehingga aman melewati genangan air. Namun, bila tipe sedan atau city car tentu perlu berpikir beberapa hal lagi, karena letaknya lebih rendah, sehingga rentan kemasukan air.
    Kalau ternyata kendaraan di depan mengalami masalah seperti mesin sampai mogok, terjerumus lubang yang dalam, maka pikirkan sekali lagi apa yang membuatnya demikian. Yang jelas jika memang genangan air terlalu tinggi (mungkin melebihi bemper), tentu kita tak perlu memaksakan diri untuk melewati daerah banjir yang ada. Daripada nanti mengalami hal yang sama, tentu akan lebih repot bukan?
    Atur Injakan Pedal
    Berbeda bila sudah yakin benar dengan keadaan dan kemampuan mobil untuk melalui genangan air. Ditambah sedikit ketenangan diharapkan tak melakukan hal yang keliru atau konyol. Sebelumnya, nyalakan lampu dekat atau kota. Selain sebagai penerangan jika diperlukan, juga sebagai sinyal jarak terhadap kendaraan lain. Alihkan gigi transmisi pada posisi terendah (1), setelah itu jaga rotasi mesin antara 2.000 sampai 3.000 rpm.
    Jalankan mobil dengan sangat pelan (kurang dari 10 km/jam). Semakin pelan semakin besar luas permukaan ban yang menapak jalan, sehingga traksi yang didapat akan semakin maksimal. Dalam mengatur injakan pedal gas, lakukan sehalus mungkin. Tekanan yang mendadak terhadap pedal gas, dapat membuat air yang ada di sekitar mesin akan tergoncang karena gerakan bodi mobil yang mendadak.
    Sedikit Imajinasi
    Ada langkah cerdik saat melalui genangan, yakni dengan memanfaatkan gelombang air yang menyibak. Dengan menjaga jarak terhadap mobil di depan (kurang dari 5 m), akan dapat memanfaatkan rendahnya permukaan air akibat gerakan mobil di depan. Ketinggian air dapat lebih rendah sekitar 3 sampai 5 cm, namun hal itu dapat membantu pada kondisi tertentu atau kritis.
    Sedikit imajinasi yang logis tak jarang ikut membantu keberhasilan keluar dari panjangnya genangan air. Yakni, dengan melihat benda yang masih terlihat seperti telepon umum, traffic light, dan rambu-rambu lalu-lintas kita dapat membayangkan dimana letak trotoar, zebra cross, letak lubang galian jalan, dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika sudah sering melewati jalan tersebut pada keadaan normal. Jadi, berimajinasi juga perlu saat menempuh jalanan banjir.
    Rekondisi Rem
    Begitu berhasil melewati genangan air, akan lebih baik mengarahkan mobil sedikit menepi sambil mencoba kinerja rem. Hal ini perlu dilakukan mengingat sistem rem kendaraan baru saja terendam oleh air. Selain membuatnya jadi licin karena dilapisi air, kemungkinan besar juga akan terdapat kotoran. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mencoba kerja rem terlebih dahulu. Jika rem terasa masih kurang pakem, dapat mencoba dengan menginjak pedal rem (jangan terlalu dalam) dalam keadaan mobil tetap berjalan. Cukup sampai sekitar 20 m saja. Panas yang timbul akibat gesekan membuat permukaan sepatu rem, tromol, atau cakram kembali kering dan siap bekerja seperti keadaan normal.
    Sesampai di rumah atau tempat lain yang memungkinkan, sempatkan untuk menyemprot air bertekanan ke seluruh bagian dan celah-celah rem. Tujuannya, adalah melepaskan seluruh kotoran atau lumpur yang melekat pada sistem rem. Ingat, kotoran dengan ukuran dan bahan tertentu dapat membuat permukaan sepatu rem cepat aus. Selain itu, dapat menyebabkan keausan yang tidak merata, sehingga menyebabkan pengendalian dan kestabilan menurun.
    Kerak Di Kisi-Kisi
    Selain hal di atas, radiator juga menjadi salah satu bagian yang harus segera dibersihkan. Karena pada umumnya alat ini berbentuk lebar dan berada di depan, sehingga pada kisi-kisinya sangat potensial tersangkut kotoran. Endapan lumpur, potongan plastik, kertas, atau dedaunan yang terdapat pada genangan air bisa saja tertinggal di bagian ini. Jika tidak segera dibersihkan, dapat membuat sistem pendingin menjadi terganggu. Jika selalu menunda membersihkannya kotoran-kotoran tersebut akan mengeras menjadi kerak pada kisi-kisi tersebut. Dengan demikian akan memperbesar kemungkinan kotoran lain tersangkut, sehingga makin menumpuk. Risikonya semakin besar terjadi over heat pada mesin.
    Satu hal lagi yang perlu dilakukan, adalah membersihkan alternator. Pada dasarnya alat yang satu ini memang tak terpengaruh karena terendam air, namun kotoran yang tertinggal dapat menyebabkannya menjadi isolator, sehingga memutuskan aliran listrik pengisian aki. Akibatnya, lama kelamaan aki akan tekor.
    Untuk membersihkannya, lakukan dalam keadaan mesin hidup, sehingga kotoran yang ada dapat bergerak naik. Dalam beberapa saat, semprotkan air, hingga terlihat bersih dari kotoran. (riz)



  • READ MORE.......


  • (bid/berbagai sumber)

    for more details and updates about automotive-technology, please visit.........
    www.automotive-technology-guide.blogspot.com

     
     
     

    Total Tayangan Halaman